Pengertian Lingkungan

Pengertian Lingkungan – Lingkungan merupakan tempat manusia, hewan dan tumbuhan tinggal dan berkembang biak. Tanpa lingkungan, ekosistem dan perubahan cuaca tidak bisa berjalan dengan baik. Berbagai unsur membentuk lingkungan, membuatnya menjadi sebuah tempat yang kompleks. Berikut merupakan pengertian lingkungan, serta penjelasan mengenai jenis, fungsi unsur dan manfaat lingkungan untuk makhluk hidup.

Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

Para ahli dan cendekiawan menerangkan makna dari lingkungan sebagai berikut:

1. Bintaro

Ia menerangkan lingkungan sebagai segala hal yang ada di sekitar makhluk hidup, baik merupakan benda mati ataupun hidup, serta terpengaruh dan memberikan pengaruh terhadap aktivitas manusia.

2. Emil Salim

Emil menjelaskan bahwa lingkungan merupakan semua benda, kondisi serta keadaanya, yang mana memberikan pengaruh pada tempat dimana manusia tinggal. Begitu pula sebaliknya, lingkungan juga mempengaruhi berbagai aspek kehidupan makhluk hidup, seperti manusia, hewan maupun tumbuhan.

3. Soemarwoto

Berbeda dengan dua ahli yang lainnya, Soemarwoto mendeskripsikan pengertian lingkungan adalah sebagai perwujudan benda serta kondisi dimana manusia serta makhluk hidup lainnya tinggal. Berbagai benda tersebut juga mempengaruhi kehidupan mereka.

4. Sri Harjanti

Menurut Sri Harjanti, lingkungan berarti kesatuan ruang antara makhluk hidup dengan benda-benda di sekitarnya. Di dalamnya termasuk juga manusia, serta perilakunya guna melangsungkan kehidupan serta perbuatan untuk kesejahteraan makhluk hidup lainnya.

5. Jonny Purba

Jonny menerangkan bahwa lingkungan merupakan tempat atau wilayah berlangsungnya beragam interaksi, antara berbagai kelompok. Berikut dengan pranata sosial, simbol, dan nilai yang mereka anut.

Pengertian Ekonomi Makro

6. Munadjat Danusaputro

Ia menjelaskan bahwa sebenarnya lingkungan merupakan seluruh benda ataupun sumber daya, di dalamnya termasuk pula manusia dan segala perbuatannya. Ia kemudian mempengaruhi keadaan di sekelilingnya untuk memenuhi kelangsungan hidup.

Itulah beberapa pengertian lingkungan menurut para ahli. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa lingkungan adalah tempat dimana seluruh komponen makhluk hidup melakukan aktifitasnya dan memberikan pengaruh antara satu sama lain. Komponennya beragam, mulai dari komponen kimia, biologi, sosial, budaya dan masih banyak lagi.

Jenis-Jenis Lingkungan

jenis dan pengertian lingkungan
pengertian lingkungan

Lingkungan terbagi dalam beberapa jenis. Perbedaan tersebut di dasarkan pada komponen yang terdapat di dalamnya. Lingkungan kemudian dibagi menjadi dua, yakni lingkungan biotik serta lingkungan abiotik.

Pertama adalah lingkungan biotik. Pengertian dari lingkungan biotik adalah tempat hidup makhluk organik atau makhluk hidup. Komponennya berupa seluruh penghuni bumi, mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, mikroorganisme, virus, bakteri maupun dekomposer. Terdapat tiga klasifikasi dalam lingkungan biotik, yakni; produsen sebagai sumber bahan makanan utama untuk makhluk lainnya; konsumen sebagai pemakan, diisi oleh manusia dan hewan; serta pengurai, yakni para mikroorganisme yang menghancurkan dan memakan makhluk yang telah mati.

Kedua, adalah lingkungan abiotik. Berbeda dengan lingkungan biotik yang berisi makhluk hidup organik, lingkungan abiotik tersusun dari berbagai komponen benda yang tidak bernyawa. Lingkungan ini merupakan suatu kondisi dimana adanya benda di sekeliling makhluk hidup, misalnya berupa bantuan, mineral, tanah, maupun unsur alam lainnya. Lingkungan abiotik sering juga disebut sebagi lingkungan anorganik.

Namun, pembagian lingkungan akan berbeda dari kamus ekologi manusia. Terdapat tiga unsur yang dikelompokkan berdasarkan hubungan timbal balik dan interaksi antar manusia, yaitu:

a. Lingkungan alam, dimana pengertiannya adalah kondisi alamiah suatu tempat atau wilayah, meliputi iklim, cuaca, fisiografi, keadaan geologi dan lainnya.
b. Lingkungan sosial, pengertian lingkungan sosial berarti segala aktivitas manusia dan karakter yang mereka lakukan, baik sebagai seorang makhluk individu ataupun sosial.
c. Lingkungan budaya, lingkungan ini merupakan tempat hasil kreasi manusia, berupa karya seni, sistem kepercayaan maupun bangunan serta tatanan sosial.

Pengertian Pajak

Fungsi Lingkungan untuk Makhluk Hidup

fungsi dan pengertian lingkungan
pengertian lingkungan

Lingkungan memiliki berbagai fungsi yang berperan penting dalam kehidupan makhluk hidup. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mencari Makan

Pada lingkungan terdapat produsen yang akan menyediakan sumber makanan bagi konsumen, dalam hal ini, merupakan manusia serta hewan. Produsen hanya ditempati oleh tumbuhan, sebab ia bisa membuat makanan sendiri dengan bantuan fotosinesis. Sedangkan manusia dan hewan memakan tumbuhan untuk mendapatkan energi guna bertahan hidup.

2. Tempat Beraktivitas

Lingkungan juga berguna untuk melakukan berbagai aktifitas, dan untuk semua makhluk hidup yang menghuninya, tidak hanya manusia saja. Sebagai makhluk sosial, manusia menggunakan lingkungan untuk berinteraksi satu sama lain, mengembangkan budaya dan memenuhi kebutuhan hidup.

Hewan dan tumbuhan juga melakukan berbagai aktifitas disini, mulai dari pencarian makanan, berburu, berkembang biak, bermain dan lain sebagainya. Tanpa lingkungan, makhluk hidup tidak bisa melakukan aktifitas, sebab tidak ada ruang untuk melakukannya.

3. Tempat Tinggal

Dalam pengertian lingkungan yang diterangkan sebelumnya, lingkungan juga berfungsi sebagai tempat tinggal untuk berbagi makhluk yang menghuni bumi. Ia bisa sebuah tempat yang ideal dan kondusif guna melakukan interaksi, istirahat dan melindugi diri dari perubahan cuaca.

Unsur-Unsur Lingkungan

unsur dan pengertian lingkungan
pengertian lingkungan

Terdapat berbagai unsur yang membentuk lingkungan. Jika sebelumnya dibedakan jenis lingkungan berdasarkan isinya, yakni biotik dan abiotik, maka unsur lingkungan pun dibagi dengan konsep serupa. Ditambah dengan unsur ekologi dari lingkungan budaya.

a. Unsur Lingkungan Biotik

Lingkungan biotik, karena merupakan lingkungan yang berisi makhluk bernyawa, maka unsurnya merupakan berbagi makhluk hidup yang tinggal di bumi. Sehingga, jika diperinci, unsur dari lingkungan biotik adalah manusia, hewan, mikroorganisme, dan tumbuhan.

Pengertian Berita

b. Unsur Lingkungan Abiotik

Lingkungan abiotik berisi benda mati yang berperan penting dalam kehidupan makhluk hidup. Terdapat empat unsur utama yang terdapat dalam lingkungan ini, yakni matahari sebagai pembantu produsen untuk membuat makanan, cahaya matahari juga bermanfaat untuk manusia dan alam, misalnya untuk tenaga surya, menjemur, perubahan siang dan malam serta berperan dalam pergantian musim dan iklim.

Unsur selanjutnya adalah air, yang merupakan unsur penting untuk kehidupan makhluk hidup. Jika air hadir dalam keadaan berlebih atau terlalu sedikit akan merugikan. Kemudian tanah, yang menjadi tempat tinggal dan berpijak makhluk hidup serta benda tak bernyawa lain, dan terakhir adalah udara, sebagai ruang gerak hewan bersayap, penyedia oksigen serta tempat beragam gas.

c. Unsur Lingkungan Budaya

Dalam pengertian lingkungan budaya, ia merupakan tempat beraktivitas dan interaksi antar sesama manusia, sehingga unsur lingkungan yang ada di dalamnya berupa nilai, gagasan, norma, keyakinan dan berbagai peraturan yang mengikat kehidupan manusia.

Manfaat Lingkungan bagi Manusia dan Lainnya

manfaat dan pengertian lingkungan
pengertian lingkungan

Lingkungan bermanfaat untuk manusia, begitu juga dengan makhluk lain, seperti hewan dan tumbuhan. Apabila kualitasnya baik, tentu ia akan mendukung berbagai aktifitas dan kegiatan unsur di dalamnya. Terdapat beberapa manfaat dengan adanya lingkung ini, diantaranya adalah:

a. Menyediakan berbagai sumber makanan dan mineral lainnya, baik vitamin, protein dan serat dan lainnya. selain makanan, ia menyediakan beragam wisata, baik alam maupun buatan untuk dinikmati oleh manusia. Begitu pula dengan obat-obatan, sarana pendidikan dan pengembangan diri, serta aktifitas fisik, untuk manusia, serta makhluk lainnya.

b. Memberikan manfaat berupa kemudahan dan bantuan dalam kehidupan manusia. Misalkan saja, hewan membantu manusia untuk melakukan berbagai kegiatan kerja, tumbuhan yang menjadi simbolitas berbagai acara dan kegiatan serta adanya unsur abiotik yang turut berperan penting dalam kehidupan serta aktifitas manusia, seperti adanya angin kencang dan cahaya matahari untuk bahan bakar terbaharui, berbagai hasil olahan dari dalam bumi seperti minyak bumi, emas, batu bara dan yang lainnya, dimana ia berguna untuk melangsungkan kegiatan manusia dengan lebih maksimal.

Pengertian Poster

c. Sebagai media ekosistem serta pelestarian flora maupun fauna. Hewan dan tumbuhan sebaiknya dijaga kelangsungan hidupnya agar lingkungan tetap berjalan dengan stabil. Apabila rantai makanan dalam ekosistem dan lingkungan terganggu, maka akan terjadi peningkatan maupun pengurangan jumlah bagian tertentu, yang menyebabkan lingkungan ikut terganggu, begitu pula berakibat buruk bagi manusia.

d. Berdasarkan pengertian lingkungan dari lingkungan biotik, manusia bisa mengambil manfaat dari berbagai mineral serta zat-zat yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Seperti, zat besi pada bayam, vitamin pada buah-buahan dan protein hewani pada susu dan telur.

e. Menambah penghasilan bagi manusia. Misalnya saja dengan memanfaatkan buah-buahan untuk di budidaya kemudian dijual, begitu pula dengan hewan serta berbagai biota lainnya, baik makhluk hidup ataupun benda mati, agar bisa dimanfaatkan dan bernilai ekonomis tinggi.

Kesimpulan

Demikianlah uraian mengenai lingkungan, baik dari segi pengertian, macam dan jenis pembagiannya, unsur, fungsi dan manfaatnya untuk manusia. Sebagai makhluk yang berakal, harusnya manusia mampu menjaga lingkungan agar tetap baik, tidak tercemar dan dapat dimanfaatkan secara maksimal, tanpa perlu merusak ekosistem dan susunan unsur lingkungan.

Sebab sekarang ini banyak lingkungan yang tercemar karena ulah manusia. Banyak pihak yang tidak bertanggung jawab dan melakukan pengerusakan pada lingkungan. Padahal, alam, lingkungan serta ekosistem saling bersinergi satu sama lain, agar potensinya bisa dimanfaatkan dengan lebih optimal. Apabila terjadi kerusakan di salah satu unsur, maka akan mempengaruhi kelangsungan kerja unsur lain, menyebabkan ketidak seimbangan.

Terdapat beberapa langkah yang bisa Anda dan sesama lakukan untuk tetap menjaga dan melestarikan lingkungan, baik biotik maupun abiotik. Usaha dan langkah tersebut cukup mudah dilakukan, dan ada baiknya diajarkan kepada generasi muda, agar gerakan pelestarian alam tetap terjaga.

Pengertian Ekonomi Mikro

a. Melakukan pengolahan tanah dengan baik, tidak mencemari tanah dan membuang sampah sembarangan. Lakukan pengolahan sesuai jenis dan tempatnya, tidak menggunakan bahan kimia yang merusak humus pada tanah dan menerapkan pergantian penanaman, agar tanah tetap subur, tanpa merusak dan menghabiskan unsur hara di dalam tanah.

b. Lakukan pengolahan khusus pada limbah, sehingga ketika ia sampai di alam, ia tidak mencemari lingkungan. Pengolahan limbang yang baik sebelum dibuang ke alam, akan membuat limbah tersebut tidak memberikan efek negatif, baik pada tanah, air maupun lingkungan sekitarnya.

c. Menggunakan bahan hasil produksi yang ramah lingkungan, akan lebih baik apabila Anda menggunakan produk hasil daur ulang, sebab akan mengurangi limbah dan sampah di alam. Ini juga sebagai bentuk kepedulian pada lingkungan, agar kuantitas jumlah sampah bisa berkurang tiap tahunnya.

***

Kini Anda telah mengetahui bagaimana pengertian lingkungan berikut cara memperlakukannya dengan baik. Lingkungan yang baik akan memberikan pengaruh positif pada penghuninya, baik ia manusia, maupun hewan, mikroorganisme maupun tumbuhan. Jangan ragu untuk menggalakkan berbagai gerakan peduli lingkungan. Sebab, jika tidak sekarang memulainya, maka kerusakan lingkungan akan lebih parah.