Tempat Wisata Di Medan

Tempat Wisata di Medan yang Populer di Mata Wisatawan. Terdapat banyak tempat wisata di kota Medan, Sumatera Utara yang dapat Anda kunjungi ketika liburan tiba. Medan adalah kota terbesar ke-3 di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Medan memiliki keanekaragaman suku, etnis dan budaya di dalamnya seperti Suku Batak, Melayu, Jawa, Tionghoa dan etnis lainnya.

Ibu kota dari provinsi Sumatera Utara ini tidak hanya kaya akan keragaman budaya saja tetapi juga menyimpan potensi wisata yang cukup beragam.

Tempat Wisata di Medan yang Indah dan Populer

Salah satu ikon wisata di kota Medan, Sumatera Utara yang wajib untuk dikunjungi adalah Danau Toba. Danau Toba yang pernah dinobatkan sebagai danau vulkanis terbesar di dunia. Berbagai pesona Danau Toba menjadikannya salah satu wisata alam yang paling diandalkan dan terpopuler di Sumatera Utara. Dan bahkan terkenal hingga ke penjuru dunia.

tempat wisata di medan paling indah
danau toba

Air yang jernih dengan pemandangan cantik dari pegunungan yang menghijau semakin menambah daya tariknya. Ditambah lagi dengan keberadaan Pulau Samosir yang berada di tengah danau. Pulau yang begitu ikonik dengan kisah-kisah legenda yang menyertainya.

Selain berkunjung ke Danau Toba dan berpetualang ke Pulau Samosir, Anda juga dapat menjelajahi tempat indah lainnya di Medan yang tak kalah menarik.

Ada beragam tujuan wisata di Medan yang saat ini sedang digandrungi oleh para wisatawan untuk menikmati liburan. Objek-objek wisata apa sajakah yang itu? Mari kita jelajahi bersama daftar lengkap tempat wisata di Medan dan sekitarnya yang sedang ramai dikunjungi.

Tempat Wisata Alam di Medan

Bagi Anda yang merasa bahwa tempat wisata utama Danau Toba terlalu mainstream, tidak ada salahnya menjelajahi sisi lain dari Danau Toba serta objek wisata alam lainnya yang tidak kalah memukau. Mari kita jelajahi pemandangan alam lainnya, di gunung atau di pantai yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri.

1. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Sebenarnya tidak ada salju di sini. Di sini adalah kawah berisi air panas dengan air berwarna biru kehijauan. Kawah ini dikelilingi oleh batuan kapur berwarna putih, sehingga airnya terlihat seperti hamparan es.

Tempat wisata di medan yang satu ini hampir sama dengan Kawah Putih di Kawasan Ciwidey, Jawa Barat. Hanya lebih sepi dan belum terlalu terekspos oleh para pelancong. Di sini juga ada aliran air sungai yang menyatu dengan curahan air panas. Tetapi paduan air ini tidak terasa panas sehingga banyak dimanfaatkan pengunjung untuk mandi.

tempat wisata kawah putih di sumatera utara
Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Untuk masuk ke tempat wisata Kawah Putih Dolok Tinggi Raja, Anda hanya perlu membayar parkir sebesar Rp.5.000 saja. Tempat wisata ini terletak di Dolok Marawa, Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Anda memerlukan waktu tempuh sekitar 3 – 4 jam dari Kota Medan untuk tiba di sana.

2. Bukit Indah Simarjarunjung

Bukit Indah Simarjarunjung telah menjadi destinasi favorit untuk menikmati keindahan Danau Toba. Bukit ini sekarang menjadi semakin menarik dengan dibangunnya beberapa rumah pohon yang unik.

Anda dapat merasakan kesejukan udara yang menusuk kulit, sambil mengamati burung-burung bermigrasi, indahnya Danau Toba beserta Pulau Samosir, dan hijaunya hutan Pegunungan Bukit Barisan dari sebuah rumah pohon. Pemandangan yang paling spektakuler adalah ketika matahari terbenam! Selain itu, di sini juga ada flying fox mini yang cukup menarik untuk Anda coba.

  Tempat Wisata Di Manado
tempat wisata di medan di tepi danau toba
Bukit Indah Simarjarunjung

Untuk masuk ke tempat wisata Bukit Indah Simarjarunjung, Anda hanya perlu membayar tiket Rp.5.000 per orang dan Rp.10.000 untuk parkir mobil. Tempat wisata ini terletak di Jalan Simarjarunjung, Parik Sabungan, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Anda memerlukan waktu tempuh sekitar 3,5 – 4 jam dari Kota Medan untuk tiba di sana.

3. Bukit Paropo Silalahi

Di sini Anda dapat bersantai menikmati keindahan pantai di atas gunung. Ini bukan pantai yang sebenarnya karena pantai ini adalah Pantai Danau Toba. Karena luasnya, Danau Toba sudah menyerupai laut, dan salah satu pantainya yang indah adalah Bukit Paropo.

Bukit Paropo Silalahi
Bukit Paropo Silalahi

Bukit Paropo adalah tempat wisata di medan yang sedang naik daun. Dari sini Anda dapat menikmati birunya air Danau Toba yang tidak kalah dengan pesona pantai terkenal di dunia. Pantai yang indah ini terhampar sepanjang 28 Km. Anda dapat menyaksikan indahnya lukisan alam saat pegunungan hijau bertemu dengan jernihnya air Danau Toba.

Bukit Paropo Silalahi ini terletak di Desa Silalahi I, Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

4. Pantai Mangrove Kampoeng Nipah

Anda dapat menjelajahi suasana baru yang alami di tengah hutan bakau di Pantai Mangrove Kampoeng Nipah. Di sini, Anda akan mendapat suguhan deretan mangrove dari jalan setapak selebar 1,5 meter di atas permukaan laut yang terbuat dari kayu dan bambu

Anda wajib mengunjungi jembatan yang menghubungkan pantai dengan hutan bakau. Tempat ini paling cocok untuk mengabadikan keindahan seluruh hutan, sekaligus menambah koleksi foto Instagram Anda.

tempat wisata alam di medan
Pantai Mangrove Kampoeng Nipah

Setelah menikmati hutan bakau, Anda dapat bersantai sambil menikmati keindahan pantai berpasir putih, atau mengunjungi kedai yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Objek wisata ini ternyata dikelola secara swadaya oleh penduduk sekitar. Mulai dari tiket masuk seharga Rp10.000, penjaga parkir, hingga penjual makanan. Semuanya di bawah bimbingan Dinas Pariwisata setempat.

Pantai Mangrove Kampoeng Nipah terletak di Desa Muara Maimbai, Kecamatan Sei Nagalawan Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Anda dapat berkunjung ke tempat wisata ini setia hari mulai jam 8 pagi sampai dengan jam 6 sore.

5. The Le Hu Garden Medan

Ini adalah salah satu taman romantis di Medan. Mungkin baru terkenal dua tahunan belakangan ini. Pemandangan alam nan asri menjadi salah satu andalannya. Berlokasi di Marendal, Kecamatan Patumbak.

Lokasi tempat wisata di medan yang satu ini buka hanya hari sabtu dan minggu. Selain keindahan taman, taman juga menawarkan beberapa kegiatan wisata yang dapat pengunjung nikmati. Kegiatan tersebut seperti bermain perahu di danau, memancing, makan-makan. Taman Le Hu Garden juga menarik untuk menjadi tempat berfoto di Medan, apalagi untuk kamu yang hobi sosial media. Cocok juga untuk dijadikan tempat bermain anak di Medan.

taman paling indah di medan
The Le Hu Garden Medan

Nah, andai kamu ingin menyegarkan fikiran, namun tidak ingin pergi terlalu jauh dan menempuh perjalanan yang lama, The Le Hu Garden bias dijadikan alternatif. Taman Le Hu Garden juga merupakan salah satu taman romantis di Medan lho. Lokasinya tidak sulit dijangkau, tentu akan lebih hemat dong.

6. Pulau Mursala, Sibolga

Di sini, anda akan tenggelam dalam godaan eksotisme alam dari Pulau Mursala, Sibolga. Pulau ini terletak di lepas pantai Sibolga yang dikelilingi oleh Samudera Hindia. Beberapa sumber menyebutkan bahwa pulau ini menjadi terkenal karena pernah menjadi tempat lokasi syuting film King Kong.

Terlepas dari itu, pulau ini memang memiliki potensi wisata nomor satu. Alamnya masih asli dengan keragaman hayati bawah lautnya yang luar biasa.

tempat wisata di medan yang belum banyak diketahui
Pulau Mursala, Sibolga

Anda juga wajib mengunjungi keunikan paling popular di pulau ini, yaitu air terjun yang langsung bermuara ke laut. Air terjun melewati tebing batu granit kemerahan di pinggir pulau dengan ketinggian sekitar 35 meter. Sungguh pemandangan yang sangat mempesona.

Disarankan untuk berangkat di pagi hari dan kembali ke Sibolga di sore hari, karena kurang memungkinkan untuk bermalam di pulau ini.

Jika hendak mencapai Pulau Mursala, Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp1.500.000 untuk sewa kapal kayu atau Rp.2.500.000 untuk sewa perahu motor. Pulau ini terletak di Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Waktu tempuh ke pulau Mursala sekitar 3 jam dengan kapal kayu atau 1 jam dengan perahu motor.

  Ini Dia Objek Wisata Terbaik Di Finlandia

7. Pulau Berhala

Pulau Berhala berada di tengah Selat Malaka. Tepatnya terletak di Kecamatan Tanjung Beringin, kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumut. Salah satu pulau terluar NKRI ini memiliki luas sekitar 14,75 hektar. Oleh karena itu, pulau ini dijaga oleh para Marinir. Di Pulau Berhala juga terdapat penangkaran Penyu.

Untuk bisa sampai ke pulau ini, pengunjung bisa melalui dari Pantai Cermin, Serdang Bedagai atau pelabuhan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara. Untuk ke Pelabuhan Serdang Bedagai dibutuhkan waktu sekitar 2 atau 3 jam dari Kota Medan. Kemudian, pengunjung harus menempu waktu sekitar 4 sampai 5 jam lagi untuk menyeberang dengan kapal untuk sampai ke Pulau Berhala.

tempat wisata pulau di medan
Pulau Berhala

Tidak ada penginapan khusus wisatawan di pulau ini. Jika ingin menginap, pengunjung dapat menyewa mess marinir atau membawa tenda sendiri. Untuk makan dan minum, kita pun harus memasak sendiri. Di Pulau Berhala, pengunjung bias menyelam melihat terumbu karang, berenang, berfoto serta menyaksikan matahari tenggelam dan terbit.

8. Cemara Asri

Cemara asri sebenarnya bukan tempat yang secara khusus ditujukan sebagai obyek wisata. Namun, karena terdapat danau buatan yang menjadi habitat ribuan burung di tengah-tengah kompleks, persis di sebelah bundaran, maka banyak warga Kota Medan yang datang berkunjung ke sini. Tujuannya tentu saja melihat atau melakukan pengamatan burung dari berbagai jenis burung bangau di pulau tengah kolam.

Cemara Asri
Cemara Asri

Dalam bulan-bulan tertentu, antara Februari ke April, kamu dapat melihat jenis-jenis tertentu yang merupakan burung migran. Bahkan, kamu juga dapat melihat ikan mas dan lele yang cukup besar di pinggiran kolam.

Tempat ini terbuka setiap hari. Sangat ramai pada minggu pagi untuk dijadikan tempat berolah raga. Jika sore setiap harinya pasti akan cukup banyak penduduk dan anak-anak muda yang “nongkrong” sambil melihat burung di sini. Bandung juga banyak memiliki tempat wisata.

9. Air Terjun Dua Warna

Kaki Gunung Sibayak memiliki air terjun yang cukup unik dengan dua gradasi warna. Di bagian bawahnya air terjun berwarna putih abu-abu, sedangkan yang jatuh air terjun tampak berwarna biru muda. Bukan hanya warna, suhu airnya pun berbeda, yaitu air terjun yang berwarna putih akan terasa lebih hangat.

Ketinggian air terjun ini adalah 100 meter dan terletak sekitar 1.400 meter di atas permukaan laut. Ditambah dengan kerimbunan hutan di sekelilingnya, membuat air terjun ini layak untuk Anda kunjungi. Air terjun ini mengandung belerang yang baik untuk kesehatan kulit. Tetapi tidak disarankan bagi anda untuk meminumnya, karena akan berbahaya bagi kesehatan.

tempat wisata di medan air terjun indah
Air Terjun Dua Warna

Akses ke air terjun ini cukup sulit. Maka dari itu, Anda disarankan untuk memakai sepatu dan pakaian yang nyaman. Air Terjun Dua Warna terletak di Desa Suka Makmur, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Air terjun ini dapat dicapai dalam waktu 2 – 3 jam dengan berjalan kaki dari pintu utama Bumi Perkemahan Sibolangit. Harga tiket masuk ke air terjun ini hanya Rp.3.000 per orang.

10. Sampuren Putih

Sesuai dengan namanya, air terjun ini bertingkat tujuh dan total ketinggian sekitar 150 meter. Air yang jatuh membentuk buih-buih berwarna putih, oleh karenanya diberi nama Sampuren Putih.

Tapi air terjun ini hanya membiarkan tingkat terakhirnya saja yang dapat dilihat dengan jelas. Enam tingkat sisanya tertutupi oleh bebatuan tebing dan diperlukan usaha ekstra untuk mendaki hutan dengan medan yang cukup menantang.

Sampuren Putih
Sampuren Putih

Dasar air terjun ini cukup dangkal dan dipenuhi oleh batuan kecil. Selain itu, konon airnya juga memiliki kandungan belerang sehingga banyak pelancong memilih untuk berendam di sini.

Jika Anda hendak mengunjungi Air Terjun Sampuren Putih, Anda harus pergi di Desa Basukum, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Dan untuk menikmati keindahan air terjun ini, Anda tidak dikenakan biaya.

11. Danau Siombak

Danau Siombak merupakan danau buatan yang terletak di Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan. Menurut perkiraan, luas danau ini sekitar 40 hektar dan kedalaman sekitar 12 meter.

Sering dikunjungi oleh warga sekitar setiap akhir pekan. Kegiatan favorit yang dilakukan di sini adalah memancing. Ikan hasil pancingan anda dapat langsung dimasak dan disantap di sini. Tempat ini juga menyediakan fasilitas bermain bagi anak-anak, seperti kolam mini, mandi bola. Untuk mengujunginya, anda hanya cukup mengeluarkan Rp. 2.000 saja untuk tiket masuk. Sangat murah sekali, bukan?

  Keindahan Norwegia Dalam Beberapa Tempat Wisata Berikut Ini
salah satu danau terindah di medan
Danau Siombak

Di sekitar danau juga disediakan perahu atau sampan, jika anda ingin berkeliling danau. Biayanya Rp. 15.000 per orang. Ada juga yang menyediakan speedboat, dengan tarif Rp. 35.000 per orang. Oh iya, pemandangan sunset di sini cukup indah lho!’

12. Pantai Bali Lestari

Obyek wisata pantai di Medan yang lagi hits berikutnya adalah Bali Lestari. Pengelola Pantai Bali Lestari mencoba membuat suasana pantai ini mirip dengan suasana pantai di Bali. Karena itu juga ia diberi nama Bali Lestari.Untuk mencapai lokasi, wisatawan bisa melalui Rumah Makan Simpang Tiga, Perbaungan. Jarak tempuhnya sekitar 10 km menuju lokasi. Tota waktu yang dibutuhkan dari Kota Medan sekitar 3 jam.

tempat wisata di medan paling menarik
Pantai Bali Lestari

Dari bundaran ini, paling jaraknya hanya sekitar 1 kilometer. Di sepanjang pesisir ini, terdapat obyek wisata pantai di sekitar medan lainnya yaitu Pantai Gudang Garam, Pantai 88 dan Pantai Cermin. Di sini, pengunjung dapat bermain pasir, mandi, bermain banana boat atau makan di bawah pohon atau payung yang disediakan pengelola. Menjadi sangat populer karena sering dijadikan tempat berfoto oleh wisatawan.

13. Cagar Alam Sibolangit Medan

Jika Anda ingin menghindar sebentar dari hiruk pikuk kota Medan, maka Cagar Alam Sibolangit adalah tempat yang tepat untuk Anda kunjungi ketika melepas penat.
Tujuan wisata ini menyuguhkan suasana yang masih sangat asri dan sejuk sehingga membuat betah bagi siapapun yang mengunjunginya. Tempat ini juga cocok bagi Anda yang mencari suasana romantis.

Di kawasan cagar alam ini, Anda dapat menikmati keindahan alamnya sekaligus belajar untuk lebih mencintai alam yang mulai menua. Obyek wisata ini mengkampanyekan konsep go green di tengah pemanasan global di dunia yang semakin memprihatinkan.

Cagar Alam Sibolangit Medan
Cagar Alam Sibolangit Medan

Cagar Alam Sibolangit Medan terletak di Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara. Untuk menuju tempat ini, Anda harus menempuh kurang lebih satu jam atau sekitar 40 Km dari pusat kota Medan. Anda tidak dikenakan biaya masuk untuk menikmati keindahan alam di tempat wisata ini.

14. Merdeka Walk

Ini adalah tempat wisata di Medan yang romantis serta wajib dikunjungi berikutnya adalah MW atau Merdeka Walk. Mungkin tidak ada orang Medan yang tidak mengenal Merdeka Walk. Ini adalah kompleks wisata kuliner di Medan. Terletak persis di Lapangan Merdeka Kota Medan. Karena itu ia dinamakan Merdeka Walk. Bahkan, ini pusat tongkrongan anak Medan. Kalau kamu hendak ke atau sedang di Medan, tidak lengkap jika tidak mencoba datang ke sini.

tempat wisata di medan di pusat kota
Merdeka Walk

Biasanya sangat ramai pada malam hari. Di sekitar tempat ini, banyak terdapat bangunan zaman peninggalan Belanda di daerah Kesawan. Misalnya saja gedung Bank BNI, Kantor Pos Medan, Stasiun Medan, Kantor PT Lonsum, gedung Bank Mandiri. Di daerah Kesawan ini lah terdapat Rumah Tjong A Fie, salah seorang tokoh Tionghoa yang berperan dalam sejarah tionghoa di Medan. Namun, rumah Tjong A Fie hanya buka siang hari. Di sekitar kawasan ini banyak dijadikan tempat berfoto di Medan. Sering pula dijadikan lokasi pra-wedding. Dapat dikatakan tempat ini merupakan tempat wisata yang romantis.

Tiap malam minggu, jalan di sekeliling lapangan merdeka akan sangat ramai oleh berbagai komunitas sepeda motor. Sedangkan di dalam lapangan, tepat di belakang kompleks Merdeka Walk, banyak warga Medan menghabiskan waktu dengan cara sekedar duduk-duduk atau aktivitas lainnya setiap malam. Nah, kalau tiap minggu pagi, banyak yang jogging di sini.

Tempat Wisata Kuliner di Medan

Pengaruh masyarakatnya yang terbentuk dari beragam suku dan budaya seperti Melayu, Batak, Tionghoa, Arab, sampai India, menjadikan kuliner yang ada di Medan sangat kaya rasa dan berbeda dari wilayah lain di Indonesia. Benar-benar tidak ada duanya.

Yang menjadi pikiran utama ketika Anda berlibur ke tempat yang jauh, selain akomodasi pasti adalah tempat makan yang enak tetapi dengan harga terjangkau.
Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Medan, siap-siap untuk menjelajah ke tempat-tempat makan murah berikut ini, dijamin tidak akan menyesal! Jangan khawatir, tempat-tempat makan yang dipaparkan di sini adalah tempat makan yang menyajikan makanan halal. Mari kita simak berikut ini.

1. Lontong Kak Lin

Anda pasti memikirkan untuk mulai beraktifitas, Anda membutuhkan sarapan pagi yang ringan tapi memuaskan. Hal ini pasti terbayang setiap memulai hari di sebuah kota yang baru. Untuk menambah energi di awal hari, Anda dapat meluncur ke Lontong Kak Lin. Sajian lontong khas Medan lengkap dengan sate kerang dan aneka lauk sayur akan memompa semangat baru untuk melanjutkan jalan-jalan Anda.

  Tempat Wisata Di Solo
tempat wisata kuliner terbaik di medan
Lontong Kak Lin

Seporsinya, Anda hanya mengeluarkan Rp.10.000 saja. Lontong Kak Lin terletak di Jalan Teuku Cik Ditiro, Madras Hulu, Medan Polonia, Kota Medan. Anda dapat menikmati sajian lontong khas Medan ini mulai hari Senin sampai dengan hari Minggu jam 7 pagi sampai dengan jam 4 sore. Kecuali di hari Minggu, kedai buka hanya sampai dengan jam 12 siang.

2. Kedai Kopi Apek

Ketika Anda bepergian ke manapun, duduk di warung kopi sambil membaca atau berbincang ringan selalu menjadi godaan yang tidak bisa ditolak. Begitu juga di Medan. Anda dapat menikmati kopi O biji Sidikalang khas Medan yang ditemani roti bakar atau martabak telur. Menu ini telah menjadi kawan setia di Kedai Kopi Apek sejak tahun 1922.

Kedai Kopi Apek
Kedai Kopi Apek

Untuk menikmati kopi dan makan makanan ringan di kedai ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp.20.000 saja. Kedai Kopi Apek berlokasi di Jalan Hindu Nomor 110, Kesawan, Medan Barat, Kota Medan. Kedai ini buka dari hari Senin sampai dengan hari Sabtu mulai jam 6 pagi sampai dengan jam 2 siang. Kecuali di hari Minggu, buka sampai dengan jam 11.30 malam.

3. Rujak Kolam Takana Juo

Rujak adalah salah satu makanan ciri khas Indonesia yang sudah dikenal hampir di semua kota. Tetapi ada satu rujak yang konon berbeda dengan rujak biasa di kota Medan. Sambel uleg yang menjadi teman makan buah dan sayur disiram dengan gula merah dan taburan kacang membuat rujak gaya Minang ini otentik dan unik.

makanan yang lagi hits di medan
Rujak Kolam Takana Juo

Rujak Kolam Takana Juo seporsinya hanya seharga Rp18.000. Anda akan menemukannya di seberang Masjid Raya Medan, Jalan Mahkamah, Kota Medan. Rujak ini dapat Anda nikmati setiap hari dari jam 10 pagi sampai dengan jam 11 malam.

4. Kari Bihun Tabona

Jika Anda berlibur ke pulau Sumatera, maka belum cukup tanpa mencicipi menu kari lokal. Untuk Anda yang memburu racikan kari paling enak di Medan, Kari Bihun Tabona harus masuk ke dalam daftar kunjungan Anda. Pilihan kari ayam, sapi, atau bihun kuah kentalnya yang begitu kaya rasa membuat siapapun tergoda untuk mencicipinya.

tempat wisata di medan makan kuliner
Kari Bihun Tabona

Kari Bihun Tabona dapat Anda nikmati hanya mulai dari Rp.27.000 seporsi. Kari Bihun Tabona ini dapat Anda temui di Jalan Mangkubumi Nomor 17, Medan Maimun, Kota Medan setiap hari mulai jam 6.30 pagi sampai dengan jam 11.30 siang.

5. Roti Tisu Martabak Gapa, Perniagaan

Roti tisu atau dikenal juga dengan crepe di Martabak Gapa disajikan dengan adonan renyah kulit martabak serta perpaduan rasa manis gurih yang berasal dari taburan keju dan lelehan susu kental manis. Sajian ini dijamin akan membangkitkan air liur Anda untuk segera melahapnya.

Roti Tisu Martabak Gapa, Perniagaan
Roti Tisu Martabak Gapa, Perniagaan

Roti Tisu Martabak Gapa dapat Anda nikmati mulai dari Rp25.000 seporsi di Jalan Perniagaan Nomor 15, Kesawan, Medan Barat, Kota Medan setiap hari mulai jam 6 sore sampai dengan jam 12 siang.

6. Wajir Seafood

Di kota Medan ada lokasi yang harus dikunjungi oleh para penggemar cumi telur asin atau kepiting lunak, yaitu Wajir Seafood. Hidangan super lezat dengan harga yang ringan di kantong tentunya semakin menggiurkan buat para pelancong, termasuk Anda.

tempat wisata di medan menikmati jajanan
Wajir Seafood

Hidangan yang disajikan mulai dari Rp.20.000 seporsi. Wajir seafood terletak di Jalan Kolonel Sugiono No.3i, Medan Maimun, Kota Medan. Kedai ini buka di hari Senin sampai dengan Kamis mulai jam 4 sore sampai dengan 10.30 malam. Kemudian di hari Sabtu sampai dengan Minggu mulai jam 11 siang sampai dengan jam 10.30 malam. Kecuali di hari Jumat tutup.

7. Nasi Ayam Mama Koki

Ada yang berbeda dengan Nasi Ayam Mama Koki di rumah makan khas Binjai ini jika dibandingkan dengan masakan ayam goreng di rumah makan lainnya. Saus manis berpadu dengan daging ayam matang yang sempurna akan membuat Anda semakin ketagihan.

Nasi Ayam Mama Koki
Nasi Ayam Mama Koki

Anda dapat menikmati seporsi nasi ayam Mama Koki seharga Rp.29.000. Nasi ayam ini dapat Anda temui di Jalan Singa, Pandau Hulu II, Kota Medan setiap hari mulai jam 10.30 pagi sampai dengan jam 2.30 siang, dilanjut jam 5 sore sampai dengan jam 9.30 malam.

  Beberapa Tempat Yang Bisa Dikunjungi Di Swedia Saat Liburan

8. Es Pokat Kocok Simpang Glugur

Es alpukat pasti sudah tidak asing bagi Anda sebagai pecinta kuliner. Tapi ada satu tempat di Medan yang akan membuat Anda tercengang. Begitu larisnya, antrean es di sini bisa mencapai nomor 100. Rasa alpukat yang diramu susu kental manis dan gula merah ini membuat Es Pokat Kocok Simpang Glugur semakin menggoda.

es paling enak di medan
Es Pokat Kocok Simpang Glugur

Es Pokat Kocok Simpang Glugur ini dapat Andda nikmati hanya seharga Rp.9.000 seporsi di Jalan K. L. Yos Sudarso Nomor 21 K, Glugur Kota, Medan Barat setiap hari mulai jam 1 siang sampai dengan jam 11 sore.

9. Menu oriental Fuk Yen Hong Kong Style Cheng Fun

Medan tersohor dengan kuliner oriental yang mumpuni. Tidak heran jika para penggemar Chinese food akan makin senang mengunjungi kota ini. Menu modifikasi dari resep Hong Kong rice noodle semakin mantap di lidah Anda dengan porsi lengkap kombinasi dari ebi atau ayam.

Fuk Yen Hong Kong Style Cheng Fun
Fuk Yen Hong Kong Style Cheng Fun

Menu di Fuk Yen Hong Kong Style Cheng Fun dapat Anda nikmati mulai dari harga Rp10.000 seporsi yang beralamat di Ruko Cemara Asri, Sophie Square, Kota Medan setiap hari mulai dari pukul 7 sampai dengan pukul 15. Kecuali hari Selasa tutup.

10. Bihun Bebek Kumango

Selain ayam, bebek adalah unggas favorit untuk di santap. Tempat makan andalan di Medan yang satu ini layak menjadi favorit Anda. Anda dapat menikmati paduan bihun yang kenyal berpadu dengan empuk dan gurihnya daging bebek pilihan.

tempat wisata di medan paling lezat
Bihun Bebek Kumango

Bihun Bebek Kumango ini mulai dari harga Rp.60.000 seporsi dan beralamat di Jalan Kumango Nomor 15, Kesawan, Medan Barat. Anda mengunjunginya setiap hari Senin sampai dengan hari Sabtu mulai jam 6 pagi sampai dengan jam 11 siang. Kecuali hari Minggu tutup.

Tempat Wisata Edukasi Dan Budaya Di Medan

1. Museum Sumatera Utara

Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang kekayaan budaya dan tradisi di Sumatera Utara, maka berkunjung Museum Sumatera Utara merupakan suatu pilihan yang paling tepat. Terdapat berbagai jenis benda peninggalan sejarah dan budaya dari Sumatera Utara di museum ini.

tempat wisata sejarah di medan
Museum Sumatera Utara

Museum ini memiliki dua lantai dengan beberapa ruangan yang dapat Anda jelajahi. Di antaranya adalah ruangan pameran tetap, pameran temporer, ruang audio visual, serta ruangan lainnya yang memiliki beragam fungsi. Setidaknya terdapat sekitar 6.799 koleksi yang disimpan di museum ini. Terdiri dari satwa khas Sumatera, arca peninggalan Hindu – Budha, diorama kehidupan pra sejarah, dan peninggalan sejarah lainnya yang berharga.

Museum ini berlokasi di Jalan H.M. Jhoni No. 51, Kota Medan, Sumatera Utara. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.2.000 per orang untuk masuk ke tempat wisata ini.

2. Istana Maimun Medan

Istana Maimun adalah bangunan bersejarah dengan arsitektur unik dan menawan. Dengan memadukan gaya arsitektur Melayu, Islam, Timur Tengah, Spanyol, Italia, dan India, menjadikan Istana Maimun sebagai lambang kejayaan Kerajaan Deli di Sumatera Utara. Bahkan konon istana ini menyandang predikat sebagai salah satu istana yang terindah di Indonesia.

tempat wisata budaya di medan
Istana Maimun Medan

Obyek wisata ini memiliki tiga bagian utama dengan wilayah yang cukup luas. Di sini, Anda dapat mengitari keindahan arsitektur yang menakjubkan. Istana Maimun beralamat di Jalan Sultan Ma’moen Al Rasyid No. 66 A.U.R, Maimun, Medan. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.5.000 per orang untuk masuk ke tempat wisata ini.

3. Taman Buaya Asam Kumbang

Buat Anda ingin merasakan pengalaman melihat langsung hewan karnivora ini di kota medan, bisa langsung singgah di Taman Buaya Asam Kumbang.

Dengan luas lahan sekitar 2 hektare, tempat penangkaran buaya ini menjadi taman buaya terbesar di Asia Tenggara. Liburan di lokasi penangkaran buaya ini tentunya cukup menantang adrenalin. Ada banyak buaya yang siap menyambut kedatanganmu di lokasi penangkaran ini.

tempat wisata di medan yang paling seru
Taman Buaya Asam Kumbang

Setidaknya ada sekitar 2500 ekor buaya dalam berbagai ukuran ada di tempat ini. Buaya-buaya tersebut ditempatkan di kolam atau rawa buatan dengan usia yang bervariasi. Bahkan ada buaya yang sudah berusia 78 tahun. Tempat wisata di medan yang satu ini berlokasi Lokasi: Jl. Bunga Raya II No. 54, Sunggal, Medan, Sumatera Utara.

  Tempat Wisata Unik dan Menarik Di Denmark

4. Kampung Keling Medan

Medan dikenal sebagai kota yang memiliki multi etnis. Di dalamnya merupakan tempat tinggal dari banyak budaya dan etnis. Etnis India adalah salah satu etnis yang hidup rukun di sana. Wilayah yang mendapatkan julukan The Little India ini dapat menjadi salah satu destinasi wisata unik dengan latar belakang budaya India yang khas.

Kampung Keling Medan
Kampung Keling Medan

Keunikan kampung Keling bukan hanya terletak pada bangunan bersejarah saja tetapi juga di di lokasi wisata ini terdapat kuliner khas India yang dapat anda nikmati. Wisata Kampung Keling atau Kampung Madras terletak di Kota Medan, Sumatera Utara. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.6.000 pada hari biasa dan Rp.8.000 pada hari libur per orang untuk masuk ke tempat wisata ini.

5. Maha Vihara Adhi Maitreya Medan

Berwisata ke kota Medan tidak akan lengkap jika Anda tidak berkunjung ke Maha Vihara Adhi Maitreya. Terutama bagi Anda yang suka dengan bangunan yang memiliki arsitektur unik. Maha Vihara Adhi Maitreya adalah salah satu Vihara terbesar di Indonesia.

tempat wisata religi di medan
Maha Vihara Adhi Maitreya Medan

Suasana di vihara ini sangat tenang, saat mengitarinya Anda akan menemukan 3 patung suci, yaitu patung Dwi Kwan in, Patung suci Sang Budha, dan patung Hakim Bao.

Di area depan, terdapat lokasi untuk berdoa. Di sisi kiri, terdapat taman yang menyerupai kota Beijing Cina dengan kolam berisi ikan koi dan patung Dwi Kwan In. Di sisi kanan, terdapat area permainan dangan beberapa gambar Great Wall China. Dan di bagian belakang terdapat lukisan cantik.

Vihara ini beralamat di Jalan Cemara Boulevard Utara Nomor 8, Medan Estate, Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sumatera Utara. Untuk masuk ke tempat wisata ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.8.000 saja per orang.

6. Masjid Raya Medan

Bagi Anda yang beragama Islam, perjalanan wisata di Medan akan semakin lengkap dengan mengunjungi Mesjid Raya Medan yang telah berdiri sejak tahun 1906. Mesjid yang menjadi kebanggaan kota Medan ini sering disebut juga dengan Masjid Raya Al Mashun. Uniknya, bangunan mesjid ini berbentuk oktagonal dan memiliki kubah berwarna hitam.

tempat wisata ikon kota medan
Masjid Raya Medan

Mesjid ini berdekatan dengan Istana Maimun yang hanya berjarak sekitar 200 meter saja. Anda dapat langsung berjalan kaki menuju Istana Maimun untuk melanjutkan wisata, atau sebaliknya. Mesjid ini berlokasi di Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Sumatera Utara.

7. Graha Santa Maria Velangkanni

Graha Santa Maria Velangkanni berlokasi di Jalan Sakura III nomor 7-10 Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan. Bentuknya tampak seperti kuil Hindu, namun sebenarnya ini adalah gereja umat Katolik. Karena kemegahan dari bangunan gereja ini, tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke sini sekedar hanya untuk berfoto.

tempat wisata di medan untuk umat katolik
Graha Santa Maria Velangkanni

Gereja ini dibangun oleh Pastor James Bharataputra S.J. pada tahun 2001 dan kemudian diresmikan pada tahun 2005. Yang unik dari gereja ini adalah arsitektur Indo – Mogul yang pewarnaan ornamennya dilakuan sesuai dengan makna kitab suci. Tidak ada biaya retribusi untuk mengunjungi gereja ini, Anda hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan.

8. Merci Windmill

Merci Windmill adalah sebutan dari sebuah kincir angin di kota medan yang merupakan yang terbesar yang ada di Indonesia. Dengan ketinggian mencapai 22 meter, kamu seakan berada di Belanda yang identik sebagai Negeri Kincir Angin. Bangunan Kincir Angin ini memiliki dua lantai, dengan keunikan masing-masing ruangan memiliki ciri khas tersendiri.

Lantai pertama, kamu akan mendapati berbagai macam pernak-pernik khas Negeri Kincir Angin, sementara lantai kedua merupakan ruangan seribu cermin. Dinding ruangan ini penuh dengan cermin sehingga akan terpantul bayangan baying kamu nantinya.

tempat wisata di medan yang mirip luar negri
Merci Windmill

Jika tertarik mengunjunginya, Lokasi tempat ini berada di Jl.Karya Jaya – Medan Johor (Perumahan Medan Resort City), Medan, Sumatera Utara.

 

***

Demikian beberapa tempat wisata di Medan, Sumatera Utara yang dapat dijadikan referensi bagi Anda yang akan berpergian ke sana. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur. Semoga liburan Anda menyenangkan.