Pengertian Negosiasi: Definisi, Tujuan dan Manfaat Negosiasi

Pengertian Negosiasi, Definisi, Tujuan dan Manfaat Negosiasi. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang negosiasi. Pada dasarnya kata dari negosiasi ini yaitu nego yang merupakan sebuah kata yang sering sekali kita dengar di dalam kehidupan sehari-hari akan tetapi mungkin saja ada beberapa orang yang tidak mengetahui betul apa itu arti dari negosiasi ini. Untuk itu, jika Anda ingin mengetahuinya dengan jelas mengenai pengertian negosiasi, definisi, tujuan dan manfaat negosiasi maka Anda bisa melihat penjelasannya seperti di bawah ini.

Pengertian Negosiasi

Negosiasi adalah sebuah bentuk interaksi sosial yang terjadi antara beberapa orang pihak yang tujuannya yaitu agar dapat mencapai kesepakatan bersama yang memang dianggap saling menguntungkan dari semua pihak yang bersangkutan atau yang bernegosiasi. Selain itu, orang yang melakukan kegiatan seperti ini disebut juga dengan sebuah sebutan yakni negosiator.

pengertian negosiasi

Pengertian Negosiasi Secara Etimilogi

Tak hanya itu saja, jika dilihat dari pengertian negosiasi secara etomologi, maka kata negosiasi berasal dari sebuah kata to negotiate, to be negotiating jika dalam bahasa inggris yang memiliki arti merundingkan. Namun, jika dikaitkan di dalam kehidupan sehari-sehari tentu sangat banyak sekali kita temukan, hanya saja Anda mungkin tidak sadar dengan masalah ini. Nah, sebagai contoh yang dapat Anda lihat yaitu ketika Anda sedang berada di pusat perbelanjaan atau di pasar untuk membeli sesuatu seperti ikan, sayur, pakaian dan lainnya. Jika Anda membeli sesuatu pasti Anda akan melakukan tawar-menawar bukan, sehingga Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Ada contoh yang lainnya yang dapat Anda lihat yakni meminta sesuatu kepada orang tua Anda seperti handphone. Namun, orang tua Anda tidak mau memberikannya tetapi sebagai gantinya orang tua Anda ingin membelikan sebuah sepeda dan tidak membeli handphone dengan alasan tertentu. Jadi, di dalam hal ini kita dapat melihat bahwa orang tua Anda sedang melakukan sebuah proses negosiasi kepada Anda. Oleh karena itu, Anda bisa melihatnya bukan bahwa negosiasi ini memang sering sekali Anda jumpai di kehidupan sehari-hari.

Pengertian Negosiasi Menurut Para Ahli

Diatas Anda pasti sudah melihat mengenai pengertian negosiasi secara umum. Nah, untuk dapat melengkapkan informasi mengenai pengertian negosiasi maka Anda juga bisa melihat ada beberapa pengertian negosiasi yang dikemukakan oleh para ahli. Apa saja itu, berikut dapat Anda lihat seperti berikut ini:

1. Hartman

Pengertian negosiasi pertama dikemukakan langsung oleh Hartman. Dimana negosiasi adalah sebuah proses komunikasi antara dua pihak dengan tujuan dan juga sudut pandang mereka sendiri sehingga bisa mencapai kesepakatan bersama yang dapat memuaskan kedua belah pihak demi masalah yang sama.

2. Casse

Berikutnya ada juga menurut Casse. Untuk pengertian negosiasi merupakan suatu proses dimana paling tidak ada dua pihak yang melakukan negosiasi dengan kebutuhan, persepsi dan juga motivasi yang berbeda-beda namun demi bersepakat mengenai suatu hal untuk mencapai kepentingan bersama.

3. Oliver

Oliver juga mengemukakan pendapatnya mengenai negosiasi. Dimana pengertian negosiasi merupakan sebuah transaksi mengenai dimana kedua belah pihak tersebut mempunyai hak atas hasil akhirnya.

4. Runtung Sitepu

Selanjutnya ada juga menurut Runtung Sitepu. Dimana negosiasi merupakan salah satu sebuah bentuk penyelesaian sengketa alternatif yang mana para pihaknya melakukan perundingan terlebih dahulu secara langsung (ada kalanya mereka juga didampingi oleh pengacaranya masing-masing) untuk dapat mencari penyelesaian mengenai sengketa yang memang sedang mereka hadapi yang menuju ke arah kesepakatan atas dasar solusi bersama.

Nah, itulah ada beberapa definisi negosiasi menurut para ahli yang dapat Anda lihat. Untuk berikutnya Anda juga bisa melihat pengertian negosiasi, definisi, tujuan dan manfaat negosiasi seperti dibawah ini.

Tujuan Negosiasi

tujuan negosiasi

Seperti yang Anda ketahui bahwa setiap adanya kegiatan ataupun aktivitas tentu akan memiliki tujuan yang memang ingin dicapai. Begitu juga dengan negosiasi ini, dimana negosiasi ini juga memiliki tujuan tersendiri jika Anda melakukan aktivitas dan kegiatan ini. Namun, apa saja tujuan dari negosiasi ini, Anda bisa melihatnya langsung seperti berikut:

1. Mencapai Kesepakatan Bersama

Hal pertama yang dapat Anda lihat mengenai tujuan negosiasi adalah dapat mencapai kesepakatan bersama. Dimana ini adalah tujuan utamanya, dimana kedua belah pihak yang melakukan negosiasi bisa menyelesaikan masalah demi kesepakatan yang telah dibuat dan memang dianggap dapat menguntungkan semua pihak.

2. Menemukan Solusi dan Menyelesaikan Suatu Masalah

Berikutnya yaitu agar dapat menemukan solusi dan juga menyelesaikan suatu masalah yang ada. Di dalam tujuan negosiasi tidak hanya mencapai kesepakatan bersama saja, akan tetapi disini Anda juga dapat melihat mengenai masalah yang sedang dihadapi pihak-pihak terkait. Oleh karena itu, dengan adanya negosiasi ini maka kedua pihak yang terkait bisa menyelesaikan masalah dan menemukan solusi yang baik untuk mencapai tujuan bersama serta saling menguntungkan.

3. Saling Menguntungkan Kedua Pihak

Inilah titik dimana negosiasi tersebut berhasil. Dimana kedua belah pihak yang terkait bisa mendapatkan solusi yang baik demi tujuan bersama dan bisa mencapai suatu kondisi yang benar-benar saling menguntungkan terhadap kedua pihak ataupun pihak-pihak yang terkait serta mendapatkan manfaatnya atau disebut juga dengan win-win solution.

Manfaat Negosiasi

manfaat negosiasi

Selain tujuan yang dapat Anda lihat seperti diatas, maka negosiasi ini juga memiliki manfaat yang dapat Anda temui. Ada beberapa manfaat yang dapat Anda lihat seperti berikut:

  1. Terciptanya sebuah jalinan kerjasama antara satu pihak dengan pihak yang lainnya demi mencapai sebuah kesepakatan dan tujuan bersama.
  2. Memiliki saling pengertian antara masing-masing pihak yang terkait khususnya dalam melakukan sebuah negosiasi terhadap kesepakatan yang berlangsung serta tentang dampak bagi semua pihak yang memang terkait dengan negosiasi tersebut.
  3. Negosiasi ini memiliki manfaat yang baik terhadap kedua pihak mengenai terciptanya sebuah kesepakatan bersama, dimana keduanya memang sama-sama saling menguntungkan untuk semua pihak yang terkait yang mengikuti proses bernegosiasi.
  4. Terciptanya suatu interaksi yang terbilang cukup positif yang terjadi di antara pihak-pihak yang terkait khususnya bagi yang melakukan negosiasi sehingga jalinan terhadap kerjasama tersebut bisa dapat menghasilkan dampak yang sangat baik dan lebih luas untuk banyak orang.

Jadi itulah jika Anda melihat mengenai manfaat dari negosiasi. Bagaimana sangat positif dan menguntungkan sekali bukan? Nah, selain itu jika berbicara masalah proses negosiasi tentu Anda juga harus mengetahuinya. Dimana untuk melakukan proses negosiasi ini dengan cara yang baik dan benar, maka Anda hal yang harus perhatikan dimana pihak yang ingin melakukan negosiasi harus bisa menyampaikan masalahnya dengan kalimat yang jelas, penuh santun dan juga terinci. Hal ini dilakukan agar semua pihak yang terkait dapat mengetahuinya dengan jelas masalah apa yang sedang dibicarakan dan juga masalah yang bagaimana yang harus diselesaikan sehingga bisa mendapatkan solusi dan jalan keluar yang baik demi kepentingan serta tujuan bersama.

Oleh karena itu, sebaiknya sebelum Anda melakukan sebuah proses negosiasi hal seperti ini memang sangat penting sekali untuk diketahui dan diperhatikan sehingga proses negosiasi ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan keinginan semua pihak yang terkait.

***

Nah, diatas ada beberapa informasi yang mungkin sangat berguna untuk Anda lihat mengenai pengertian negosiasi, definisi, tujuan dan manfaat negosiasi. Semoga bermanfaat!