Pengertian Seni Musik

Pengertian Seni Musik – Setiap orang tentu tidak akan terhindar dari musik. Mereka tentu mendengar bahkan melakukan suatu kegiatan yang beralunan dengan musik. Banyak musik yang Anda kenal sekarang ini memiliki aliran seni yang tinggi. Tak heran jika pengertian seni musik selalu menjurus kepada hal-hal yang klasik seperti seniman, instrumen, nyanyian dan lagu-lagu lawas. Seni musik juga memiliki fungsi yang beranekaragam yang membuatnya menjadi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Seni Musik

Secara bahasa seni musik terdiri dari dua kata “seni” dan “musik” yang masing-masing kata tersebut memiliki arti tersendiri. Kata “seni” memiliki arti ciptaan atau sebuah rasa manusia yang dituangkan dalam sebuah media atau alat. Sedangkan kata “musik” berasal dari bahasa Yunani mousikos yang berarti di sini melambangkan dewa keindahan yang mempunyai kekuasaan pada bidang seni dan ilmuwan.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI pengertian seni musik bisa diartikan sebagai ilmu atau seni yang menyusun sebuah nada dan suara ke dalam sebuah urutan, kombinasi serta hubungan temporal untuk menghasilkan sebuah susunan atau komposisi yang memiliki kesatuan dan kesinambungan

Namun, menurut istilah seni musik adalah sebuah cabang seni yang fokus menggunakan sebuah irama, tempo, melodi, harmoni dan vokal yang memiliki peran sebagai sarana untuk menyampaikan perasaan seorang seniman. Banyak sekali ahli yang mengemukakan tentang pengertian seni musik. Di antaranya adalah sebagai berikut.

definisi seni musik

Aristoteles

Menurut Aristoteles pengertian seni musik adalah suatu karya seni musik yang tertuang sebuah kemampuan dan tenaga pengembangan yang berawal dari sebuah rasa yang dalam satu deretan melodi atau nada yang memiliki warna.

Pengertian Toleransi

Sylado

Menurutnya pengertian seni musik adalah suatu wujud yang hidup dari sebuah kumpulan ilusi dan lantunan suara yang mana alunan musik dan nadanya memiliki jiwa yang dapat menggerakkan isi hati sang pendengar.

Lexicographer

Menurut Lexicographer pengertian seni musik adalah sebuah ilmu dan seni yang memadukan unsur ritmis dan beberapa vokal dan nada ataupun instrumental dengan melibatkan sebuah melodi dan harmoni untuk mengungkapkan sesuatu yang bersifat emosional.

Jadi, pengertian seni musik bisa diartikan sebagai suatu wujud karya seni berupa ilmu yang tertuang sebuah kemampuan, tenaga pengembangan, kumpulan ilusi serta lantunan suara yang memadukan unsur ritmis dan vokal serta instrumental yang berawal dari sebuah rasa dan memiliki jiwa yang dapat menggerakkan isi hati pendengar yang bersifat emosional.

Sejarah Seni Musik

sejarah dan pengertian seni musik

Seni musik memang sudah ada sejak zaman saat manusia lahir. Perkembangan seni musik sangat pesat karena banyak sekali penemuan baru yang membuat seni musik menjadi masa perkembangan yang paling menonjol. Perkembangan seni musik kini dimulai dari zaman sebelum masehi hingga sekarang. Di bawah ini adalah beberapa penjelasan mengenai sejarah perkembangan seni musik.

Zaman Pra Sejarah

Pada zaman pra sejarah ini, sebenarnya musik sudah mulai dikenal. Karena sejak adanya manusia Homo Sapiens sekitar 180.000 sampai dengan 100.000 tahun lalu, banyak sekali alat musik yang ditemukan dan merupakan yang tertua, seperti flute yang bahan utamanya adalah tulang yang telah diberi lubang dan tulang tersebut biasanya berasal dari tulang beruang.

Flute tersebut diduga sudah berumur 40.000 tahun lebih. Selain itu, di Cina banyak sekali alat musik ditemukan di sana sekitar tahun 7000 sampai dengan 6600 sebelum masehi. Hal yang paling penting adalah adanya prasasti yang berisi lagu Hurrian yang bertanggal 1400 Sebelum Masehi yang menjadi bukti bahwa musik sudah lama dan tertua yang pernah dicatat.

Pengertian Ekonomi Mikro

Zaman Abad Pertengahan

Pada zaman abad pertengahan terjadi sekitar tahun 476 sampai dengan 1572 Masehi. Pada saat ini seni musik banyak digunakan untuk kepentingan kegiatan agama Kristen. Namun, setelah adanya penemuan di bidang baru, fungsi musik menjadi berkembang dan tidak hanya difokuskan pada kegiatan keagamaan.

Zaman Renaisance

Seni musik pada zaman renaisance berkembang sekitar tahun 1500 sampai dengan 1600 masehi. Pada zaman ini seni musik yang berkembang yaitu musik percintaan dan keperwiraan. Namun, pada zaman ini seni musik di gereja mengalami kemunduran. Akan tetapi, pada zaman ini alat musik seperti piano dan organ ditemukan. Para seniman dan komposer juga hadir pada zaman ini seperti Leonin, Guillaume de Machaut dan Perotin.

Zaman Barok Dan Rokoko

Pada zaman barok dan rokoko sekitar tahun 1600 sampai dengan 1750 Masehi. Pada zaman ini penggunaan ornamen atau hiasan musik makin menjadi. Pada zaman ini musik Barok penggunaannya dilakukan secara serentak dan spontan sedangkan untuk musik rokoko penggunaannya dicatat dan diatur.

Pada zaman ini yang terkenal sebagai seniman adalah Johan Sebastian Bach. Beliau adalah pencipta musik koral khotbah gereja dan pencipta lagu instrumental. Namun, pada zaman ini seniman tersebut buta dan akhirnya meninggal dunia di Leipzig.

Zaman Klasik

Zaman ini berjaya pada tahun 1750 sampai dengan 1820 masehi. Pada zaman ini, dinamika digunakan semakin lembut. Selain itu, perubahan tempo dengan accelerando semakin cepat serta ritarteando semakin lembut. Selain itu, pemakaian ornamnetik dibatasi. Pada zaman ini banyak sekali kompesor terkenal seperti Johan Christian Bach, Wolfgang Amadeus Mozart, Joseph Haydn dan Ludwig van Beethoven.

Pengertian Budaya

Zaman Romantik

Zaman romantik berkisar sekitar tahun 1810 sampai dengan tahun 1900. Pada zaman ini seni musik sangat mementingkan perasaan yang subjektif. Tidak hanya itu, di zaman ini music sangat kental dengan unsur romantisme atau perasaan. Tidak heran jika terdapat banyak tempo serta dinamika yang digunakan. Selain itu, opera serta balet juga berkembang cukup pesat..

Banyak sekali komposer yang terkenal di zaman ini seperti Franz Schubert dan Ludwig van Beethove. Pada akhir zaman ini, orkesta berkembang sangat baik dan menjadi budaya kaum urban. Selain itu banyak tumbuh aneka ragam teater musik seperti operet, musik komedi dan bentuk teater lainnya.

Zaman Modern

Yang terakhir adalah zaman modern yang terjadi pada abad ke dua puluh hingga sekarang. Pada awal zaman ini banyak penemuan radio yang menjadi cara baru untuk mendengarkan musik. Selain itu, musik pada zaman ini lebih berfokus pada ritme, gaya dan suara. Akan tetapi, pada zaman ini tidak mengakui hukum dan peraturan.

Penemuan alat musik dan perekam suara serta alat pengedit musik memberikan genre baru pada musik klasik di zaman ini. Maka dari itu, pada zaman ini, orang semakin bebas mengungkapkan ekspresinya melalui musik.

Unsur-Unsur Seni Musik

unsur dan pengertian seni musik

Sebuah seni musik tak akan tercipta dengan baik apabila tidak terdapat salah satu unsur pembentuknya. Dari penjelasan mengenai pengertian seni musik, ada banyak unsur-unsur seni musik yang perlu Anda tahu, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Irama – Sebagaimana dijelaskan pada pengertian seni musik di atas. Irama lebih dikenal sebagai ritme yang berupa panjang pendek dan tinggi rendah sebuah nada.
  2. Melodi – Melodi merupakan bentuk susunan bunyi yang berurutan dari tinggi ke rendah atau sebaliknya.
  3. Birama – Birama ialah unsur ketukan dalam musik dengan waktu dan tempo yang teratur. Ketukan dalam birama ini biasa ditulis dengan tanda 2/4, 2/3. ¾ atau yang lainnya. Namun, umumnya birama ditulis dengan sistematika “/”.
  4. Harmoni – Harmoni adalah kumpulan perpaduan antara nada dan melodi yang memiliki keteraturan sehingga suatu musik akan enak dan indah jika didengarkan.
  5. Tempo – Tempo yaitu ukuran kecepatan birama dalam lagu. Semakin cepat lagu yang dibawakan juga akan semakin cepat lagu dimainkan tempo.
  6. Tangga Nada – Tangga nada ialah unsur musik yang terdiri dari nada yang tersusun berjenjang mulai dari nada dasar hingga nada tinggi.
  7. Dinamika – Dinamika adalah suatu tanda untuk memainkan nada yang berkaitan dengan volume sehingga musik akan mengeluarkan suara nyaring dan merdu saat didengarkan.
  8. Timbre – Timbre disebut juga dengan warna bunyi yang merupakan kualitas dari bunyi musik. Timbre ini bisa berpengaruh dari setiap alat musik yang berbeda-beda.
Pengertian Nilai

Fungsi Seni Musik

seni musik memiliki banyak fungsi. Jika dilihat dari pengertian seni musik, musik memiliki banyak fungsi di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Sebagai Sarana Ekspresi Diri

Dari penjelasan mengenai pengertian seni musik, dapat dikatakan bahwa seni musik bisa sebagai sarana ekspresi diri. Karena dapat mengungkapkan perasaan pemain atau pemeran seni tersebut. Selain itu, kadang nada-nada pada seni musik juga mewakili perasaan seseorang.

  • Sebagai Sarana Terapi

Seni musik juga bisa digunakan sebagai sarana terapi sejak perang dunia ke dua. Tujuannya untuk mengobati korban peperangan yang mengalami trauma dan gangguan mental serta kelumpuhan pada organ tubuh.

  • Sebagai Sarana Hiburan

Seni musik juga menjadi sarana hiburan seperti untuk sekedar mendengarkan lagu untuk mengembalikan moodnya yang hilang.

  • Sebagai Sarana Upacara

Ada banyak acara upacara yang menggunakan musik seperti upacara bendera, hari Kemerdekaan, upacara adat dan sebagainya.

  • Sebagai Sarana Tari

Seni tari akan erat hubungannya dengan musik. Dalam tarian bisa menciptakan lenggokan gerak badan ketika musik mengiringi. Selain itu, khususnya di Indonesia banyak sekali tiap daerah yang memiliki ciri khas bunyi musik yang menimbulkan gerakan unik yang hanya daerah tersebut saja yang bisa menirukan.

  • Sebagai Sarana Komersial

Seni musik menjadi salah satu sarana komersial. Karena baik di Indonesia maupun di luar negeri, musik menjadi mata pencaharian bagi para seniman dan musisi. Karya-karya mereka dijual dalam bentuk rekaman video dan kaset. Selain itu, konser panggung juga menjadi salah satu mata pencaharian musisi.

fungsi seni musik

Contoh Seni Musik

Dari penjelasan dari pengertian seni musik, jika kita pahami banyak sekali contoh seni musik yang ada di lingkungan kita. Contoh seni musik bisa digali dari genrenya. Misalnya untuk genre klasik musik ini biasanya digunakan sebagai pengantar tidur. Untuk genre blues biasanya musik ini melankonis dan dramastis sepperti lagu Celine Dion My Heart Will Go On. Dan ada pula lagu lain seperti yang bergenre jazz, funk, reggae, hiphop. Selain itu ada lagu pop yang pas untuk berbagai kalangan. Dan ada pula lagu rock dan lagu dangdut yang memnjadi ciri khas Indonesia.

Pengertian Globalisasi