Pengertian Organisasi

Pengertian Organisasi – Organisasi, kata tersebut tentu sudah sangat melekat dengan setiap orang. Mungkin juga bagi Anda kata tersebut tidak asing lagi. Sebab memang banyak organisasi yang berdiri di mana-mana. Di lingkungan masyarakat, sekolah, atau di lingkungan manapun. Organisasi ini biasanya akan diisi oleh orang-orang yang memiliki tujuan atau minat pada sesuatu hal yang sama. Dan mereka menjadi anggota dari suatu organisasi untuk dapat mewujudkan satu tujuan yang sama. Namun tahukan Anda apa pengertian organisasi, tujuannya, ciri-ciri, unsur-unsur, sampai jenis-jenisnya? Jika belum, maka simaklah ulasan di bawah ini.

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Secara umum, organisasi merupakan sebuah wadah untuk beberapa orang berkumpul dan berkelompok guna bekerjasama secara sistematis dan terkendali untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

Dalam organisasi, terdiri dari berbagai macam unsur, di mana satu sama lain akan bekerja sama dan memanfaatkan berbagai sumber daya tersebut dalam mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Dan dalam organisasi tentu saja terdapat pemimpin yang akan mengarahkan dan mengontrol kegiatan yang dilakukan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah pengertian organisasi menurut para ahli:

  • Pengertian Organisasi menurut Sondang P. Siagian

Menurut Prof Dr. Sondang, organisasi merupakan segala bentuk persekutuan yang terdiri dari dua orang lebih yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan bersama beberapa orang yang dikenal sebagai atasan atau beberapa orang yang dikenal juga sebagai bawahan.

  • Pengertian Organisasi menurut Max Weber

Menurut Max, organisasi yaitu sebuah kerangka hubungan struktural yang di dalamnya ada wewenang, tanggung jawab, dan pembagian peran untuk mengerjakan suatu fungsi tertentu.

  • Pengertian Organisasi menurut Stoner
  Pengertian Logika

Pengertian organisasi menurut Stoner adalah suatu pola yang menghubungkan orang-orang di bawah pengarahan atasan demi mencapai satu tujuan bersama yang telah disepakati.

  • Pengertian Organisasi menurut Thompson

Organisasi menurut Thompson yaitu perpaduan antara anggota khusus yang biasanya memiliki sifat impersonal dan rasional, di mana semuanya saling bekerja sama dalam mencapai tujuan yang spesifik.

  • Pengertian Organisasi menurut Stephen P. Robbin

Adapun organisasi menurut Robbin yaitu kesatuan sosial yang secara sadar dikoordinasikan dengan batasan relatif yang telah diidentifikasi dan bekerja untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Tujuan Dibentuknya Organisasi

Seperti yang sudah dijelaskan dalam pengertian organisasi di atas, dalam berorganisasi, setiap orang melakukan tugas atau perannya masing-masing untuk mencapai satu tujuan bersama. Jadi, dalam berorganisasi, setiap orang akan bekerja sama demi terwujudnya tujuan bersama yang telah disepakati. Nah, apa saja tujuan organisasi itu? Berikut ini akan dijelaskan macam-macam tujuan organisasi.

  • Tujuan Keluar

Yang dimaksud dengan tujuan keluar ini merupakan tujuan sering dikenal sebagai output, input, dan outcam. Semua hal itu sangatlah penting untuk mengukur keberhasilan organisasi. Dengan tolak ukur tersebut, Anda bisa mengira-ira apakah pekerjaan yang telah dilakukan sudah sesuai atau belum.

  • Tujuan Produk

Lalu tujuan organisasi kedua adalah tujuan produk. Banyak sekali organisasi-organisasi yang terbentuk mengerjakan sesuatu untuk menghasilkan suatu produk. Dengan adanya produk baru ini, nama organisasi pun akan lebih cepat dikenal masyarakat. Dan Anda bersama anggota tim pun bisa memasarkan produk yang Anda miliki.

  • Tujuan kemasyarakatan

Lalu ada pula tujuan kemasyarakatan atau social goal. Tujuan ini sebenarnya menjadi tujuan utama dari adanya organisasi. Mengapa? Sebab sejatinya organisasi dibentuk agar apa yang mereka hasilkan dapat dirasakan oleh setiap masyarakat. Misal, dengan melakukan advokasi masa atau analisa mengenai bagaimana kehidupan masyarakat. Tentu saja, organisasi ini akan memiliki pengaruh terdapat masyarakat.

  • Tujuan sistem
  Pengertian Ekonomi Makro

Lalu ada pula tujuan sistem, di mana sebagai sebuah wadah untuk menempa anggotanya, organisasi mesti punya sistem tersendiri. Dan sistem tersebut seharusnya telah ada dan dibangun dengan kokoh sejak organisasi tersebut didirikan. Sistem ini digunakan untuk mengatur setiap peran dan tanggung jawab setiap anggotanya supaya dapat dengan efektif dan efisien melaksanakan tugasnya masing-masing demi mencapai tujuan bersama yang telah disepakati.

  • Tujuan lanjutan

Lalu tujuan dari organisasi yang terakhir adalah tujuan lanjutan. Tujuan ini digunakan untuk meletakkan kekuasaan pada sebuah organisasi. Apabila tidak ada kekuasaan ini, organisasi tidak akan berdiri. Akan tetapi, apabila kekuasaan tersebut dikuasai secara otoriter dan tidak bertanggung jawab, maka kekuasaan tersebut justru akan merugikan organisasi yang bersangkutan. Maka menjadi pemimpin atau ketika memilih pemimpin tidak boleh sembarangan. Akan sangat merugikan jika pemimpin yang dipilih ternyata tidaklah amanah dan mementingkan ego pribadinya tanpa mempertimbangkan kelompok.

Ciri-ciri Organisasi

Untuk lebih mendalami mengenai pengertian organisasi, maka berikut ini akan dijelaskan ciri-ciri dari organisasi. Sebagai sebuah perkumpulan, maka menjadi penting untuk memiliki ciri-ciri yang menunjukkan eksistensi atau keberadaan organisasi tersebut di masyarakat. Berikut ini adalah beberapa ciri yang melekat pada organisasi:

  • Memiliki tujuan

Sebuah organisasi tentu saja tidak berdiri begitu saja. Diberdirikannya suatu organisasi harus disertai dengan tujuan tertentu. Di mana tujuan menjadi kewajiban ketika beberapa orang berkumpul dan saling bekerja sama dengan membagi peran dan tanggung jawab. Tanpa tujuan, organisasi tidak dapat berjalan,sebab setiap orang tidak mengetahui untuk apa mereka mengerjakan sesuatu di dalam organisasi tersebut.

  • Memiliki lebih dari dua anggota

Seperti pengertian organisasi yang telah disampaikan di atas, sebuah organisasi pasti terdiri dari beberapa anggota yang lebih dari dua orang. Jika hanya satu orang, maka ia bekerja untuk mencapai tujuan pribadi, bukan tujuan organisasi.

  • Memiliki sistem dan aturan tertentu
  Pengertian Nasionalisme

Sebuah organisasi yang terdiri dari beberapa orang, tentu saja akan memiliki aturan-aturan tertentu dan juga sistem dalam bekerja. Setiap orang harus tahu apa tugasnya dalam berorganisasi. Apa yang harus ia kerjakan untuk mencapai tujuan bersama. Sistem akan digunakan untuk mengatur pergerakan dan segala sesuatu demi berjalannya suatu organisasi secara efektif dan efisien. Tanpa sistem yang jelas, maka orang-orang juga akan bingung apa yang harus dikerjakannya. Dan bahkan bisa bekerja semaunya sendiri.

  • Setiap orang saling bekerja sama

Dalam sebuah organisasi, orang-orang yang berada dalam organisasi tersebut memiliki peran masing-masing yang berbeda-beda. Sehingga mereka perlu bekerja sama untuk saling melengkapi agar tujuan bersama yang sudah disusun dapat tercapai. Tanpa kerja sama, organisasi tidak akan dapat mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.

  • Memiliki pembagian peran

Organisasi terdiri dari beberapa orang, maka menjadi penting untuk melakukan pembagian tugas dan tanggung jawab. Setiap orang harus memiliki peran masing-masing, supaya tidak terjadi miskomunikasi karena satu pekerjaan dikerjakan oleh dua atau lebih orang. Hal ini akan membuat pekerjaan tidak berjalan lancar sementara pekerjaan lainnya masih belum dikerjakan sama sekali. Maka dari itu, penting untuk membagi tugas secara adil kepada setiap anggota organisasi.

Unsur Organisasi

pengertian organisasi
pengertian organisasi | hbs.edu

Organisasi terdiri dari banyak orang dengan berbagai macam unsur, berikut ini adalah unsur-unsur dalam organisasi yang perlu Anda ketahui:

  • Personil

Unsur pertama dan utama dalam sebuah organisasi adalah personil. Sebab tanpa adanya personil, mustahil sebuah organisasi akan berdiri dan juga menjalankan sebuah pekerjaan dan memiliki tujuan. Karena tanpa personil, tak akan ada kerja sama maupun tujuan bersama.

  • Tujuan bersama
  Pengertian Seni Rupa

Seperti pengertian organisasi yang telah disampaikan, tujuan bersama menjadi salah satu hal penting yang harus dimiliki agar organisasi dapat berjalan dan tidak kehilangan arah.

  • Kerja sama

Berikutnya adalah kerja sama. Dengan banyaknya anggota dan adanya pembagian peran antar anggota, maka kerja sama menjadi unsur yang harus dipenuhi. Sehingga setiap anggota dapat memiliki kesadaran untuk saling mempertanggungjawabkan perannya masing-masing demi kelangsungan tugas atau tanggung jawab anggota lainnya. Sebab dalam organisasi, setiap peran dan tanggung jawab akan saling terkait satu sama lain.

  • Lingkungan

Lingkungan atau environment ini akan sangat berpengaruh terhadap kinerja setiap anggota organisasi. Seperti bagaimana lingkungan sosialnya, budaya, anggaran, peraturan, dan juga kondisi ekonominya.

  • Sumber daya alam

Agar organisasi berjalan dengan baik dan lancar, sumber daya alam ini penting pula untuk diperhatikan. Seperti bagaimana kondisi iklim, tanah, cuaca, maupun airnya.

  • Peralatan

Kemudian peralatan, di mana peralatan seperti sarana dan prasarana menjadi penunjang yang amat penting dalam organisasi. Anggota organisasi dapat mengerjakan tugasnya masing-masing tentu saja karena adanya peralatan yang menunjangnya.

Jenis-jenis Organisasi

Ada berbagai macam jenis organisasi yang ada di masyarakat. Berikut ini adalah beberapa jenis organisasi yang sering terbentuk di masyarakat:

  • Organisasi sosial

Kegiatan kemanusiaan tidak akan ada habisnya, akan ada banyak orang yang membantu satu sama lain sampai bergabung dengan organisasi sosial yang ada demi membantu satu sama lain.

  • Organisasi olah raga

Organisasi ini bisa menyasar setiap kalangan, baik anak-anak, orang dewasa, ibu-ibu, sampai dengan lansia. Sebab olah raga menjadi bagian penting dalam kehidupan setiap manusia.

  • Organisasi pemuda

Dalam masyarakat, tentu saja ada banyak pemuda pemudinya. Maka dari itu, di setiap lingkungan rukun tangga, rukun warga, maupun di tingkat desa akan ada organisasi pemuda, yang mewadahi setiap muda mudi di suatu wilayah untuk berkumpul bersama dan melakukan kegiatan berarti di masyarakat.

  • Organisasi politik
  Pengertian Filsafat

Organisasi politik merupakan organisasi yang tentu saja bergerak di bidang politik. Tujuannya tentu saja tidak jauh-jauh dari kegiatan politik yang ada di daerahnya atau mungkin juga kegiatan politik yang berskala nasional.

  • Organisasi agama

Organisasi agama ini biasanya juga terdiri dari banyak kalangan. Mulai dari organisasi agama untuk anak-anak, remaja perempuan dan remaja laki-laki, sampai dengan perkumpulan ibu-ibu dan juga bapak-bapak. Organisasi ini juga memiliki fokus pada kegiatan keagamaan atau segala sesuatu yang berhubungan dengan agama.

Nah, itulah tadi beberapa hal mengenai organisasi, mulai dari pengertian organisasi , tujuan dari dibentuknya organisasi, ciri-cirinya, unsur-unsurnya, sampai dengan jenis-jenis organisasi.

Dengan pengetahuan pengertian organisasi di atas, maka Anda sebagai anggota organisasi atau sebagai orang yang hendak memasuki organisasi, bisa belajar sedikit banyak mengenai bagaimana sebuah organisasi harusnya bekerja dan untuk apa kegiatan organisasi tersebut dilaksanakan. Semoga dengan adanya artikel ini, Anda dapat lebih mudah memahami tentang seluk beluk sebuah organisasi.