Sejarah Bola Basket

Sejarah Bola Basket – Di kalangan anak muda, olahraga bola basket merupakan salah satu olahraga yang banyak peminatnya. Hal ini tak lepas dari anggapan bahwa basket adalah olahraga yang sangat keren karena mulai dari skill sampai style setiap pemainnya membuat siapa saja dapat terpukau. Namun sayang, tak banyak dari mereka yang tahu tentang sejarah olahraga itu, padahal hal tersebut sangat berguna untuk bisa mengenal basket lebih dalam. Oleh karena itu, berikut ini kami sajikan sejarah bola basket mulai dari awal terciptanya sampai induk organisasinya agar semakin menambah wawasanmu.

Fakta Sejarah Terciptanya Olahraga Bola Basket Pertama di Dunia

Ditemukan Secara Tidak Sengaja

Banyak yang mengira bahwa bola basket adalah olahraga yang memang sengaja diciptakan untuk membuat variasi jenis olahraga. Ternyata hal ini salah, pada kenyataannya olahraga ini tidak sengaja tercipta oleh dosen olahraga yang berasal dari salah satu perguruan tinggi di Kanada yaitu Dr. James Naismith.

sejarah bola basket
pencipta bola basket (wikipedia.org)

Di tahun 1891, Naismith diminta untuk membuat suatu kegiatan di dalam ruangan untuk mengisi kekosongan waktu karena kebetulan waktu itu adalah masa libur musim dingin dan kegiatan outdoor harus dialihkan ke dalam ruangan. Setelah berfikir, Naismith teringat suatu permainan yang pernah Ia lakukan di masa kecil. Nah permainan itulah yang sampai saat ini kita kenal dengan bola basket.

Terjadinya Pro-Kontra

Ketika awal usulan Naismith yang ingin menjadikan bola basket sebagai kegiatan olahraga, banyak terjadi perdebatan argument mengenai cocok tidak permainan tersebut dimainkan di dalam ruangan. Sampai akhirnya permainan tersebut coba dimainkan oleh murid-murid Naismith dan menurut mereka permainan tersebut unik dan cukup menyenangkan.

  Sejarah Bulu Tangkis

Penamaan Bola Basket

Fakta sejarah bola basket yang selanjutnya adalah mengenai penamaan bola basket. Saat pertama diciptakan, banyak yang menamai permainan ini sebagai Naismith Game. Namun, Naismith lebih menyukai menyebut permainan ini dengan nama bola basket atau basketball yang merupakan sebutan dari salah seorang murid Naismith untuk permainan ini.

Cara Memainkan Bola Basket

Pada awal terciptanya, bola basket ini dimainkan oleh 9 orang di masing-masing timnya, ini dikarenakan ada 18 murid di kelas Naismith sehingga Ia membaginya menjadi 2 tim. Cara memainkannya, setiap tim harus bekerjasama untuk dapat memasukan bola ke dalam jaring, tim yang paling banyak memasukan bola itulah pemenangnya. Untuk bisa mendekati jaring, setiap pemain harus saling umpan karena dribbling bola pada saat itu tidak diperbolehkan.

Pengembangan Permainan Bola Basket

Banyaknya murid yang tertarik memainkan bola basket, membuat Naismith mengembangkan aturan permainan ini. Teknik dribbling yang awalnya tidak diperbolehkan saat itu mulai diperbolehkan. Selain itu, aturan lain seperti jumlah pemain, teknik permainan, cara menembak, sampai bentuk lapangan mulai Naismith pikirkan.

Pertandingan Pertama Bola Basket

Sejarah bola basket mencatat, pertandingan bola basket pertama di dunia terjadi pada pertengahan Januari 1892. Sejak saat itulah masyarakat dunia terutama Amerika Serikat mulai mengenal yang namanya olahraga bola basket dan juga banyak terlaksananya pertandingan-pertandingan bola basket lain.

Bola Basket Pertama di Dunia

Tidak adanya bola khusus yang digunakan pada awal terciptanya permainan basket, membuat banyak inisiatif yang muncul untuk menciptakan bola basket pertama di dunia. Hal ini akhirnya terjadi pada tahun 1893, sebuah kantung karet bekas dilapisi kain yang di jahit membentuk bola menjadi bola khusus permainan basket pertama di dunia.

Perkembangan Standar Peraturan Permainan Bola Basket

sejarah bola basket
denah dan ukuran lapangan bola basket modern (youtube.com)
  • Peraturan Ukuran Lapangan Permainan Bola Basket

Mengenai ukuran lapangan, sejarah bola basket memiliki banyak versi yang bisa diikuti. Namun, standar terbaik yang sangat disarankan adalah sesuai dengan peraturan FIBA yaitu lapangan basket berbentuk persegi panjang dengan ukuran 28 x 15 meter. Lalu untuk letak ringnya sendiri berada di jarak 1,5 meter dari garis luar lapangan dengan tinggi ring 3,05 meter. Kemudian untuk jarak 3-pointnya diambil dari ujung ring sejauh 6,75 meter, sedangkan untuk lingkar tengahnya berdiameter 3,6 meter.

  • Peraturan Jumlah Pemain dan Wasit dalam Permainan Bola Basket
  Sejarah Candi Borobudur

Dalam sejarah bola basket, pemain yang bermain dalam satu tim awalnya berjumlah 9 orang. Namun saat ini, setiap tim maksimal terdiri dari 12 orang, dengan rincian 5 pemain sebagai pemain inti dan sisanya sebagai pemain cadangan. Sedangkan untuk wasit, boleh terdiri dari 2-3 wasit dengan 1 wasit bertugas sebagai wasit utama dan sisanya bertugas sebagai wasit pendamping atau asisten wasit.

  • Peraturan Durasi Waktu Permainan Bola Basket

Sejarah bola basket tidak mengatakan dengan jelas berapa lama permainan ini dimainkan. Namun dalam perkembangannya, suatu pertandingan bola basket resmi terdiri atas 4 babak atau quarter, yang setiap babaknya diberikan waktu 10 menit bersih. Artinya, waktu akan berhenti ketika bola keluar atau terjadi pelanggaran dan waktu akan dilanjutkan lagi ketika permainan berlanjut. Untuk jeda antar babak biasanya akan diberikan waktu sekitar 2 menit, namun khusus untuk peralihan babak 2 dan 3 akan diberikan waktu 10-15 menit.

  • Peraturan Ukuran Bola

Mulai banyaknya pecinta olahraga bola basket baik dari anak-anak maupun dewasa membuat bola yang digunakan pun harus disesuaikan dengan usia penggunanya agar permainan bola basket mudah dan ramah untuk dimainkan. Untuk anak-anak usia 4-11 tahun bola yang digunakan bisa mulai dari ukuran 3-5. Kemudian untuk usia remaja bisa gunakan bola yang berukuran 6. Sedangkan untuk dewasa atau professional bisa menggunakan ukuran 7. Untuk turnamen-turnamen besar juga biasanya bola yang digunakan adalah standar professional juga.

Peraturan Dasar dalam Pertandingan Bola Basket

  • Poin atau Score

Poin akan didapatkan tim jika mampu memasukan bola ke dalam ring. Poin yang diperoleh bernilai 2 jika tembakan dilakukan didalam area 3-point. Sedangkan poin akan bernilai tiga jika tembakan dilakukan diluar area 3-point.

  • Pelanggaran Fisik
  Pengertian Sejarah

Pemain tidak boleh melakukan pelanggaran fisik terhadap pemain lawan seperti menendang, menyikut, menyeruduk, dan menahan baik saat lawan sedang membawa bola maupun tidak.

  • Pelanggaran Non-fisik

Pemain tidak boleh menggunakan anggota tubuh lain selain telapak tangan untuk memegang bola secara sengaja. Selain itu, bola tidak boleh dibawa lari tanpa dilempar atau di dribbling saat menerimanya.

  • Hukuman atas Pelanggaran

Hukuman yang didapatkan pemain saat melakukan pelanggaran fisik ataupun non-fisik bermacam-macam. Untuk pelanggaran fisik biasanya pemain akan dikeluarkan dari permainan. Sedangkan untuk pelanggaran non-fisik biasanya tim pelanggar akan diberikan hukuman tembakan bebas atau penguasaan bola oleh lawan.

  • Wasit Utama

Wasit utama bertugas untuk mengatur jalannya pertandingan. Jika dirasa ada indikasi kecurangan dari suatu tim, maka wasit wajib diperbolehkan menjatuhi hukuman diskualifikasi untuk tim tersebut. Kemudian, jika wasit utama ragu dalam menentukan keputusan maka wasit utama diperbolehkan berdiskusi dengan wasit pembantu atau asisten wasit.

  • Wasit Pembantu

Wasit pembantu bertugas bersama wasit utama dalam memimpin jalannya pertandingan. Jika ada kelalaian atau kesalahan wasit utama maka wasit pembantu harus berdiskusi dengan wasit utama untuk mengambil keputusan.

  • Asisten Wasit

Asisten wasit bertugas mencatat jumlah pelanggaran yang dilakukan suatu pemain dan tim. Selain itu, asisten wasit juga wajib mengatur jalannya pergantian pemain di setiap tim agar tidak bertabrakan saat pertandingan berlangsung.

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

sejarah bola basket
Teknik permainan bola basket (apkpure.com)

Passing

Dalam sejarah bola basket, teknik passing ini sangat sering digunakan karena tidak diperbolehkannya teknik dribbling. Teknik ini biasanya berguna saat kita terpojokan oleh lawan atau ada rekan se-tim yang berada di posisi menguntungkan. Nah, teknik ini dibagi menjadi 3 jenis yaitu over head pass, bound pass, dan chest pass. Untuk bisa menguasai teknik ini dengan sempurna maka perbanyaklah berlatih dengan teman atau dinding yang kuat memantulkan bola basket.

  Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Dribbling

Bagi pemula, teknik ini merupakan teknik yang butuh waktu lama untuk dikuasai. Untuk bisa melakukan teknik dribbling yang benar maka diperlukan feeling dan cengkraman telapak tangan yang kuat, karena bola basket adalah bola yang akan memantul sesuai dengan kekuatan yang kita berikan. Cara melatih teknik ini cukuplah mudah, kamu bisa memantulkan bola basket ke lantai mulai dari pantulan lambat sampai cepat, lakukan hal tersebut 1-2 menit.

Catching Ball

Jika teknik passing sudah lancar kamu lakukan, maka seharusnya teknik ini juga kamu kuasai. Catching ball atau menangkap bola adalah teknik yang sangat vital, ini karena tangkapan bola yang baik akan membuat lawanmu sulit untuk merebut bola. Di permainan bola basket, bisa dikatakan bahwa siapa yang menguasai bola dengan baik maka itu juga yang akan menguasai pertandingan.

Shooting Ball

Setelah tiga teknik diatas, hal mendasar lain dalam permainan bola basket adalah shooting. Shooting atau menembak ini adalah teknik yang digunakan untuk bisa memasukan bola ke dalam ring. Dalam sejarah bola basket, teknik ini mulai berkembang dengan variasi-variasi gerakan menembak. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya kompetisi yang diselenggarakan semenjak pertandingan pertama bola basket.

Teknik menembak bola basket yang sangat terkenal adalah slam dunk. Teknik ini berpedoman pada tinggi lompatan agar bisa meraih ring dan memasukan bola dengan kekuatan penuh. Selain itu, banyak lagi teknik menembak seperti lay-up shoot, hook shoot, 3-point shoot dll.

Pelanggaran dalam Permainan Bola Basket

  • Pushing

Pelanggaran yang satu ini biasanya terjadi saat pemain sedang berlari membawa bola atau akan menembak bola, kemudian pemain lawan mendorongnya baik sengaja ataupun tidak itulah pelanggaran pushing atau dorongan.

  • Technical Foul

Pelanggaran yang selanjutnya ini mengacu kepada tindakan pemain yang dianggap memprotes keras apa yang telah diputuskan wasit. Selain itu, mengucapkan kata-kata kotor atau tidak pantas kepada pemain lawan atau wasit juga bisa mendapatkan pelanggaran ini.

  • Offensive Foul

Saat pemain sedang melakukan bertahan sempurna terhadap pemain lawan, lalu pemain tersebut dijatuhkan oleh pemain lawan yang sedang menyerang dengan sengaja maka hal tersebut dianggap offensive foul.

  • 3-Second Violation
  Sejarah Candi Borobudur

Area free throw adalah area khusus untuk menembak saat mendapat hukuman. Akan tetapi saat permainan berlangsung area tersebut hanya boleh ditempati selama maksimal 3 detik oleh pemain yang menyerang, jika tidak maka tim tersebut akan dijatuhi hukuman 3-second violation.

  • Defensive Foul

Berkebalikan dengan offensive foul, pelanggaran ini dilakukan oleh pemain yang bertahan dengan salah, lalu merebut bola dengan cara yang salah maka akan dikenakan dengan hukuman defensive foul.

  • Team Foul

Batas maksimal tim boleh melakukan pelanggaran adalah 5 kali. Maka, jika suatu tim melakukan pelanggaran yang ke-enam akan dijatuhi hukuman tembakan bebas atau free throw oleh tim lawan.

  • Personal foul

Jika team foul adalah akumulatif pelanggaran yang dilakukan oleh satu tim, maka personal foul adalah jumlah pelanggaran yang dilakukan satu pemain. Batas maksimal satu pemain boleh melakukan pelanggaran adalah 4 kali, jika lebih dari itu maka pemain tersebut wajib keluar dari permainan dan tidak boleh bermain lagi dalam pertandingan tersebut.

  • Jumping

Pelanggaran ini akan dijatuhkan kepada pemain yang akan menembak bola dengan yteknik jump shoot tetapi tidak jadi melakukannya alias berhenti.

  • Travelling

Membawa bola dengan berlari memanglah dilarang dalam permainan bola basket, maka dari itu setiap pemain yang melanggar hal tersebut akan dijatuhi hukuman travelling violation.

  • Touching

Saat pemain akan menembakan bola ke ring lalu ada sentuhan tangan ke badan, tangan atau anggota tubuh lain oleh pemain lawan, maka hal tersebut dianggap pelanggaran touching.

  • 8-10 Second Violation

Setiap tim mempunyai area bertahannya sendiri-sendiri maka dari itu saat suatu tim tertahan di setengah area bertahannya selama 8-10 detik maka hal tersebut adalah pelanggaran 8-10 second violation.

  • Back Ball

Ketika suatu tim sudah menyerang melewati setengah lapangan atau area bertahannya maka tim tersebut tidak boleh lagi kembali memainkan di area setengah bertahannya itu, jika tidak maka akan terjadi pelanggaran back ball.

  • 24 Second Violation
  Pengertian Sejarah

Setiap tim diberikan waktu 24 detik untuk menyerang dan memasukan bola ke ring lawan, waktu itu dihitung sejak tim tersebut menerima bola pertama kali. Apabila tim tersebut menyerang lebih dari 24 detik maka akan diberikan pelanggaran 24 second violation.

Sejarah Induk Organisasi Bola Basket Indonesia

sejarah bola basket indonesia
sejarah bola basket indonesia (dblindonesia.com)
  • Berdiri tahun 1932

Berbicara soal sejarah bola basket tak lengkap rasanya jika tidak membahas organisasi yang sekarang menaunginya. Semenjak tahun 1892 basket dipertandingkan, baru pada tahun 1932 lah IOC mengakui olahraga bola basket ini dan membuat FIBA sebagai induk organisasinya.

  • Markas Utama FIBA

Pada awalnya FIBA didirikan di Jenewa pada tahun 1932, akan tetapi 24 tahun kemudian FIBA memutuskan untuk memindah markas utamanya ke kota Munich, Jerman. Tak disangka-sangka pada tahun 2002 petinggi FIBA mengembalikan markas tersebut ke Jenewa lagi sampai akhirnya didirikanlah “the House of Basketball” di Mies sebagai markas barunya sampai saat ini.

  • Menunjuk Pencipta Bola Basket Sebagai Presiden Kehormatan

Setelah terbentuk selama beberapa tahun, akhirnya olahraga bola basket dimainkan pada ajang olimpiade 1936. Pada ajang tersebut federasi menunjuk dan mempersembahkan kedudukan presiden kehormatan kepada pencipta bola basket Dr. James Naismith sebagai bentuk penghormatan.

  • Kompetisi Besar FIBA

FIBA kembali mengukir sejarah bola basket dengan mengadakan kompetisi Dunia yang banyak dikenal sebagai Piala Dunia pada tahun 1950 untuk pria, sedangkan tahun 1953 untuk kompetisi wanitanya. Namun, kompetisi tersebut hanya berlangsung sekali sampai akhirnya pada tahun 1986-2014 FIBA kembali mengadakan berselingan dengan kejuaraan olimpiade.

***

Demikianlah uraian singkat tentang sejarah bola basket dan perkembangannya beserta berbagai unsur seperti peraturan, cara permainan dan teknik dasarnya. Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan yang bermanfaat untuk menambah pengetahuan pembaca. Terimakasih!