Pengertian Biologi

Pengertian Biologi – Ada berbagai macam ilmu pengetahuan yang dipelajari di dunia, salah satunya adalah Biologi. Ilmu Biologi pasti sudah sering didengar, baik dalam kehidupan akademik maupun dalam kehidupan sehari-hari. Namun mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang apa itu Biologi, manfaat mempelajari Biologi serta cabang-cabang ilmu dan contohnya. Berikut ini akan dijelaskan lebih dalam tentang Biologi, mulai dari pengertian Biologi hingga cabang ilmu dan contohnya.

Pengertian Apa Itu Biologi

Mempelajari tentang Biologi, yang harus diketahui pertama kali adalah pengertian Biologi. Secara etimologis, Biologi merupakan kata yang berasal dari Bahasa Yunani ‘Bios’ yang memiliki arti hidup serta ‘logos’ yang memiliki arti hidup. Jika diartikan, Biologi bisa diartikan sebagai ilmu tentang kehidupan, termasuk di dalamnya mempelajari tentang makhluk hidup, hubungan antar makhluk hidup dan hubungan dengan lingkungannya.

Berdasarkan definisi tersebut, Biologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari segala hal tentang kehidupan di bumi, mulai dari manusia, tumbuhan, hewan serta lingkungan tempat hidupnya. Biologi juga mempelajari tentang organisme hidup lain, termasuk mempelajari tentang struktur, evolusi, persebaran, pertumbuhan dan taksonominya. Para ahli juga memiliki definisi berbeda-beda tentang ilmu Biologi. Bagod Sudjudi dan Laila mendefinisikan Biologi sebagai cabang dari ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup, dimana dalam proses mempelajarinya dibutuhkan langkah eksperimen dan kajian ilmiah yang terstruktur.

  Pengertian Sejarah

Pengertian biologi menurut para ahli

Untuk lebih mendalami tentang pengertian biologi, kamu juga bisa melihat beberapa pendapat para pakar dan ahli pendidikan tentang apa itu ilmu biologi.

  • Nugroho & Sumardi

Pengertian Biologi merupakan ilmu pengetahuan (science) yang mempelajari tentang perihal kehidupan sejak beberapa juta tahun yang lalu hingga sekarang dengan segala perwujudan dan kompleksitasnya, dimulai dari subpartikel atom hingga interaksi antar makhluk hidup dan makhluk hidup dengan lingkungannya.

  • Fiktor Ferdinand P & Moekti Ariwibowo

Pengertian Biologi adalah ilmu tentang makhluk hidup beserta lingkungannya dan memiliki cabang-cabang tersendiri yang mempelajari lebih spesifik lagi tentang makhluk hidup.

  • M. Widiyaningsih & S.H. Anwariningsih

M. Widyaningsih dan S.H. Anwariningsih berpendapat bahwa biologi adalah ilmu yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan makhluk hidup dan kehidupan.

  • Maniam & Ami S.

Pengertian Biologi adalah ilmu yang memiliki cakupan yang sangat luas sehingga untuk mempermudah mempelajarinya. Biologi dibagi ke dalam berbagai cabang ilmu sesuai dengan objeknya.

  • Orman Karmana

Biologi menurut Orman Karmana adalah ilmu yang dapat menunjang ilmu-ilmu lainnya dalam memecahkan suatu permasalahan.

  • Deswaty Furqonita & M. Biomed

Pengertian biologi secara umum menurut Deswaty Furqonita dan M. Biomed yaitu bahwa biologi adalah ilmu yang mempelajari dan mengkaji segala sesuatu tentang makhluk hidup dan kehidupannya.

Sejarah Ilmu Biologi

sejarah dan pengertian biologi
pengertian biologi

Ilmu Biologi mengalami sejarah panjang sebelum digunakan sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan seperti saat ini. Penggunaan istilah Biologi pertama kali adalah pada tahun 1736 oleh Linnaeus pada karyanya dengan judul ‘Bibliotheca Botanica’. Meskipun begitu, ilmu yang mengkaji tentang alam dan hal-hal yang berkaitan dengan alam bahkan sudah ada jauh sebelum itu, yakni di era peradaban Mesir, peradaban China dan India. Namun, pendekatan dan ilmu yang mempelajari tentang alam secara modern pertama kali diterapkan di era Yunani Kuno. Pada masa ini pelopor kajian ilmu ini adalah Hippocrates dan Aristoteles.

  Pengertian Globalisasi

Jika melihat pengertian Biologi seperti yang dijelaskan di atas, ilmu ini adalah ilmu yang mempelajari tentang berbagai kehidupan yang ada di bumi. Pada masa perkembangannya, beberapa ilmuwan sudah menerapkan ilmu Biologi pada berbagai percobaan untuk mendapat berbagai manfaat. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Louis Pasteur (1822-1895)

Louis Pasteur merupakan seorang ahli Kimia dan Biologi dari Prancis. Ialah yang memperkenalkan teori Pasteurisasi untuk pertama kali, yaitu teori yang menjelaskan tentang metode untuk membuat susu dan anggur tidak menjadi asam. Ia kemudian dikenal sebagai pendiri cabang ilmu Mikrobiologi.

2. Carolus linnaeus (1707-1778)

Carolus linnaeus adalah naturalis yang pertama kali menyusun aturan penamaan ‘binomial nomenklatur’. Aturan atau sistem ini merupakan sistem yang digunakan untuk mengklasifikan hewan dan tumbuhan. Selain berperan dalam memberi nama pada tumbuhan, Linneaus juga memberikan kontribusi besar pada taksonomi hewan serta pembuktian adanya reproduksi seksual tumbuhan.

3. Edward Jenner (1749-1823)

Edward Jenner merupakan tokoh yang pertama kali menemukan vaksin penyembuhan cacar. Ia jugalah yang menjadi tokoh peletak dasar dalam cabang ilmu Imunologi (ilmu tentang imun). Selain menemukan vaksin, Jenner juga adalah tokoh yang mengenalkan nama virus.

Cabang dan Contoh Ilmu Biologi

cabang contoh dan pengertian biologi
pengertian biologi

Biologi merupakan lingkup ilmu yang lebih besar dimana di dalamnya masih terbagi menjadi beberapa cabang ilmu lagi. Dari pengertian Biologi seperti yang dijelaskan di atas, ilmu Biologi tidak hanya mempelajari tentang satu aspek kehidupan saja, namun segala aspek kehidupan di bumi, bahkan hingga ke aspek terkecil. Karena itu, setiap cabang aspek dipelajari dalam cabang ilmu dengan fokus yang berbeda pula. Seperti beberapa cabang ilmu Biologi berikut.

  Pengertian Berita

1. Anatomi

Cabang ilmu Biologi yang pertama bernama Anatomi. Cabang ilmu Biologi ini mempelajari tentang bentuk dan fungsi dari makhluk hidup, mulai dari hewan, tumbuhan dan organisme lain terutama struktur dan fungsi manusia.

2. Botani

Cabang ilmu Biologi berikutnya adalah Botani. Botani merupakan salah satu kajian ilmu Biologi yang secara khusus mempelajari tentang segala aspek Biologi dari tumbuhan. Pada ilmu botani ini dipelajari segala hal yang berkaitan dengan pertumbuhan, perkembangan, evolusi, metabolisme, komponen biotik dan abiotik serta reproduksi pada tumbuhan.

3. Bakteriologi

Seperti yang sudah disebutkan dalam pengertian Biologi sebelumnya, bahwa ilmu Biologi mempelajari tentang segala aspek kehidupan bahkan yang terkecil sekalipun. Bakteri adalah unsur terkecil dari kehidupan yang dipelajari melalui cabang ilmu Biologi bernama Bakteriologi. Pada cabang ilmu ini dipelajari tentang klasifikasi, anatomi, cara kerja sel pada bakteri, serta tanggapan bakteri atas perubahan pada lingkungannya. Bakteriologi ini merupakan salah satu bagian dari Mikrobiologi.

4. Mikrobiologi

Mikrobiologi merupakan salah satu cabang ilmu Biologi yang mempelajari segala hal tentang mikroorganisme. Objek kajian utamanya adalah makhluk hidup berukuran mikro (mikroorganisme) yang mana untuk melihatnya diperlukan alat khusus bernama mikroskop. Cabang ilmu ini mempelajari segala jenis mikroorganisme mulai dari bakteri, alga mikroskopik, fungi, Archaea dan Protozoa.

5. Biologi Kelautan

Cabang ilmu Biologi selanjutnya adalah Biologi Kelautan atau juga dikenal dengan Oceanografi Biologis. Cabang ilmu ini mempelajari tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kehidupan laut. Diantara objek yang dipelajari dalam cabang ilmu ini adalah ekosistem samudra, flora, fauna dan kehidupan lain yang ada di laut.

6. Fisiologi

Fisiologi adalah cabang dari ilmu Biologi yang mempelajari tentang fungsi kerja tubuh. Dalam cabang ilmu ini dipelajari tentang organ, sistem organ, sel, biomolekul, jaringan dan organisme dalam menjalankan fungsinya secara fisik maupun kimia guna mendukung kehidupan. Fisiologi dibagi lagi berdasarkan objek kajiannya, yaitu fisiologi tumbuhan, manusia dan hewan. Meskipun begitu, prinsip ilmu Fisiologi ini bersifat universal, maksudnya tidak bergantung pada organisme apa yang dipelajari.

  Pengertian Hukum Perdata

7. Genetika

Berikutnya adalah cabang ilmu Biologi yang dikenal sebagai Genetika. Genetika diambil dari bahasa Belanda genetica yang juga dibentuk dari Bahasa Yunani genno yang memiliki makna melahirkan. Genetika dalam ilmu Biologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat, baik pewarisan sifat pada organisme maupun pada suborganisme. Bisa juga didefinisikan jika genetika merupakan ilmu yang mempelajari tentang gen beserta aspek lain dalam gen.

8. Rekayasa Genetika

Masih dari aspek gen, cabang ilmu Biologi selanjutnya adalah rekayasa Genetika. Dalam artian yang lebih luas, Rekayasa Genetika adalah cabang ilmu Biologi yang mempelajari tentang penerapan genetika bagi kehidupan manusia. Dari pengertian tersebut, segala hal yang berkaitan dengan pelestarian hewan dan tumbuhan yang melalui proses seleksi dalam populasinya juga bisa dimasukkan dalam kegiatan yang berada dalam lingkup cabang ilmu ini.

Dalam hal ini, kegiatan mutasi buatan tanpa adanya target juga bisa dimasukkan dalam cabang ilmu ini. Namun masyarakat ilmiah lebih sepakat dengan batasan yang relatif lebih sempit, yaitu cabang ilmu yang memanfaatkan penerapan teknik-teknik pada Biologi molekular guna mengubah susunan genetik yang ada di dalam kromosom maupun mengubah sistem pada ekspresi genetik untuk kebutuhan tertentu.

9. Ekologi

Tetap mempertimbangkan pengertian Biologi yang sudah dijelaskan sebelumnya, dimana Biologi merupakan ilmu yang mempelajari segala aspek kehidupan, dimana di dalamnya termasuk lingkungan tempat tinggal makhluk hidup. Ekologi sendiri merupakan salah satu cabang ilmu Biologi yang mempelajari tentang interaksi antara setiap organisme yang tinggal atau hidup dalam sebuah lingkungan dengan lingkungannya.

10. Taksonomi

Taksonomi berasal dari Bahasa Yunani tassein yang memiliki makna mengelompokkan dan nomos yang memiliki arti aturan. Dengan begitu, Taksonomi dapat diartikan sebagai cabang ilmu Biologi yang mempelajari tentang pengelompokan makhluk hidup berdasarkan tingkatan atau hierarki tertentu. Dalam cabang ilmu ini, makhluk hidup yang memiliki taksonomi lebih tinggi cenderung bersifat lebih umum dan makhluk hidup dengan taksonomi lebih rendah memiliki sifat yang lebih spesifik.

  Pengertian Filsafat

Daftar cabang ilmu Biologi di atas hanya sebagian kecil dari cabang ilmu yang ada pada Biologi. Ada lebih banyak cabang ilmu lain yang mempelajari aspek dan objek yang berbeda pula.

Manfaat Ilmu Biologi

manfaat dan pengertian ilmu biologi
pengertian ilmu biologi

Setelah membahas tentang pengertian Biologi serta berbagai cabang ilmu dalam Biologi, ilmu ini juga banyak dimanfaatkan dalam kehidupan manusia. Pemanfaatan ilmu Biologi mungkin secara tidak sadar juga dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Contohnya adalah beberapa pemanfaatan berikut yang menggunakan ilmu Biologi sebagai dasarnya.

1. Pemanfaatan dalam Bidang Pertanian

Pemanfaatan pertama ilmu Biologi yang umum dilakukan adalah pada bidang pertanian guna meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen. Pada jaman dahulu, tanpa memanfaatkan ilmu Biologi dan cabang-cabang ilmunya, para petani masih menggunakan teknik bertani konvensional yang sederhana. Hal ini membawa hasil yang kurang maksimal. Dengan memanfaatkan cabang-cabang ilmu Biologi serta perkembangan teknologi yang digunakan di dalamnya sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil pertanian.

Contohnya, pemanfaatan cabang ilmu Biologi Molekular dan Bioteknologi yang menghasilkan teknik untuk rekayasa genetik. Dengan berbagai rekayasa Genetika tersebut kemudian dihasilkan tanaman yang memiliki sifat unggul serta bisa menghasilkan jenis tanaman baru yang bisa menggantikan varietas tanaman lama yang lebih berkualitas.

2. Pemanfaatan dalam Bidang Industri

Pemanfaatan ilmu Biologi selanjutnya juga digunakan dalam bidang industri. Tidak berbeda jauh dengan pemanfaatan dalam bidang pertanian, pada jaman dahulu orang-orang cenderung mengambil hasil alam untuk dimanfaatkan secara langsung. Namun dengan adanya pemanfaatan ilmu Biologi sehingga bisa diperoleh produk dari alam yang bisa menghasilkan nilai lebih.

Contohnya, dalam cabang ilmu Mikrobiologi. Ilmu Mikrobiologi yang mempelajari tentang jenis mikroba dan sifatnya kemudian bisa menghasilkan perkembangan dalam dunia industri makanan dan obat yang justru bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah ditemukannya Lactobacillus yang kemudian dikembangkan dalam industri makanan untuk membuat yoghurt. Contoh lainnya adalah terciptanya produk industri lain seperti kecap, nata de coco dan roti yang semuanya memanfaatkan peran mikroorganisme.

  Pengertian Uang

3. Pemanfaatan dalam Bidang Kedokteran

Berawal dari Ilmu Biologi murni kemudian dikembangkan berbagai ilmu terapan lain yang dimanfaatkan dalam bidang kedokteran. Contohnya, pada jaman dahulu banyak jenis penyakit yang sulit disembuhkan sehingga harus menimbulkan banyak korban. Namun dengan pengembangan cabang-cabang ilmu Biologi ini kemudian dikembangkan berbagai jenis obat serta vaksin yang bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

***

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang ilmu Biologi, mulai dari pengertian Biologi hingga cabang ilmu dan pemanfaatannya dalam kehidupan manusia. Dari penjelasan di atas, dapat diperoleh wawasan lebih tentang ilmu Biologi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan pemanfaatannya.