Sejarah Pramuka

Sejarah Pramuka – Praja Muda Karana atau lebih dikenal dengan nama Pramuka merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh suatu organisasi dan telah berkembang secara internasional. Biasanya acara ini kerap kali dilakukan oleh siswa-siswi SD sampai SMA dan itu sifatnya wajib. Meskipun namanya sudah tidak asing lagi di dengar oleh masyarakat umum, nyatanya masih banyak yang tidak mengetahui tentang sejarah pramuka.

Ulasan Tentang Sejarah Pramuka yang Ada di Dunia

Pramuka bukan hanya dilakukan oleh orang-orang di Indonesia saja, melainkan juga seluruh dunia. Karena memang pada kenyataannya pramuka sendiri bukan ciptaan dari orang pribumi sehingga tak heran jika muncul juga tentang sejarah pramuka di dunia. Nah, untuk mengetahui tentang seluk beluk secara keseluruhan, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Tahun 1907

Sejarah pramuka dimulai pada tahun 1907. Dimana ada seorang Letnan Jendral Angkatan Bersenjata Britania Raya yang bernama Robert Baden-Pawell dan pendiri Boy’s Brigade melakukan perkemahan pertamanya di Pulau Brownsea, Inggris. Inovasi untuk menciptakan gerakan itu muncul ketika Robert Baden-Pawell berserta pasukan perangnya berjuang mati-matian untuk bisa mempertahankan kota di Afrika Selatan, Mafeking. Kota tersebut disinyalir terkepung oleh serangan-serangan dari tentara Boer.

Pada waktu itu pasukan yang dipimpinnya kalah telak dengan pasukan lawan, sehingga untuk meminimalisirkannya Robert menciptakan kelompok pemuda untuk menjadi tentara relawan. Tugas utama yang diemban mereka ialah membantu para militer untuk mempertahankan kota. Mereka hanya dibebani dengan tugas-tugas yang cukup ringan namun memiliki arti penting seperti, memberikan pesan dari Robert untuk seluruh pasukan militer yang ada di kota itu.

Meskipun hanya didikan sederhana, namun pemuda-pemuda itu mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik, sehingga pasukan Robert pun berhasil mempertahankan kota yang diserang tersebut selama beberapa bulan. Sebagai salah satu bentuk apresiasi atas kesuksesan itu, para pasukan tentara sukarelawan itu mendapatkan sebuah penghargaan berupa lencana. Dimana ada gambar di lencana itu dan dipakai menjadi logo untuk Gerakan Pramuka Internasional, sampai saat ini.

Tahun 1920

Pada tahun 1920 menjadi titik sejarah pramuka yang sangat berkesan untuk para anggotanya. Sebab, di tahun ini ada penyelenggaraan Jambore Dunia yang bertepatan di Olympia Hall, London. Ada sekitar 27 negara pramuka yang diundang untuk menghadiri acara ini. Tepat pada acara tersebut Robert Baden-Pawell resmi diangkat menjadi Bapak Pandu Sedunia atau Bapak Pramuka (Chief Scout of The World).

Penyelanggaraan jambore tidak hanya berhenti di tahun itu saja, melainkan ada juga di beberapa periode lainnya. Seperti Jambore II (1924) berlokasikan di negara Denmark, Jambore III (1929) bertempatkan di wilayah negara Inggris, Jambore IV (1933) di negara Hongaria, Jambore V (1937) di kawasan negara Belanda, Jambore VI (1947) di wilayah Perancis, dan yang terakhir Jambore XX (2003) di negara Thailand.

Tahun 1914

sejarah pramuka dunia
biographyonline.net

Tepat pada tahun 1914 Robert Baden-Pawell menulis sebuah petunjuk yang berfungsi sebagai kursus Pembinaan Pramuka. Namun, sayangnya beliau harus menunggu beberapa tahun lagi untuk melaksanakan program tersebut. Pada akhirnya di tahun 1919 lah kursus tersebut baru bisa dilaksanakan dengan baik.

Robert tidak hanya menyusun petunjuk tersebut untuk mengembangkan kegiatan pramuka, namun dengan sebidang tanah yang diperolehnya dari W.F. de Bois Maclarren sahabatnya beliau membangun sebuah tempat pendidikan Pembinaan Pramuka. Nama tempat itu adalah Gilwell Park.

Sejarah pramuka dunia tidak hanya sampai disitu saja, pada tahun 1920 dibentuk Dewan Internasional yang beranggotakan 9 orang dengan keberadaan Biro Sekretariat di negara Inggris, London. Tak diketahui alasan pastinya di tahun 1958 Biro Kepramukaan Sedunia itu dipindahkan ke Kanada, Ottawa. Sedangkan di tahun 1968 silam biro tersebut berpindah lagi ke negara Swiss, Geneva.

Sementara itu untuk kepemimpinan Biro Kepramukaan Sedunia sejak tahun 1920 dijabat berturut-turut oleh Hebert Martin dari Inggris, Kolonel J.S Nilson dari Inggris, Mayjen D.C Spry dari Kanada. Tahun 1965 silam ada pergantian oleh R.T Lund, kemudian tahun 1968 digantikan lagi oleh DR. Laszio Nagy yang menjabat sebagai Sekjen.

Biro Kepramukaan Sedunia Putera mempunyai beberapa kantor kawasan yang berada di Nigeria, Costa Rica, Swiss, Philipina, dan sebagainya. Sedangkan untuk Biro Kepramukaan Sedunia Puteri memiliki beberapa tempat kawasan yang berada di Afrika, Asia Pasifik, Amerika Latin, dan lain-lain.

Tahun 1906

Ernest Thompson menyerahkan buku tulisan tangannya yang memiliki judul The Birchbark Roll of The Woodcraft Indians ke Bapak Pramuka Dunia pada tahun 1906. Isi buku tersebut lebih mengarah pada sebuah petunjuk kepanduan untuk para pemuda di masa itu. Kemudian Ernest mengadakan perkemahan kecil di Inggris, Brownsea yang diikuti oleh 21 orang dari berbagai kalangan.

Pada tahun 1922 buku Rovering to Success for Rover Scouts terbit, kemudian disusul oleh buku berjudul Scouting For Boys. Semenjak buku itu terbit perkembangan pramuka semakin maju dan dikenal oleh masyarakat Irlandia dan Inggris. Kemudian di tahun 1910 diselenggarakannya Parade Pramuka yang pertama kalinya di negara London yang diikuti sekitar 10.000 remaja perempuan dan laki-laki.

baca juga: Sejarah Akuntansi

Di tahun itu pula Jerman, Swedia, Amerika Serikat, Denmark, Meksiko, Rusia, Singapura, Yunani, India, Belanda, Norwegia, Finlandia, Perancis, dan Argentina tercatat sudah mempunyai organisasi kepramukaan. Dengan adanya sejarah pramuka yang memfokuskan program-programnya untuk remaja yang berusia 11-18 tahun ternyata memperoleh respon yang cukup baik. Sehingga membuat gerakan pramuka semakin memperbanyak program yang ada di dalamnya.

Diantaranya seperti pendidikan kepemimpinan bagi pembina program, pendidikan generasi muda usia dini, unit satuan karya, usia remaja, pendidikan kepanduan putri dsb. Meskipun kegiatan itu pada awalnya hanya diakui oleh strata lokal saja namun seiring berjalannya waktu pengakuannya sudah sampai di strata Kwartir Internasional.

Ulasan Tentang Sejarah Pramuka yang Ada di Indonesia

Meskipun pramuka saat masuk ke negeri ini terbilang telat, namun ada juga sejarah pramuka Indonesia yang wajib juga untuk diketahui oleh generasi muda. Sebab ada beberapa perbedaan yang sangat signifikan dengan asal usul di negara-negara lain.

Sebulan setelah proklamasi

sejarah pramuka indonesia
detik.com

Jika Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, maka pramuka baru dikenal oleh masyarakat sebulan setelah kemerdekaan itu. Pada saat itu, ada sejumlah tokoh kepramukaan yang berkumpul di kota Yogyakarta. Tujuan perkumpulan itu ialah untuk melakukan pembentukan organisasi yang diberi nama Panitia Kesatuan Kepanduan Indonesia untuk melakukan kongres. Pada tanggal 27-29 Desember 1945 kongres tersebut dilaksanakan dan menghasilkan Pandu Rakyat Indonesia.

Perkumpulan yang diadakan tersebut mendapat dukungan dari sejumlah pimpinan serta tokoh dan diperkuat dengan adanya Janji Ikatan Sakti. Kemudian pihak pemerintah RI sendiri mulai mengakuinya menjadi satu-satunya organisasi pramuka yang ditetapkan oleh keputusan dari Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan. Sejarah pramuka inilah yang menjadi cikal bakal di Indonesia.

Tahun 1948

Tepat pada tanggal 17 Agustus 1948 terjadi masa-masa sulit yang harus dilalui Pandu Rakyat Indonesia. Sebab saat itu ada sebuah kegiatan api unggun yang berlokasikan di halaman gedung Pegangsaan Timur 56, Jakarta serbuan senjata Belanda membombardir. Adanya serangan itu membuat Soeprapto gugur sebagai seorang pandu dan patriot yang mengabdikan diri dan menuangkan seluruh cintanya untuk bangsa Indonesia.

Keadaan inilah yang membuat beberapa perkumpulan lainnya seperti PPI (Pandu Puteri Indonesia), KPI (Kepanduan Putera Indonesia), dan KIM (Kepanduan Indonesia Muda) mulai didirikan. Sementara itu ada juga perkumpulan lain yang berhasil didirikan yakni Ipindo. Ipindo sendiri merupakan sebuah organisasi federasi untuk kepramukaan putera, dan pada tahun 1953 perkumpulan ini mampu menjadi salah satu anggota kepramukaan sedunia.

Tidak hanya perkumpulan untuk putera saja yang berhasil didirikan, namun ada juga federasi Persatuan Kepanduan Puteri Indonesia (PKPI) dan Persatuan Organisasi Pandu Puteri Indonesia (POPPINDO). Kedua organisasi tersebut pernah menjadi penyambut Robert Baden-Powell ke Indonesia. Tepat pada ulang tahun RI ke – 10 Ipindo menyelenggarakan sebuah kegiatan Jambore Internasional yang berlokasikan di Pasar Minggu, Ragunan tanggal 10-20 Agustus 1945, Jakarta.

baca juga: Sejarah Pancasila

Sedangkan di bulan Januari 1957 Ipindo juga menggelar seminar untuk menjamin kelestarian serta kemurnian dari hidup kepramukaan. Seminar ini terlaksana di Tugu, Bogor dan memberikan hasil sebuah rumusan yang dapat menjadi acuan untuk setiap pergerakan pramuka yang ada di Indonesia.

Masa Sri Sultan Hamengku Buwono IX

Jika bapak pramuka dunia adalah Robert Baden-Powel namun yang mendapatkan gelar ini di Indonesia adalah Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Menurut sejarah pramuka, Sri Sultan ini merupakan tokoh yang memprovokasikan lahirnya pramuka di Indonesia. Bahkan beliau pernah menjabat menjadi ketua Kwartir Nasional sampai 4 periode berturut-turut sejak pramuka berdiri. Sri Sultan dinilai menjadi sosok yang paling berjasa untuk mempersatukan beragam organisasi kepanduan Indonesia menjadi satu wadah yaitu pramuka.

Saat menjabat menjadi ketua dari Kwarnas beliau sering dipanggil dengan sebutan Kak Sultan HB IX. Perjuangan melelahkan dilaluinya tanpa mengeluh demi membuat pramuka maju di Indonesia. Bahkan beliau rela melakukan perjalanan panjang di daerah-daerah terpencil untuk melakukan kegiatan perkemahan dan juga memperkenalkan tentang pentingnya pramuka. Oleh karena itulah tak heran jika gelar bapak pramuka Indonesia dipegang olehnya.

Lahirnya Gerakan Pramuka yang Ada di Indonesia

  1. Gerakan pramuka dasar

Adanya serangkaian peristiwa sejarah pramuka yang melatarbelakangi terbentuknya gerakan-gerakan di dalamnya ternyata saling berkaitan satu sama lain. Diantaranya seperti Pidato Presiden Mandataris Majelis yang terjadi pada tanggal 9 Maret 1961 tepatnya di Istana Merdeka. Kejadian ini kemudian disebut Hari Menembak Scout Gerakan.

  1. Terbitnya keputusan dari Presiden

Pada tanggal 20 Mei 1961, muncul keputusan presiden nomor 238 terkait gerakan pramuka dan menjadikannya sebagai satu-satunya sebuah organisasi yang diberi amanat untuk kepanduan untuk para generasi muda Indonesia. Di tanggal itu juga terjadi penetapan Hari Kebangkitan Nasional dan lebih dikenal sebagai Awal Kerja.

  1. Pernyataan dari sejumlah wakil organisasi

30 Juli 1961 merupakan hari bersejarah untuk mengenang lahirnya gerakan pramuka. Bagaimana tidak tepat waktu itu kepanduan dari Indonesia dengan suka rela masuk ke dalam organisasi Gerakan Pramuka yang bertepatan di Istana Olahraga Senayan. Peristiwa itu kemudian dikenal sebagai Hari Ikrar Gerakan Pramuka.

  1. Pelantikan dari Mapinas

Setelah beberapa peristiwa terlewati, tepat pada tanggal 14 Agustus 1961 Kwarnari dan Kwarnas di Istana Negara mengikuti prosesi pengenalan pramuka ke masyarakat. Acara pertamanya ialah penganugerahan dari panji-panji gerakan pramuka yang kemudian melahirkan sebutan baru yakni Hari Pramuka.

Fungsi Gerakan di Sejarah Pramuka Indonesia

sejarah pramuka jaman dulu
tribunnews.com
  1. Ajang pengabdian yang ditunjukkan bagi orang dewasa

Mungkin untuk kalangan anak-anak pramuka hanya dinilai sebagai kegiatan menyenangkan yang berisikan beragam jenis permainan. Namun hal ini sangat bertolak belakang untuk orang dewasa yang menjadikan kepramukaan sebagai ajang pengabdian atau tugas yang bersifat sukarela dan ikhlas. Orang dewasa tentulah memiliki tanggungjawab untuk menyelesaikan tugasnya dengan baik di organisasi tersebut.

baca juga: Sejarah Bahasa Indonesia

  1. Digunakan sebagai alat untuk seluruh masyarakat dan organisasi

Gerakan pramuka nyatanya bukan menjadi tujuan dari pendidikan masyarakat. Akan tetapi fungsinya sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat dan mencapai tujuan dari organisasi-organisasi yang diikutinya. Jika dalam sejarah pramuka banyak pemuda dilatih untuk menghadapi musuh dengan menggunakan alat-alat sekitar, dan hal itu berlaku sampai saat ini. hanya saja kegunaanya bukan untuk perang lagi melainkan sebagai alat alternatif saat keadaan genting.

  1. Menjadi sebuah kegiatan yang cukup menarik

Di dalam organisasi pramuka pemuda dan anak-anak akan diajak untuk menyatu dengan alam dan menjalankan bermacam-macam permainan yang seru. Namun permainan dan kegiatan itu bukan hanya sekedar bersenang-senang saja, melainkan ada tujuan pendidikan yang bisa digunakan suatu saat nanti. Oleh karena itulah banyak pemuda yang tertarik dengan organisasi pramuka karena dianggap sebagai aktifitas yang menarik.

Struktur Organisasi Penting dalam pramuka Pramuka

  1. Majelis Pembimbing

Majelis pembimbing yang ada di struktur kepramukaan adalah badan yang memiliki tugas dan tanggungjawab untuk memberikan bimbingan dan bantuan-bantuan yang bersifat moril. Seperti finansial, gugus depan, material, dll. Majelis tersebut didirikan pada tingkat nasional sampai saka.

Nah, tiap tingkatan dari majelis pembimbing sendiri memiliki beberapa nama yang berbeda. Diantaranya ialah Mabinas (nasional), Mabida (daerah), Mabicab (cabang), Mabiran (ranting), Mabigus (gugus depan) dan Mabi Saka (saka).

  1. BPK

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tidak hanya dimiliki oleh negara saja, melainkan juga organisasi pramuka. Badan independen ini didirikan oleh Musyawarah Gerakan Pramuka dan akan sepenuhnya bertanggung jawab kepada pendirinya.

  1. Kwartir

Kwartir merupakan perangkat yang dibentuk untuk mencapai tujuan dari gerakan pramuka. Ada beberapa tingkatan dari kwartir di organisasi ini, seperti Kwarnas (nasional), Kwarda (daerah), Kwarcab (cabang), Kwarran (ranting), Korgudep (gugusdepan).

  1. Gugus depan

Biasa disebut gusdep struktur ini merupakan pangkalan dari semua peserta didik organisasi pramuka yang menjadi wadah pendidikan gerakan-gerakan di dalamnya. Biasanya di gugus depan para peserta didik akan ditempa untuk mengetahui beberapa aspek kepramukaan sampai paham dan terlatih.

  1. Saka

Satuan Karya atau Saka adalah wadah dari kegiatan pramuka yang digunakan untuk meningkatkan ketrampilan, kemampuan, dan pengetahuan dari peserta didik. Tentunya semua wawasan itu bisa digunakan sebagai pengabdian nyata untuk masyarakat sekitar.

baca juga: Sejarah Sepak Bola

Demikianlah penjelasan dari sejarah pramuka yang bisa dijadikan sebagai tambahan ilmu. Dengan mengetahui segala aspek yang menunjang terbentuknya organisasi pramuka akan menumbuhkan rasa ketertarikan untuk para pemuda bangsa. Meskipun ilmunya tidak digunakan untuk menumpas peperangan, namun jiwa pramuka juga termasuk salah satu sikap patriotisme ke negara Indonesia.