Tempat Wisata Di Manado

Mypurohith.com – Wajib Kunjungi Beberapa Tempat Wisata Di Manado Yang Menarik Ini. Manado yang merupakan ibu kota dari Sulawesi Utara ini merupakan kota kedua paling ramai di Sulawesi setelah Makassar. Terdapat banyak tempat wisata di Wakatobi Sulawesi Tenggara yang wajib di kunjungi. Meskipun begitu, Sulawesi Utara, tepatnya di Manado juga memiliki banyak tempat wisata yang tidak kalah indahnya. Dengan perekonomian di Manado yang tumbuh cepat, banyak tempat wisata yang dapat dilihat di sana.

Ada banyak tempat wisata yang terkenal di Manado, yang layak dikunjungi untuk berlibur bersama keluarga. Apa saja tempat wisata yang dapat Anda temui di Manado? Berikut adalah ulasan beberapa tempat wisata di Manado.

Tempat Wisata Edukasi di Manado

Manado memiliki banyak potensi pariwisata yang luar biasa. Ibukota dari Provinsi Sulawesi Utara ini tidak hanya menawarkan atraksi ekowisata saja seperti di Taman Laut Bunaken, tetapi juga menyajikan beragam wisata edukasi bagi keluarga. Dari hasil penelusuran tentang destinasi wisata di Manado, ada beberapa tujuan wisata edukasi yang cukup menarik. Mari disimak infonya sebagai berikut.

tempat wisata di manado
wisata budaya manado – via kemdikbud.go.id

1. Klenteng Ban Hin Kiong

Klenteng Ban Hin Kiong adalah Klenteng tertua di Sulawesi Utara. Di sini, Anda dapat melihat ornament-ornamen khas Klenteng yang didominasi dengan warna merah dan kuning. Tidak hanya melihat keindahan arsitekturnya, Anda juga akan belajar tentang indahnya keberagaman dan toleransi yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari letak bangunan Klenteng yang berdekatan dengan mesjid dan gereja.

2. Museum Negeri Sulawesi Utara

Wisata edukasi lainnya yang patut dikunjungi di Manado bersama keluarga adalah Museum Negeri Sulawesi Utara. Museum ini memiliki peragaan yang sangat lengkap, mulai dari arkeologi, etnografi, hingga seni rupa. Di sini, Anda dapat mengenal segala hal yang berkaitan dengan alam, sejarah, manusia, dan budaya di Sulawesi Utara.

3. Tugu Perang Dunia II

Kota Manado dikenal juga sebagai salah satu daerah penganut agama Nasrani terbesar di Indonesia, sehingga tidak jarang banyak pelancong berkunjung dalam rangka ibadah. Jika Anda berkunjung ke Gereja Sentral Masehi Injil di Minahasa, maka Anda akan melihat Tugu Perang Dunia II. Tempat tugu berdiri ini dulunya adalah tempat Gereja Manado Besar yang hancur ketika terjadi Perang Dunia II.

  Keindahan Norwegia Dalam Beberapa Tempat Wisata Berikut Ini

4. Waruga Sawangan

Waruga Sawangan adalah sebuah wilayah taman pemakaman yang sangat tua. Ini merupakan tempat peristirahatan terakhir dari leluhur suku Minahasa. Yang menarik adalah jenazah tidak dikuburkan dalam tanah, tetapi dimasukkan ke dalam batu ukir atau waruga dengan posisi duduk mencium lutut. Terlihat sama seperti pemakaman di Londa Toraja.

Konon, aksesori yang terdapat pada waruga menandakan status sosial dari jenazah semasa hidupnya. Pahatan yang terdapat pada batu menjelaskan ada berapa jasad yang tersimpan dalam waruga tersebut dan apa mata pencaharian mereka di kala masih hidup.

Walaupum kuburan ini sangat kuno, tidak akan ditemukan kesan seram. Situs ini justru sangat menarik untuk dikunjungi karena akan menambah wawasan tentang keragaman budaya yang ada di Indonesia. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi situs warisan dunia UNESCO ini adalah pada siang hari menjelang sore hari. Waruga Sawangan berjarak sekitar 20 KM dari pusat Kota Manado atau memakan waktu sekita 40 menit saja dengan kendaraan.

5. Laut Manado

Jika Anda berkunjung ke Manado, rasanya kurang lengkap kalau belum melihat keindahan bawah lautnya yang terkenal. Pulau Bunaken menjadi salah satu tujuan wisata edukasi keluarga untuk belajar tentang terumbu karang dan taman laut.

Sebelum menyeberang ke Pulau Bunaken, Anda juga dapat melakukan snorkeling atau diving di teluk di sebelah barat daya Kota Manado. Uniknya, di sekitar Teluk Manado, Anda dapa mengikuti kursus menyelam profesional dan mengadopsi koral sebagai bagian dari konservasi.

Tempat Wisata Alam Di Manado

Manado seringkali terlupakan sebagai tujuan wisata favorit di Indonesia. Namanya masih kurang terkenal jika dibandingkan dengan Bali, Yogyakarta, atau Lombok. Padahal wilayah yang terletak di bagian utara Pulau Sulawesi ini mempunyai sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan yang masih banyak tersembunyi.

tempat wisata di manado
wisata alam manado – via shutterstock.com

Bagi Anda yang penasaran seperti apa keindahan wisata di Manado, mari kita intip seputar tujuan atau tempat wisata di Manado pada ulasan berikut ini.

1. Rumah Alam Manado Adventure Park

Rumah Alam Manado Adventure Park berlokasi di Jalan Ring Road Manado II, Kairagi Satu, Mapanget, Manado. Di tempat wisata ini, Anda dapat melakukan beragam aktivitas yang kental dengan nuansa alam, mulai dari extreme rapeling, zorbing, hingga mengendarai ATV. Di sini juga banyak terdapat spot Instagrammable yang dapat Anda manfaatkan untuk mengabadikan foto-foto cantik.

2. Air Terjun Kima Atas

Sesuai dengan namanya, air terjun ini berlokasi di Kelurahan Kima Atas yang jaraknya sekitar 15 kilometer dari pusat kota Manado. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menepi sejenak dari keramaian kota, sambil menikmati pesona alam. Keindahan air terjun tiga tingkat dengan aliran air yang tidak terlalu deras ini akan membuat Anda takjub.

3. Pulau Lihaga

Terdapat pulau-pulau tropis yang memiliki panorama istimewa di daerah sekitar Manado. Salah satu pulau yang wajib Anda kunjungi adalah Pulau Lihaga. Pulau ini menyuguhkan air laut yang jernih, biru, beserta pasir putihnya yang lembut. Seperti Taman Laut Bunaken, Pulau Lihaga juga menawarkan spot-spot diving dan snorkeling yang mengesankan.

  Beberapa Tempat Yang Bisa Dikunjungi Di Swedia Saat Liburan

4. Taman Laut Tumbak

Tidak jauh dari Taman Laut Bunaken, terdapat tempat wisata laut lainnya yang bernama Taman Laut Tumbak. Waktu tempuh ke tempat ini sekitar tiga jam dari pusat kota Manado. Taman Laut Tumbak memiliki lebih dari 20 titik penyelaman yang indah dan menyenangkan. Di antaranya adalah Napo Kipas, Bohaga Kecil, Pintu Samudra, Taman Karang, dan Bohaga Mangrove.

5. Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua adalah gugusan pulau yang membentuk Taman Nasional Bunaken. Anda tidak perlu meragukan lagi keindahan bawah laut di sini. Selain dapat menikmati keindahan bawah laut, Anda juga dapat menikmati beragam atraksi wisata alam, salah satunya adalah trekking menuju puncak Bowon Tehung. Jika beruntung, Anda dapat menemukan hewan-hewan eksotik khas Indonesia, mulai dari penyu sisik, monyet Crested macaca nigra, hingga tarsius.

6. Pulau Siladen

Pulau Siladen berlokasi di timur laut dari Bunaken. Pulau ini berjarak sekitar 45 menit dari Manado. Pulau kecil ini memiliki pasir putih yang indah, air laut yang jernih, dan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Tempat wisata pantai di Pulau Siladen ini memiliki dua titik penyelaman andalan, yaitu Siladen satu dan Siladen dua.

7. Pantai Patokan

Pantai Patokan terletak di Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara, atau berjarak sekitar empat jam perjalanan dari pusat Kota Manado. Walaupun letaknya cukup jauh dan tersembunyi, pantai ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis.

Bahkan pantai ini sering dianggap mirip dengan Pantai Navagio di Pulau Zakynthos, Yunani, yang terkenal di dunia. Pantai ini diapit oleh dua tebing. Lagunanya berwarna hijau kebiruan dan airnya sangat jernih. Selain itu pasirnya juga berwarna putih halus.

8. Air Terjun Ratahan Telu

Air Terjun Ratahan Telu terletak di Jalan Pineleng-Kali, Kali, Pineleng, Kabupaten Minahasa, atau berjarak sekitar 20 kilometer dari Manado. Kondisi alam yang masih asri dan tidak terlalu ramai menjadikan air terjun ini sangat disukai oleh para pecinta alam. Tempat ini cocok bagi Anda untuk berisitirahat dan penat dengan rutinitas kota.

9. Batu Dinding Kilo Tiga

Batu Dinding Kilo Tiga terletak di Buyungon, Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan. Tebing alami ini memiliki bentuk yang sangat unik dan tidak seperti tebing-tebing lain pada umumnya. Tingginya mencapai 90 meter, dengan permukaan yang berbentuk jajaran balok bersusun secara bertingkat. Bagi anda pecinta olahraga panjat tebing, lintasannya yang cukup sulit akan memberikan tantangan yang tidak biasa.

10. Pantai Pulisan

Pantai Pulisan mempunyai spot alam yang lengkap. Selain memiliki pantai pasir putih yang indah, di tempat ini juga terdapat bukit savana dilengkapi dengan rumput hijaunya yang menenangkan. Di pantai ini juga terdapat pepohonan yang teduh. Lautnya berwarna biru dengan panorama alam bawah laut khas koral berwarna-warni yang indah.

Tempat Wisata Kuliner Di Manado

Makanan merupakan kebutuhan pokok dari manusia. Tentu saja setiap hari Anda membutuhkan makan untuk dapat melakukan kegiatan sehari-hari. Rata-rata Wisata Kuliner Manado yang dikonsumsi disesuaikan dengan selera rasa, bahan, dan harga yang telah dibandrol.

  Tempat Wisata Di Medan
tempat wisata di manado
wisata kuliner manado – via detik.com

Dunia kuliner di Indonesia memang paling spektakuler dalam varian makanan dan penikmatnya. Hal ini dikarenakan jenis makanan atau minuman yang ada di Indonesia paling banyak dan beragam. Banyaknya pilihan menu yang disajikan akan membuat para Wisata Kuliner Manado semakin dimanjakan.

Salah satu kuliner indonesia yang cukup populer dan sering diburu oleh seluruh penikmat kuliner adalah kuliner Manado. Memang manado merupakan sebuah kota surga bagi para pencari makanan enak. Dan wisata kuliner Manado ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi atau rekomendasi bagi Anda.

Oleh karena itu, berikut akan dibahas mengenai kumpulan atau rangkaian tempat wisata kuliner Manado paling enak yang dapat memanjakan lidah orang-orang penikmat makanan Manado yang sangat khas. Mari kita simak tentang tempat wisata kuliner Manado paling enak dan harus anda coba apabila kebetulan sedang berada di Kota Manado.

1. Nasi Kuning Saroja

Tempat wisata kuliner Manado yang pertama akan dibahas adalah sebuah tempat kuliner yang cukup populer di Kota manado. Nasi Kuning Saroja yang akan membuat lidah Anda bergoyang. Nasi Kuning Saroja ini adalah sebuah lokasi santap yang sangat enak di Manado yang berlokasi di jalan Diponegoro, Manado. Harga menu makanan di Nasi Kuning Saroja ini mulai dari Rp. 3.000 hingga Rp. 11.000.

Salah satu makanan favorit yang ada di Nasi Kuning Saroja ini adalah nasi kuning yang tentunya sudah tidak asing di Pulau Jawa. Tetapi nasi kuning yang ada di sini agak berbeda. Nasi Kuning Saroja dilengkapi dengan daging sapi, ikan cakalang, bawang goreng dan juga sambel yang membuat nasi kuning ini menjadi sangat istimewa.

2. City Extra

Tempat wisata kuliner manado yang berikutnya adalah sebuah lokasi santap yang memiliki nama City Extra. Tempat ini terletak di Jalan Raya Tanawangko, Desa Kalasey, Manado. Harga menu makanan di City Extra ini mulai dari Rp. 15.000 hingga 250.000. Dengan harga tersebut, anda akan dimanjakan dengan makanan yang sangat lezat. City Extra merupakan sebuah tempat wisata kuliner paling enak di Manado yang menyajikan masakan seafood.

Di Manado banyak terdapat restoran seafood. Hal ini karena manado adalah salah satu tempat yang sangat dekat dengan laut. Menu andalan yang direkomendasikan di City Extra diantaranya adalah Kepiting Lada Hitam, Udang Bakar, Bobara Woku Blanga, Bobara Asam Manis, Udang Saus Padang, Bobara Bakar, dan masih banyak lagi menu makanan yang lainnya.

3. Wisata Bahari Seafood Restaurant

Tempat wisata kuliner di Manado selanjutnya adalah sebuah lokasi santap yang juga dekat dengan laut. Yaitu Wisata Bahari Seafood Restaurant yang berlokasi di Jalan Wolter Monginsidi 1, Bahu Mall Complex, Manado. Menu makanan dibandrol mulai dari harga Rp.30.000 hingga Rp.75.000. Tentu saja harga tersebut termasuk harga yang cukup terjangkau. Tidak kalah dengan restoran seafood yang lainnya, Wisata Bahari Seafood Restaurant memberikan kualitas makan yang luar biasa dengan spot pemandangan yang bagus.

  Tempat Wisata Unik dan Menarik Di Denmark

Salad Goropa adalah menu makanan seafood yang sangat diandalkan di Wisata Bahari Seafood Restaurant ini. Ikan gorapa adalah bahan utama dari makanan andalan yang ada di sini. Ada terdapat menu lainnya seperti Sayur Pakis, Aneka Olahan Udang Goropa Bakar Rica, Bobara dan jus tomat yang siap anda nikmati di Wisata Bahari Seafood Restaurant ini.

4. Pondok Maengket Teterusan

Tempat wisata kuliner manado yang selanjutnya adalah sebuah lokasi santap yang terletak di jalan Terusan Mapanget, Sulawesi Utara. Tempat ini bernama RM Pondok Maengket Teterusan. Harga menu di sini mulai dari Rp. 25.000. Menu ikan bakar yang ada di sini rasanya paling spektakuler.

Cah kangkung dan juga dabu-dabu nya juga mempunyai rasa yang sangat khas. Ada juga menu ikan mujair bakar yang siap menggoyang lidah anda dengan bumbu yang sangat khas tentu dan sangat sedap. Selain itu ada 3 jenis masakan dengan bahan ikan mujair yakni Ikan Mujair Woku Blanga, Ikan Mujair Goreng, dan Ikan mujair Bakar Rica. Jika Anda hendak menikmati bumbu khas manado, cobalah untuk memesan menu Ikan Woku Blanga yang rasanya khas karena rempah yang ada di dalamnya.

5. Wakeke

Wakeke menyajikan menu Tinutuan. Yaitu sebuah makanan khas Manado yang berasal dari beras kemudian dimasak menjadi bubur. Setelah itu sajikan dengan singkong dan labu merah. Wakeke adalah sebuah tempat wisata kuliner manado yang berlokasi di Jalan Wakeke No. 1 Manado, Sulawesi Utara.

Menu pelengkap untuk tinutuan antara lain cakalang fufu yakni potongan ikan cakalang yang diasap, dabu-dabu roa, yaitu sambal yang sangat khas dari Manado, dan Perkedel Nike yaitu olahan ikan nike. Untuk harga makanan mulai dari Rp.1.500 hingga Rp.22.000.

6. Ananas

Ananas adalah sebuah tempat kuliner gaul dan unik yang ada di Manado. Hal ini karena café Ananas adalah sebuah tempat yang menyajikan banyak makanan khas tradisional yang ada di Manado seperti Klappertaart, Cucur, Panada, Lalampa, dan yang lainnya.

Café Ananas terletak di Jalan BW Lapian 39, Manado. Untuk harga, mulai dari Rp.3.000 hingga Rp.50.000. Di sini Anda dapat menikmati Lalampa dan lumpia serta sambal bakasang yang merupakan makanan khas Manado yang harus anda coba.

7. Dego Dego

Dego Dego terletak di Jalan Wakeke No 11 Manado. Tempat ini juga menyajikan Tinutuan sebagai salah satu menu andalannya. Untuk harga dari menu makan di Dego Dego ini mulai dari Rp.4.000 hingga Rp.9.500.

Makanan lainnya yang dapat Anda nikmati seperti Perkedel Nike dan Mie Cangkalang. Mangkok dengan ukuran jumbo akan disajikan di meja Anda beserta Tinutuan. Perbedaan dari Tinutuan Dego Dego dengan yang lainnya adalah sayur dengan bumbu yang di masak terpisah sehingga sayur akan tetap segar ketika dinikmati. Tinutuan yang ada di Dego Dego ini dapat Anda nikmati bersama dengan sambel bakasang dan sambel roa yang mempunyai cita rasa khas Kota Manado.

  Ini Dia Objek Wisata Terbaik Di Finlandia

8. Kios Pelangi

Kios Pelangi berlokasi di jalan Dr Sam Ratulangi, Manado. Kios Pelangi ini adalah lokasi santap yang menu makanannya di jual berkisar antara Rp.3.000 hingga Rp.17.000. Seperti tempat makan lainnya, tempat ini juga menyajikan bubur Tinutuan yang merupakan sajian sangat khas dari Kota Manado. Selain itu juga terdapat menu Mie Goreng Cakalang Pedas, Mie Cakalang Kuah, Mie Ayam. Ada juga Banana Fritters, Nasi Kuning, dan menu makanan lainnya.

9. Arafah

Arafah berdiri di Jalan Babe Palar, Tomohon Tengah, Tomohon, Manado. Harga dari makanan yang disajikan di tempat ini tergolong sangat murah mulai dari Rp.12.000 sampai dengan Rp.15.000. Banyak menu makanan yang dapat Anda santap di sini.

Beberapa menu makanan tersebut antara lain Ikan Cakalang Fufu, Soto Ayam, Lalapan, Aneka Sayur, Gorengan dan juga banyak jenis kue. Salah satu menu makanan uniknya adalah menu Ikan Cakalang Fufu. Tentu menu makanan yang satu ini sangat lezat apabila ditambahkan dengan dabu-dabu yang merupakan sambal khas dari Minahasa.

10. Kios Tanta Marta

Tempat makan populer yang satu ini berlokasi di jalan Tikala Ares No 71 dan dinamakan Kios Tanta Marta. Tempat ini lebih tepatnya berada di dekat perempatan banjer. Kios ini juga menyajikan bubur khas tinutuan, seperti di tempat-tempat makan lainnya.

Banyak sekali seluruh turis yang mengunjungi Kios Tanta Marta ini. Kios ini telah lama berdiri sejak tahun 1962. Ciri khas dari Kios Tanta Marta adalah dengan adanya sayur rebung yang tentu berbeda dengan menu sajian di tempat lainnya. Walaupun sebagai salah satu warung yang cukup tua, masalah harga Kios Tanta Marta ini membandrol makanannya hanya mulai dari Rp.5.000 saja.

11. Angel Fish

Angel Fish ini merupakan salah satu tempat wisata kuliner Manado yang sangat populer dan menjadi kesayangan penduduk Manado. Hal ini dikarenakan lokasi Angel Fish yang berdiri di Jalan Piere Tendean menyajikan makanan yang sangat sesuai dengan lidah.

Bagi para pencinta seafood, rasanya sangat wajib untuk mencoba menu seafood yang ada di Angel Fish ini. Beberapa menu makanan andalan yang ada di Angel Fish ini seperti misalkan saja Ikan Tude, Ikan Tude Bakar, dan makanan seafood yang lainnya. Tempat wisata kuliner Manado yang satu ini dibuka mulai dari jam 9 pagi Wita hingga jam 10 malam Wita. Dan untuk harga, Anda dapat menyantap sajian di Angel Fish mulai dari Rp.21.000.

12. Mi Ayam Mas Topan

Mi Ayam Mas Topan oleh pemiliknya adalah salah satu tempat wisata kuliner yang menu makanannya disajikan secara apik, mempunyai rasa yang lezat, serta dibandrol dengan harga yang cukup murah. Dari namanya saja, Anda sudah tahu bila menu andalannya dari Mi Ayam Mas Topan ini adalah mie pangsit ayam yang memang mempunyai rasa enak yang khas.

Tempat wisata kuliner manado ini terletak di Jalan Sam Ratulangi. Selain menu andalannya, ada banyak menu makanan lainnya yang juga disajikan di tempat Mi Ayam Mas Topan, seperti tahu telur, ayam bakar, ayam lalapan, bakwan malang, ketoprak, dan menu makanan lainnya. Untuk harga dari sajian yang ada di Mi Ayam Mas Topan ini mulai dari Rp.8.000.

  Tempat Wisata Unik dan Menarik Di Denmark

13. Gembira

Namanya memang unik. Gembira terletak di Jalan Raya Kawangkoan, Sendangan Lingkungan 6, Manado. Anda akan menemukan berbagai makanan ringan untuk disantap di sini seperti biapong temo dan roti bakar.

Tapi anda jangan lupa untuk memesan kopi hitam atau kopi susu khas buatan Gembira ini. Makanan yang memiliki nama biapong temo memiliki 2 macam yakni biapong isi kacang hijau dan biapong isi daging babi. Untuk menu harganya sendiri, Gembira membandrol mulai dari Rp.5.000.

14. Ragey

Tempat wisata kuliner manado selanjutnya adalah sebuah tempat kuliner yang di dalamnya terdapat menu makanan yang berbahan daging babi. Tentu ini merupakan tempat wisata kuliner manado yang dikhususkan untuk semua penikmat makanan yang berbahan dasar daging babi. Ragey adalah tempat makan di Manado yang ramai dengan pengunjung. Ragey terletak di Jalan anowangko Kawangkoan, Talikuran, Minahasa.

Beberapa menu makanan yang dapat Anda nikmati di Ragey ini seperti sate babi dan babi panggang. Tentu bumbu yang digunakan dalam masakan di Ragey ini adalah bumbu khas Minahasa yang lezat. Ditambah lagi bila makanan yang ada di Ragey ini dikoleksi dengan sambal tomat Manado yang sangat khas yang biasa disebut dengan dabu-dabu. Untuk harga, Ragey membandrol mulai dari Rp.8.000.

15. Soto Rusuk Ba Ko Petrus

Selanjutnya adalah sebuah lokasi santap terpopuler di Kota Manado yang terletak di Jalan Laksda john Lie, Manado. Untuk harga dari makanan yang ada di Soto Rusuk Ba Ko Petrus ini mulai dari Rp.30-ribuan. Seperti biasa, rata-rata tempat wisata kuliner Manado menyajikan bubur Tinutuan dan makanan pelangkap lainnya seperti Banana Flitters dan Perkedel Nike.

Tetapi ada salah satu menu makanan yang paling unik di Soto Rusuk Ba Ko Petrus ini yakni Soto Rusuk Ba’ yang akan membuat lidah anda bergoyang. Rasa khas yang didapatkan dari soto ini sangat luar biasa. Soto Rusuk Ba’ adalah menu soto yang di dalamnya menggunakan daging babi. Dan yang tentu saja Anda harus tahu bahan dari Soto Rusuk Ba’ ini. Daging rusuk babi yang ada dalam soto ini terasa sedap dan sangat enak.

Demikian daftar lengkap beberapa wisata yang terdapat di kota Manado yang dapat Anda kunjungi. Kebanyakan lokasi wisata alam adalah lokasi wisata pantai, karena Manado terletak di tepi pantai. Dan kebanyakan wisata kuliner di Manado menyajikan menu ikan sebagai bahan dasarnya karena juga Manado terletak di tepi pantai. Semoga ulasan informasi tempat-tempat ini dapat dijadikan bahan referensi dan bermanfaat.