Pengertian Integritas; Ciri-Ciri, Manfaat Dan Contoh Integritas

Pengertian Integritas, Ciri-Ciri, Manfaat, Fungsi dan Contohnya. Tahukah kalian pengertian integritas? Integritas berkaitan erat dengan kepribadian dan karakter seseorang. Tanpa hal ini, seseorang akan sulit untuk maju. Integritas menyangkut pikiran dan mental manusia. Individu dengan karakter ini sangat diperlukan dalam masyarakat karena kemampuannya dapat menciptakan kehidupan yang layak dan maju. Pada dasarnya, dia kompetitif dan dapat menyesuaikan diri dalam menjalani kehidupan. Untuk memahami istilah integritas, berikut dijabarkan pengertian, ciri-ciri, manfaat, maupun contohnya.

Apa itu integritas?

Integritas ialah prinsip hidup seseorang yang menyangkut konsistensi, kejujuran, serta nilai-nilai moral. Integritas berpengaruh besar terhadap kualitas hidup seseorang. Orang yang memiliki integritas biasanya terlihat dari watak atau karakter dan kepribadiannya. Orang dengan sifat ini adalah orang yang dapat bekerja dengan baik dan dapat dipercaya dalam suatu organisasi.

Pengertian Integritas Secara Etimologi

Integritas berasal dari kata integer (Bahasa Latin) yang berarti:

  • Sifat, mutu atau kondisi yang menunjukkan kemampuan dan potensi individu serta memancarkan kejujuran dan kewibawaan.
  • Keteguhan dalam mempertahankan prinsip dan landasan hidup yang melekat pada individu.

Untuk benar-benar memahami pengertian integritas memang diperlukan penjelasan lebih dalam. Maka diperlukan pendapat para ahli.

Pengertian Integritas Menurut Para Ahli

pengertian integritas

1. Henry Cloud

Henry Cloud berpendapat bahwa integritas adalah sesuatu yang berhubungan dengan kefektifan dan keutuhan seorang individu dalam menjalankan fungsi dan perannya sebagai anggota masyarakat.

2. Andreas Harefa

Menurut Andreas, integritas mempunyai arti kunci kehidupan seperti kejujuan, komitmen, dan konsistensi yang dapat dilihat dari luar atau diamati secara langsung.

3. Ippho Santoso

Ippho Santoso mengemukakan bahwa integritas merupakan suatu kondisi menyatukan pikiran, perkataan, maupun perbuatan sehingga menciptakan kepercayaan dan reputasi.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Berdasarkan KBBI, integritas adalah satu kesatuan dari sifat, mutu, keadaan menunjukkan potensi dan kemampuan individu serta memancarkan kejujuran dan kewibawaan.

Ciri-Ciri Orang yang Mempunyai Integritas

ciri integritas

Seseorang yang mempunyai integritas dapat kita ketahui dari caranya bersikap dan caranya berbicara. Ciri-cirinya ialah sebagai berikut:

  1. Dalam berucap, selalu menepati kata-katanya. Bertanggung jawab, konsisten, dan selalu berhati-hati dalam berbicara.
  2. Dapat menjaga kata-katanya dengan baik. Tidak berkata kasar dan berbohong.
  3. Dapat dipercaya dan jujur entah itu dalam perkataan maupun perbuatan.
  4. Memiliki nilai-nilai hidup dan prinsip yang dipatuhi. Orang yang mempunyai prinsip dan nilai hidup lebih teratur, konsisten, dan berkomitmen.
  5. Mempunyai komitmen yang besar dalam setiap perbuatannya.
  6. Setia, loyal kepada komunitasnya. Setiap komunitas membutuhkan individu yang loyal demi kepentingan community-nya.
  7. Tidak bersikap egois, selalu mengedepankan kepentingan orang banyak.
  8. Cenderung bijaksana dalam memutuskan.
  9. Menghargai waktu. Datang tepat waktu, disiplin dalam bekerja.

Manfaat Integritas

Ada setidaknya 5 manfaat integritas yang dirasakan seseorang, baik itu secara fisik, intelektual, emosional, spiritual, dan sosial. Secara keseluruhan, kepribadian individu dengan karakter ini dapat dikatakan baik.

manfaat integritas

  1. Manfaat secara fisik. Meskipun integritas adalah sesuatu yang berhubungan dengan mental dan pikiran, namun realisasinya dapat dilihat melalui fisik. Manfaatnya bisa membuat tubuh menjadi sehat, karena kesehatan pikiran akan berpengaruh terhadap fisik.
  2. Manfaat secara intelektual. Seseorang yang memiliki integritas tinggi mempunyai intelektual yang sebanding karena dia akan terus meningkatkan ilmu dan tidak akan berhenti menuntut ilmu sampai akhir hayat. Pengetahuan itu tidak hanya diperoleh dari buku, tapi juga dari pengalaman diri sendiri maupun orang lain, juga dapat diperoleh dari lingkungan.
  3. Manfaat secara spiritual. Individu dengan integritas tinggi otomatis lebih bijaksana dalam menjalani dan memaknai hidup.
  4. Manfaat secara sosial, mampu berkontribusi besar dalam masyarakat dan dapat menjalin hubungan baik dengan orang lain.
  5. Manfaat secara emosional. Pada dasarnya orang berintegritas memiliki empati, simpati, solidaritas, motivasi dan emosi yang stabil.

Fungsi Integritas

Seseorang yang berintegritas bisa diamati dari luar. Karena integritas itu juga dapat mempengaruhi bagian kognitif maupun afektif individu. Maka, terdapat dua fungsi integritas, yaitu afektif dan kognitif.

1. Fungsi Afektif

Fungsi Afektif menyangkut sikap yang dimiliki individu, hati nurani, harga diri, dan perasaannya sebagai manusia. Individu dengan karakter ini akan menghargai diri sendiri dan tidak akan mengkhianati dirinya.

2. Fungsi Kognitif

Fungsi Kognitif meliputi pengetahuan, wawasan, kecerdasan. Self insight itu meliputi pengetahuan dan refleksi diri. Orang yang berkarakter kuat selalu mendorong dirinya untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya, salah satunya dengan menambah wawasan, menimba ilmu sedalam mungkin.

Mengapa Integritas Itu Penting?

Pengalaman akan berarti jika disertai dengan pengetahuan. Pengetahuan akan berguna jika disertai pemahaman. Untuk mendapatkan pemahaman tidak terbatas dibutuhkan kapasitas yang memadai. Kapasitas seseorang akan berguna apabila diikuti dengan motivasi yang kuat. Lalu, motivasi akan membawa ke arah yang baik jika diiringi integritas.

Maka untuk mempunyai sifat integritas seorang individu minimal harus peka terhadap diri sendiri.  Dapat memaknai pengalaman hidup, belajar darinya, dan menghindari lubang yang sama adalah langkah awal dalam mewujudkan integritas. Setelah itu peka terhadap lingkungan. Dapat berbuat sesuatu sesuai dengan kapasitasnya dengan memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki. Lalu, meningkatkan motivasi ke arah positif, tidak hanya untuk kepentingan sendiri, tapi juga untuk orang banyak.

Kenapa integritas itu penting? Integritas adalah kunci kesuksesan individu, karena umumnya orang dengan watak ini memiliki komitmen yang kuat dan konsisten dalam setiap ucapan dan perbuatan. Dalam sebuah kepemimpinan, perlu pemimpin yang mempunyai integritas tinggi. Pemimpin dengan ciri seperti ini mampu membawa masyarakat ke arah lebih baik, maju, dan sejahtera. Seseorang yang berintegritas cenderung dapat dipercaya oleh orang lain karena sikapnya yang loyal serta konsisten. Jadi, dia tidak akan membohongi dan mengkhianati orang lain.

Contoh Integritas

Contoh dari sikap integritas adalah sikap seorang pemimpin atau wakil rakyat. Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada 9 ciri individu berintegritas. Kesembilannya sangat penting dimiliki oleh pemimpin. Bagaimanapun, pemimpin harus membawa rakyatnya menuju ke arah lebih baik dari sebelumnya, baik dari nasib, kesejahteraan, kesehatan, ekonomi, dan lain sebagainya.

contoh integritas

Seorang wakil rakyat harus memiliki sikap adil, jujur, dan dapat dipercaya. Dapat menjaga amanat dari rakyat serta tidak mengkhianati rakyat dengan berbohong. Apabila seorang wakil rakyat mengecewakan mereka, itu adalah hal yang tak termaafkan. Karena nasib penduduk ada di tangan mereka, bagaimana cara mereka memimpin dan memanfaatkan pengaruhnya.

Contoh lainnya ialah integritas dari seorang siswa. Siswa mempunyai tugas belajar berbagai bidang keilmuan, sehingga ditemukan bakat dan minatnya yang nanti akan berguna di kemudian hari. Mendapat nilai bagus merupakan salah satu ciri siswa berintegritas. Dengan catatan, nilai itu diperoleh dengan cara yang baik dan jujur. Mengerjakan pekerjaan rumah (PR), melaksanakan tugas dari guru sebaik mungkin, dan mengumpulkan tugas tepat waktu adalah contoh siswa yang berintegritas tinggi.

Dari contoh di atas mungkin memudahkan kalian dalam memahami apa itu integritas. Sekali lagi, jadilah sosok berintegritas supaya menjadi pribadi berkualitas serta dapat mewujudkan impian kita. Itulah pengertian integritas, semoga bermanfaat.