Sejarah PBB

Sejarah PBB – Jika kita melihat beberapa dekade ke belakang, terdapat banyak sekali konflik yang terjadi antar negara. Namun semenjak terbentuknya organisasi Internasional PBB, sedikit demi sedikit permasalahan yang terjadi bisa dicari jalan tengahnya.

Besarnya peran PBB dalam mewadahi perdamaian dan kerjasama negara-negara dunia ini, membuat banyak orang penasaran tentang seluk beluk organisasi Internasional tersebut.

Maka dari itu, berikut ini kami sajikan secara lengkap pembahasan mengenai sejarah PBB mulai dari berdirinya hingga lembaga-lembaga yang dibawahinya.

Sejarah Berdirinya Organisasi Internasional PBB

Kegagalan LBB

Perlu kita ketahui bahwa PBB bukanlah organisasi Internasional pertama yang ada di dunia. Sebelum PBB berdiri, ada organisasi Internasional Liga Bangsa-Bangsa yang sudah berkiprah terlebih dahulu. Liga Bangsa-Bangsa atau LBB merupakan organisasi yang dibentuk oleh presiden Amerika Serikat Woodrow Wilson.

LBB yang bertujuan mendamaikan permasalahan antar negara di dunia saat itu berhasil melakukan beberapa tugas seperti adanya Perjanjian Locarno yang menyelesaikan konflik pembagian wilayah setelah Perang Dunia 1. Kemudian, LBB juga berhasil membuat beberapa negara menyetujui perjanjian kellog briand untuk tidak lagi menyelesaikan masalah dengan peperangan.

Namun sangat di sayangkan hal tersebut tidak bertahan lama, Banyak negara yang mulai mengkhianati perjanjian kellog briand hingga puncaknya terjadilah Perang Dunia 2. Dengan kejadian tersebutlah, LBB dianggap tidak mampu lagi mengatur perdamaian Internasional.

Awal Mula Terbentuknya PBB

Dalam sejarah PBB disebutkan bahwa sesaat sebelum perang dunia 2 berakhir, beberapa negara setuju untuk membentuk organisasi baru yang dapat menangani konflik-konflik Internasional.

Gagasan tersebut diperkuat dengan adanya usulan-usulan dari presiden Amerika Serikat Franklin Delano Rosselvelt yang tertuang di dalam piagam atlantik. Isi dalam piagam yang mengacu pada persatuan dan kedamaian dunia tersebut akhirnya di tandatangani oleh Presiden Franklin dan Perdana Menteri Inggris Wiston Churchiil.

  Pengertian Sejarah

Dengan disetujuinya piagam atlantik tersebut, kiprah dari LBB berakhir sehingga terbentuklah sebuah organisasi Internasional baru yaitu Persyarikatan Bangsa-Bangsa. PBB sebagai hasil dari proses piagam atlantik bertujuan untuk mengupayakan apa saja yang berkaitan dengan perdamaian dunia seperti isi dari piagam atlantik.

Berdirinya PBB

sejarah pbb
sejarah pbb | un.org

Berawal dari gagasan piagam atlantik yang menuju pembentukan PBB, terjadilah beberapa pertemuan setelahnya yang semakin menguatkan adanya organisasi Internasional PBB. Pertemuan pertama terjadi di Moskow, disana beberapa negara menyetujui adanya Deklarasi Moskow yang bertujuan untuk mewujudkan sebuah organisasi untuk merealisasikan perdamaian dunia internasional.

Setelah pertemuan di Moskow, terjadi pertemuan kedua di Amerika Serikat yang membahas untuk mendirikan PBB. Pada pertemuan ini, 39 negara ikut hadir dan sekaligus membuat piagam PBB untuk dikaji dan nantinya disahkan. Dalam sejarah PBB, pertemuan kedua ini merupakan bagian penting dari proses berdirinya PBB.

Perumusan piagam PBB yang dilakukan pada pertemuan kedua, akhirnya disetujui dan ditandatangani oleh 50 negara peserta konferensi resmi yang dilaksanakan pada 26 Juni 1945 di Amerika Serikat tepatnya di San Fransisco. Isi dari piagam yang telah resmi disahkan tersebut adalah mengenai tugas, asas-asas, tujuan, keanggotaan dan kewajiban PBB yang terangkum dalam 4 paragraf pembuka, 19 bab isi, dan 111 pasal.

Tujuan Didirikannya PBB

  • Menerapkan Kehormatan dan Keadilan atas Perjanjian yang Telah Disepakati

Hingga saat ini, sudah banyak sekali konflik-konflik Internasional yang dapat ditangani oleh PBB. Beberapa dari konflik tersebut diselesaikan dengan jalan damai melalui perjanjian yang disepakati bersama. PBB sebagai lembaga yang menengahi konflik, harus selalu mengawasi negara-negara yang sudah melakukan perjanjian tersebut agar nantinya tidak ada negara yang mencurangi perjanjian yang telah di sepakati. Selain itu, PBB juga wajib menjaga kehormatan negara-negara yang terlibat untuk tidak menyebarkan permasalahan secara meluas.

  • Memajukan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat Dunia

Dibentuknya piagam atlantik yang kemudian menjadi landasan berdirinya PBB memiliki tujuan untuk memajukan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dunia. Adanya perang demi perang yang terjadi pada masa lalu membuat hancurnya roda ekonomi. Tidak hanya itu saja, hidup masyarakat dunia yang terlibat perang juga bisa dibilang sengsara.

  Sejarah Akuntansi

Berdasar kejadian tersebut, PBB dibentuk untuk bisa menangani kerjasama antar negara terutama dalam hal ekonomi. Sampai saat ini, PBB sudah banyak menengahi kerjasama yang dilakukan negara-negara. Hal tersebut dilakukan demi mewujudkan masyarakat dunia yang makmur dan sejahtera.

  • Meningkatkan Kesadaran Akan Hak Asasi Manusia

Seperti yang kita tahu, perang yang terjadi di masa lalu membuat banyak hak asasi manusia diambil dan tidak dipedulikan. Maka dari itulah, PBB hadir sebagai solusi dari keresahan tersebut dengan tujuan mengembalikan lagi hak asasi manusia terutama hak untuk hidup. Selain itu, PBB juga berkewajiban mengedukasi masyarakat dunia melalui lembaga-lembaga di bawahnya untuk menjunjung tinggi hak asasi manusia diatas segalanya.

  • Menjaga Perdamaian Dunia

Menurut sejarah PBB, Sejak pertama dibentuk organisasi tersebut bertujuan untuk menjaga perdamaian dunia. Untuk semakin menguatkan peran PBB dalam perdamaian dunia, organisasi tersebut membekali diri dengan kelengkapan alat dan instrument di dalamnya seperti lembaga atau badan khusus untuk menangani keamanan dunia.

  • Menghindari Peperangan Pada Generasi Selanjutnya

Seperti yang kita tahu, perdamaian adalah hal utama mengapa dibentuknya PBB hal ini dapat dilihat dengan jelas dalam sejarah PBB. Upaya demi upaya yang dilakukan PBB bertujuan untuk menghindari adanya peperangan yang selanjutnya. Selain itu, PBB menegaskan kepada seluruh negara di dunia bahwa penyelesaian sebuah perkara tidak harus dilakukan dengan peperangan karena hal tersebut akan menimbulkan akibat yang berkepanjangan.

  • Mandat

Yang dimaksud mandat disini adalah PBB mendorong untuk melakukan penelitian, pemeliharaan, dan menerbitkan perihal perdamaian dunia secara terus-menerus. Lebih luasnya lagi, mandat adalah sebuah lembaga tetap yang berdiri sendiri dibawah PBB langsung. Hal ini dikarenakan, banyak mandate yang tuntas dalam waktu yang singkat karena sifatnya yang sementara.

  Sejarah Bahasa Indonesia

Prinsip Dibentuknya PBB

sejarah pbb
sejarah pbb | wikimedia.org
  • Prinsip Pengendalian

PBB sebagai organisasi Internasional menjamin keamanan dan perdamaian dunia dapat dilaksanakan secara maksimal baik oleh anggota resminya maupun yang bukan anggota resmi. Hal ini bermaksud untuk menyelaraskan tujuan utama mereka.

  • Larangan Kekerasan Antar Negara

PBB menegaskan kepada seluruh anggotanya untuk turut serta dalam upaya pencegahan kekerasan terhadap suatu wilayah. Hal tersebut dikarenakan suatu tindakan kekerasan sangat bertentangan dengan tujuan PBB.

  • Prinsip Untuk Memenuhi Semua Kewajiban

Di dalam sejarah PBB terdapat piagam yang saat ini menjadi tujuan PBB terdapat kewajiban-kewajiban yang wajib dilaksanakan oleh seluruh anggota PBB. Setiap negara harus melaksanakan kewajiban tanpa memikirkan untung ruginya. Selain itu negara-negara anggota juga harus siap menjalani semua hal yang berkaitan dengan perdamaian dunia

  • Prinsip Membantu

Semua anggota yang tergabung di dalam organisasi persyarikatan bangsa-bangsa wajib saling membantu untuk memenuhi kebutuhan apapun sesuai dengan apa yang terdapat di dalam piagam dan sejarah PBB. Khusus untuk perdamaian dunia, biasanya PBB meminta beberapa negara anggota untuk membantu dengan cara mengirimkan pasukan militernya untuk diletakan di wilayah yang sedang terjadi konflik.

  • Prinsip Kedaulatan

Semua anggota PBB wajib menjaga kehormatan sesama, maka dari itu ada istilah “berdiri sama tinggi, duduk sama rendah”. Istilah tersebut dimaksudkan bahwa pada dasarnya setiap negara anggota memiliki kedudukan dan kedaulatan yang sama. Selain itu, prinsip kedaulatan juga berfungsi agar tidak adanya perbedaan antara negara yang maju dan negara yang berkembang.

  • Penyelesaian Perselisihan

Prinsip yang dimiliki PBB selanjutnya adalah penyelesaian masalah. Perjalanan panjang sejarah PBB sebagai organisasi perdamaian Internasional berkewajiban untuk menengahi berbagai konflik antar negara. Beberapa konflik yang sering terjadi diantaranya perebutan kekuasaan wilayah, masalah sosial, dan masalah politik. Dari berbagai masalah tersebut sebisa mungkin cara menyelesaikan adalah dengan jalan damai.

  • Memberikan Keleluasaan atau Kebebasan

Walaupun PBB dibentuk untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di dunia. Namun, PBB tidak diperkenankan untuk campur tangan di dalam masalah suatu negara atau antar negara meskipun mereka termasuk anggota PBB sekalipun. Hal ini dimaksudkan agar negara-negara tetap bisa menjalankan tujuan mereka sendiri, terlebih lagi dalam hal menyelesaikan konflik. Pernyataan ini dilakukan supaya negara tidak merasa di intervensi penuh oleh PBB.

  Sejarah Bola Basket

Organisasi Resmi Bentukan PBB

Dewan Keamanan

Untuk semakin menegaskan bahwa PBB adalah organisasi Internasional yang serius menangani permasalahan dunia, PBB membentuk Dewan Keamanan yang memiliki fungsi sebagai penjaga ketentraman dan keamanan antar negara. Dewan Keamanan bentukan PBB ini memiliki hak istimewa daripada struktur-struktur yang lain, organisasi ini memiliki hak untuk membuat keputusan atau peraturan yang wajib dilaksanakan dan dipatuhi oleh seluruh negara anggota resmi PBB.

Selain itu, dewan keamanan juga memiliki hak lainnya yaitu dapat mengadakan rapat yang mendesak. Yang dimaksud disini adalah dewan keamanan boleh mengadakan rapat secara mendesak apabila terjadi konflik yang menurut mereka dapat merusak prinsip dan tujuan PBB.

Majelis Umum

Organisasi yang selanjutnya adalah majelis permusyawaratan PBB atau yang sering disebut Majelis Umum. Organisasi ini biasanya mewadahi pertemuan besar yang dilakukan PBB. Pertemuan itu merupakan pertemuan semua negara anggota resmi PBB, disana semua anggota diperbolehkan untuk menyampaikan pendapatnya mengenai hal apa saja. Dalam pertemuan terbuka anggota PBB tersebut, diawali dengan pidato singkat dari Sekretaris Jendral yang kemudian akan dilanjutkan oleh pimpinan sidang.

Selain mewadahi pertemuan besar PBB, majelis umum juga mengemban tugas penting untuk memimpin rapat pembahasan terkait keamanan dunia. Tidak cukup itu, semua saran-saran dari negara anggota ikut dibahas sampai menemukan titik temu dan persetujuan sebagian besar anggota.

Sekretariat

Pada dasarnya tugas dari sekretariat PBB tidak berbeda dengan sekretariat lain. Badan PBB ini bertugas menyiapkan segala pembahasan, informasi, dan permasalahan untuk dirapatkan di pertemuan besar mereka. Badan PBB tersebut juga melaksanakan tugas-tugas yang diberikan badan atau organisasi lain PBB seperti Majelis Umum, Dewan Keamanan, Dewan Ekonomi dan Sosial dan organisasi lain.

  Sejarah Kemerdekaan Indonesia

PBB memiliki hak penuh untuk dapat memilih para anggota karyawan sekretariatnya. Langkah ini dilakukan agar meminimalisir adanya intervensi dari pihak lain. Semua hal tersebut juga berdasarkan dengan piagam sejarah PBB yang telah disahkan oleh para negara anggota.

Sekretariat PBB yang dipimpin oleh sekretaris Jendral memiliki hak penuh dalam membantu penyelesaian sengketa, misi perdamaian, rapat Internasional dan pengumpulan data dari badan-badan lain. Dengan peran yang begitu vital tersebut, pemilihan sekretaris Jendral dilakukan dengan ketat oleh majelis umum yang tentunya sesuai saran dari Dewan Keamanan. Sekretaris Jendral yang terpilih memiliki waktu 5 tahun untuk melaksanakan segala tanggung jawabnya.

Mahkamah Internasional

Dari badan-badan lain yang ada dibawah PBB, hanya Mahkamah Internasional saja yang berkedudukan di luar Amerika Serikat. Mahkamah Internasional bertempat di Den Haag, Belanda dan beranggotakan Dewan Keamanan serta hakim-hakim. Badan ini bertugas sebagai badan pengadil utama dari PBB

Didirikan pada tahun 1945, Mahkamah Internasional baru mulai beroperasi penuh pada tahun 1946. Adapun tujuan dari dibentuknya Mahkamah Internasional yaitu untuk menjunjung keadilan serta memutuskan masalah-masalah yang besar. Semua keputusan yang diambil oleh badan ini harus berdasarkan perjanjian piagam PBB seperti mengikuti tradisi adat Internasional, pendapat-pendapat pakar, dan asas-asas hukum yang berlaku.

Dewan Ekonomi dan Sosial

sejarah pbb
sejarah pbb | wikimedia.org

Menurut sejarah PBB, salah satu tujuan dari organisasi Internasional ini adalah untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat dunia baik secara ekonomi maupun sosial. Dengan alasan itulah, PBB akhirnya membentuk Dewan Ekonomi dan Sosial yang khusus untuk menangani permasalahan ekonomi dan sosial di penduduk dunia.

Selain itu, badan ini memiliki fungsi untuk menampung rekomendasi, informasi, dan segala aspek yang berhubungan dengan masalah kehidupan ekonomi sosial suatu negara. Banyaknya hal yang harus ditangani, memaksa mereka untuk membuat lembaga-lembaga khusus untuk memenuhi tanggung jawabnya.

Berikut Ini Lembaga Khusus Dewan Ekonomi dan Sosial

  1. WHO (World Health Organisation). Lembaga khusus yang menangani permasalahan kesehatan.
  2. IMF (International Monetary Fund). Lembaga khusus yang menangani isu-isu moneter dunia.
  3. ILO (International Labour Organisation). Lembaga khusus yang ditujukan untuk kesejahteraan buruh.
  4. FAO (Food and Agriculture Organisation). Lembaga khusus untuk menangani permasalahan pangan dan pertanian dunia.
  5. IAEA (International Atomic Energy Agency). Lembaga khusus yang menangani energi atom di dunia.
  6. ITU (International Telecommunication Union). Lembaga khusus untuk standarisasi telekomunikasi dunia.
  7. UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation). Lembaga khusus yang ditujukan untuk kerjasama Internasional dalam hal budaya, pengetahuan, dan pendidikan.
  8. IBRD (International Bank for Reconstruction And Development). Lembaga khusus yang ditujukan untuk memajukan dan membangun ekonomi dunia.
  9. WMO (World Meteorogical Organization). Lembaga khusus untuk mengumpulkan isu-isu cuaca atau kejadian alam dalam lingkup dunia.
  10. UNICEF (United Nations International Childrens Emergency Fund). Lembaga khusus untuk memikirkan tentang kesejahteraan anak-anak di dunia.
  11. IMCO (Inter Govermental Maritime Consultative Organization). Lembaga khusus yang ditujukan untuk menjadi jembatan kerjasama antar negara anggota.
  12. IFAD (International Fund for Agricultural Development). Lembaga khusus untuk membantu permasalahan ekonomi sektor pertanian.
  13. ICAO (International Civil Aviation Organization). Lembaga khusus untuk mengembangkan dunia aviasi demi terciptanya standar keamanan yang tinggi.
  14. UPU (Universal Postal Union). Lembaga khusus yang menangani pengiriman perangko dan barang.
  15. WIPO (World Intellectual Property Organization). Lembaga khusus untuk melindungi keanekaragaman intelektual dunia.
  16. WTO (World Tourism Organization). Lembaga khusus yang menangani permasalahan dan isu dunia pariwisata Internasional.
  17. UNIDO (United Nations Industrial Development Organization). Lembaga khusus yang mengembangkan sekaligus mengawasi dunia Industri Internasional.
  Sejarah Sumpah Pemuda

Dengan dibuatnya organisasi serta lembaga khusus diatas, PBB berharap dapat mewujudkan keamanan, kesejahteraan, keadilan, dan perdamaian dunia. Hal ini sesuai dengan maksud dan tujuan dari perjalanan panjang sejarah PBB berdiri.