Keindahan Norwegia Dalam Beberapa Tempat Wisata Berikut Ini

Tempat Wisata Norwegia Yang Harus Anda Kunjungi. Siapa yang tidak mengenal negara Norwegia. Sebuah negara monarki konstitusional yang letaknya berada  di semenanjung Skandinavia, yang berbatasan langsung dengan Swedia di bagian timur, Finlandia dan Rusia di bagian Utara. Sedangkan di bagian selatan berbatasan dengan Selat Skagerrak, ada juga samudra Atlantic di Utara dan laut Barents di bagian barat. Negara yang terkenal akan sejarah Vikingnya ini sendiri beribukota di Oslo, dengan bahasa resminya bahasa Norsk / Bahasa norwegia dan juga Sami.

Negara kerajaan dengan luas wilayah sekitar 385,532 km2 ini, mempunyai populasi sekitar 4,9 juta penduduk. Seperti negara Eropa lainnya, tempat wisata di Norwegia ini cukup populer, karena memiliki panorama alam yang indah, antara lain :

Tempat Wisata Di Norwegia

1. Kepulauan Lofoten

pulau lofoten tempat wisata di norwegia

Tempat wisata Norwegia yang pertama adalah kepulauan Lofoten. Ini adalah salah satu lokasi wisata yang terkenal yang ada di Norwegia. Tempat ini terkenal akan panorama alam yang sangat memukau. Tidak hanya itu, tempat ini juga terdiri atas beberapa kelompok pulau yang ada di sebelah utara. Adapun beberapa pulau yang di maksud antara lan Austvågøy, Vestvågøy , Moskenesøy, flakstadøy, vaerøy dan juga Røst. Pulau-pulau tersebut tentunya terhubung dengan pulau utamanya yaitu Norwegia, dengan menggunakan jalur jalan E10, beberapa buah jembatan dan juga terowongan bawah laut. Yang unik adalah kepulauan ini juga mempunyai beberapa bandara seperti Leknes Airport dan ada juga Svovaer Airport.

Karena letaknya di sekitar kutub utara, membuat iklim di tempat ini, relative ringan, karena adanya peredaran gulf Stream. Selain itu, karena lokasinya yang sangat indah, tidak heran, jika lokasi wisata tersebut kerap digunakan sebagai salah satu setting dalam film, novel, lukisan atau bahkan dalam video game.

2. Trolltunga

Trolltunga salah satu tempat wisata terindah di norwegia

Destinasi wisata yang berikutnya adalah Trolltunga. Ini adalah salah satu lokasi wisata yang paling disukai oleh para wisatawan. Unik adalah kata yang tepat, ketika Anda mengunjungi lokasi tersebut. Dimana Anda akan melihat sebuah batu yang bentuknya mirip seperti lidah. Itu sebabnya, tempat ini disebut dengan nama Trolltunga, atau artinya lidah troll.

  Beberapa Tempat Yang Bisa Dikunjungi Di Swedia Saat Liburan

Lokasi objek wisata yang satu ini ada di atas Skjeggedal, yang ada di Odda. Untuk mengunjungi objek wisata tersebut, Anda harus menggunakan sebuah tangga dan jalan khusus, yang panjangnya sekitar 950 meter. Lalu dilanjutkan dengan perjalanan yang sedikit terjal. Anda yang menyukai objek wisata yang menantang adrenalin, maka ini akan menjadi lokasi wisata yang tepat.

3. Alesund

kota alesund dengan penampakan warna warni dari atas

Alesund ini sendiri adalah sebuah kota yang letaknya di pantai barat Norwegia, sekaligus pintu gerbang ke Fjord barat laut dan juga pegunungan Alpine. Pada tahun 1904, kota ini pernah mengalami bencana yang cukup dahsyat, dimana kebakaran menghanguskan sebagian besar kota. Namun kemudian kota tersebut kembali dibangun dengan gaya arsitektur menggunakan batu bata. Membuat kota ini menjadi contoh sempurna tentang desain Jugendstil, versi Eropa Utara. Anda yang menyukai desain arsitektur dapat mengunjungi Jugendstil yang ada di Art Nouveau Center.

4. Tromso

tromso, tempat wisata dan ibukota norway utara

Tromso adalah tempat wisata di norwegia dan kota terbesar ketiga yang ada di Norwegia Utara. Di kota ini, Anda akan mudah melihat aneka bentuk rumah unik, dengan menggunakan material kayu khas abad ke-18, lengkap dengan berbagai keindahan alamnya. Salah satu keindahan alam yang sangat terkenal adalah wisata aurora. Ini adalah wisata melihat pantulan sinar matahari yang berpadu dengan es nan indah. Jumlah wisatawan akan meningkat, pada bulan September hingga maret, hanya untuk menikmati indahnya Aurora. Sedangkan untuk menikmati midnight Sun, biasanya terjadi pada sekitar 21 Mei hingga 21 Juli.

Pusat kotanya ada di pulau Tromsøya, dan mempunyai bandara yang bernama Tromsø Airport (TOS). Sedangkan dataran utamanya sendiri adalah Tromsdales. Pulau-pulau tersebut dihubungkan dengan menggunakan Tromsø Bridge dan juga Tromsøysund Tunnel. Untuk cuaca di lokasi ini, karena akibat pengaruh Arus Teluk (Gulf Stream), maka cuaca di kawasan ini jadi lebih hangat. Dibandingkan di wilayah lainnya.

baca juga: Tempat Wisata Di Swedia

Di kota ini juga anda dapat mengunjungi beberapa museum menarik seperti museum Polar, dll. Jalan-jalan di kawasan hutan yang ditanami dengan pohon Birch atau mengunjungi Atik Akuarium Polaria. Atau Anda juga dapat mengunjungi Gunung Storsteinen, dengan menggunakan kereta gantung Fjellheisen. Sepanjang perjalanan, mata Anda akan sangat dimanjakan oleh keindahan kota Tromso yang indah.

  Tempat Wisata Di Manado

5. Geirangerfjord

Geirangerfjord

Tempat wisata di Norwegia berikutnya terletak di bagian barat daya, dan dekat dengan pesisir kota Alesund. Tepatnya di wilayah More og Romsdal, region Sunnmore, bagian barat dari Norwegia. Geirangerfjord atau Geirangerfjorden ini sendiri adalah salah satu keajaiban alam yang terbentang sepanjang lebih dari 15 km. Yang merupakan cabang dari Sunnyvsfjorden dan juga Storfjorden. Anda akan melihat air biru yang dikelilingi oleh tebing megah dan juga pegunungan nan hijau subur nan menjulang dengan lebih dari 1000 meter.

Keindahan alam ini juga dilengkapi dengan sebuah air terjun cantik dan segar, lengkap dengan sebuah desa yang subur dan peternakan yang menyenangkan. Desa cantik tersebut dapat Anda temukan di ujung aliran Geirangelva, yang merupakan satu-satunya sungai mengalir sepanjang Geirangerfjord Fyord. Sedangkan air terjun yang dimaksud adalah air terjun Seve Sister Falls dan Suitor  (The friar) yang terkenal.

Pada tahun 2005 silam, lokasi wisata yang satu ini, dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Herritage Site.  Apabila Anda ingin menjelajahi objek wisata yang satu ini, Anda dapat menggunakan jasa ferry Fjord Nordvestlandske, biasanya berlayar dari Geiranger hingga ke daerah Hellesyit.

6. Kjeragbolten

tempat wisata unik di norwegia

Satu lagi, objek wisata alam yang cukup menantang adrenalin, bagi Anda yang mempunyai jiwa petualang, adalah Kjeragbolten. Ini adalah sebuah batu berukuran sangat besar, yang terjebak diantara 2 sisi bukit. Para wisatawan yang cukup berani, biasanya berdiri di atas batu yang menggantung tersebut. Kegiatan ini tentunya cukup menantang adrenalin, bagaimana tidak karena batu melayang tersebut berada diatas ketinggain sekitar 987 meter di atas permukaan tanah.

Objek wisata yang satu ini, adalah salah satu objek wisata yang cukup terkenal di kalangan pendaki gunung dunia. Lantaran kondisi medannya yang cukup sulit, dan pastinya membuat para pendaki merasa penasaran dan tertantang untuk menaklukannya. Anda yang ingin mengunjungi lokasi wisata yang satu ini, harus memiliki kondisi fisik yang prima. Sampai di puncak, pemandangan alam nan indah, akan menjadi bayaran yang sepadan.

  Tempat Wisata Di Medan

7. Jotunheimen National park

taman nasional dan tempat wisata alam indah di norwegia

Seperti namanya, Jotunheimen National Park, adalah sebuah taman nasional utama yang dimiliki oleh Norwegia. Taman nasional ini juga kerap disebut dengan Home of the Giant. Letaknya di bagian selatan Norwegia, dan termasuk beberapa gunung dengan 29 buah puncak tertinggi.

Mengunjungi taman ini, membuat Anda mudah menikmati Vettisfossen, sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 235 meter. Selain itu, lokasi ini juga cukup dekat dengan gletser, menikmati wisata mendaki gunung atau bahkan bermain ski.

8. Svalbard

salah satu tempat dan objek wisata di utara norwegia

Svabard sendiri adalah beberapa pulau yang letaknya diantara samudra Arktik, laut Greenland, laut Barents dan juga laut Norwegia. Sejak tahun 1920, pulau tersebut berada di bawah kekuasaan Norwegia.

Lokasi ini juga mempunyai pemukiman yang dikonsentrasikan di Longyearbyen dan juga Barentburg di Spitsbergen. Biasanya para wisatawan yang mengunjungi tempat wisata Norwegia ini, akan menikmati keindahan alam Arktik, lengkap dengan pulau-pulau gletser dan rangkaian gunung terjal yang tak tersentuh. Disini juga Anda akan mudah melihat hewan khas kutub, seperti beruang kutub, rubah kutub, karibu rusa, walrus, dan juga paus anjing laut.

9. Oslo

tempat wisata di ibukota negara norwegia

Oslo sendiri adalah ibukota dari negara Norwegia. Sebagaimana layaknya ibukota, yang menawarkan kesana modern, kota ini juga memberikan kesan santai. Lengkap dengan pantai yang menyerupai tapal kuda di Oslofjord. Yang menarik dari ibukota yang satu ini adalah sepertiganya adalah hutan. Artinya, sistem penghijauan di kota ini sangat baik.

Jika Anda mengunjungi Oslo, ada baiknya jika menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa landmark khas  kota tersebut, seperti Vigeland Sculpture Park, Viking Ship Museum, frogner park, Norsk folkemuseum, atau juga mengunjungi Akershus Fortress. Atau Anda dapat mengunjungi desain arsitektur bergaya abad ke-19. Tentunya ini akan menjadi kegiatan yang menarik, ketika mengunjungi kota cantik tersebut.

Lokasi ibukota tersebut berada di bagian selatan Norwegia, dan berdasarkan sejarah, kota ini sendiri dibangun pada tahun 1040, dan pernah beberapa kali mengalami pergantian nama tempat, mula dari Christiana dan juga kristiana. Hingga pada akhirnya namanya berubah menjadi Oslo pada tahun 1925. Untuk mengunjungi Ibukota Norwegia tersebut mudah saja. Anda dapat menggunakan jalur udara, yang berakhir di bandara Internasional utama, yaitu Oslo International Airport (OSL).

  Ini Dia Objek Wisata Terbaik Di Finlandia

10. Bergen

kota kecil yang indah di norwegia

Tempat wisata Norwegia lain yang tidak kalah menarik adalah Bergen atau BJorgvin. Ini adalah sebuah kota cantik yang letaknya di sepanjang fyord di wilayah Hordaland. Atau lebih tepatnya di semenanjung bergenshalvøyen, pantai barat Norwegia. Wilayah tersebut dikelilingi setidaknya 9 buah pegunungan yang dikenal dengan nama Seven Mountain (De syv fjell). Adapun deretan gunung yang dimaksud antara lain Ulriken (adalah pegunungan tertinggi), lalu ada juga Løvstakken, Fløyen, Damsgårdfjellet, Sandviksjellet, Lyderhorn, Biåmanen, Askøyfjellet, dan Rundemanen. Bergen sendiri adalah kota terbesar kedua yang ada di Norwegia, dan jumlah penduduknya sekitar 278 ribu jiwa di tahun 2016 silam.

Jika Anda ingin mengunjungi kota yang satu ini, ada beberapa jalur yang dapat Anda gunakan, seperti menggunakan kereta api, kapal ferry, atau bahkan pesawat udara. Karena di Bergen sendiri, terdapat bandara Internasional yang bernama Bergen Airport (BGO), yang letaknya di sekitar Fiesland, atau 20 km dari pusat kota.
Salah satu hal yang tidak boleh Anda lupakan ketika mengunjungi kota ini adalah mencicipi aneka kuliner lokal, yang biasanya berasal dari hasil tangkapan, atau Anda dapat mengunjungi pasar ikan, yang letaknya di jantung kota.

11. Slavanger

Slavanger

Slavanger sendiri adalah kota terbesar keempat yang ada di Norwegia. Lokasinya ada di semenanjung Stavanger, yang ada di wilayah pantai selatan negara tersebut. Merupakan pusat administrasi Country Rogaland, dengan jumlah penduduk sekitar 130 ribu jiwa pada tahun 2011 silam.

Dilihat berdasarkan sejarah, kota ini dibangun pada tahun 1125. Tepat di kawasan kotanya, yaitu di area vågen Anda dapat melihat beraneka rumah kayu tradisional khas Norwegia, yang sudah ada sejak abad ke 18 dan juga abad ke 19. Hingga kini rumah-rumah tersebut sengaja dilestarikan, untuk dijadikan sebagai objek wisata.
Jika Anda ingin mengunjungi kawasan tersebut, mudah saja. Anda dapat menggunakan kereta api atau menggunakan bus.

12. Flåm

wisata alam sejuk di pedalaman norwegia

Tempat wisata Norwegia yang lainnya adalah Flåm. Ini adalah sebuah desa cantik yang ada di bagian barat Norwegia. Tepatnya berada di lembah Flåmsdalen, dan di ujung Aurlandsfjorden. Fyord yang satu ini adalah cabang dari Sognefjorden, yang merupakan salah satu fyord terbesar dan juga terdalam yang ada di negara tersebut.

  Tempat Wisata Unik dan Menarik Di Denmark

Selain desa Flåm, ada di lembah Flåmsdaien ini juga terdapat sebuah desa kecil nan cantik yang bernama Myrdal. Jarak kedua desa tersebut sekitar 20 km, yang dapat ditempuh menggunakan jalur kereta. Kedua desa tersebut mempunyai pemandangan alam yang sangat indah, dan sayang jika dilewatkan begitu saja. Dengan menggunakan kereta, di sepanjang jalan, Anda akan leluasa menikmati indahnya desa Flåm, lembah Flåmsdale, Myrdai, sungai Flåmselvi, dan juga air terjun Kjosfoss. Untuk sampai ke lokasi ini, Anda dapat menggunakan jasa cruise.

13. Viking Ship Museum

tempat wisata budaya di norwegia

Seperti yang selintas dijelaskan di atas, salah satu hal yang cukup terkenal dari negara ini adalah Viking. Viking sendiri adalah para pelaut yang terkenal akan ketangguhannya dalam menjelajahi laut utara, dan membuat para lawan takut, ketika setiap kali didatangi oleh pelaut tersebut. Viking Ship Museum yang ada di ibukota Oslo ini sendiri berisi tentang berbagai jenis kapal tangguh yang dimiliki oleh Viking. Anda dapat melihat kapal Gokstand, Tune dan Oseberg, yang tidak lain 2 kapal kayu terbaik yang dapat diawetkan pada masa tersebut.

Selain aneka kapal, di museum ini, Anda juga dapat menikmati aneka perlengkapan tekstil, aneka perlengkapan rumah tangga, dan juga berbagai macam barang yang ditemukan di kuburan Viking yang telah meninggal dunia.

14. Jomfruland

pulau yang indah di norwegia

Jomfruland adalah salah satu pulau yang ada di negara Norwegia, yang dikarunia alam yang sangat indah. Dibingkai oleh pantai nan cantik, serta tebing cadas yang unik. Anda yang menyukai satwa, tentunya dapat mengunjungi Hovedgaard yang ada di bagian utara pulau. Disini Anda dapat melakukan trekking di kawasan hutan oak sambil mengamati beraneka macam burung nan cantik. Karena di kawasan ini, menjadi titik transit bagi sekitar 300 spesies burung. Jika ingin menikmati aneka macam burung cantik, maka Anda harus mengunjungi kawasan tersebut, ketika musim migrasi tiba, antara musim semi dan musim gugur. Yang unik adalah Jomfruland ini tidak ada kendaraan bermotor, yang ada hanyalah berjalan kaki atau menggunakan sepeda.

  Tempat Wisata Di Manado

15. Hemsedal

Hemsedal

Bagi Anda yang gemar bermain ski, tidak salah jika mengunjungi salah satu tempat wisata di Norwegia ini, tepatnya ke Hemsedal. Black Slopes adalah rute yang cukup menantang dan pas untuk para skier kawakan. Walaupun sebenarnya Hedemsal ini, tidak hanya melayani para penggemar Ski. Ketika musim salju berakhir, dan salju mencair, maka tempat ini akan berubah menjadi tempat yang pas untuk melakukan trekking, sepeda gunung, atau bahkan panjat tebing.

16. Røros

Røros

Røros sendiri awalnya sebuah kota tambang, yang kemudian beralih menjadi kota pariwisata. Pada abad ke 17 silam, kawasan ini sangat terkenal akan penghasil tembaga. Namun setelah masa kejayaannya berakhir, maka tempat ini kemudian dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia, dan sekaligus sebagai tempat wisata Norwegia yang penuh dengan sejarah. Ketika mengunjungi pusat kota Anda dapat menikmati sekitar 2.000 rumah kayu yang usianya ratusan tahun.

17. Preikestolen

tempat wisata terindah di norwegia

Tempat wisata yang paling terkenal di norwegia ini adalah sebuah Landmark fjord dengan tebing & air terjun di sekitarnya. Pemandangan di sekitar lokasi ini menawarkan puncak gunung bersalju, kehidupan tanaman yang subur, air terjun yang mengalir & pemandangan yang spektakuler. Preikestolen yang terletak di Ryfylke, Norwegia, sejatinya merupakan sebuah daerah landai di pinggiran tebing curam di tepian kompleks fjord norwegia. Lokasi ini mendatangkan banyak kunjungan wisata dari luar dan dalam negri karena keindahan pemandangan alam dan juga sangat ideal menjadi lokasi fotografi landscape.

Untuk mencapai Preikestolen, turis harus melalui jalan setapak yang cukup panjang, yaitu sejauh 3,8 km. Dari titik awal hingga puncak pendakian, turis bisa menghabiskan waktu sekitar 1-3 jam.

***

Demikianlah ulasan seputar daftar tempat wisata di norwegia yang terbaik yang bisa dikunjungi. Jika kamu mempunyai rencana untuk mengunjungi negara eropa, norwegia adalah sebuah pilihan tepat yang akan memberikan pengalaman menarik, walaupun memang biaya untuk berwisata di negara ini tidaklah murah.