Pengertian Seni Budaya

Pengertian Seni Budaya – Seni budaya adalah sebuah istilah yang mungkin sudah tidak asing dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan seni budaya tak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Namun, tak banyak yang mengetahui apa itu pengertian seni budaya, baik secara umum maupun pengertian berdasarkan para ahli.

Pengertian Seni Budaya Secara Umum

Melihat dari pengertian secara umum, seni budaya diambil dari dua kata yang berbeda, yaitu seni dan budaya. Kata seni diambil dari Bahasa Sanskerta ‘Sani’ yang memiliki makna (persembahan, pemujaan dan pelayanan). Istilah ini bisa diartikan sebagai hal yang dibuat oleh manusia dimana hal tersebut mengandung unsur keindahan yang bisa membangkitkan perasaan orang lain.

Sedangkan kata budaya juga diambil dari Bahasa Sansekerta ‘buddayah’ yang memiliki arti sesuatu yang berkaitan dengan akal dan budi dari manusia. Budaya bisa juga diartikan sebagai cara hidup yang berkembang di dalam suatu masyarakat dan diwariskan secara turun temurun. Budaya ini merupakan suatu pola hidup yang sifatnya kompleks yang dimiliki oleh kelompok masyarakat.

Dari dua istilah tersebut, jika keduanya digabung, maka pengertian seni budaya secara umum adalah segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia, berkaitan dengan cara berkembang dan cara hidup bersama dalam masyarakat. Hal yang diciptakan ini memiliki nilai keindahan dan diciptakan secara sengaja oleh manusia berdasarkan akal atau budi pekerti yang dimilikinya dan kemudian diwariskan secara turun temurun.

Pengertian Seni Budaya Menurut Para Ahli

pengertian seni budaya menurut ahli
pengertian seni budaya | pixabay.com

Para ahli mendefinisikan seni budaya dengan pengertian yang berbeda dan beragam. Namun inti dari definisi yang diberikan tidak jauh berbeda dengan definisi secara umum. Nah, berikut ini adalah pengertian seni budaya berdasarkan pendapat para ahli.

  1. Ida Bagus Putu Perwita. Ida Bagus Putu Perwita ini adalah seorang tokoh seni dari Bali. Definisi atau pengertian dari seni budaya menurutnya adalah penunjang sarana untuk pelaksanaan aktivitas serta upacara adat.
  2. Sartono Kartodirdjo. Sartono Kartodirdjo mendefinisikan seni budaya sebagai sistem yang koheren, dimana sistem tersebut dapat digunakan untuk melakukan komunikasi yang efektif melalui satu bagian seni. Dari satu bagian itu nantinya dapat menunjukkan atau menjelaskan maksudnya segera keseluruhan.
  3. Harry Sulistiono. Harry Sulistiono adalah seorang dosen seni rupa di salah satu universitas di Indonesia, yaitu Universitas Pendidikan Indonesia. Beliau menjelaskan pengertian seni budaya sebagai sebuah keahlian untuk mengekspresikan pemikiran maupun ide-ide estetika. Ide atau pemikiran yang estetika itu termasuk diantaranya adalah mewujudkan kemampuan serta imajinasi pandangan atas beberapa karya, benda ataupun suasana sehingga bisa menghadirkan rasa indah serta menciptakan sebuah peradaban yang lebih maju bagi manusia.
  4. M. Thoyibi. Pengertian seni budaya selanjutnya dikemukakan oleh M. Thoyibi yang merupakan seorang filsuf berpengaruh di Indonesia. Seni budaya yang dikemukakan oleh M. Thoyibi adalah penjelmaan dari rasa seni yang telah membudaya, yang mana termasuk dalam aspek kebudayaan sehingga bisa diresapi dan dirasakan oleh banyak orang dalam perjalanan sejarah peradaban manusia.
  5. C. Kliucckhohn. Berbeda dengan C. Kliucckhohn yang mendefinisikan seni budaya sebagai sebuah sistem dan teknologi. Sistem dan teknologi tersebut digunakan untuk pengetahuan, mata pencaharian, organisasi kemasyarakatan, religi dan upacara keagamaan, pengetahuan dan juga bahasa.
  6. Hillary Bell. Hillary Bell memberikan definisi pengertian seni budaya sebagai sebuah istilah yang digunakan pada semua karya yang bisa menggerakkan hati manusia atau orang yang melihatnya. Selain itu, dari seni itu juga dapat dicari tahu siapa pencipta atau pembuat dari karya seni tersebut.
  7. Andreas Eppink. Andreas Eppink tidak menjabarkan mengenai seni budaya secara jelas, namun ia secara jelas mengemukakan pendapat tentang apa itu budaya. Menurutnya, budaya adalah suatu pernyataan artistik sekaligus intelektual yang harus menjadi ciri khas dari suatu masyarakat.
  8. Edward Burnett Taylor. Begitu pula dengan Edward Burnett Taylor yang hanya mendefinisikan budaya. Budaya menurut Edward Burnett Taylor adalah keseluruhan yang kompleks dimana di dalamnya terkandung berbagai aspek tentang kelompok masyarakat.
  Pengertian Kurikulum

Fungsi Seni Budaya

pengertian seni budaya dan fungsinya
pengertian seni budaya | unsplash.com

Dari berbagai penjelasan tentang pengertian seni budaya dan definisi dari para ahli di atas, kini Anda sudah mengetahui tentang apa itu seni budaya. Dalam sebuah kelompok masyarakat, seni budaya ini dibuat untuk memenuhi fungsi tertentu. Setidaknya ada 2 fungsi seni budaya yang harus Anda ketahui. Berikut penjelasannya.

Fungsi Praktis

Seni budaya memiliki fungsi praktis bagi kehidupan manusia, artinya bahwa karya seni yang dihasilkan memiliki fungsi yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan dari manusia secara fungsional. Jadi tidak hanya indah saat dilihat namun tetap memberikan fungsi lebih saat digunakan.

Contoh sederhananya, misalnya kursi dan meja yang dibuat dengan ukiran yang mengandung nilai estetik tinggi. Meski dibuat dengan nilai seni, namun benda-benda tersebut tetap memiliki nilai guna bagi masyarakat.

Fungsi Estetika

Fungsi selanjutnya dari seni budaya adalah sebagai fungsi estetika. Artinya, sebuah karya seni budaya ini dibuat dengan mempertimbangkan fungsi yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan manusia akan keindahan yang bisa dinikmati.

Misalnya lukisan atau patung yang mana keduanya merupakan hasil karya seni budaya yang tidak memiliki nilai fungsi. Namun, biasanya benda-benda hasil karya seni ini dimanfaatkan untuk ritual keagamaan.

Selain dua fungsi seni budaya secara umum seperti yang dijelaskan di atas, seni budaya juga memiliki beberapa fungsi yang berguna dalam kehidupan sehari-hari secara spesifik. Berikut adalah beberapa fungsi tersebut.

  1. Fungsi Religi. Di Indonesia, senu budaya sering dimanfaatkan dalam berbagai aktivitas keagamaan guna menyampaikan pesan religi kepada umat. Fungsi religi dari seni budaya ini bisa dilihat misalnya pada penyelenggaraan upacara pernikahan, upacara kelahiran dan kematian.
  2. Fungsi Komunikasi. Seni budaya dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia juga berfungsi sebagai sarana atau media komunikasi. Seni budaya dimanfaatkan untuk menyampaikan gagasan, pendapat hingga kritik kepada penikmatnya. Penyampaian informasi dan komunikasi dengan seni budaya pun terbilang lebih efektif.
  3. Fungsi Pendidikan. Dalam kehidupan sehari-hari, seni budaya sangat berperan penting dalam pendidikan. Di dalam seni budaya yang terlihat indah ditampilkan tersimpan pembelajaran tentang kehidupan, tata krama, sopan santun dan sebagainya.
  4. Fungsi Hiburan. Hampir sama seperti fungsi yang dijelaskan sebelumnya, selain fungsi-fungsi terapan seperti yang sudah dijelaskan, seni budaya juga berfungsi sebagai hiburan. Aspek keindahan serta perasaan terhibur saat menyaksikan pertunjukan seni budaya merupakan perwujudan nyata dari fungsi ini.
  Pengertian Biologi

Macam-Macam Seni Budaya

pengertian seni budaya dan jenisnya
pengertian seni budaya | pexels.com

Kini Anda sudah tahu tentang pengertian seni budaya baik secara umum maupun berdasarkan penjelasan ahli. Seni budaya yang merupakan sebuah produk seni yang menciptakan peradaban atau tercipta dari kebudayaan masyarakat, seni budaya dibedakan menjadi berbagai macam. Berikut ini adalah beberapa macam seni budaya berdasarkan bentuknya.

Seni Rupa

Macam seni budaya yang pertama adalah seni rupa. Seni rupa adalah cabang dari seni yang dibuat menggunakan media yang ditangkap secara visual serta bisa dirasakan dengan sentuhan. Kesan ini dapat terbentuk dengan mengolah titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, volume dan acuan estetika.

Jika dilihat dari fungsinya, seni rupa ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu seni rupa murni dan terapan. Seni rupa murni pada proses penciptaannya lebih menitikberatkan hanya pada ekspresi jiwa saja. Contoh lukisan, gambar fotografi dan lain sebagainya.

Seni Tari

Macam seni budaya selanjutnya adalah seni tari. Seni tari ini merupakan gerakan berirama yang dilakukan untuk mengekspresikan perasaan maupun menyampaikan pesan yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu. Gerakan tari yang merupakan wujud ekspresi dari seni ini juga memiliki tujuan tertentu.

Tari ini terdiri dari berbagai variasi, mulai dari tari tradisi hingga modern. Tari tidak bisa disebut seni jika belum memenuhi unsur-unsur, baik unsur utama maupun unsur pendukung. Unsur utamanya terdiri tiga unsur yaitu wiraga, wirama dan wirasa atau raga, irama dan rasa. Sementara yang termasuk dalam unsur pendukung adalah ragam gerak dan iringan, kostum, rias dan pola lantai.

Musik

Musik adalah macam selanjutnya dari seni budaya. Seni musik merupakan hasil perpaduan antara nada, irama dan suara serta harmonisasi untuk menghasilkan suara yang harmonis.

  Pengertian Hukum

Seni musik sendiri adalah cabang dari seni budaya yang berfokus pada penggunaan irama, melodi dan tempo serta instrumen-instrumen lainnya. Seni musik banyak digunakan sebagai sarana untuk menuangkan dan mengekspresikan perasaan dari penciptanya. Seni musik ini pun dapat berubah dan berganti seiring berjalannya waktu.

Seni Kriya

Melihat dari pengertian seni budaya yang dijelaskan sebelumnya, yaitu segala hal yang diciptakan oleh manusia sebagai cara untuk berkembang dan bertahan dalam masyarakat. Macam atau jenis seni berikutnya ini dibuat untuk memenuhi serta untuk berkembang dan bertahan dalam kehidupan kelompok di tengah masyarakat.

Mengapa demikian? Karena seni kriya adalah suatu jenis atau macam seni budaya yang dibuat dengan tangan serta mempertimbangkan berbagai aspek seni serta fungsionalnya. Istilah kriya sendiri berasal dari kata dalam Bahasa Sansekerta ‘krya’ yang artinya membuat.

Seni kriya ini adalah seni kerajinan tangan yang mana dalam proses pembuatannya menggunakan tangan secara langsung (hand made) dan membutuhkan ketrampilan khusus dalam membuatnya.

Seni Teater

Jenis atau macam seni budaya yang terakhir adalah seni teater. Seni ini merupakan seni pertunjukan yang untuk menampilkannya dibutuhkan panggung sebagai media untuk menampilkannya. Seni ini dapat pula diartikan sebagai seni drama yang mana di dalamnya menampilkan perilaku manusia disertai dengan gerakan tubuh, nyanyian sekaligus tarian berdasarkan dialog yang diperankan oleh pemainnya.

Secara luas, seni teater dapat didefinisikan sebagai seni budaya yang ditampilkan dengan berperan atau berakting untuk ditampilkan di atas panggung. Sedangkan secara sempit, teater ini dapat diartikan sebagai adegan-adegan yang berhubungan dengan perjalanan hidup seseorang, dibuat sedemikian rupa berbentuk dialog dan diperankan di atas panggung.

  Pengertian Bank

***

Nah, demikian tadi penjelasan lengkap tentang pengertian seni budaya baik secara umum maupun menurut para ahli, fungsi dari seni budaya dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat dan macam atau jenisnya. Dengan penjelasan di atas semoga bisa menambah wawasan Anda tentang seni budaya, terutama seni budaya di Indonesia yang beraneka ragam bentuk dan jenisnya.

Penjelasan tersebut juga bisa memberikan pemahaman bahwa pengertian seni budaya tidak hanya dapat dinikmati keindahannya saja namun juga memberikan fungsi lain yang lebih esensial.