Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen – Apa itu manajemen? Manajemen menjadi hal penting yang sering kali dibicarakan dalam sebuah organisasi atau kelompok. Tak hanya itu, Anda sebagai seorang pribadi pasti juga seringkali menerapkan manajemen untuk diri sendiri. Sebenarnya ada banyak jenis manajemen, maka tak heran jika berbagai hal mengenai manajemen akan disinggung di banyak lini kehidupan. Berikut ini akan dijelaskan lebih jauh mengenai pengertian manajemen, tujuan, fungsi, unsur, dan juga jenis-jenis manajemen.

Pengertian Manajemen

Pengertian manajemen secara epitemologis adalah seni dalam mengatur dan melaksanakan. Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno, yaitu management. Maka manajemen juga dapat diartikan sebagai upaya untuk merencanakan, mengoordinasikan, mengorganisasikan, dan mengontrol segala sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efisien dan efektif. Mengapa efektif dan efisien? Sebab dengan adanya manajemen, pencapaian tujuan akan dilaksanakan sesuai rencana, dan prosesnya akan dilaksanakan lebih baik dan terorganisir.

Adapun menurut George Robert Tenry, manajemen diartikan sebagai proses yang khas. Proses-proses yang terdiri dari tindakan, perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan juga pengawasan. Manajemen sangatlah dibutuhkan dalam sebuah organisasi yang memiliki tujuan. Dengan manajemen yang baik, maka organisasi tersebut juga akan berjalan dengan lebih teratur.

Sebenarnya manajemen memiliki arti yang sangat luas. Dalam berbagai bidang, manajemen menjadi sesuatu yang harus dilakukan, meski dalam penerapannya akan cukup berbeda satu dengan lainnya. Ada berbagai alasan yang membuat manajemen menjadi penting. T Hani Handoko mengungkapkan bahwa manajemen diperlukan supaya tujuan pribadi maupun kelompok dapat tercapai dengan lebih baik.

Lalu manajemen juga penting dilaksanakan untuk menjaga keseimbangan. Karena dalam sebuah kelompok yang memiliki banyak anggota, akan rawan terjadinya konflik kepentingan. Maka manajemen menjadi acuan bagi setiap anggota untuk tetap berjalan dan bekerja sama sesuai dengan koridornya. Selain itu, manajemen juga dibutuhkan supaya organisasi dapat mencapai tujuannya dengan lebih efektif dan efisien.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

pengertian manajemen menurut para ahli

Setelah melihat pengertian manajemen secara umum diatas, kamu juga bisa melihat pendapat para ahli tentang arti dari kegiatan manajemen berikut ini:

Koontz

Pengertian manajemen adalah suatu seni paling produktif yang pelaksanaannya didasarkan pada pemahaman mengenai ilmu yang mendasarinya.

Cyril O’donnel

Dalam bukunya yang berjudul Principles of Management, dijelaskan bahwa definisi manajemen adalah berhubungan dengan pencapaian sesuatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain.

Ordway Tead

Disadur oleh Drs. He. Rosyidi dalam buku “ORGANISASI DAN MANAGEMENT, dijelaskan bahwa pengertian manajemen adalah proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan.

Dr. Sp. Siagian

Dalam buku “FILSAFAT ADMINISTRASI, manajemen dapat di definisikan sebagai kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain.

The Liang Gie (1982)

Definisi manajemen adalah unsur yang merupakan rangkaian perbuatan menggerakkan karyawan-karyawan dan mengarahkan segenap fasilitas kerja agar tujuan organisasi yang bersangkutan benar-benar tercapai.

T. Hani Handoko (2000:10)

Manajemen adalah bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan.

Fredrik Winslow Taylor

Pengertian Manajemen sebagai seni mengetahui apa yang ingin kamu lakukan, kemudian melihat bagaimana sesuatu itu dilakukan dengan cara yang sebaik dan semurah mungkin.

Chaster Bernard

Manajemen adalah ilmu pengetahuan yang berisi ide-ide dengan lima fungsi utama, yaitu mendesain, mengatur, mengorganisir, mengendalikan, dan mengoordinasi.

Robbins and Coulter

Manajemen adalah proses pengkoordinasian dan pengintegrasian kegiatan-kegiatan kerja agar diselesaikan secara efektif dan efisien melalui orang lain

Mulayu S.P. Hasibuan (2000:2)

Pengertian Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai satu tujuan.

Kimball and Kimball (1951)

Manajemen terdiri dari semua tugas dan fungsi yang meliputi penyusunan sebuah perusahaan, pembiayaan, penetapan garis-garis besar kebijaksanaa,penyediaan semua peralatan yang diperlukan dan penyusunan kerangka organisasi serta pemilihan para pejabat terasnya.

Peterson dan Plowman

Pengertian manajemen adalah proses dimana cara tertentu digunakan untuk mencapai tujuan tertentu.

Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A

Manajemen adalah ilmu perilaku yang terdiri dari aspek sosial eksak bukan dari tanggungjawab keselamatan serta kesehatan kerja baik dari sisi perencanaannya.

Renville Siagian

Manajemen adalah salah satu bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan yang dikelola oleh tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.

Gibson, Donelly, and Ivancevich

Manajemen adalah proses yang dilakukan seorang atau beberapa orang untuk mengkoordinasikan aktifitas orang lain untuk mencapai hasil-hasil yang tidak dapat dicapai oleh orang itu sendiri.

Thomas H. Nelson

Manajemen adalah ilmu dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan dan orang-orang unutk menghasilkan barang/jasa yang bermanfaat dan menjualnya dengan menguntungkan.

William H. Newman

Arti manajemen adalah ilmu tentang perilaku yang meliputi beberapa aspek sosial dalam konteks perencanaan.

Drs. Oey Liang Lee

Manajemen adalah seni perencanaan dan ilmu, pengorganisasian, penyusunan, pengendalian, dan pengarahan yang didasari dari sumber daya perusahaan itu sendiri untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Theo Haimann dan William Scott

Pengertian manajemen adalah proses sosio-teknikal yang memanfaatkan sumber daya, pengaruh, tindakan manusia dan fasilitas perubahan untuk mencapai tujuan organisasi.

Luther Gulick

Pengertian manajemen adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang berupaya secara sistematis bertujuan untuk memahami bagaimana serta mengapa manusia bekerja sama dalam menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Manullang

Manajemen adalah seni dan ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, pengawasan terhadap sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

John D. Millet

Ia berpendapat dalam bukunya yang berjudul Managemen in the public service, bahwa pengertian manajemen adalah proses dalam memberikan arahan pekerjaan kepada orang-orang dalam suatu organisasi guna mencapai tujuan.

Eiji Ogawa

Manajemen adalah perencanaan, pengimplementasian, serta pengendalian dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh setiap perusahaan atau organisasi dengan menetapkan setiap sasaran yang disempurnakan sesuai dengan kondisi (fleksibel).

Ricky W. Griffin

Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

James A.F Stoner

Manajemen merupakan proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usahda dari anggota entitas/organisasi dan juga mempergunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Tujuan Manajemen

tujuan dan pengertian manajemen

Pengertian manajemen menyebutkan bahwa manajemen dibuat untuk mencapai tujuan secara lebih efektif dan efisien. Dan tentunya segala sesuatu yang Anda lakukan memang memiliki tujuan. Dan tujuan menjadi sangat subjektif ketika apa yang dilakukan berbeda-beda, termasuk manajemen. Tujuan setiap jenis manajemen pada dasarnya juga sama. Berikut ini adalah tujuan-tujuan dari diterapkannya manajemen:

  1. Untuk melaksanakan strategi yang telah didiskusikan dengan lebih efisien dan efektif
  2. Meningkatkan inovasi dan juga kreatifitas dalam setiap kegiatan
  3. Menyesuaikan berbagai macam strategi yang akan dilakukan dengan perubahan-perubahan yang ada di lingkungan
  4. Menjadi evaluasi bagi kinerja sebelumnya untuk kemudian dilakukan penyesuaian dengan pekerjaan yang akan dijalankan di masa kini
  5. Dapat digunakan untuk meninjau kembali peluang atau kesempatan, kelemahan, kekuatan, dan juga ancaman yang akan dihadapi
Pengertian Sistem Ekonomi

Fungsi Manajemen

Dalam sebuah organisasi, manajemen memiliki beberapa fungsi. Adapun fungsi-fungsi tersebut yakni:

Fungsi perencanaan (Planning)

Fungsi perencanaan dimaksudkan bahwa segala sesuatu harus dilakukan dengan perencanaan yang tepat. Setiap organisasi atau kelompok tentu memiliki sebuah tujuan, dan perencanaan dibuat demi tercapainya tujuan dengan lebih efisien dan efektif. Dan dalam setiap organisasi tentu terdiri dari berbagai macam struktur atau bidang. Dari berbagai bidang tersebut, mulailah disusun strateginya agar satu dengan lainnya memiliki keterlibatan yang menguntungkan.

Perencanaan dibuat untuk menetapkan rencana-rencana jangka panjang maupun pendek dari kegiatan yang dilangsungkan. Step-step atau langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan diperhitungkan di sini. sehingga tujuan yang hendak dicapai pun menjadi jelas dan langkah-langkah yang akan ditempuh menjadi lebih terarah.

Fungsi pengorganisasian (organization)

Fungsi dari pengertian manajemen selanjutnya adalah pengorganisasian, yakni proses atau kegiatan untuk mengoordinasikan masing-masing unsur mulai dari sumber dayanya, kewenangannya, hak, kewajiban, dan segala macam hal yang dibutuhkan oleh sebuah organisasi untuk mencapai tujuan. Pengorganisasian perlu dilakukan untuk membuat rencana kegiatan-kegiatan yang lebih kecil dari kegiatan-kegiatan besar yang hendak dilaksanakan.

Pengorganisasian juga ditujukan untuk menetapkan pembagian tugas masing-masing anggota, apa saja tugas yang harus dilaksanakan, siapa orang yang bertanggung jawab pada setiap tugas, kepada siapa mereka harus berhubungan, sampai bagaimana seharusnya tugas tersebut dijalankan. Dengan pembagian yang jelas, maka double job atau tugas yang tidak adil antar orang dapat dihindari.

Fungsi pelaksana (actuating)

Pelaksana yang dimaksud di sini dimaksudkan bahwa tanpa adanya manajemen, maka sebuah tujuan organisasi akan tercapai dengan baik. Pelaksanaan yang baik akan sangat berkaitan dengan pengorganisasian dan juga perencanaan yang baik. Ketiganya akan saling terkait untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.

Pengertian Perdagangan Internasional

Pelaksanaan di sini menjadi upaya yang dilakukan untuk membuat setiap anggota dapat bekerja sama satu sama lain. Dengan kerja sama yang baik, diikuti pembagian kerja atau tugas yang adil dan ditunjang dengan rencana serta tujuan yang jelas akan menjadikan organisasi tersebut lebih hidup dan lebih sehat dalam berjalan. Di sinilah para manajer perusahaan atau organisasi mengambil peran. Mereka harus mampu untuk membuat setiap orang merasa dilibatkan dalam setiap kegiatan dan tidak merasa bekerja sendiri. Sehingga pekerjaan bisa dijalankan dengan gembira.

Fungsi pengendalian (controling)

Terakhir adalah fungsi pengendalian. Di mana manajemen memiliki fungsi untuk mengendalikan setiap kegiatan. Segala sesuatu akan dilihat, diperhitungkan, dan dievaluasi. Setiap tugas dan juga kegiatan akan dikontrol sesuai dengan rencana yang telah disusun dan disesuaikan dengan kesepakatan pembagian tugas yang dilakukan sebelumnya. Dengan adanya pengendalian ini, maka dapat dilakukan pencegahan pula terhadap risiko-risiko yang akan terjadi.

Unsur Manajemen

unsur dan pengertian manajemen

Dalam melakukan kinerja, manajemen harus didukung oleh unsur-unsur yang saling melengkapi. Semua unsur-unsur dalam manajemen harus saling terlibat dan diperlakukan dengan setara, juga difungsikan sebagaimana mestinya. Adapun unsur-unsur dari manajemen yaitu:

Manusia

Salam sebuah perusahaan atau organisasi, manusia menjadi salah satu unsur manajemen yang paling vital. Manusia lah yang akan membuat rencana dan tujuan yang ingin dicapai.

Material

Setelah manusia, material menjadi fungsi yang menunjukkan seberapa berkualitas bisnis atau organisasi yang sedang dijalankan. Material yang baik tentu akan mendukung manajemen yang baik pula.

Uang

Seperti pengertian manajemen yang telah disebutkan, setiap manajemen memiliki tujuan tertentu. Dan dalam mencapai tujuan tersebut, uang menjadi kebutuhan yang amat penting. uang menjadi perantara dalam mengantarkan organisasi kepada tujuan. Sebab dengan uanglah biaya operasional perusahaan atau organisasi dapat berjalan.

Pengertian Ekonomi Maritim

Metode

Dalam sebuah manajemen, metode menjadi salah satu unsur yang berpengaruh terhadap kinerja dari setiap orang. Dengan metode yang tepat, seperti target yang jelas, fasilitas yang memadai, uang, dan segala kegiatan lainnya akan dapat berjalan sesuai dengan rencana. Metode menjadi sesuatu yang wajib dibuat, karena metodelah yang akan menggerakkan setiap manusia, dan memfungsikan berbagai unsur lain untuk tujuan perusahaan atau organisasi.

Mesin

Mesin jadi salah satu unsur yang tak kalah penting diperhatikan. Mesin menjadi alat produksi atau penunjang kegiatan yang akan dilaksanakan oleh setiap orang. Mesin akan membantu mempercepat berbagai macam proses kegiatan, sehingga adanya mesin dalam perusahaan juga menjadi sesuatu yang patut untuk dipertimbangkan.

Pasar

Pasar juga menjadi unsur yang sagat penting. tanpa pasar, maka perusahaan atau organisasi tersebut tidak akan tahu bagaimana cara mereka untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Jenis-jenis Manajemen

jenis dan pengertian manajemen

Seperti yang telah dijelaskan pada pengertian manajemen di atas, bahwa manajemen juga memiliki berbagai macam jenis. Setiap kegiatan tentu akan memiliki manajemennya masing-masing. Manajemen digunakan demi sesuatu yang lebih baik lagi, lebih efektif, efisien, sehingga tidak membuang-buang waktu dan bisa lebih bermanfaat untuk kehidupan mendatang. Berikut ini adalah jenis-jenis manajemen yang perlu diketahui:

Manajemen pemasaran

Manajemen jenis ini biasanya digunakan untuk mengembangkan produk, prodmosi, penetapan harga, dan strategi industri. Dengan melakukan manajemen pemasaran, seseorang berarti harus mengacu pula pada layanan yang akan diberikan kepada pelanggan, sebab pemasaran ditujukan supaya orang-orang mau membeli suatu produk di pasaran.

Manajemen sumber daya manusia

Manajemen SDM biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan untuk membuat seluruh pegawainya menjadi pegawai yang memiliki SDM mumpuni da berkualitas. Hal ini juga digunakan untuk menangani berbagai masalah yang terjadi antar lingkup pekerja, seperti karyawan, buruh, manajer, maupun tenaga kerja lainnya.

Pengertian Pajak

Manajemen waktu

Manajemen waktu biasanya dilakukan oleh berbagai orang yang memiliki target tertentu. Seperti misal seorang dosen yang memiliki banyak kegiatan, atau pengusaha yang harus melakukan berbagai hal baik di luar negeri maupun di dalam negeri. Manajemen waktu dibuat untuk merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, dan mengawasi setiap waktu yang produktif dan berharga.

Manajemen keuangan

Manajemen keuangan menjadi salah satu manajemen yang sangat penting. Sebab jika sebuah perusahaan atau badan usaha tidak memiliki manajemen keuangan yang bagus, maka akan ada kemungkinan perusahaan tersebut tidak akan tahan lama. Sebab jika keuangan tidak diperlakukan dengan baik dan terstruktur, maka keuangan perusahaan juga akan menjadi sulit. Maka manajemen menjadi penting untuk mengatur setiap kegiatan yang mengeluarkan pendanaan. Manajemen keuangan meliputi kegiatan pengelolaan, pemeriksaan, penyimpanan, pencairan, pencarian, dan juga pengendalian dana keuangan.

Manajemen produksi

Untuk manajemen produksi sendiri biasanya dilakukan oleh produsen-produsen yang memiliki tempat pengolahan produksi, seperti baju, makanan, atau lainnya. Peran manajemen dalam bidang produksi adalah untuk menunjang kegiatan produksi agar menjadi lebih tertata dan berjalan lancar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Manajemen pendidikan

Apa itu pengertian manajemen pendidikan? Jadi, manajemen pendidikan dimaksudkan untuk menjadi sebuah proses dalam memanfaatkan orang-orang yang ada di lingkungan pendidikan. Sehingga semua orang yang terlibat di sana akan dapat saling bekerja sama dengan baik. Dengan begitu, kegiatan yang akan dilangsungkan dan tujuan yang telah diharapkan pun akan tercapai dengan baik.

Selain jenis-jenis manajemen di atas, sebenarnya masih banyak lagi manajemen lainya, seperti manajemen hubungan masyarakat atau humas, manajemen risiko, manajemen stres, manajemen konstruksi, manajemen agribisnis, dan manajemen-manajemen dalam bidang lainnya.

Pengertian Ekonomi Makro

***

Nah, itulah tadi berbagai hal mengenai pengertian manajemen, unsur-unsurnya, fungsi, tujuan, dan juga jenis-jenisnya. Manajemen ternyata sangat penting untuk dilaksanakan dalam setiap bidang yang melibatkan banyak orang. Sebab dengan manajemen yang baik, pengorganisasian antar unsur akan dapat terlaksana dengan lebih efektif dan efisien. Setiap orang dalam organisasi menjadi setara dan dapat bekerja sama, dan berbagai sumber daya lainnya dapat difungsikan sebagaimana mestinya.