Pengertian Teknologi: Sejarah, Jenis, Manfaat dan Contoh Teknologi

Pengertian Teknologi; Sejarah, Jenis, Manfaat dan Contoh Teknologi. Saat ini, bisa dibilang hampir semua manusia di berbagai negara tergantung pada teknologi, bukan hanya cepat, teknologi juga mampu memberikan banyak sekali keuntungan pada kehidupan manusia.

Teknologi berasal dari bahasa yunani yaitu kata techno yang berarti keahlian dan logia yang berarti pengetahuan. Memang pada awalnya teknologi maknanya hanya terbatas pada berbagai peralatan, benda atau mesin saja, namun kini, seiring berjalannya waktu, teknologi memiliki makna yang luas. Tidak hanya sebatas sesuatu yang berwujud saja, namun juga hal yang tak berwujud seperti metode pembelajaran, perangkat lunak, metode bisnis dan lain sebagainya pun termasuk teknologi.

Pengertian Teknologi

Terdapat berbagai pendapat dari para ahli yang menjelaskan apa pengertian dari teknologi seperti Iskandar Alisyahbana, Manuel Castells, Merriam Webster dan para ahli lainnya. Namun meskipun pendapatnya berbeda, semua pendapat menjurus pada satu pengertian yaitu teknologi merupakan berbagai sarana dan prasarana yang diciptakan manusia dalam membuat suatu barang atau sistem untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan pada kehidupan manusia itu sendiri.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian teknologi yang diambil dari pendapat subjektif dari para ahli, cendekiawan dan tokoh pendidikan di seluruh dunia.

pengertian teknologi

1. Ursula Franklin

Menurut tokoh yang satu ini, Teknologi diartikan sebagai cara praktis untuk menggambarkan bagaimana kita semua sebagai manusia membuat hal-hal di suatu tempat di sini.

2. Rogers

Rogers mengemukakan bahwa yang dimaksud dengan Teknologi adalahsebuah desain langkah-langkah penting untuk meminimalkan keraguan tentang hubungan sebab akibat dalam mencapai hasil yang diharapkan.

3. Read Bain

Pengertian teknologi mencakup semua alat, mesin, peralatan, perlengkapan, senjata, perumahan, pakaian, transportasi dan komunikasi perangkat, dan juga keterampilan, yang akan memungkinkan kita sebagai manusia bisa memproduksinya.

4. Manuel Castells

Sedangkan menurut Manuel Castells, Teknologi berarti kumpulan alat, aturan dan prosedur adalah penerapan pengetahuan ilmiah untuk pekerjaan tertentu dalam kondisi yang dapat memungkinkan pengulangan.

5. Naisbit

Naisbitt mengutip pemahaman tentang teknologi dari Random House Dictionary, yang mengatakan bahwa teknologi adalah obyek serta benda-benda, serta bahan dan bentuk juga berbeda dari manusia biasa.

6. Merriam Webster

Menurut kamus Merriam Webster,  pengertian teknologi adalah sebuah aplikasi atau implementasi ilmu pengetahuan praktis. Aplikasi praktis kadang-kadang diarahkan juga untuk ruang lingkup tertentu.

7. Poerbahawadja Harahap

Penggunaan kata teknologi dasarnya mengacu pada ilmu yang meneliti bagaimana bekerja di bidang teknik, serta mengacu juga pada ilmu yang digunakan di pabrik-pabrik atau industri.

8. Sudarsono

Pengertian Teknologi menurut Sudarsono adalah merupakan suatu ilmu pengetahuan dan perkembangan dalam sebuah industri

9. KBBI

Menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI) Teknologi adalah metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuan praktis, dan merupakan salah satu pengetahuan ilmu terapan. Dan mean keseluruhan untuk menyediakan barang yang diperlukan untuk kelangsungan hidup dan kenyamanan hidup manusia. Dari pernyataan bahwa kamus Indonesia yang besar.

Sejarah Singkat Perkembangan Teknologi

Selama ribuan tahun yang lalu, manusia sudah mengenal teknologi dan perkembangan teknologi berjalan secara sistematis. Namun memang, teknologi ribuan tahun yang lalu bentuknya tidak secanggih teknologi yang berkembang pada masa ini.

sejarah perkembangan teknologi

1. Teknologi Jaman Pra Sejarah

Pada masa pra sejarah, perkembangan teknologi terjadi dikarenakan pemikiran mereka untuk bertahan hidup. Contoh teknologi yang dibuat pada zaman pra sejarah adalah pedang, kapak genggam dan berbagai alat lainnya. Teknologi ini pun biasa terbuat dari batu, perunggu dan besi.

2. Teknologi Jaman Kuno

Maju ke jaman kuno, perkembangan teknologi pada masi ini berkembang ke bidang konstruksi, pertanian, maritim dan alat – alat tulis. Pada masa ini, manusia sudah bisa membuat sebuah bangunan dan berbagai konstruksi yang terbilang rumit seperti piramid, mercusuar, jam matahari dan kapal.

3. Teknologi Abad Pertengahan

Pada masa abad pertengahan, perkembangan teknologi maju dengan cepat. Berbagai penemuan – penemuan di bidang astronomi, matematika, medis, militer dan berbagai ilmu lainnya berkembang pesat pada masa ini. Contoh teknologi yang muncul pada masa ini yaitu aljabar, mesin cetak, navigasi kapal dan berbagai alat dan ilmu lainnya.

4. Teknologi Era Revolusi Industri

Di zaman revolusi industri, perkembangan teknologi terlihat sangat jelas, manusia sudah berhasil membuat berbagai mesin yang mempu memudahkan mereka dalam berbagai urusan di kehidupannya. Perkembangan teknologi pada masa ini juga merupakan sebuah cikal bakal dari pesatnya perkembangan teknologi pada masa ini. Manusia sudah bisa membuat mobil, telegrap, mesin tenun, mesin uap dan berbagai mesin lainnya.

5. Teknologi Abad 20

Pada masa ini, teknologi di berbagai bidang berkembang dengan sangat pesat. Manusia menemukan transistor yang merupakan asal – muasal dari berkembangnya komputer dan smartphone seperti saat ini. Pada masa ini perkembangan teknologi di bidang militer seperti senjata pemusnah massal yaitu bom atom berhasil diciptakan.

6. Teknologi Abad  21

Yang terakhir yaitu teknologi pada abad 21, anda sudah melihat pesatnya perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, mulai dari bidang komunikasi, transportasi dan berbagai hal lainnya.

Berbagai Jenis dan Manfaat Teknologi

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini menjalar ke berbagai sektor. Banyaknya inovasi yang dibuat manusia membuat teknologi maju di berbagai bidang. Beberapa jenis teknologi yang saat ini muncul yaitu:

jenis dan manfaat teknologi

1. Teknologi Bidang Ekonomi

Majunya teknologi pada masa ini membuat sistem keuangan yang digunakan di dunia berkembang. Anda bisa melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja dengan cara yang mudah karena adanya e – money. Saat ini, tidak perlu lagi anda pergi untuk bertransaksi berhadapan muka antara pembeli dan penjual.

2. Teknologi Bidang Pangan

Sistem pertanian pada yang ada saat ini sudah tentu berbeda pada zaman dahulu. Munculnya traktor dan berbagai alat – alat pertanian lainnya sangat memudahkan petani. Selain di peralatan, pemilihan bibit, sistem menanam dan teknik nya pun berkembang.

3. Teknologi Bidang Informasi

Kemajuan teknologi pada bidang informasi bisa dilihat dari mudahnya masyarakat dalam memperoleh informasi yang sedang terjadi. Jika dulu masyarakat hanya bisa mendapatkannya lewat koran, sekarang masyarakat bisa mendapat informasi dari TV dan Internet.

4. Teknologi Bidang Komunikasi

Kemajuan teknologi pada bidang komunikasi bisa dilihat dengan mudahnya berkomunikasi dengan seseorang walaupun jaraknya berjauhan, dimana saja dan kapan saja.

5. Teknologi Bidang Transportasi

Majunya teknologi pada bidang transportasi bisa dilihat dengan munculnya berbagai macam transportasi saat ini, seperti motor, mobil dan lain sebagai nya yang bisa memudahkan seseorang untuk berpergian ke tempat lain. Bahkan saat ini sudah ada mobil dengan fitur autopilot sehingga anda tak perlu mengemudikannya.

6. Teknologi Bidang Medis

Dalam bidang medis, kemajuannya bisa dilihat dari banyaknya alat – alat medis yang membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit. Vaksin juga merupakan bukti dari kemajuan teknologi di bidang ini untuk mencegah penyakit berbahaya.

7. Teknologi Bidang Pendidikan

Pada bidang pendidikan, saat ini sistem pendidikan terus berkembang menjadi lebih mudah dan baik. Para tenaga pendidik dan murid pun mampu memahami pelajaran yang diberikan dengan memanfaatkan berbagai teknologi yang ada.

8. Teknologi Bidang Militer

Perkembangan teknologi pada bidang militer bisa dilihat dengan canggih nya peralatan persenjataan yang berkembang saat ini. Munculnya tank, pesawat tanpa awak dan berbagai hal lainnya dikembangkan untuk meningkatkan pertahanan negara.

Berkembangnya teknologi yang terjadi pada saat ini tentu saja memberikan banyak sekali kemudahan. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, baik dibidang ekonomi, pangan, komunikasi, informasi dan berbagai bidang lainnya, perkembangan teknologi sudah memberikan dampak positif yang membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Namun meskipun memiliki banyak dampak positif, berkembangnya teknologi masa kini bisa dibilang seperti pisau bermata dua pada kehidupan kita.

Dampak Negatif Perkembangan Teknologi

Munculnya teknologi di bidang komunikasi dan informasi seperti smartphone, komputer, televisi dan internet membuat kita dengan mudah mendapatkan informasi, namun ada beberapa pihak yang menggunakan perkembangan ini untuk hal yang tidak baik seperti menyebarnya pornografi, pemikiran radikal, penipuan dan lain sebagainya. Selain itu, bisa dibilang segala hal bisa dilakukan di gadget kita seperti berbelanja dan lainnya sehingga membuat manusia menjadi malas dalam bergerak.

dampak negatif perkembangan teknologi

Selain itu pada bidang transportasi, memang kita akan dengan mudahnya berpergian kesana kemari dengan mudah, namun kendaraan seperti ini biasa menggunakan bahan bakar yang tentu saja bisa mengakibatkan polusi meningkat yang mampu memberikan dampak buruk pada tubuh manusia

Karena itulah, meskipun teknologi membuat segala hal menjadi mudah, banyak sekali penyalahgunaan teknologi pada masa kini yang mengakibatkan banyak hal buruk. Gunakan teknologi dengan bijak agar anda mampu mendapatkan berbagai manfaat dari teknologi di berbagai bidang.

***

Dermikianlah ulasan singkat tentang pengertian teknologi beserta sejarah, jenis, manfaat dan contoh teknologi. Semoga artikel ini bisa menjadi sumber informasi dan referensi bermanfaat untuk anda.