Sejarah Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola – Sepak bola adalah salah satu olahraga paling terkenal di dunia. Saat ini, sudah tidak terhitung lagi banyaknya tim sepak bola yang ada, yang jelas permainan ini selalu menjadi primadona di setiap negara. Hal ini tentu tidak terlepas dari perjalanan panjang perkembangan dan peraturan permainannya. Lalu, bagaimana olahraga ini bermula dan seperti apa bentuk permainannya? Berikut ini kami sajikan secara lengkap pembahasan mengenai sejarah sepak bola, mulai dari asal mula hingga teknik bermainnya.

Asal Mula Sepak Bola di Dunia

  1. Cikal Bakal Sepak Bola

Pada abad ke-2 dan ke-3 di masa Dinasti Han, tercipta sebuah permainan yang mirip sekali dengan sepak bola yaitu permainan menendang bola yang terbuat dari kulit ke dalam jaring mini. Permainan inilah yang sampai saat ini dipercayai sebagian besar orang sebagai asal mula permainan sepak bola.

Namun, teori lain ada juga yang mengatakan bahwa asal mula sepak bola berasal dari salah satu permainan tradisional Jepang yaitu Kemari. Permainan ini terjadi pada zaman Hein, dimainkan dengan cara menendang bola berukuran kecil yang terbuat dari kulit rusa dan diisi serbuk kayu. Pada zaman itu, kemari wajib dimainkan oleh para bangsawan.

  1. Menyebarnya Permainan Sepak Bola

Awalnya, permainan tradisional yang mirip dengan sepak bola hanya dikenal di Tiongkok dan Jepang saja. Akan tetapi entah dari mana, permainan sepak bola mulai menyebar luas ke beberapa wilayah negara seperti Meksiko, Yunani, Romawi, Amerika Tengah dan Inggris. Dari beberapa wilayah negara tersebut, hanya negara Inggrislah yang paling gencar mengenalkan permainan sepak bola ke wilayah negaranya.

  1. Panjangnya Sejarah Sepak Bola di Inggris

Kedatangan permainan sepak bola di Inggris pada tahun 1353 di tolak keras oleh Raja Edward III karena permainan ini dianggap penuh dengan tindak kekerasan dan cenderung anarkis. Setelah bertahun-tahun dilarang, permainan sepak bola mulai diperbolehkan lagi pada tahun 1360. Namun sayang, bentuk permainan tersebut tidak berubah sama sekali yaitu masih dengan tindakan yang anarkis.

Dalam sejarah sepak bola Inggris, tercatat telah terjadi beberapa kali pelarangan dan pencabutan permainan sepak bola, baik saat di pimpin oleh Ratu Elizabeth I atau Raja Charless II. Sampai akhirnya permainan sepak bola di buka kembali di Inggris pada tahun 1860 dan tidak ada lagi pelarangan setelahnya. Berawal dari situ, sepak bola di Inggris berkembang baik dari segi peraturan ataupun cara bermainnya sehingga banyak digemari masyarakatnya.

  1. Asosiasi Sepak Bola Pertama di Dunia

Berkembangnya sepak bola di Inggris mulai diikuti oleh negara-negara sekitar sehingga dari situlah Inggris mengaku bahwa permainan sepak bola berasal dari Inggris. Perjalanan panjang sejarah sepak bola di negara Inggris, membuat terbentuknya asosiasi sepak bola Inggris pertama pada tahun 1863. Sejak saat itu, permainan sepak bola mulai teratur dan menunjuk wasit sebagai pengatur jalannya pertandingan sepak bola.

Kemudian, pada tahun 1886 diadakan rapat pembahasan mengenai pembentukan asosiasi yang akan menaungi sepak bola di dunia. Akan tetapi, hal tersebut baru terealisasi di Perancis pada tahun 1904 yaitu dengan terbentuknya FIFA atau Federation Internationale de Football Asociation dengan dukungan beberapa negara seperti Belgia, Perancis, Belanda, Spanyol, Swiss, dan Swedia.

Perkembangan Sepak Bola Setelah Terbentuknya FIFA

sejarah perkembangan bola kaki
the18.com
  1. Sepak Bola yang Semakin Populer

FIFA yang tercatat dalam sejarah sepak bola sebagai asosiasi sepak bola pertama di dunia, memiliki peran penting dalam mempopulerkan olahraga sepak bola ke seluruh penjuru dunia. FIFA mengajak berbagai negara untuk turut serta masuk ke dalam keanggotaannya agar sepak bola di dunia dapat di satu padukan bentuk permainannya. Sampai saat ini, tercatat sudah ada 209 negara yang bergabung dalam keanggotaan FIFA.

baca juga: Sejarah Pramuka

  1. Peraturan Permainan Sepak Bola yang Jelas

Dalam sejarah sepak bola Inggris, peraturan bermain sepak bola sudah diterapkan dengan cukup baik apalagi setelah terbentuknya asosiasi sepak bola Inggris pertama pada tahun 1683. Namun dibawah naungan FIFA, sepak bola mulai diatur lebih detailnya lagi seperti mengenai kejelasan pelanggaran, jual beli pemain, dan kompetisinya.

  1. Adanya Kompetisi Internasional

FIFA sebagai asosiasi sepak bola dunia mulai membuat kompetisi-kompetisi bergengsi Internasional, salah satu yang paling terkenal adalah kejuaraan Piala Dunia. Kompetisi ini adalah kompetisi yang dapat diikuti oleh seluruh timnas putra anggota federasi. Sejarah sepak bola mencatat, Piala Dunia pertama kali diselenggarakan pada tahun 1930 dan terus berlanjut empat tahun sekali hingga saat ini.

Selain Piala Dunia, ada lagi yang namanya Piala Konfederasi. Kompetisi ini merupakan kompetisi yang diadakan oleh federasi di setiap wilayah zona bentukan FIFA. Kompetisi demi kompetisi yang diselenggarakan FIFA disambut baik berbagai negara karena hal tersebut dapat dijadikan acuan seberapa besar negara tersebut telah mengembangkan sepak bolanya.

  1. Adanya Sepak Bola Wanita

Seperti yang kita tahu, sepak bola umumnya dimainkan oleh pria. Namun, banyaknya wanita yang juga menyukai permainan ini membuat FIFA mulai menggagas beberapa program untuk mengembangkan sepak bola wanita sampai akhirnya terjadilah kompetisi Internasional Piala Dunia wanita pada tahun 1991. Walaupun tidak banyak negara yang mengikuti kompetisi tersebut, Kompetisi itu tetap disambut baik para pecinta sepak bola khususnya wanita. Terlebih lagi, diperkirakan ada sekitar 40 jutaan wanita yang menggeluti olahraga ini.

Perkembangan sepak bola wanita tak terhenti disitu saja, negara-negara yang menyadari banyaknya potensi olahraga sepak bola wanita, mulai membentuk klub-klub sepak bola untuk mewadahi wanita yang berminat terjun ke dalam sepak bola professional. Apabila sudah terbentuk tim-tim sepak bola wanita, asosiasi sepak bola negara tersebut akan membuat kompetisi resmi yang dikhususkan untuk wanita.

  1. Sanksi yang Tegas

Kita semua tahu, dulunya sepak bola dikenal sebagi permainan yang keras dan anarkis dan itu merupakan bagian sejarah sepak bola yang tidak bisa dilupakan. Oleh karena itu, FIFA yang dibentuk untuk membuat sepak bola lebih maju, membuat peraturan yang lebih ketat untuk federasi yang dibawahinya maupun untuk pemain dan klubnya. FIFA tak akan segan menjatuhi sanksi berat bagi federasi atau klub yang melakukan kecurangan dan kelicikan saat mengikuti kompetisi yang diselenggarakan mereka.

  1. Penggunaan Teknologi untuk Sepak Bola

Terjadinya kecurangan dalam sepak bola yang tidak terlihat oleh wasit membuat banyak pihak merasa dirugikan. Untuk itu, di jaman sekarang ini sepak bola mulai melibatkan kecanggihan teknologi untuk menciptakan nuansa sepak bola yang fair play dan meminimalisir kecurangan. Salah satu yang sedang banyak dibicarakan saat ini adalah VAR. Teknologi ini berfungsi untuk membantu wasit dalam memutuskan suatu kejadian dalam sepak bola.

Selain itu, masih banyak lagi teknologi yang di pakai seperti goal line technology yang digunakan untuk mendeteksi apakah bola sudah melewati garis gawang atau belum. Kemudian ada EPTS atau Electronic Performance and Tracking Systems yang berfungsi untuk melihat statistik suatu tim dan pemain-pemainnya dalam suatu pertandingan.

Komponen Pertandingan Sepak bola

komponen pertandingan sepak bola
idntimes.com
  1. Pemain

Dalam suatu pertandingan sepak bola, komponen utama yang harus ada adalah pemain. Jumlah pemain untuk satu tim sepak bola adalah 11 pemain dengan berbagai posisi. Bukan itu saja, suatu tim juga harus memiliki pemain pengganti atau cadangan yang jumlahnya menyesuaikan kebutuhan tim tersebut. Di dalam pertandingan resmi, biasanya suatu tim membawa sekitar 8-10 pemain pengganti.

baca juga: Sejarah Akuntansi

  1. Wasit Utama

Agar bisa berlangsung pertandingan yang sportif dan bersih dari kecurangan maka haruslah ada yang namanya wasit utama. Wasit utama bertugas memimpin jalannya pertandingan dari awal sampai akhir, di tangan wasitlah segala keputusan mengenai suatu kejadian sepak bola diputuskan. Tugas wasit utama tidak hanya itu saja, Ia juga harus mencatat dan memberikan teguran kepada pemain yang dianggap melanggar peraturan pertandingan.

  1. Asisten Wasit atau Hakim Garis

Asisten wasit bertugas di pinggir garis lapangan untuk membantu mengamati pelanggaran yang terjadi. Selain itu, asisten wasit juga bertugas untuk melihat garis offside suatu tim, karena hanya dari sudut tersebut pelanggaran offside bisa diamati. Dalam suatu pertandingan, orang yang bertugas sebagai asisten wasit jumlahnya ada 2 orang yang berada di kedua sisi samping lapangan.

  1. Wasit Pengganti

Tidak hanya pemain saja yang butuh pengganti, ternyata wasit juga membutuhkan pengganti. Hal ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga apabila wasit utama tidak bisa lanjut memimpin pertandingan karena suatu hal maka wasit penggantilah yang bertugas menggantikannya. Selain itu, wasit pengganti juga memiliki tugas untuk membantu proses pergantian pemain yang dilakukan suatu tim agar tidak mengganggu jalannya pertandingan.

Peraturan Umum Pertandingan Sepak Bola

peraturan bermain bola
northbayyouthsoccerclub.com
  1. Gol

Dalam sejarah sepak bola peraturan mengenai gol tidak berubah, karena hal inilah yang menjadi ciri khas permainan sepak bola Apabila suatu tim bekerjasama dan dapat memasukan bola ke dalam gawang lawan maka hal ini disebut dengan gol. Tim yang mampu memasukan gol paling banyak akan menjadi pemenangnya.

  1. Durasi Waktu

FIFA telah mengatur lamanya durasi suatu pertandingan sepak bola yaitu 90 menit. Apabila kedua tim mencetak gol dalam jumlah yang sama dalam kurun waktu tersebut maka hasil pertandingan tersebut dianggap seri. Namun hal ini tidak berlaku pada kompetisi-kompetisi tertentu yang membutuhkan salah satu tim untuk menjadi pemenangnya sehingga akan dilanjutkan ke dalam babak tambahan waktu atau babak adu penalti.

  1. Out atau Bola Keluar Lapangan

Saat bola keluar dari area lapangan pertandingan maka hal tersebut disebut dengan out. Bola out akan dimainkan lagi oleh tim yang bukan mengeluarkannya. Bola yang out akan dimainkan dan dimasukan lagi ke dalam lapangan dengan cara dilempar menggunakan kedua tangan dari garis tempat bola keluar.

  1. Kick Off

Istilah untuk dimulainya suatu pertandingan adalah kick off. Kick off sendiri akan dilakukan oleh tim yang sudah ditentukan dengan undian wasit dan biasanya dilakukan sesaat sebelum pertandingan berlangsung.

  1. Offside

Apabila suatu pemain mengoperkan bola kepada rekannya yang berada di luar garis pertahanan lawan maka hal tersebut dianggap offside. Biasanya, offside dapat diamati dengan jelas oleh asisten wasit atau hakim garis.

  1. Tendangan Pojok

Tendangan ini biasanya dilakukan pada saat bola keluar melewati garis yang pada gawang. Tendangan tersebut dilakukan pada ujung atau sudut lapangan yang biasanya sudah diberi tiang bendera dan garis berbentuk setengah lingkaran.

  1. Tendangan Bebas

Saat seorang pemain menjatuhkan atau melanggar pemain lawan di lapangan maka pemain yang dilanggar akan mendapatkan keuntungan tendangan bebas. Seperti namanya, tendangan ini bebas mau diarahkan kemana saja, tapi pada situasi tertentu pihak lawan boleh memberikan pagar batas pemain di hadapan tendangan tersebut dengan jarak yang sudah ditentukan.

baca juga: Sejarah Pancasila

  1. Tendangan Penalti

Ketika salah satu pemain dijatuhkan di area kotak penalti lawan maka pemain tersebut akan mendapatkan kesempatan tendangan penalti. Tendangan ini sangat menguntungkan bagi penendangnya karena area tendangan penalti sangat dekat dengan gawang dan hanya kiper saja yang diperbolehkan menjaganya.

Teknik Dasar Bermain Sepak Bola

teknik dasar bermain bola
soccercoachweekly.net
  1. Heading

Teknik yang pertama ini menggunakan kekuatan kepala dan leher. Heading atau sundulan tidak boleh sembarangan dilakukan karena jika salah penempatan lokasi sundulan dapat mengakibatkan pusing. Bagian kepala yang sangat disarankan untuk melakukan heading adalah bagian dahi dan bagian samping diatas pelipis.

Pada dasarnya teknik ini merupakan kombinasi antara otot leher dan penempatan bola di kepala. Sehingga untuk bisa menghasilkan sundulan yang kencang dan bertenaga, menguatkan otot leher dan terus mencoba berlatih menyundul bola adalah kuncinya.

  1. Shooting

Kita semua tahu, bahwa kunci dari terciptanya gol adalah shooting atau tembakan yang tepat mengarah pada gawang. Untuk itu teknik ini harus dikuasai bagi mereka yang berposisi sebagai penyerang. Agar bisa mendapatkan teknik shooting yang keras dan mengarah pada sasaran maka diperlukan latihan yang terus menerus.

Teknik shooting ini sebenarnya ada beragam dan tujuannya berbeda-beda seperti teknik shooting menggunakan bagian dalam kaki yang bertujuan untuk membuat bola bisa bergerak melengkung. Kemudian ada juga teknik shooting menggunakan punggung kaki dengan tujuan agar bola dapat melaju dengan keras dan masih banyak teknik-teknik lainnya.

  1. Passing

Saat belajar bermain sepak bola di sekolah, pasti yang pertama kali diajari oleh guru adalah passing. Teknik ini adalah teknik yang paling penting digunakan dalam kerjasama sebuah tim sepak bola. Ketika teknik ini dikuasai dengan baik, lawan kamu dijamin kesulitan saat akan merebut bola.

Di sepak bola, teknik passing ini banyak macamnya dan yang sering digunakan adalah low pass dan lofted pass. Low pass adalah cara passing secara mendatar menyusur tanah, sedangkan lofted pass adalah cara passing dengan melambungkan bola. Saat melakukan passing, kamu terlebih dahulu harus melihat kondisi kesiapan rekanmu agar passingmu bisa dikuasai dengan baik.

  1. Jumping

Tidak hanya bola basket saja yang membutuhkan kekuatan Jumping atau lompatan. Teknik ini juga dibutuhkan oleh seorang pemain sepak bola. Kekuatan jumping sangat berguna bagi pemain saat bermain dengan cara passing lambung. Selain itu, bagi seorang kiper memiliki lompatan yang tinggi juga sangat berguna untuk bisa menangkis dan menangkap bola.

  1. Tackling

Teknik dasar yang terakhir ini adalah teknik yang digunakan untuk merebut bola dari lawan. Tackling atau jegalan ini harus dilakukan secara hati-hati agar tidak mencederai lawan. Jika mengingat sejarah sepak bola di Inggris, banyak insiden tackling dan permainan yang keras sehingga permainan sepak bola sempat dilarang beberapa kali.

***

Demikianlah ulasan singkat tentang sejarah sepak bola dan proses perkembangan dari olahraga yang paling populer di dunia ini. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan pembaca seputar sejarah olahraga.