Pengertian Kapitalisme: Ciri-ciri, Bentuk, Kelebihan dan Kekurangan Kapitalisme

Pengertian Kapitalisme: Ciri-ciri, Bentuk, Kelebihan dan Kekurangan Kapitalisme. Sistem ekonomi yang ada di dunia ini memang beraneka ragam. Hal ini disebabkan karena perbedaan pandangan dan idealisme yang berkembang sesuai dengan masa dan tempat dimana sebuah sistem itu diterapkan. Kendati demikian ada salah satu sistem ekonomi yang cukup terkenal yakni Kapitalisme.

Kapitalisme sendiri merupakan sebuah sistem ekonomi yang akan memberikan kebebasan untuk semua orang dalam melakukan semua kegiatan ekonomi mulai dari produksi barang hingga penyaluran barang.  Untuk itulah anda bisa menyimak ulasan mengenai pengertian kapitalisme, ciri-ciri, bentuk, kelebihan dan kekurangan kapitalisme.

Pengertian Kapitalisme

Pengertian Kapitalisme Secara Etimologi

Secara etimologi atau asal katanya, Istilah Kapitalisme berasal dari dua kata, yakni capital yang artinya modal dan isme yang berarti paham atau cara pandang. Sekarang jelas sudah, mengapa capital sering diterjemahkan sebagai modal. Sementara itu, isme mengacu kepada “paham”, “ideologi” atau cara pandang atau cara hidup yang diterima oleh sekelompok luas masyarakat dan karenanya menjadi konvensi, karena dapat saja ditolak oleh kelompok masyarakat yang lainnya. Sehingga secara etimologi, pengertian kapitalisme adalah modal-isme atau paham yang berdasarkan modal atau pemilik modal. Jika dibawa kedalam sistem ekonomi, kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi yang menitikberatkan pada kepemilikan modal.

pengertian kapitalisme

Pengertian Kapitalisme Menurut Para Ahli

Sesuai pengertian diatas, sebenarnya bisa disimpulkan apabila kapitalisme ini akan memberikan kesempatan bagi seseorang untuk menentukan sendiri nasib demi menjaga keberlangsungan semua kegiatan ekonomi dengan kekuatan modal yang ada. Selain itu kita juga bisa menelusuri beberap pengertian kapitalisme secara subjektif dari para ahli dan tokoh dalam sejarah dunia. Adapun beberapa pengertian dari kapitalisme menurut para ahli yaitu:

1. Adam smith

Adam Smith berpendapat jika kapitalisme merupakan sebuah sistem yang bisa memicu adanya kesejahteraan terhadap masyarakat jika pemerintah tidak melakukan intervensi dalam mekanisme ataupun kebijakan pasar.

2. Kalr Marx

Lain halnya dengan pendapat yang dikemukakan oleh Kalr Marx dimana beliau memberitahukan jika kapitalisme adalah sebuah sistem yang mana harga barang dan kebijakan pasar tersebut akan sangat bergantung terhadap pemilik modal guna memperoleh keuntungan yang besar.

3. Max Weber

Berdasarkan pendapat yang dikemukakan oleh Max Weber, mengatakan jika kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi yang bertujuan agar pasar bisa menghasilkan keuntungan dengan adanya kegiatan pertukaran pasar.

4. Ir Soekarno

Ir Soekarno berpendapat apabila kapitalisme merupakan sebuah sistem sosial masyarakat yang bisa muncul dari cara produksi yang terpisah antara kaum buruh dengan alat-alat produksi yang digunakan.

5. J.M Romein

Adapun enurut J.M Romein, pengertian kapitalisme merupakan suatu sistem ekonomi yang bertujuan untuk mengadakan kegiatan produksi dengan dasar menghasilkan laba.

6. Tom G. Palmer

Menurut Tom G. Palmer, arti dari kapitalisme adalah sebuah sistem hukum, sosial, ekonomi, dan budaya yang mendorong kesetaraan hak, meritokrasi, desentralisasi inovasi, dan proses pembelajaran (trial and error) melalui proses kesukarelaan dalam mekanisme pasar.

7.Bottomore

Bottomore mengemukakan bahwa, kapitalisme ialah sebuah istilah yang mengacu kepada sebuah cara produksi dimana terdapat modal (kapital) dan juga bermacam bentuknya yang merupakan suatu alat utama dalam produksi.

8. Ebenstein William

Pengertian kapitalisme berdasarkan pendapat Ebenstein William adalah suatu sistem sosial yang menyeluruh lebih dari sekedar tipe tertentu dalam perekonomian.

Ciri-Ciri Kapitalisme

ciri ciri kapitalisme

Kapitalisme sendiri merupakan sistem ekonomi yang telah ada sejak abad ke 18 dan hingga saat ini kapitalisme juga masih ada. Sistem ekonomi seperti ini ternyata mampu memberikan banyak keuntungan bagi para pelaku perekonomian tetapi sayangnya dengan adanya sistem perekonomian seperti ini ternyata dapat membuat adanya jurang kesenjangan sosial semakin terlihat drastis.

Keuntungan dengan adanya  sistem ekonomi seperti ini biasanya akan dirasakan oleh para elit saja sedangkan dari golongan bawah, mungkin tidak merasakan sama sekali. Adapun beberapa ciri-ciri dari sistem ekonomi yang satu ini diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Adanya pengakuan yang luas terhadap hak-hak pribadi yang dimiliki sehingga hal inilah yang bisa memberikan keuntungan banyak untuk pemilik modal yang besar.
  2. Para individu yang memiliki alat-alat produksi, tentu berbanding terbalik dengan adanya ideology komunisme.
  3. Campur tangan pemerintah meminimalisir sedemikian rupa sehingga diharapkan dengan cara inilah maka perekonomian akan bekerja dengan efisien. Mereka juga tidak berhak untuk campur tangan didalamnya.
  4. Pasar sendiri memiliki fungsi untuk memberikan sinyal pada semua produsen atau konsumen terutama dalam menentukan harga-harga.
  5. Seorang individu juga bebas dalam menentukan jenis pekerjaan seperti apakah yang cocok untuk mereka tanpa perlu adanya campur tangan oleh pemerintah.
  6. Manusia sendiri akan dipandang sebagai mahluk homo economicus yang mana merupakan seseorang yang hanya berkeinginan untuk mengejar keuntungan semata. Inilah sebabnya manusia cenderung memiliki sifat hedon lantaran terpengaruh dengan iklan sebuah produk.

Bentuk-Bentuk kapitalisme

jenis jenis kapitalisme

Setelah anda mengetahui pengertian dan ciri-ciri dari sistem ekonomi kapitalisme ini, maka anda juga perlu memahami bagaimana bentuk atau jenis dari kapitalisme ini. Seperti ulasan di bawah ini.

1. Kapitalisme Pasar Bebas

SIstem Kapitalisme Pasar Bebas (Free Market Capitalism) adalah pasar ideal, di mana seluruh keputusan ekonomi dan aksi oleh individu yang berhubungan dengan uang, barang, dan jasa adalah secara sukarela. Pasar bebas juga diadvokasikan oleh para tokoh pengembang sistem ekonomi liberalisme.

2. Kapitalisme Kroni

Ini merupakan sebuah bentuk kapitalisme yang negatif dimana kapitalisme ini mengacu pada situasi dimana tingkat keberhasilan bisnis akan sangat dipengaruhi oleh strategis dari para karyawan, politisi, negeri dan lainnya yang memiliki kuasa tinggi.

3. Kapitalisme Demokratik

Untuk jenis kapitalisme yang satu ini dijelaskan oleh seorang penulis dalam buku Kapitalisme dan Perdagangan yakni Dr Edward Younkins dimana ia berpendapat jika jenis kapitalisme yang satu ini memiliki 3 prinsip. Prinsip-prinsip tersebut diantaranya adalah ekonomi akan didasarkan oleh pasar yang bebas dan insentif ekonomi, budaya moral liberal dan klasik liberal akan mendorong adanya pluralitas dan sistem pemerintahan yang demokratis.

Sistem kapitalisme yang satu ini juga diasumsikan sebagai bentuk dari pluralism dimana pendapat individu dan kepentingan berbeda sangat diakui sehingga memberikan kebebasan bagi seseorang untuk melakukan seringat.

4. Kapitalisme Keuangan

Ada lagi bentuk kapitalisme yang cukup terkenal yakni kapitalisme keuangan. Jenis kapitalisme yang satu ini biasanya ditandai dengan adanya individu yang mengejar keuntungan atas pembelian ataupun penjualan produk keuangan seperti saham, obligasi, mata uang dan lainnya. Meminjamkan uang dengan menerapkan adanya suku bunga, ternyata juga masuk ke dalam bentuk kapitalisme.

4. Kapitalisme Laissez-Faire

Merupakan cabang dari kapitalisme yang mana sistem perekonomiannya ada di bawah ketiadaan aturan dan regulasi secara penuh. Disinilah, pemerintah bebas untuk tidak melakukan pengawasan terhadap semua kegiatan ekonomi rakyatnya

5. Mercantilisme

Bentuk awal dari kapitalisme yang sudah ada sejak abad akhir ke 16. Dimana premis dari sistem kapitalisme yang satu ini adalah semua kekayaan sebuah bangsa akan mengalami peningkatan dengan adanya keseimbangan perdagangan dimana dikelola dengan baik oleh negara-negara lain.

Kelebihan Dan Kekurangan Kapitalisme

kelebihan dan kekurangan kapitalisme

Kelebihan Kapitalisme

Walaupun sistem ekonomi yang satu ini dianggap  sangat menguntungkan tetapi juga terdapat beberapa kekurangan didalamnya. Sebelum membahas kekurangannya, ada baiknya untuk menyimak kelebihan dari sistem ekonomi kapitalisme ini.

  1. Mampu mendorong adanya pertumbuhan ekonomi dengan baik karena mendukung dan memberikan fasilitas kompetisi terbuka di suatu pasar sehingga pasar akan lebih banyak dikuasai oleh swasta.
  2. Mampu menyediakan individu kesempatan yang lebih bagus dengan cara adanya peningkatan pendapatan guna untuk meningkatkan laju  pertumbuhan perekonomian agar lebih bagus.
  3. Mampu menghasilkan sistem ekonomi yang sudah terdesentralisasi dengan baik sehingga para individu akan memiliki kesempatan yang banyak untuk memiliki bisnis sesuai dengan keinginan mereka.
  4. Sistem ekonomi kapitalisme ini juga sangat menghargai adanya kerja keras yang dimiliki oleh seseorang. Adanya kerja keras inilah mampu menentukan keberhasilan tingkat perekonomian suatu negara. Pemerintah juga tidak bisa menentukan kebijakan karena sepenuhnya berada di tangan swasta.
  5. Konsumen dapat bertindak sebagai seorang pihak yang dapat mengatur pasar agar lebih kompetitif.
  6. Setiap individu juga akan diberikan kebebasan dalam mengatur financial mereka tanpa adanya campur tangan pemerintah,

Kekurangan Kapitalisme

  1. Menghadirkan persaingan yang cukup ketat dan sengit karena setiap individu berusaha untuk memperoleh perhatian lebih banyak dari calon konsumen sehingga mengakibatkan adanya persaingan yang tidak bagus.
  2. Keuntungan atau profit merupakan tujuan utama dari sistem perekonomian yang satu ini. Tetapi sistem ekonomi yang satu ini lebih memiliki orientasi yang jelas dibandingkan dengan sistem lainnya.
  3. Seseorang harus mengeluarkan modal yang besar agar keuntungan yang diperoleh juga semakin besar. Inilah mengapa keuntungan ini hanya bisa dirasakan oleh kalangan elit saja.
  4. Adanya eksploitasi terhadap sumber daya alam yang berlebihan. Hal ini tidak lain karena mereka akan mengincar keuntungan semata.
  5. Menyebabkan adanya distribusi yang tidak merata karena pemerintah tidak ikut campur.
  6. Bahkan yang lebih parah dapat menimbulkan terjadinya eksploitasi sumber daya manusia dan adanya kesenjangan sosial yang semakin terlihat

***

Demikian informasi mengenai pengertian kapitalisme, ciri-ciri, bentuk, kelebihan dan kekurangan kapitalisme yang bisa anda jadikan pengetahuan agar lebih mengenal sistem ekonomi yang satu ini. Semoga informasi singkat ini bisa memberikan informasi dan pengetahuan untuk anda. Terimakasih!