Pengertian Poster

Pengertian Poster – Saat ini hampir setiap orang mengenal poster ataupun melihatnya langsung di beberapa tempat. Hal ini dikarenakan sesuai dengan pengertian poster yang menjelaskan media ini sering digunakan untuk mengiklankan suatu produk atau sebuah perusahaan. Tak hanya itu saja banyak pemberitahuan ataupun himbauan kepada masyarakat umum kini dituangkan dalam sebuah poster.

Pengertian Dari Poster Secara Umum

Poster merupakan salah satu karya seni 2 dimensi yang berisi gambar disertai tulisan dan dibuat semenarik mungkin. Selain itu poster juga sering digunakan sebagai media untuk penyampaian sebuah informasi yang ditujukan kepada masyarakat umum. Hal ini dikarenakan media ini bisa memudahkan pembaca untuk memahami informasi yang ingin disampaikan di dalam poster tersebut. Sesuai dengan pengertian poster, biasanya media ini ditempelkan di tempat yang bisa dilihat dan mudah untuk dibaca setiap orang yang melewatinya.

Pengertian Poster Menurut Para Ahli

Sri Anitah

Pengertian poster ialah suatu gambar yang mengombinasikan unsur-unsur visual seperti garis, gambar dan kata-kata yang bertujuan untuk menarik perhatian serta mengkomunikasikan pesan secara singkat.

Arsyad

Pengertian poster ialah suatu media visual dua dimensi berisikan gambar dan pesan tertulis yang singkat untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu, serta mampu mempenggaruhi dan memotivasi tingkah laku orang yang melihatnya.

Depdikbud

Pengertian poster ialah suatu media yang terdiri dari lambang kata atau simbol yang sangat sederhana, dan pada umumnya mengandung anjuran atau larangan.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai

Pengertian poster ialah kombinasi visual dari rancangan yang kuat, dengan warna, dan pesan, dimana tujuannya untuk menangkap perhatian orang yang melihatnya dan cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya.

Rudi susilana dan Cepi Riana

Pengertian poster ialah sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.

Fungsi Poster

Tak beda jauh dengan pengertian poster, media ini berfungsi untuk memudahkan seseorang menyampaikan sebuah informasi kepada khalayak umum. Dikarenakan desainnya yang dibuat semenarik mungkin dengan warna yang banyak membuat setiap orang tertarik untuk melihat dan membacanya. Sehingga dengan begitu informasi akan tersampaikan dengan baik tanpa menyinggung ataupun membuat pembaca bosan dengan cara penyampaian yang cenderung monoton dan tak menarik seperti poster.

  Pengertian Ekonomi Mikro

Tujuan Pembuatan Poster

Poster sendiri bertujuan untuk memberikan sebuah informasi yang dibutuhkan untuk khalayak umum. Tentu saja dengan kata yang singkat namun jelas bisa memudahkan setiap orang dalam memahami informasi yang ingin disampaikan oleh si pembuat poster. Selain itu biasanya poster juga berisi ajakan dan dibuat semenarik mungkin untuk menghindari pembaca merasa bosan dalam memahami maksud dari media tersebut. Sehingga dengan tujuan inilah poster menjadi pilihan tepat yang saat ini sering digunakan untuk kebutuhan penyaluran informasi sebuah organisasi ataupun perusahaan.

Ciri-Ciri Poster

Selain pengertian poster, ada juga ciri-ciri yang bisa membedakannya dari karya seni lainnya. Ciri inilah yang membuat daya tarik dan menjadi khas dari media ini. Berikut beberapa ciri yang bisa Anda lihat dari sebuah poster adalah:

Memiliki beragam warna yang mencolok

Warna yang mencolok pada poster membuat desain menjadi lebih menarik ketika dilihat oleh pembaca. Sehingga dengan begitu kalimat yang berisi informasi juga akan tersampaikan dengan baik. Selain itu warna juga berguna untuk memperjelas atau mempertegas suatu pesan yang ingin disampaikan.

Dibuat dengan kalimat singkat

Biasanya poster memang didukung dengan sebuah kalimat singkat yang berisi informasi ataupun pesan kepada setiap pembaca. Hal ini dikarenakan kalimat yang terlalu panjang akan membuat pembaca mudah bosan dan kesulitan memahami informasi tersebut. Sehingga dengan adanya poster pembaca bisa mudah memahami pesan yang hendak disampaikan dengan kalimat singkat dan jelas.

Disertai gambar yang menarik

Selain tulisan yang dibuat semenarik mungkin, poster juga harus disisipi gambar yang berkaitan dengan informasi yang hendak disampaikan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pembaca memahami maksud dari kalimat dalam poster tersebut. Selain itu gambar juga menambah daya tarik untuk setiap orang yang melihat dan membaca poster tersebut.

  Pengertian Seni Musik: Sejarah, Unsur, Fungsi Dan Contohnya

Dipasang di tempat ramai

Ciri ini sesuai dengan pengertian poster yang merupakan media untuk penyampaian informasi kepada khalayak umum. Hal ini dikarenakan untuk menyampaikan kepada pembaca maka poster juga harus diletakkan di tempat yang ramai dan mudah untuk dilihat. Dengan begitu maka setiap orang akan mudah untuk membaca informasi dalam poster tersebut.

Jenis-Jenis Poster

jenis poster
pengertian poster

Jenis dari poster juga masih digolong menjadi 2 lagi, yaitu menurut isinya dan tujuannya. Meski sekilas terlihat sama namun poster juga berbeda jika dilihat dari beberapa hal. Berikut jenis-jenis dari poster tersebut adalah:

Jenis Menurut Isi Poster

Poster Niaga

Poster ini bertujuan untuk menawarkan suatu produk ataupun jasa oleh perniagaan dan perusahaan. Biasanya poster ini mengajak setiap orang yang membaca poster tersebut membeli,bergabung,dan memasarkan berbagai produk ataupun jasa dari sektor perniagaan tersebut. Biasanya poster ini berguna untuk mendongkrak penjualan dan membuat promosi di kalangan masyarakat. Poster ini biasanya dikeluarkan oleh para produsen guna menawarkan ke khalayak luas. Isi poster ini juga harus menarik dan mudah dipahami masyarakat terlebih detail mekanismenya bila di poster itu ada promo. Poin penting selanjutnya singkat dan jelas tapi harus mudah dipahami. Tak hanya itu saja poster dalam kategori ini juga

Poster Pelayanan Masyarakat

Poster ini berisi himbauan dan layanan untuk masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari. Isi dalam poter ini juga harus singkat,padat,dan jelas. Isi poster ini harus menarik minat khalayak. Kemudian bahan yang dibuat untuk poster ini harus tidak mudah rusak dan sobek. Dan unsur penting yang harus diperhatikan ialah ukuran poster harus menyesuaikan tempatnya,kira-kira tempat strategis yang mudah diakses oleh khalayak luas.

  Pengertian Pendidikan

Poster Kegiatan

Poster ini merupakan poster yang menjelaskan tentang suatu kegiatan atau pagelaran seni yang akan dilaksanakan di suatu tempat yang telah ditentukan. Selain itu kalimat yang digunakan pun memiliki kesan membujuk setiap orang yang membaca untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Sehingga biasanya desain dibuat semenarik mungkin dengan gambar yang mewakili isi kegiatan tersebut. Poster ini juga biasanya ditempel di tempat yang ramai ataupun tempat yang nantinya akan digunakan untuk kegiatan tersebut.

Poster Pendidikan

Poster yang satu ini berisi tentang informasi ataupun pemberitahuan yang berkaitan tentang pendidikan. Media ini sering juga dijadikan sebagai sarana untuk sosialisasi tentang program pendidikan terbaru kepada setiap peserta didik yang berada di Indonesia. Biasanya poster ini terkesan lebih sederhana dan tidak memuat hiasan gambar yang ramai. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan informasi dapat tersampaikan dengan baik pada setiap orang yang membaca. Media ini dipilih untuk memudahkan setiap orang memahami informasi yang disampaikan melalui poster tersebut.

Jenis Menurut Tujuan Poster

Poster Kampanye

Poster ini juga berisi tentang informasi yang bisa membujuk setiap pembaca. Biasanya poster ini akan muncul dan ditempelkan dimana-mana ketika masa pemilihan umum. Sehingga masyarakat umum bisa mengetahui wajah dan informasi mengenai pemilihan tersebut. Hal ini tentu saja cocok dengan pengertian poster yang memudahkan pembaca untuk memahami informasi dalam media ini.

Poster Film

Biasanya Anda bisa melihat jenis poster ini di setiap dinding bioskop. Hal ini dikarenakan poster ini bertujuan untuk mempromosikan tentang film yang sedang ditayangkan ataupun segera hadir di bioskop tersebut. Tentu saja dengan design yang menarik bisa membuat setiap orang yang melihat tertarik untuk mencoba film yang ada di poster tersebut. Selain itu biasanya jenis poster ini juga tak banyak menggunakan kalimat yang berlebihan karena terfokus pada gambar film tersebut.

  Pengertian Globalisasi: Sejarah, Teori, Dampak beserta Contohnya

Poster Riset

Jenis dari poster ini berisi tentang penjelasan sebuah riset yang sedang dilakukan. Poster ini dibuat dengan tujuan pemberitahuan kepada setiap pembaca tentang informasi mengenai hal tersebut. Selain itu diharapkan si pembaca bisa ikut berpartisipasi dan terlibat dalam kegiatan riset yang sedang dilakukan pada saat itu.

Poster Propaganda

Tujuan dibuatnya poster ini tak beda jauh dari pengertian poster yaitu untuk menyampaikan informasi. Namun, jenis poster ini bernada bujukan untuk setiap pembaca mengenai suatu motivasi yang membangun semangat. Tak hanya itu saja biasanya poster ini dibuat dengan warna dan gambar yang mencolok untuk mendukung pesan ataupun motivasi yang disampaikan. Sehingga pembaca bisa terpengaruh dan terbangun semangatnya sesuai dengan kalimat motivasi dalam poster tersebut.

Cara Membuat Sebuah Poster

Buka aplikasi edit foto

Hal pertama yang harus dilakukan adalah Anda bisa membuka aplikasi edit foto yang terdapat pada pc. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam proses pembuatan poster tersebut. Dikarenakan pada aplikasi tersebut sudah memiliki fitur yang mendukung dalam edit gambar dan pembuatan poster. Ditambah di era modern seperti sekarang aplikasi semacam itu semakin banyak dan canggih untuk digunakan oleh setiap orang yang mencoba berkreasi dalam poster.

Pilih gambar yang akan digunakan

Langkah ini yang merupakan hal utama dalam pembuatan poster. Hal ini dikarenakan gambar inilah yang nantinya akan menjadi latar belakang tulisan poster. Selain itu gambar ini juga berfungsi sebagai tambahan yang membuat poster semakin menarik untuk dilihat oleh setiap pembaca. Anda bisa memilih gambar yang tidak terlalu ramai untuk menghindari tulisan sulit terbaca dan mengakibatkan informasi tidak tersampaikan dengan baik.

  Pengertian Budaya

Buat sebuah kalimat singkat dan jelas

Sesuai dengan pengertian poster, Anda harus membuat sebuah kalimat yang singkat namun menjelaskan informasi yang akan disampaikan. Hal ini dikarenakan untuk menghindari setiap orang yang malas ketika membaca tulisan yang terlalu panjang. Selain kurang menarik, pembaca juga cenderung sulit memahami informasi yang ada dalam poster tersebut.

Pilih warna yang diinginkan

Selain gambar, warna juga sangat penting dalam sebuah poster yang akan Anda buat. Hal ini dikarenakan warna yang cerah dan mencolok akan terkesan lebih menarik untuk setiap orang yang melihat poster tersebut. Selain itu, warna yang cerah juga akan membangun semangat dari setiap pembacanya apabila poster tersebut termasuk jenis propaganda.

Tambahkan beberapa efek jika diperlukan

Hal ini juga perlu dilakukan dalam pembuatan sebuah poster yang menarik. Dengan penambahan efek tertentu akan membuat poster tersebut lebih hidup dan menarik setiap orang yang melihatnya. Dengan begitu pembaca akan lebih mudah dalam memahami informasi yang berusaha disampaikan kepada masyarakat umum. Mengingat pengertian poster merupakan salah satu media penyampaian informasi yang dibuat semenarik mungkin untuk memudahkan setiap pembaca memahami poster tersebut.

Pilih font semenarik mungkin

Tulisan yang terdapat dalam poster tentu saja akan mempengaruhi pembaca mudah ataupun kesulitan dalam memahami informasi yang disampaikan. Sehingga Anda bisa memilih font yang menarik untuk menambah nilai estetik dalam poster tersebut. Namun, yang perlu diperhatikan adalah pilihlah font yang masih bisa terbaca dengan jelas. Font tulisan yang sulit terbaca akan menyulitkan informasi akan tersampaikan kepada pembaca dengan baik dan benar.

***

Demikianlah penjelasan tentang pengertian poster beserta unsur-unsurnya yang bisa menjadi bahan bacaan untuk menambah wawasan pembaca.

  Pengertian Hukum Perdata