Pengertian Berita

Pengertian Berita – Mengetahui perkembangan dan segala informasi yang terjadi di seluruh penjuru dunia saat ini tidaklah sulit. Ada berbagai media yang bisa menjadi sarana untuk Anda mendapatkan informasi tentang hal-hal yang sedang terjadi di seluruh penjuru dunia. Inilah yang dinamakan berita. Anda mungkin sering melihat tayangan berita di berbagai media, seperti televisi, internet atau membaca di media cetak. Sayangnya, perkembangan informasi yang semakin pesat ternyata juga membawa dampak negatif karena semakin banyak berita yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Sebagai sebuah ilmu dan pengetahuan tambahan, berikut ini akan dijelaskan tentang berita, mulai dari pengertian berita hingga jenis dan tujuan dari pembuatan berita itu sendiri.

Pengertian Apa Itu Berita

Agar Anda bisa lebih memahami tentang apa itu berita, mari memulai dengan pengertian berita itu sendiri. Berita adalah sebuah informasi yang sifatnya fakta yang sedang terjadi maupun sudah terjadi dan disampaikan melalui perantara media, baik itu media elektronik maupun mefia like cetak. Penyampaian berita juga bisa melalui mulut ke mulut dan harus merupakan sebuah kenyataan, bukan karangan fiktif atau cerita yang dibuat-buat.

Umumnya, berita yang disampaikan haruslah sebuah fakta tentang kejadian yang telah terjadi ataupun sedang terjadi di masyarakat. Karena itu, dalam penyampaiannya harus disertai fakta-fakta yang sifatnya terbaru atau terkini. Berita ada untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang sebuah kejadian terbaru. Selain itu, tujuan dibuatnya adalah juga untuk mempengaruhi masyarakat secara luas. Karena itu, ketika berita tidak disajikan berdasarkan fakta, maka akan turut berpengaruh pada masyarakat itu sendiri.

Pengertian Nasionalisme

Beberapa ahli juga mengemukakan pendapatnya tentang pengertian berita. Salah satunya misalnya, J.B. Wahyudi yang mendefinisikan berita sebagai laporan tentang sebuah peristiwa yang menarik, memiliki nilai penting bagi khalayak ramai, masih baru, serta dipublikasikan atau disiarkan melalui berbagai media dalam kurun waktu yang periodik. Dari berbagai pengertian yang sudah diberikan sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan jika berita bukan hanya sekedar informasi yang menarik namun juga harus berupa fakta yang sedang atau telah terjadi.

Syrat Sebuah Berita

syarat dan pengertian berita
pengertian berita

Dalam pembuatannya, berdasarkan pengertian berita yang sudah dijelaskan di atas, sebuah berita yang baik harus memenuhi syarat pembuatan berita yang baik. Berita yang baik adalah berita yang memenuhi kode etik dalam jurnalistik yang sudah memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.

Berdasarkan fakta

Informasi dalam berita yang disampaikan haruslah sesuai fakta yang sesungguhnya terjadi di lapangan. Berita tidak boleh dibuat berdasarkan karangan atau cerita fiktif.

Aktual

Artinya, informasi dalam berita yang disampaikan adalah informasi terkini atau terbaru. Hal ini bisa dibuktikan dengan jarak waktu antara berita disiarkan dengan kejadian yang diberitakan tidak berbeda terlalu jauh.

Berimbang

Dalam berita, informasi yang disampaikan tidak hanya harus berupa fakta namun juga berimbang. Berimbang maksudnya, fakta atau informasi yang disampaikan adalah informasi yang sebenarnya serta tidak memihak maupun memojokkan salah satu pihak. Dengan begitu masyarakat yang membaca atau melihat juga tidak akan terpengaruh.

Lengkap

Unsur terakhir yang harus ada dalam sebuah berita adalah lengkap. Artinya setiap informasi dalam berita harus disajikan secara lengkap, tidak ada yang disembunyikan atau dikurangi. Dengan begitu masyarakat atau khalayak luas yang membaca atau mendengarkan berita tidak menjadi bingung atas informasi yang disampaikan.

Pengertian Pajak

Jenis-Jenis Berita

jenis dan pengertian berita
pengertian berita

Mengacu pada pengertian berita yang sudah dibahas sebelumnya, yaitu informasi yang sifatnya menarik dan berdasarkan fakta, berita sendiri masih dibagi ke dalam beberapa jenis. Dengan mengetahui berbagai jenis berita ini, diharapkan masyarakat bisa membedakan mana berita yang sifatnya penting, berita mana yang disampaikan berdasarkan opini dan lain sebagainya. Nah, berikut adalah beberapa jenis berita tersebut.

Straight News (Berita Langsung)

Jenis berita pertama adalah berita langsung atau yang juga dikenal dengan straight news. Berita jenis ini adalah berita yang ditulis dengan lugas dan singkat. Namun meskipun ditulis dengan singkat, semua unsur yang dibutuhkan dalam berita harus tetap ada. Jenis berita ini juga masih dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu hard news dan soft news.

Hard news adalah berita yang di dalamnya berisi informasi tentang peristiwa khusus atau kejadian terkini, yang sifatnya penting dan harus disampaikan. Kedua adalah soft news, yaitu berita yang di dalam isinya merupakan informasi pendukung. Keduanya yang termasuk dalam straight news ini, apabila di surat kabar, selalu berada di halaman paling awal.

Depth News (Berita Mendalam)

Depth News atau berita mendalam merupakan jenis berita yang isinya mendalam. Di dalam depth news biasanya berisi tentang ulasan lebih dalam tentang sebuah informasi atau peristiwa tertentu. Isi dalam jenis berita ini biasanya menonjolkan pada unsur ‘Mengapa’ dan ‘Bagaimana’ peristiwa bisa terjadi. Tujuannya tentu saja untuk memberikan informasi lebih jelas serta mengangkat lebih dalam topik atau peristiwa tertentu.

Investigation News (Berita Investigasi)

Jenis berita selanjutnya adalah berita investigasi. Berita ini dibuat berdasarkan penelitian atau penyelidikan yang lebih dalam lagi melalui berbagai sumber yang kompeten. Jenis berita ini biasanya dibuat untuk tujuan tertentu, seperti mengungkapkan hal-hal tersembunyi yang belum disampaikan kepada khalayak.

Pengertian Poster

Interpretative News (Berita Interpretasi)

Berita interpretasi ini merupakan hasil pengembangan dari berita Langsung (straight news). Berita ini termasuk berita langsung, namun karena merupakan pengembangan, maka di dalamnya ditambahkan dengan beberapa informasi tambahan. Misalnya pendapat ahli ataupun penelitian lebih lanjut dari penulis. Informasi yang ditambahkan pun harus berhubungan dengan berita yang disampaikan, misalnya latar belakang dari peristiwa tersebut atau pendapat dari ahli.

Berita Opini

Terakhir, ada berita berjenis opini. Sesuai namanya, jenis berita ini hanya berisi opini mengenai sebuah peristiwa atau hal yang sedang terjadi. Opini ini diberikan oleh para ahli, pengamat, maupun masyarakat secara umum. Biasanya berita ini dibuat untuk mendukung berita utama atas peristiwa yang sedang terjadi.

Fungsi dan Tujuan Berita

fungsi dan pengertian berita
pengertian berita

Sebuah disampaikan dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak umum, seperti yang disebutkan dalam pengertian berita. Secara spesifik, berita dibuat dengan fungsi dan Tujuan tertentu. Nah, berikut ini adalah fungsi serta tujuan dibuatnya sebuah berita.

Untuk Menyampaikan Informasi

Fungsi dan tujuan utama dibuatnya berita adalah untuk menyampaikan informasi tentang peristiwa atau kejadian yang sedang maupun sudah terjadi. Informasi yang disajikan adalah informasi yang penting, terkini, menarik dan banyak menjadi perhatian masyarakat. Contohnya adalah peristiwa terkini kecelakaan, politik, ekonomi, kesehatan, sosial budaya, gaya hidup dan lain sebagainya.

Membantu Masyarakat Bersikap Terbuka

Sesuai pengertian berita yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa berita adalah informasi yang disampaikan dan memiliki nilai penting bagi masyarakat, maka tujuan dan fungsi berita selanjutnya adalah membantu masyarakat atau khalayak untuk bersikap lebih terbuka. Maksudnya dengan berbagai fakta dan informasi yang disampaikan yang berasal dari berbagai sumber yang kompeten, masyarakat jadi mendapatkan input dari berbagai sumber. Dengan banyaknya informasi tersebut, masyarakat diharapkan bisa memahami setiap kejadian yang diinformasikan, baik dari dalam maupun luar negeri dengan lebih terbuka.

Pengertian Pendidikan

Lebih Meningkatkan Kesadaran pada Publik

Berita yang disampaikan berdasarkan fakta ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran publik atas isu-isu tertentu yang sedang berkembang. Maksudnya, publik atau masyarakat bisa lebih memahami isu-isu yang sedang diperbincangkan, pentingnya serta dampak atau implikasinya bagi kehidupannya di masyarakat. Isu yang dimaksud pun beragam, mulai dari isu lingkungan hidup, kesehatan, ekonomi, politik dan isu-isu lainnya.

Membentuk Opini Publik

Fungsi dan tujuan terakhir dari berita adalah untuk membentuk opini publik. Tujuan ini tidak berarti buruk namun juga tidak bisa dikatakan baik. Ada teori bernama agenda setting yang mana berkaitan dengan media massa mengatakan bahwa media, termasuk dalam hal ini berita, cenderung membentuk kepedulian dan perhatian pada isu tertentu. Karena itu, berita disebut sebagai pembentuk opini publik, karena apa yang disampaikan dalam berita bisa menentukan bagaimana masyarakat beropini atau berpendapat.

Unsur-Unsur dalam Berita

unsur dan pengertian berita
definisi berita

Setelah mengetahui tentang pengertian berita dari berbagai ahli, fungsi dan tujuan berita serta syarat sebuah berita, selanjutnya Anda harus mengetahui unsur apa saja yang harus ada di dalam sebuah berita. Sebuah berita yang baik tidak disusun secara asal-asalan, karena ada beberapa unsur yang harus terpenuhi. Unsur ini harus ada dalam susunan sebuah berita agar berita tersebut dikatakan sebagai berita yang baik. Apa sajakah unsur-unsur berita tersebut?

What (Apa)

Unsur pertama adalah what, yang menjelaskan tentang apa berita tersebut. Unsur what ini berkaitan dengan apa yang dibahas dalam berita dan merupakan unsur pembentuk paling penting. Unsur ‘apa’ ini biasanya membahas tentang isu-isu terkini atau peristiwa terbaru yang sedang terjadi. Jadi, unsur ‘what’ artinya tentang apa berita tersebut dibuat.

Who (Siapa)

Unsur selanjutnya adalah who (siapa). Unsur who ini berkaitan dengan orang atau subjek yang terkait dengan informasi atau berita yang ditulis. Unsur ini termasuk siapa yang terlibat dalam peristiwa, siapa yang saja yang ikut harus disebutkan dengan jelas agar tidak terjadi kesalahan dalam penulisan.

Pengertian Seni Musik

When (kapan)

Selanjutnya adalah when (kapan). Unsur ini menjelaskan tentang waktu kejadian atau peristiwa yang disebutkan dalam berita terjadi. Waktu terjadinya kejadian atau peristiwa ini juga harus disebutkan dengan jelas agar mudah diterima dan dipahami masyarakat. Selain itu, apabila waktu kejadian tidak disebutkan dengan jelas juga bisa menimbulkan keresahan pada masyarakat.

Where (Dimana)

Selanjutnya adalah where (dimana). Unsur ini menjelaskan tentang lokasi atau tempat dimana kejadian atau peristiwa terjadi. Kejelasan informasi tentang dimana kejadian terjadi akan membuat berita mudah dipahami serta tidak menimbulkan keresahan. Ada beberapa kasus dimana lokasi atau tempat kejadian berita tidak boleh disebutkan secara spesifik untuk melindungi orang-orang yang terlibat dalam kejadian tersebut.

Why (Kenapa)

Unsur mengapa (why) dalam berita merupakan bagian yang harus menjelaskan mengapa atau latar belakang kejadian tersebut. Pada bagian ini bisa juga menjelaskan tentang alasan dari terjadinya peristiwa tersebut.

How (Bagaimana)

Terakhir adalah unsur how (bagaimana). Bagian ini menjelaskan bagaimana kronologis kejadian tersebut secara rinci. Dengan begitu masyarakat akan mengetahui rangkaian atau kronologi suatu kejadian dengan lebih rinci.

***

Nah, demikian tadi penjelasan tentang pengertian berita. Mengetahui tentang definisi berita, fungsi dan tujuan, unsur pembentuk serta syarat sebuah berita tentu akan memberikan wawasan lebih dalam tentang sebuah berita yang baik. Dengan penjelasan ini juga diharapkan sebagai masyarakat yang membaca atau melihat berita juga bisa lebih selektif dalam membaca berita yang ada.