Tempat Wisata Di Swedia

Tempat Wisata di Swedia. Siapa yang tidak kenal dengan Swedia, walaupun, salah satu negara Eropa ini, bukan menjadi salah satu destinasi favorit warga Indonesia. Namun tetap saja pesona negara tersebut, tidak kalah menarik dengan negara Eropa lainnya. Swedia sendiri adalah sebuah negara monarki yang ada di Eropa Utara, yang berbatasan langsung dengan Norwegia di bagian barat, Finlandia di bagian timur laut, ada juga selat Kattegat dan selat Skagerrak di bagian barat daya, serta teluk Bothnia dan laut Baltik di bagian Timur. Selain itu negara ini termasuk negara terluas ke-3 di uni Eropa, yang artinya, terdapat berbagai tempat wisata di Swedia menarik yang dapat Anda kunjungi dan nikmati di wilayah yang satu ini.

Tempat Wisata Di Swedia

1. Kaknas Tower

Kaknas Tower, tempat wisata unik di swedia

Adapun tempat wisata di Swedia, pertama yang akan dibahas adalah kaknas Tower, yang berada di ibukota Swedia, Stockholm. Seperti namanya, ini adalah sebuah menara dengan tinggi sekitar 170 meter dan sudah termasuk antenna. Awalnya menara ini digunakan untuk memancar radio dan juga TV, bahkan tower ini pernah didaulat sebagai menara tertinggi yang ada di jajaran Skandinavia. Saat ini, tower tersebut dibuka untuk umum, tujuannya, agar para pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Stockholm secara 360 derajat.

Disini para pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Stockholm dari pelataran yang ada di ketinggian sekitar 150 meter. Tidak hanya itu, di lokasi tersebut, Anda juga dapat membeli berbagai macam oleh-oleh atau souvenir, mengunjungi salah satu restoran, atau yang lainnya. Sebaiknya kunjungi tower ini pada saat hari sedang cerah, agar Anda dapat melihat indahnya kota Stockholm dengan jarak lebih dari 60 km.

Untuk mencapai lokasi ini cukup mudah, Anda dapat menggunakan bus umum yang bisa berhenti tepat di bawah menara. Tempat ini sendiri buka setiap hari, dari hari senin hingga sabtu, tempat ini buka mulai pukul 10 pagi hingga 9 malam. Sedangkan pada hari minggu buka mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore.

Tempat Wisata Di Denmark

2. Millesgarden

Millesgarden, tempat wisata menarik di swedia

Lokasi atau tempat wisata Swedia berikutnya adalah Millesgarden. Lokasi ini akan membuka wawasan Anda, tentang sebuah karya seni. Millesgarden sendiri adalah sebuah museum seni outdoor lengkap dengan berbagai macam patung taman unik dan menarik. Lokasinya ada di pulau Lidingo yang masih termasuk ibukota Swedia. Letak museum ini sendiri ada di lantai dasar rumah dari pematung Carls Milles dan juga istrinya. Keduanya, terkenal sebagai seniman yang kemudian dimakamkan di rumahnya sendiri.

baca juga: Tempat Wisata Di Norwegia

Sebagai catatan, Millesgarden ini sendiri adalah sebuah setting adegan pembuka dari sebuah novel fiksi ilmiah karya TauZero. Dimana sejumlah karya patung taman juga dideskripsikan di buku tersebut.

3. Nobel Museum

tempat wisata di swdia untuk penggemar budaya

Museum ini sendiri dibuka pada tahun 2001 silam. Seperti namanya, maka di museum tersebut, Anda akan memperoleh berbagai macam informasi tentang penghargaan Nobel secara lengkap, mulai dari proses seleksi, hingga daftar para peraih penghargaan tersebut, lengkap dengan profilnya. Informasi tersebut tentunya diperoleh dari penyelenggara hadiah Nobel pertama mulai tahun 1901 hingga yang paling terbaru.

Di museum ini, Anda juga akan memperoleh informasi yang lebih lengkap tentang Alfred Nobel, yang tidak lain adalah penggagas dari penghargaan Nobel tersebut. Selain itu di lokasi yang satu ini, Anda juga dapat mencoba berbagai macam demonstrasi ilmiah yang tentunya dapat dicoba oleh para pengunjung, yang seolah-olah Anda menjadi seorang ilmuwan. Museum ini sendiri berlokasi di kawasan kota tua Gamla Stan, atau tepatnya di Stortorget Square.

4. Nordic Museum

Nordic Museum, tempat wisata terkenal di swedia

Masih tentang museum, tempat wisata di Swedia kali ini adalah Nordic Museum. Mengunjungi museum ini, akan semakin menambah wawasan Anda tentang Swedia. Museum ini dibangun pada tahun 1873 atas inisiatif Artur Hazelius. Lokasinya ada di pusat kota Stockholm, dan awalnya museum ini bernama The Scandinavian Ethnographic Collection, namun kemudian nama tersebut diubah menjadi Nordic Museum pada tahun 1880.

Masuk ke bagian dalam museum, tepatnya di hall museum, Anda akan melihat sebuah patung raksasa, pendiri Swedia, bernama raja Gustav Vasa. Sedangkan masuk ke area yang lebih dalam, Anda akan melihat aneka koleksi kehidupan masyarakat Nordic pada masa lampau, sekitar 500 tahun yang lalu. Kemudian diperlihatkan bagaimana perubahan masyarakat Nordic dari masa ke masa. Mulai dari model rambut, gaya berpakaian, aneka permainan anak, furniture, dan yang lainnya. Bahkan termasuk merk shampo dan sabun yang digunakan pada zaman dahulu juga dipamerkan di museum tersebut.

Tempat Wisata Di Norwegia

5. Queen Street / Drottninggatan

Queen Street Drottninggatan

Jika Anda berjalan-jalan ke Swedia, akan lebih baik jika mengunjungi Queen Street atau Drottninggatan. Lokasi yang terbentang dari jembatan Riskbron hingga Observatorielunden, ini memang hanya dapat digunakan oleh para pejalan kaki. Jadi tidak ada kendaraan yang lewat. Ini adalah lokasi yang pas untuk berbelanja, dan mencicipi berbagai kuliner yang ada jajaran restoran, café atau bahkan gerai lain yang ada di sepanjang jalan. Di lokasi ini, Anda juga dapat melihat aneka bangunan kuno nan megah yang didirikan sejak tahun 1640an.

6. Falun

Falun, tempat wisata kote di norwegia

Salah satu tempat wisata di Swedia lain yang tidak boleh Anda lewatkan ketika ke Swedia adalah Falun. Dahulu, kawasan ini adalah lokasi pertambangan yang kemudian berubah menjadi lokasi wisata. Nama tambang tersebut adalah Great Copper Mountain, yang satu ini sudah dianggap sebagai warisan dunia UNESCO sejak tahun 2001 silam.

Tidak hanya itu, Falun juga mempunyai beberapa lokasi wisata menarik yang harus Anda kunjungi. Seperti Great Pit, yang dalamnya sekitar 95 meter, adalah sebuah bentukan dari reruntuhan tambang pada tahun 1687. Selain mengunjungi aneka kawasan tambang, para wisatawan juga dapat mengunjungi berbagai macam event tradisional, seperti Falu Cruising, Sk Swedia, Falu Party, dan yang lainnya.

7. Kiruna

Kiruna, tempat wisata di swedia

Khusus untuk Anda para wisatawan yang mempunyai jiwa petualang, ada baiknya jika mengunjungi Kiruna. Lokasi tempat wisata di swedia yang satu ini paling pas jika dikunjungi ketika musim liburan atau musim dingin tiba. Ada cukup banyak aktivitas seru yang dapat Anda nikmati di kawasan tersebut, seperti bermain kereta anjing, bermain ski atau bermain papan salju. Anda juga dapat mengakses gunung paling tinggi yang ada di Swedia, yaitu Kebnekaise.

Kiruna sendiri berada di sisi utara Swedia, disini Anda dapat melihat adanya sebuah gereja tua dan juga paling besar. Pada bulan Juni dan juga Juli, sinar matahari tidak pernah putus menyinari kawasan yang satu ini.

8. Junibacken Museum

Junibacken Museum. museum tradisional di swedia

Apabila Anda berlibur ke Swedia bersama keluarga, ada baiknya jika mengunjungi Junibacken Museum. Ini adalah museum khusus untuk anak-anak, dan pastinya menjadi lokasi yang paling menarik.

Museum ini sendiri berada di pulau Djurgarden yang masih termasuk kota Stockholm. Museum ini secara resmi dibuka pada tahun 1996 oleh Swedish Royal family.

Tempat Wisata Di Finlandia

9. Stockholm Palace

istana kerajaan di swedia

Karena termasuk negara kerajaan, tentunya Swedia mempunyai istana kerajaan, yang terletak di ibukota Stockholm, dan bernama Stockholm palace. Lokasi tepat dari royal Palace Swedia ini berada di Gamla Stan, dan dibuka untuk umum. Selain dikenal sebagai tempat tinggal kerajaan, tempat ini juga digunakan sebagai royal court dan juga kantor pemerintahan. Seperti hanya Royal Palace di Inggris, di lokasi ini, prosesi pergantian penjaga kerajaan juga salah satu atraksi yang selalu ditunggu oleh para wisatawan. Jika Anda beruntung, dan mengunjungi Swedia pada saat raja ulang tahun, maka Anda akan melihat parade tentara berkuda. Bangunan ini sendiri menggunakan desain khas Italian Baroque, dan dibangun sejak abad ke 18.

10. Linkoping

kota yang indah di swedia

Linkoping adalah tempat wisata di Swedia berikutnya yang dapat Anda kunjungi ketika ingin merasakan berlibur di kota besar, namun menginginkan atmosfer layaknya sebuah kota kecil. Kota Linkoping ini sendiri terdapat berbagai macam gedung klasik yang dibangun pada abad pertengahan, ada juga kanal, danau dan lengkap dengan area pedesaan nan asri. Salah satu kegiatan yang paling menarik ketika berkunjung ke daerah ini adalah dengan bersepeda. Anda dapat menggunakan rute bersepeda yang ditampilkan peta.

11. Visby

Visby, salah satu kota terkenal di swedia

Selain Linkoping, Anda juga dapat mengunjungi Visby, ini adalah salah satu kota dengan desain abad pertengahan yang cukup populer yang ada di Swedia. Setiap bulan Agustus akan diadakan pekan abad pertengahan yang unik, di kota tersebut. Ketika berjalan-jalan ke kota tersebut, Anda dapat mengunjungi sebuah gereja kuno yang dibangun pada abad ke 13. Dimana Anda akan terpesona akan bentangan dinding gereja sejauh 13 km karena bangunan tersebut, sebenarnya adalah benteng pertahanan pada masa perang. Pada saat musim panas, Anda akan menyaksikan hamparan bunga mawar yang mekar di taman. Pastinya sangat menyenangkan, ketika berlibur sambil ditemani aroma mawar.

12. Malmo

Malmo

Untuk Anda yang menyukai dunia sepakbola, pastinya sudah tidak asing dengan Malmo. Ini adalah tanah kelahiran pemain sepakbola asal Swedia yang bernama Zlatan Ibrahimovic. Selain itu, ini adalah lokasi yang tepat, terutama untuk Anda para penggemar sepakbola, dan juga untuk berfoto di lokasi tersebut. Selain itu tatakan kotanya juga sangat apik dan rapi.

Anda juga tidak perlu bingung mengenai wisata kuliner, karena di kota ini, ada cukup banyak menu halal, yang dapat Anda konsumsi. Anda juga dapat mengunjungi kawasan Mollevangstorget, yang tidak lain adalah lokasi belanja barang lokal dari kaum imigran.

Tempat Wisata Di Denmark

13. Are

tempat bermain ski di swedia

Memasuki musim dingin, Anda dapat mengunjungi Are. Ini adalah salah satu kawasan favorit untuk bermain ski dengan kualitas terbaik. Ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa lokasi ini, pernah menjadi tuan rumah perlombaan Ski bertaraf internasional, seperti kejuaraan piala dunia FOS Freestyle, Kejuaraan Dunia Alpine, dll.

14. JukkasJarvi

tempat wisata di swedia yang eksklusif

Selain Area, lokasi lainnya yang pas dikunjungi ketika musim salju tiba adalah Jukkasjarvi, yang terletak di bagian utara Swedia. Ini adalah salah satu lokasi favorit untuk bermain salju, serta menikmati indahnya desa es. Anda pun dapat merasakan sensasi menginap di hotel berbentuk es yang bernama icehotel. Hotel yang satu ini hanya beroperasi selama 6 bulan saja. Ada berbagai aktivitas yang dapat Anda lakukan di tempat ini juga cukup banyak, seperti berkuda, memancing, memahat es atau yang lainnya.

15. Mastrand

Mastrand

Swedia memang terkenal sebagai lokasi liburan para kaum menengah ke atas. Jadi tidak heran, jika ada banyak pengusaha yang berkunjung Swedia untuk berlibur. Tidak jarang mereka mempunyai tempat tinggal selama berada di negara tersebut. Salah satu kota yang tepat, untuk Anda yang ingin berlibur secara glamour adalah Mastrand. Disini Anda dapat berlayar menggunakan yacht, atau yang lainnya. Bahkan ketika memasuki liburan musim panas, tempat yang satu ini terlihat penuh dan ramai, mulai dari pesta atau hal menyenangkan lainnya.

16. Abisko

wisata alam terindah di swedia

Satu lagi tempat wisata Swedia yang cukup memacu adrenalin, ketika Anda berlibur ke Swedia adalah mengunjungi Abisko. Ingin bermain ke lokasi tersebut, sebaiknya luangkan waktu sekitar 3 hingga 4 hari, guna mengeksplor Taman Nasional Abisko.

Lakukan persiapan secara matang, termasuk berbagai perlengkapan outdoor, karena di lokasi ini, tidak menyediakan jasa persewaan outdoor. Walau demikian, Anda tidak perlu membawa tenda, karena di lokasi tersebut sudah terdapat Hut, atau juga Losmen untuk menginap. Dipadu dengan pemandangan hutan nan rindang, dan sungai yang jernih, pastinya memberikan pengalaman yang indah.

17. Nacka

Nacka

Nacka sendiri adalah sebuah tempat wisata Swedia favorit. Pada saat musim ski, lokasi yang satu ini akan menjadi lokasi utama para turis, baik lokal maupun internasional. Dengan rumah bergaya pedesaan khas abad ke 18 hingga abad ke 20 tersaji lengkap di tempat ini. Selain itu, lokasi ini juga menyajikan berbagai macam nuansa budaya Swedia yang khas bagi para pengunjung. Di Nacka, Anda juga dapat mengunjungi Velamsund dan juga tempat rekreasi yang bernama Hellasgarden.

Tempat Wisata Di Finlandia

18. Uppsala Domkyrka

Uppsala Domkyrka

Di kota Universitas Uppsala, terdapat beragam desain arsitektur yang menarik untuk dikunjungi dan dinikmati. Salah satu yang cukup menonjol adalah Domkyrka. Atau disebut juga dengan katedral, cukup mendominasi cakrawala kota, sekaligus termasuk gereja terbesar di seluruh Skandinavia. Tidak hanya itu, tempat ini juga menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi para bangawan Swedia. Dibangun pada abad ke 13 dan dilengkapi dengan beberapa menara gotick yang indah.

19. Museum Vasa

museum unik di swedia

Museum Vasa adalah museum lain yang dapat Anda kunjungi. Tempat wisata Swedia ini berada di Djurgarden, tidak lain sebuah taman kerajaan yang cukup luas di distrik OSternmalm, Stockholm. Museum ini sering kali disebut sebagai museum terbaik. Didalam museum Anda akan melihat Vasa, sebuah kapal perang Swedia yang handal, dan juga telah diawetkan sejak abad ke 17. Kapal perang ini sudah ditarik dari dalam air pada tahun 1961, kemudian dipugar secara cermat.

20. Gothenburg

Gothenburg

Gothenburg sendiri adalah kota terbesar kedua yang ada di Swedia. Kota ini mempunyai keindahan darat dan juga laut yang sangat menarik. Selain itu, di lokasi ini, Anda juga dapat melihat Museum Kebudayaan Dunia, yang pastinya mampu menambah wawasan Anda. Untuk Anda yang gemar berbelanja, tentunya dapat mengunjungi pasar ikan Feskekorka. Di pasar tersebut, Anda dapat mencari berbagai macam barang antik, atau hanya sekedar menikmati suasana yang romantik.

Mengunjungi gedung opera Gothenburg juga dapat Anda lakukan. Tentu saja, kota ini juga sering mengadakan festival, namanya adalah Festival Metalteon, adalah sebuah festival musim panas, yang sering diadakan oleh para pecinta musik aliran metal. Selain itu, ada juga lokasi lain yang dapat Anda kunjungi ketika berada di kota tersebut, yaitu mengunjungi Volvo Museum, Southern Gothenburg, Slottsskogenm Archipelago atau yang lainnya.

***

Demikianlah pembahasan tentang beberapa tempat wisata di swedia yang tersedia dan bisa menjadi objek wisata pilihan bagi kamu yang berniat untuk mengunjungi skandinavia dalam rangka mengisi waktu liburan.