Tempat Wisata Di Solo

Tempat Wisata Di Solo – Siapa sih penikmat travelling yang tidak mengetahui Solo? Kota yang terletak di Jawa Tengah ini memiliki tempat wisata dengan berbagai pilihan. Jika melakukan wisata di Solo, kita dapat memperoleh berbagai jenis tempat wisata yang tentunya dapat merefresh pikiran kita. Solo merupakan nama akrab dari nama resmi kota yang asli yaitu Surakarta.

Informasi Seputar Sejarah Kota Solo atau Surakarta

Namun adakah yang sudah mengetahui kenapa Surakarta akrab disebut Solo? Dalam sejarahnya, keraton atau kerajaan Mataram pindah dari Kartasuro ke Surakarta Hadiningrat di Desa Sala. Pindahnya kerajaan ini karena hancurnya bangunan kerajaan akibat perang antara Baginda PB II/Sunan Pakubuana dengan Sunan Kuning pada tahun 1742. Hancurnya bangunan ini menimbulkan hilangnya kesaktian keraton karena pemberontak tersebut masuk dan menodai kesucian keraton.

Oleh karena itu pemerintah mencoba untuk mencari tempat baru yang dapat digunakan untuk melanjutkan pemerintahan. Untuk mencari pusat pemerintahan baru, maka Raja mengutus beberapa orang untuk menemukan tempat yang tepat. Tempat yang dipilih dan yang kemudian disetujui adalah Desa Sala. Pindahan yang dilakukan ini dilakukan secara besar-besaran dengan kirab dan disaksikan oleh masyarakat sekitar.

Desa ini disebut Desa Sala karena disana tinggal seorang kyai yang bijaksana bernama Sala. Kyai Sala ini menjadi tokoh masyarakat yang sangat disegani. Dalam penyebutannya, orang Belanda sering melakukan kesalahan menyebut Sala menjadi Solo karena perbedaan bahasa sehingga menyulitkan mereka untuk menyebut kata “a”, sehingga menjadi “o” yang kemudian disebut Solo.

Dalam perkembangannya, tidak hanya orang Belanda menyebut Solo namun orang Indonesia juga menyebutkan Solo. Karena mudah dilafalkan, maka banyak masyarakat Indonesia yang menyebutkan Solo daripada Surakarta. Namun nama Surakarta masih menjadi nama resmi dari Solo.

Solo merupakan kota yang memiliki berbagai pilihan tujuan wisata, terdapat berbagai wisata yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan. Tempat wisata ini dapat dipilih sesuai isi kantong. Semua tiket masuk wisata tersedia dari harga yang paling murah hingga harga yang paling tinggi. Berikut merupakan tiga puluh alternatif pilihan wisata yang dapat dituju ketika berada di Solo.

  Tempat Wisata Di Makassar

Tempat Wisata Buatan di Solo

Tak hanya terkenal dengan wisata alamnya saja, ternyata beberapa tempat wisata di Solo juga memiliki tempat wisata alam buatan loh. Berikut ini selengkapnya.

1. Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Kebun Binatang Jurug

tempat wisata di solo yang menyajikan satwa
Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Kebun Binatang Jurug

Kebun binatang terkenal dengan wisata keluarga. Solo juga memiliki kebun binatang yang telah berdiri sejak tahun 1976. Harga untuk masuk kebun binatang ini sangat terjangkau, pada hari senin sampai jum’at harga tiketnya Rp 15.000, sedangkan untuk hari sabtu dan minggu atau even besar, harga tiket menjadi Rp. 20.000. selain harga normal tersebut, kebun binatang ini juga memberikan diskon untuk wisatawan yang datang berkelompok minimal 25 orang.

Adapun diskon yang diberikan ini terdiri dari kelompok umum yang diberi diskon 10%, kelompok pelajar dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diberi diskon 20%, dan kelompok keagamaan diberi diskon paling besar yaitu 30%. Namun diskon ini hanya diberlakukan pada hari biasa saja, tidak pada saat berlengsungnya even khusus.

Kebun binatang merupakan tempat wisata yang paling sering dikunjungi oleh keluarga maupun kelompok perkumpulan tertentu. Tentunya setiap kebun binatang pasti memiliki kesamaan yaitu menampilkan berbagai hewan yang ada disana. Namun kebun binatang ini dapat dijadikan alternatif wisata karena pada dasarnya setiap kebun binatang memiliki jenis hewan yang berbeda. Spot foto yang dapat digunakan juga banyak, sehingga selain menambah kesenangan pada saat berlibur, pengunjung juga dapat memiliki foto bagus yang dapat diunggah di media social.

2. Tugu Lilin

tempat wisata di solo yang bersejarah
Tugu Lilin

Tugu lilin merupakan bangunan yang dibuat pada tahun 1933 bersamaan dengan peringatan 25 tahun berdirinya Boedi Oetomo. Tugu lilin ini dibangun untuk memperingati kebangsaan Indonesia yang tertulis dalam tubuh tugu lilin. Lilin dipilih menjadi ikon dari tugu ini karena sebagai penyemangat untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia pada saat itu.

Tugu lilin ini dapat menjadi tempat wisata di solo yang cocok untuk menghabiskan waktu dengan bersantai sekaligus berfoto bersama. Untuk masuk dan berfoto disini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Daerah di lingkungan tugu lilin ini juga terdapat beberapa penjual yang dapat dikunjungi untuk mencari oleh-oleh.

3. Kampung Batik Kauman

tempat wisata di solo tempat pembuatan batik
Kampung Batik Kauman

Kampung batik kauman ini memiliki batik khas daerah Solo yang memiliki motif dan warna yang beragam. Sebagian masyarakat Kauman ini memiliki profesi sebagai pengrajin batik. Batik yang dihasilkan di kampung ini telah terkenal hingga luar negeri, sehingga tak jarang wisatawan asing berkunjung dan membeli batik disini.

Harga yang ditawarkan juga sesuai dengan kualitas yang diperoleh, dalam arti bahwa disini menyediakan batik dengan harga paling rendah dengan kualitas yang sesuai hingga kualitas yang paling tinggi dengan harga yang sesuai pula. Wisatawan dapat memilih kualitas apa yang diinginkan untuk dikenakan. Kampung ini dapat dijadikan sebagai alternative untuk mencari oleh-oleh. Karena selain kain batik, kampung ini juga menyediakan baju, rok, serta celana batik yang telah jadi sehingga dapat berbelanja disini.

4. Bukit Sekipan

tempat wisata di solo untuk bersantai
Bukit Sekipan

Bukit ini merupakan bukit yang memiliki berbagai fasilitas yang diminati oleh berbagai wisatawan. Bukit ini memiliki waterboom mini, mini zoo, taman bunga, dan miniature berbagai negara yang ada di dunia. Bukit sekipan ini merupakan tempat wisata buatan yang dibangun sejak tahun 2015. Tempat wisata di solo yang satu ini dibuka dari jam 08.00 pagi sampai jam 17.00 sore.

  Tempat Wisata Di Norwegia

Untuk bermain di bukit ini, pengunjung harus menghabiskan uang senilai Rp 40.000 sampai 80.000. Estimasi harga tiket ini tergantung pada paket wisata yang dipilih. Semakin mahal paket maka akan semakin banyak fasilitas permainan yang dapat diperoleh.

5. Bendungan Colo

tempat wisata di solo paling unik
Bendungan Colo

Bendungan congo dahulunya merupakan pengontrol laju air, namun bendungan colo dijadikan sebagai tempat wisata di solo yang cukup unik. Tempat ini ramai dikunjungi ketika air surut dan muncul deretan beton yang dapat digunakan untuk spot foto. Bendungan ini juga dapat digunakan sebagai tempat memancing. Bendungan ini buka selama 24 jam, sehingga bagi para pecinta memancing dapat berdiam disini sambal menguji kesabaran sebanyak waktu yang dibutuhkan.

6. Pandawa Water World Solo Baru

tempat wisata di solo yang asyik
Pandawa Water World Solo Baru

Tempat wisata di solo berikutnya merupakan wisata modern yang ada di tengah kota Solo. Dalam wisata ini terdapat berbagai wahana permainan air maupun permainan yang dapat memicu adrenalin. Wisata ini juga memiliki lima patung pandhawa sebagai maskot.

Adapun harga yang dikeluarkan untuk mendatangi wisata ini lebih besar daripada destinasi wisata lain yang ada di Solo, diantaranya hari senin sampai jum’at adalah Rp 80.000, sedangkan pada hari sabtu dan minggu harganya Rp 100.000. Tentunya, harga yang dikeluarkan tidak sebanding dengan momen bahagia yang didapatkan oleh wisatawan yang berkunjung disana.


Tempat Wisata Alam di Solo

1. Grojokan Sewu Tawangmangu

tempat wisata berupa air terjun di solo
Grojokan Sewu Tawangmangu

Air terjun grojokan sewu tawangmangu merupakan air terjun tertinggi yang ada di wilayah Jawa Tengah. Untuk masuk ke dalamnya, wisatawan hanya membutuhkan biaya Rp 20.000 saja. Sebelum melihat keindahan air terjunnya, wisatawan sudah disuguhi dengan keindahan alam sekitar dalam perjalanan menaiki 1000 anak tangga menuju ke atas. Air terjun ini dikelilingi oleh tumbuhan hijau yang membuat suasana semakin asri. Jika mahir menggunakan kamera, air terjun ini dapat menjadi salah satu spot foto untuk diupload di sosial media.

2. Geopark Batu Seribu

tempat wisata di solo yang indah
Geopark Batu Seribu

Wisata ini memiliki sumber pacinan yaitu sumber air yang tidak pernah kering meskipun berada di musim kemarau. Disebut batu seribu karena daerah ini dulunya adalah perbukitan batu cadas. Pada wisata ini pengunjung dapat berenang di pemandian dan menikmati kesenian yang disajikan. Karena letaknya yang outdoor maka semakin membuat suasana semakin nyaman dan semakin membuat hati senang.

3. Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso

tempat wisata di solo yang menarik
Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso

Taman ini merupakan satu-satunya taman hutan raya yang berada di Jawa tengah, sehingga pemerintah bekerjasama dengan masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian dan kebersihannya. Tempat wisata ini memiliki keindahan alam yang memiliki berbagai fasilitas seperti tempat parkir, tempat ibadah, tempat kemah, dan tempat menginap. Banyak dari kelompok wisatawan yang terdiri dari pelajar maupun kelompok umum yang melakukan acara internal maupun eksternal disini.

4. Parang Ijo

tempat wisata di solo air terjun
Parang Ijo

Parang ijo ini merupakan salah satu air terjun yang terletak di Jawa Tengah. Air terjun ini memiliki akses yang mudah, bahkan terdapat transportasi umum untuk menuju kesini. Air terjun ini memiliki fasilitas seperti gardu, jembatan, dan gazebo yang dapat digunakan untuk nongkrong dan berfoto. Pada air terjun ini, pengunjung dapat melakukan berbagai olah raga seperti berenang dan flying fox. Parang ijo ini buka dari jam 08.00 pagi sampai jam 17.00 sore.

  Tempat Wisata Di Medan

5. Candi Cetho

tempat wisata sejarah di solo
Candi Cetho

Candi cetho ini merupakan salah satu candi yang terdapat di Jawa tengah. Candi ini terletak di atas awan, dikatakan berada di atas awan karena terletak di atas ketinggian. Untuk menuju candi ini, wisatawan harus melakukan pendakian dan membutuhkan waktu yang lama. Candi ini bercorak agama Hindu dan merupakan salah satu candi tertinggi di Indonesia.

Untuk masuk ke dalam candi, wisatawan harus menggunakan kain kotak-kotak untuk menghormati kesucian candi cetho. Kain kotak-kotak tersebut disewakan secara sukarela oleh masyarakat yang tinggal disekitar candi. Sedangkan untuk tiket masuknya, wisatawan dalam negeri membayar Rp 7000 sedangkan wisatawan asing membayar Rp 25.000.

6. Air Terjun Jumog

tempat wisata di solo yang fresh
Air Terjun Jumog

Air terjun ini merupakan tempat wisata di solo yang menyajikan alam yang dapat menghilangkan penat dari sibuknya aktivitas di perkotaan. Air terjun ini memberikan fasilitas jembatan kayu yang dapat memicu adrenalin sekaligus dapat memberikan pengalaman unik terhadap pengunjung. Air terjun ini memiliki bebatuan yang besar dan pepohonan tinggi yang dapat dinikmati pada saat berjalan menuju air terjun. Selain itu, wisatawan dapat bermain air di air terjun ini.


Tempat Wisata Kuliner di Solo

1. Tengkleng

Tengkleng
Tengkleng

Tengkleng ini merupakan makanan yang banyak dijumpai di wilayah Jawa, salah satunya Tengkleng Bu Edi yang telah berdiri sejak tahun 1971. Seolah makannya menyatu dengan sejarah, makanan ini pun menjadi makanan yang khas di lidah orang Solo. Kini tengkleng menjadi makanan yang wajib dikonsumsi jika ada di Solo.

Tengkleng ini disajikan dengan daun pisang yang di pincuk atau dilipat seperti mangkuk. Tengkleng ini berisi nasi dan potongan berbagai tubuh sapi yang telah dibumbui. Tengkleng ini menjadi istimewa karena bumbunya sangat enak dan dagingnya sangat lembut. Pengunjung dapat memilih bagian apa yang ingin dimakan dengan nasinya, bagian ini juga yang akan menentukan harga dari tengkleng tersebut.

Namun tengkleng ini tidak menyediakan sambel, melainkan cabe yang sudah direbus. Pada awalnya, Bu Edi ini menjual tengkleng keliling dengan jalan kaki, karena telah dikenal dan banyak peminat maka Bu Edi ini menetap dalam bentuk warung.

2. Soerabi

tempat wisata kuliner yang enak di solo
Soerabi

Soerabi merupakan jajanan khas yang ada di Solo. Namun kali ini soerabi yang akan dibahas adalah soerabi notosuman Ny. Lidia yang telah dibuka dari tahun 1920-an. Serabi ini juga dapat dibeli sebagai oleh-oleh, harga per 1 dusnya terdiri dari 10 serabi dengan jenis yang dapat dipilih, diantaranya ; putih Rp 26.000, 10 campur Rp 27.000, dan 10 coklat Rp 28.000. Serabi ini terdiri dari tepung beras, gula, garam, dan santan kelapa yang diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan rasa yang sangat lezat. Serabi ini terdiri dari dua rasa, yang original dan coklat. Pengunjung dapat memilih sesuai selera.

  Tempat Wisata Di Manado

3. Nasi Liwet

Nasi Liwet
Nasi Liwet

Nasi liwet dapat menjadi pilihan kuliner di Solo. Nasi liwet yang akan dibahas kali ini adalah nasi liwet Yu Sani yang telah dibuka pada tahun 1980. Nasi liwet ini berisi santan, labu, suwiran ayam, cabe rebus, dan kuah. Untuk lauk, nasi liwet Yu Sani ini memiliki berbagai pilihan seperti ceker, kepala ayam, tempe bacem, dan bagian ayam yang lainnya. Pengunjung dapat memilih lauk sesuai dengan keinginan. Harga nasi liwet ini tergantung pada jumlah lauk yang dipilih, semakin banyak lauk maka semakin mahal pula harga nasi liwetnya. Jika memilih satu jenis lauk, harganya kisaran Rp 11.000.

4. Selat Solo

tempat wisata kuliner terkenal di solo
Selat Solo

Selat Solo ini merupakan makanan khas yang dibuat rakyat pada masa penjajahan. Pada zaman dahulu, daging merupakan makanan yang disukai oleh orang Belanda. Namun pada saat berkunjung ke Istana Kerajaan, koki berusaha mencari menu untuk mempersatukan antara makanan khas Solo dengan makanan yang disukai oleh orang Belanda tersebut.

Sayuran merupakan makanan rakyat Solo, sedangkan daging merupakan makanan kesukaan bagi orang Belanda. Sehingga diciptakan lah selat solo. Selat solo ini dapat berarti salad barat yang dicampur dengan bumbu Jawa sehingga diberi nama selat solo. Selat Solo yang paling terkenal adalah Selat Solo Mbak Lies. Disini menyediakan berbagai jenis selat, seperti selat bestik (potongan daging sapi), selat lidah, dan lain sebagainya.

Selat ini berisi kentang, timun yang dipotong seperti kentang goreng, potongan bawang merah, daging (sesuai pesanan) yang memiliki bumbu sama dengan semur namun lebih encer dan sayuran yang terdiri dari wortel dan selada.

5. Es dawet gempol pleret

Es dawet gempol pleret
Es dawet gempol pleret

Es dawet merupakan minuman khas Jawa, namun di Solo terdapat es dawet gempol pleret yang menjadi minuman khas yang wajib dicoba juga. Harganya terjangkau, dapat diperoleh dengan harga kisaran Rp 5000 saja. Es ini terdiri dari kuah segar, dawet, serta kue beras dengan kualitas paling baik yang dibentuk bulat, dan potongan bubur sum-sum. Es dawet ini dapat menjadi penyegar tenggorokan setelah melakukan berbagai perjalanan di Solo.

6. Galabo Solo

tempat nongkrong di solo
Galabo Solo

Galabo merupakan tempat kumpulan pedagang makanan yang terkenal di Solo. Galabo ini dibuka di sepanjang jalan daerah Gladak. Semua jalan ini ditutup oleh kendaraan dan dipenuhi oleh pedagang yang menjual berbagai makanan. Adapun makanan yang dijual terdiri dari makanan ringan hingga makanan berat. Minuman yang dijual juga berbagai macam. Tidak heran galabo ini terkenal bagi masyarakat maupun pengunjung untuk melakukan wisata kuliner. Disamping murah, jenis makanan yang ditawarkan juga banyak. Sehingga wisatawan dapat memilih kuliner sepuasnya disini.


Tempat Wisata Edukasi di Solo

1. Keraton Surakarta

tempat wisata di solo warisan budaya
Keraton Surakarta

Salah satu peninggalan sejarah yang ada pada zaman dahulu ini merupakan pemerintah resmi yang mengatur sistem di kota Solo. Keraton Surakarta saat ini menjadi musium yang dapat menjadi wisata edukasi, baik dari kalangan umum maupun dari kalangan pelajar. Koleksi yang dimiliki keraton ini diantaranya adalah peninggalan sejarah yang terdiri dari barang-barang suci hingga barang yang digunakan sehari-hari oleh keluarga kerajaan.

  Tempat Wisata Di Denmark

Keraton ini juga memiliki pertunjukkan yang menceritakan kisah para raja terdahulu dan kisah yang lainnya. Dalam keraton ini, wisatawan dihimbau untuk menjaga kesucian baik fisik maupun perkataan. Karena keraton ini merupakan tempat yang suci.

2. Pura Mangkunegaran

tempat wisata di solo religi
Pura Mangkunegaran

Istana pura mangkunegaran merupakan tempat tinggal Kadipaten Praja Mangkunegaran. Istana ini menyimpan peninggalan dari kerajaan mataram hingga majapahit. Istana ini menyediakan sanggar tari tradisional dan modern yang dibuka pada hari Rabu jam 15.00 sore. Tari tradisional merupakan salah satu budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Istana pura ini menyediakan sanggar tari untuk tetap melestarikan budaya tersebut.

Ketika melakukan wisata disini, pengunjung akan mendapatkan satu tour guide untuk menemani dan menjelaskan apa yang ada di istana ini. Harga tiket masuk ke istana ini hanya Rp 10.000 saja. Wisata ini memiliki berbagai program yang di dalamnya termasuk menikmati suasana malam dengan paket wisata mangkunegaran royal dinner. Pada paket ini wisatawan dapat menikmati makan malam dengan menu Jawa dan mendapatkan suasana serta pengalaman makan malam di keraton.

3. Musium Radya Pustaka

Musium Radya Pustaka
Musium Radya Pustaka

Musim ini merupakan musium tertua di Indonesia. Musium ini merupakan musium tempat menyimpan data-data simpanan surat kerajaan. Musium ini merupakan bekas tempat tinggal orang Belanda bernama Johannes Busselaar. Musium ini merupakan tempat penyimpanan surat pemerintah dan benda peninggalan sejarah lainnya, seperti buku, keramik, arca, dan senjata. Musium ini dapat dijadikan wisata edukasi baik bagi pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum.

4. Musium Pers Nasional

Musium Pers Nasional
Musium Pers Nasional

Musium ini memiliki fungsi menyimpan dan menampilkan naskah dan dokumen kuno yang berkaitan dengan perjalanan Panjang pers Nasional di Indonesia sejak masa penjajahan Belanda, Jepang hingga masa kemerdekaan. Seperti yang kita ketahui, tentunya teknologi dan perkembangan pers juga berkembang hingga saat ini. Musium ini memiliki berbagai buku, naskah, dan majalah kuno yang pernah terbit sejak tahun 1913 hingga 1929.

Selain dokumen, musium ini juga menyimpan beberapa barang yang diperlukan untuk pers pada zaman dahulu, seperti kamera, radio, foto, mesin tik, hingga pakaian yang digunakan pers pada masa tersebut. Musium ini dapat dijadikan sebagai pembelajaran sekaligus mengenang pers pada masa lalu.

5. Taman Sriwedari

tempat wisata taman budaya di solo
Taman Sriwedari

Taman Sriwedari merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang menyediakan pertunjukan wayang orang. Pertunjukan ini khusus diadakan di Gedung Wayang Orang Sriwedari (GWO). Harga yang dibutuhkan untuk melihat berbagai pertunjukan disini adalah Rp 3000. Taman ini dibuka dari jam 09.00 sampai jam 22.00. Taman ini dapat menjadi salah satu wisata edukasi yang dapat memberikan pengetahuan kepada pengunjung tentang kisah pada masa kerajaan. Pada zaman yang modern seperti saat ini, sangat susah dijumpai pertunjukan wayang orang, jika ingin melihat maka pengunjung disarankan untuk datang ke taman sriwedari ini.

6. Taman Balekambang

tempat wisata di solo yang edukatif
Taman Balekambang

Taman ini berada di kompleks yang keduanya memiliki jenis koleksi yang berbeda. Pada kompleks yang pertama, taman ini berisi tanaman langka yang dapat dijadikan sebagai edukasi bagi masyarakat pada umumnya dan pelajar pada khususnya untuk mengetahui berbagai tanaman langka. Sedangkan pada kompleks yang kedua terdiri dari kolam dengan perahu hias yang dapat disewa wisatawan.

  Tempat Wisata Di Swedia

Tempat Wisata Belanja di Solo

1. Pasar Klewer

tempat wisata di solo untuk berbelanja
Pasar Klewer

Pasar klewer merupakan pasar yang terkenal dan tua di Solo. pasar ini menyediakan berbagai kebutuhan dengan harga yang murah hingga harga yang paling mahal. Tentunya, pada tempat wisata belanja ini pengunjung harus memiliki kemampuan menawar yang tinggi agar memperoleh harga yang murah.

Namun, tidak harus menawar ya, alangkah baiknya jika pengunjung membeli tanpa menawar karena hal ini juga merupakan salah satu factor yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang berjualan di pasar klewer.

2. Pasar Antik Triwindu

Pasar Antik Triwindu
Pasar Antik Triwindu

Pasar ini menyediakan berbagai barang antik yang dikhususkan bagi para kolektor yang hobi menyimpan barang-barang lama. Pasar ini didirikan sejak tahun 1939. Pasar antik ini menyediakan peralatan rumah tangga, perabot rumah tangga seperti kursi, lemari, dan lain sebagainya. Selain itu, pasar ini juga menyediakan koin kuno, sepeda kuno, dan barang lain yang bernilai seni dan bersejarah tinggi. Pasar ini sudah terkenal hingga mancanegara.

3. SGM (Solo Grand Mall)

tempat wisata di solo untuk belanja
SGM (Solo Grand Mall)

SGM ini merupakan mall yang didirikan pada tahun 2004. Mall ini dapat dijadikan sebagai destinasi wisata belanja yang dapat dikunjungi para wisatawan. Letaknya yang strategis dan berbagai jenis barang yang dijual juga dapat dipilih sebagai salah satu tempat untuk berjalan-jalan. Disini terdapat bioskop bagi para pecinta film dan dapat berwisata kuliner juga di dalam food court. Selain itu, pengunjung juga dapat menggunakan fasilitas mall seperti tempat parkir, kamar mandi, dan musholla.

4. Pasar Gede

Pasar Gede
Pasar Gede

Pasar gede ini merupakan salah satu pasar tertua yang ada di Solo. Pasar ini didesain oleh arsitek Belanda sehingga memiliki bangunan yang kuno. Sama seperti pasar klewer, pasar gede ini juga menjual berbagai macam kebutuhan sandang dan pangan.

5. The Park Mall

The Park Mall
The Park Mall

The park mall ini merupakan mall yang memiliki konsep taman. Dikatakan begitu karena di bagian luar dari mall tersebut terdapat taman kecil yang dapat digunakan untuk bersantai. Tumbuhan hijau ini mengelilingi bagian mall sehingga pengunjung dapat merasakan kesejukan dan pemandangan hijau sebelum memasuki mall.

6. Solo Paragon Mall

mall tempat belanja di solo
Solo Paragon Mall

Solo paragon mall ini merupakan mall yang terkenal dengan berbagai barang yang dijual dengan harga yang terjangkau jika pandai mencarinya. Mall ini menyediakan kebutuhan seperti perabot rumah tangga, alat elektronik, baju, tas, dan lain sebagainya. Mall ini juga memiliki food court yang dapat dijadikan tempat berwisata kuliner.

***

Itulah dia tiga puluh wisata di solo yang dapat dikunjungi di atas dapat menjadi salah satu alternatif wisata anda saat mengunjungi kota penuh warisan budaya ini. Berbagai wisata di atas dapat dipilih sesuai dengan selera berwisata anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga liburan anda menyenangkan.