Pengertian Budaya

Pengertian Budaya – Kata budaya pasti sudah tidak asing dalam kehidupan karena sering digunakan. Meskipun sering digunakan, tidak banyak yang mengetahui tentang istilah budaya, baik itu pengertian, unsur-unsur yang ada di dalam budaya itu sendiri, hingga fungsi dan tujuan adanya budaya di tengah masyarakat. Dalam penjelasan berikut ini akan dijelaskan secara lengkap tentang apa itu budaya, dimulai dari pengertian budaya hingga tujuan, dan jenis-jenisnya.

Pengertian Budaya

Budaya memiliki makna yang berkaitan dengan akal, budi, adat istiadat dan tingkah laku manusia. Budaya ini tumbuh di tengah masyarakat dan diwariskan secara turun temurun. Kata budaya berasal dari Bahasa Sansekerta buddhayah, yaitu bentuk jaman dari buddhi yang memiliki arti budi atau akal. Dalam bahasa Inggris, budaya dikenal dengan culture. Berdasarkan arti katanya tersebut, pengertian budaya bisa berkaitan dengan cara hidup sekelompok manusia yang berkembang kemudian diwariskan turun temurun.

Ada juga yang mengartikan budaya sebagai pola hidup yang sudah tumbuh lalu berkembang di sekelompok manusia untuk mengatur tingkah lakunya serta mengatur antar individu tentang apa yang boleh dilakukan dalam melakukan interaksi dengan kelompok manusia lainnya. Para ahli juga mendefinisikan budaya secara beragam.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

pengertian budaya menurut para ahli
pengertian budaya

Koentjaraningrat

Pengertian budaya sebagai sistem ide, rasa, tindakan, gagasan dan karya yang dihasilkan manusia dalam kehidupannya di masyarakat. Levis Strauss mendefiniskan budaya secara berbeda, dimana menurutnya yang dimaksud budaya adalah perwujudan dari komponen struktur sosial yang asalnya adalah dari pikiran manusia, dilakukan secara berulang-ulang hingga kemudian membentuk sebuah kebiasaan.

Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi

Pengertian budaya adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Andreas Eppink

Pengertian budaya mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

Ki Hajar Dewantara

Kebudayaan merupakan buah budi manusia dalam hidup bermasyarakat.

Koentjaraningrat

Budaya adalah keseluruhan sistem, gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan cara belajar.

William H. Haviland

Budaya adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat, yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat di terima oleh semua masyarakat.

Menurut Edward Burnett Tylor

Pengertian budaya merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

Menurut Andreas Eppink

Pengertian budaya mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual, dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

Herskovits

Pengertian budaya adalah sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic.

Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski

Tokoh ini mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.

Kroeber dan Kluckhohn

Budaya terdiri dari pola, eksplisit dan implisit, dan untuk perilaku yang diperoleh dan dan ditularkan oleh simbol, yang merupakan prestasi khas dari kelompok manusia, termasuk perwujudan mereka di artefak, inti penting dari budaya terdiri dari tradisional (yaitu historis berasal dan dipilih) ide-ide dan terutama nilai-nilai yang melekat mereka, sistem kultur dapat, di satu sisi, dianggap sebagai produk dari tindakan, di sisi lain sebagai elemen pengkondisian tindakan lebih lanjut.

Unsur dan Faktor Budaya

unsur budaya
pengertian budaya

Budaya tidak bisa berdiri sendiri. Ada beberapa unsur yang menyusun terciptanya budaya. Unsur-unsur yang ada di dalam budaya itu antara lain adalah sebagai berikut.

Pengertian Seni Lukis

Bahasa

Unsur pertama yang ada di dalam budaya adalah bahasa. Bahasa merupakan sebuah media yang berfungsi sebagai cara atau metode bagi manusia untuk berkomunikasi. Dalam melakukan komunikasi, bahasa yang digunakan bisa berupa bahasa lisan maupun tulisan. Adanya budaya juga bisa menjadi indikasi atau tanda akan adanya budaya pada sebuah peradaban.

Sistem Pengetahuan

Unsur selanjutnya dalam kebudayaan adalah sistem Pengetahuan. Unsur ini mencakup pengetahuan tentang berbagai hal, mulai dari kondisi alam sekitar hingga perilaku sosial manusia. Adanya sistem pengetahuan menjadi penanda adanya budaya pada sebuah peradaban.

Sistem Religi

Sistem religi mencakup agama dan aliran kepercayaan yang dianut oleh sekelompok masyarakat. Unsur ini merupakan unsur yang penting dalam budaya karena mengatur kehidupan antara manusia dengan manusia dan antara manusia dengan Tuhan. Unsur agama dalam sebuah budaya juga meliputi kegiatan atau praktek yang bersifat suci, baik itu berupa upacara keagamaan maupun tradisi yang berkaitan dengan keagamaan.

Sistem Kemasyarakatan

Unsur sistem Kemasyarakatan ini merupakan unsur budaya dimana ada sekelompok masyarakat dimana di dalamnya memiliki kesamaan atau berada dalam satu sistem kekerabatan tertentu. Adanya unsur berupa sistem kemasyarakatan ini berperan sangat penting dalam pewarisan budaya. Sistem Kemasyarakatan yang ada tidak hanya berlaku secara general seperti kehidupan bermasyarakat saja, namun bahkan sudah dimulai dari keluarga. Keluarga sendiri merupakan sebuah sistem Kemasyarakatan paling dasar yang ada.

Sistem Mata Pencaharian dan Ekonomi

Unsur berikutnya yang ada di dalam budaya adalah sistem mata pencaharian. Unsur ini merupakan upaya manusia untuk bertahan hidup dengan melakukan berbagai kegiatan yang bisa menghasilkan barang atau jasa yang diperlukan. Kegiatan yang dilakukan bisa berupa bercocok tanam, perdagangan, berkebun dan lain sebagainya.

Pengertian Limbah

Sistem Teknologi dan Peralatan

Dalam unsur budaya terdapat unsur sistem Teknologi dan peralatan yang diciptakan oleh peradaban manusia. Sistem ini merupakan cara manusia untuk mengolah bahan-bahan mentah menjadi barang jadi yang berhubungan dengan peralatan kerja, pakaian transportasi dan kebutuhan lain. Budaya yang berasal dari akal dan budi manusia kemudian dilaksanakan dengan sebuah tindakan memungkinkan manusia untuk membuat atau menciptakan sistem teknologi dan peralatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kesenian

Unsur terakhir dalam budaya adalah kesenian. Unsur ini berupa setiap karya atau produk yang dibuat oleh manusia dan mengandung unsur estetika atau keindahan di dalamnya. Unsur ini meliputi berbagai bentuk, mulai dari seni tari, musik, lukis, arsitektur dan lain sebagainya. Unsur kesenian juga menjadi unsur dari budaya karena seni ini juga berasal dari gagasan dan pemikiran manusia yang diimplementasikan melalui sebuah tindakan.

Selain unsur, budaya berkembaang dan terbentuk dengan sangat beragam bukan hanya merupakan peran dari manusia yang memiliki budaya itu sendiri saja. Selain manusia, ada pula faktor lain yang menjadi penyebab dari keragaman budaya yang ada di tengah masyarakat. Aoa sajakah faktor itu? Berikut adalah beberapa diantaranya.

Lingkungan

Kondisi alam yang ditempati manusia untuk tinggal membawa pengaruh besar pada keragaman budaya yang ada di dalamnya. Kondisi alam ini jugalah yang nantinya bisa memunculkan corak budaya dari sebuah kelompok masyarakat. Dari keadaan alam atau lingkungannya inilah dapat berpengaruh pada sistem mata pencaharian masyarakat setempat. Seperti yang disebutkan sebelumnya, mata pencaharian juga menjadi salah satu unsur dari budaya.

Pertemuan Antar Bangsa

Faktor selanjutnya yang berperan dalam menciptakan keragaman budaya adalah pertemuan antar bangsa. Sebagai contoh yang terjadi di Indonesia. Munculnya penjajah di era kolonialisme sedikit banyak berpengaruh pada keragaman budaya yang ada di Indonesia. Mulai dari bahasa hingga kebiasaan lainnya kemudian turut memperkaya budaya bangsa ini.

Pengertian Pendidikan

Kepercayaan yang Mengakar Kuat

Selanjutnya ada faktor kepercayaan yang juga bisa menjadi faktor keragaman budaya di Indonesia. Kepercayaan yang mengakar kuat juga bisa menjadi faktor beragamnya budaya yang ada dunia, apalagi di Indonesia. Seperti contohnya misalnya, di Bali. Masyarakat Bali yang masih memegang kepercayaan Hindu sangat kuat memberikan keragaman dalam hal budaya di Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah Muslim.

Ras

Faktor terakhir adalah ras yang berdasarkan penelitian bisa dilihat dari ciri tubuhnya. Namun, penelitian lain juga menyatakan jika perbedaan ras juga bisa dilihat dari rohani atau jiwanya. Hal inilah yang membuat budaya di dunia semakin beragam.

Fungsi dan Tujuan Budaya

fungsi dan tujuan budaya
pengertian budaya

Berdasarkan pengertian budaya yang sudah dijelaskan di atas, budaya merupakan hasil dari ide, gagasan serta tindakan dan karya yang dihasilkan oleh manusia dalam kelompok masyarakat di sebuah peradaban. Budaya dalam masyarakat memiliki beberapa fungsi atau kegunaan bagi masyarakat yang ada di peradaban atau daerah tertentu. Berikut adalah beberapa fungsi dari budaya.

Sebagai Identitas

Dari pengertian budaya yang sudah disebutkan sebelumnya, budaya dalam masyarakat berfungsi sebagai identitas. Maksudnya, adanya budaya adalah identitas yang menunjukkan peradaban suatu masyarakat atau sebuah negara. Identitas yang dimaksud ini bisa menjadi pembeda dengan bangsa atau kelompok masyarakat lain.

Sebagai Batas

Fungsi budaya selanjutnya adalah sebagai batas. Maksudnya, budaya menjadi penentu batas-batas yang menciptakan adanya perbedaan antara kelompok masyarakat atau bangsa satu dengan kelompok atau bangsa lain. Adanya budaya inilah yang membuat sebuah negara menjadi unik.

Pembentuk Perilaku dan Sikap

Fungsi dari budaya selanjutnya adalah sebagai pembentuk Perilaku dan sikap. Dari pengertian budaya yang sudah dijelaskan sebelumnya, dimana budaya merupakan wujud dari struktur sosial yang berasal dari pemikiran dan gagasan manusia, lalu dilakukan secara berulang hingga kemudian membentuk sebuah kebiasaan. Budaya dalam hal ini bertindak sebagai sebuah mekanisme yang membuat kendali, memberikan makna serta menuntun sekaligus membentuk perilaku dan sikap dari sekelompok masyarakat.

Pengertian Ekonomi Makro

Sebagai Komitmen

Adanya budaya dalam kelompok masyarakat berfungsi sebagai sebuah komitmen. Maksudnya adalah adanya budaya yang akan memfasilitasi adanya komitmen atas suatu hal dalam kelompok masyarakat yang bernilai lebih besar dari kepentingan masing-masing individu. Karena itu dibutuhkan budaya dalam peradaban sebuah kelompok masyarakat.

Sebagai Media Komunikasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam budaya terdapat unsur bahasa, baik berupa bahasa lisan maupun tulisan, yang merupakan sarana komunikasi bagi manusia. Ini jugalah yang menjadi fungsi dari budaya, yakni sebagai media komunikasi. Budaya yang terdiri atas berbagai bentuk bisa juga menjadi media komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau makna tertentu melalui produk budaya tersebut, seperti melalui budaya tari, musik dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Budaya

jenis budaya
pengertian budaya

Melihat dari pengertian budaya yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak jenis budaya dan bisa dikelompokkan berdasarkan berbagai kategori. Budaya yang ada dan berkembang di Indonesia sebagai bentuk adanya peradaban di Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan wujudnya. Berikut ini adalah beberapa jenis budaya yang ada di Indonesia.

Ide atau Gagasan

Jenis budaya yang pertama adalah budaya yang berwujud gagasan atau ide. Gagasan sendiri merupakan sebuah pola pikir, yang terbentuk dari adanya ide-ide abstrak yang terkumpul menjadi satu. Dalam hal ini bisa dikatakan jika setiap manusia memiliki ekspekstasi atas semua hal yang dilihat serta dijalani dalam kehidupan sehari-hari.

Aktifitas

Jenis budaya selanjutnya berwujud aktifitas. Adanya aktifitas yang melibatkan interaksi antar sesama manusia atau anggota dalam sebuah kelompok, jika dilakukan secara berulang-ulang dapat menjadi kebiasaan. Sesuai dengan apa yang dijelaskan sebagai salah satu definisi budaya di atas, yang menyebutkan jika budaya merupakan hasil dari struktur sosial yang berasal dari pemikiran manusia kemudian dilakukan secara berulang hingga menjadi kebiasaan. Dari pengertian ini, segala aktifitas dari kelompok atau golongan manusia yang dilakukan secara berulang pun bisa menjadi sebuah budaya yang berwujud aktifitas.

Pengertian Poster

Hasil Budaya

Jenis selanjutnya dari budaya adalah hasil budaya yang merupakan sebuah peninggalan dalam bentuk hasil karya. Diantara berbagai jenis budaya lainnya, hasil budaya ini merupakan jenis budaya yang dibagi berdasarkan wujudnya yang memiliki bentuk paling kongkrit. Jenis ini bisa dilihat, didengar maupun dirasakan seperti berbagai Contoh budaya yang sudah ada sebelumnya, contohnya tari, musik, sastra dan lain sebagainya.

***

Sebagai sebuah negara yang berbudaya, kita mungkin tidak asing dengan istilah budaya. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari pun istilah ini sering digunakan. Sayangnya, banyak orang yang masih belum memahami apa itu budaya sebenarnya. Informasi tentang budaya di atas, mulai dari pengertian budaya, fungsi, tujuan, unsur dan jenis budaya di atas semoga bisa memberikan informasi dan wawasan lebih tentang budaya. Dengan informasi ini juga bisa menjadi informasi untuk terus mengembangkan budaya yang dimiliki oleh bangsa.