Pengertian Bahasa

Pengertian Bahasa – Bahasa menjadi salah satu hal yang tak bisa dipisahkan dari manusia. Bahasa menjadi alat komunikasi yang memudahkan manusia untuk berinteraksi satu sama lain. Dan bahasa juga menjadi identitas bagi setiap orang di negara tertentu. Maka setiap negara memiliki bahasa yang berbeda-beda. Nah, untuk mengetahui bagaimana Pengertian bahasa, sejarah bahasa sampai ada berapa jenis bahasa di dunia, simak penjelasan berikut.

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Bahasa diartikan sebagai sistem lambang bunyi yang dipakai oleh manusia untuk berkomunikasi dengan orang lain. Secara harafiah, bahasa diartikan sebagai sarana yang dipakai oleh makhluk hidup untuk berkomunikasi da berinteraksi dengan makhluk lainnya. Bahasa memang menjadi salah satu alat yang dipakai setiap orang dari berbagai belahan dunia untuk bisa menyampaikan gagasannya kepada orang lain. Tak bisa dibayangkan bagaimana kehidupan manusia jika tanpa bahasa. Dan bahasa berkembang secara berbeda-beda di tiap negara.

Berikut ini adalah beberapa Pengertian bahasa menurut beberapa ahli:

Tarigan

Menurut Tarigan, bahasa merupakan suatu sistem yang sistematis, dan mungkin juga generatif. Dan bahasa juga diartikan sebagai lambang-lambang mana suka atau simbol arbiter.

Gorys Keraf

Kemudian Pengertian bahasa menurut Gorys Keraf yaitu alat komunikasi antara satu anggota masyarakat dengan menggunakan simbol bunyi yang dihasilkan dari alat ucap manusia.

Sunaryo

Kemudian menurut Sunaryo, bahasa diartikan sebagai sebuah struktur budaya yang ternyata memiliki kedudukan, fungsi, serta peran ganda. Bahasa menjadi akar serta produk dari sebuah budaya yang juga memiliki fungsi sebagai sarana berfikir, pendukung, pertumbuhan dan juga perkembangan dari ilmu pengetahuan serta teknologi.

Menurut Syamsudin

Syamsudin mengartikan bahasa sebagai sebuah tanda yang jelas dari sebuah kepribadian baik ataupun buruk sebagai tanda dari keluarga dan dari kemanusiaan.

Nah, dari Pengertian bahasa menurut beberapa ahli di atas, maka dapat disimpulkan bahwa bahasa merupakan sebuah simbol bunyi yang muncul sebagai produk budaya untuk digunakan sebagai sarana berkomunikasi dan berinteraksi manusia dengan manusia lainnya. Dan penggunaan bahasa juga disesuaikan dengan keadaan dan budaya. Seperti masyarakat Jawa yang masih akan menggunakan bahasa ngoko apabila berbicara dengan oragtuanya.

  Pengertian Pendidikan

Sejarah Munculnya Bahasa

Bahasa ternyata juga tak muncul begitu saja, bahasa memiliki sejarahya tersendiri. Dan sebenarnya, tidak ada kesepakatan dari para sejarawan mengenai bagaimana sejarah resmi dari bahasa ini. Dari berbagai data sejarah, bahasa di dunia sangatlah banyak dan beragam. Diperkirakan, ada sebanyak 6000-7000 bahasa yang ada di dunia.

Bahasa mengacu pada kemampuan kognitif yang bisa dipelajari dan juga digunakan untuk berkomunikasi satu manusia dengan manusia lainnya secara kompleks. Ada penjelasan atas kumpulan aturan yang membuat sebuah sistem dalam pengucapan yang muncul karena aturan-aturan tertentu. Jadi, bahasa juga bergantung pada proses semiosis untuk dapat menghubungkan isyarat dengan makna tertentu.

Adapun macam-macam teori sejarah bahasa adalah sebagai berikut:

  1. Teori Keberlanjutan. Teori ini menyatakan bahwa suatu teori dilandaskan kepada gagasan yang mempercayai bahwa bahasa adalah komunikasi yang kompleks, dan tak bisa dikatakan muncul begitu saja. Bahasa pastinya berkembang melalui sistem pra linguistik yang juga menjadi awal dari para leluhur.
  2. Lawan Teori keberlanjutan. Teori keberlanjutan juga menyatakan adanya gagasan yang berlawanan, di mana bahasa dianggap sebagai sesuatu yang unik dan tidak dapat dibandingkan dengan apapun, karena tidak ditemukan pada makhluk selain manusia. Sehingga bahasa pastilah muncul secara tiba-tiba dan berkembang sampai peradaban manusia hingga saat ini.
  3. Bahasa sebagai bawaan lahir. Pengertian lain menyatakan bahwa bahasa lahir sebagai sebuah bawaan yang sudah tersandi secara genetis. Dan bahasa muncul sebagai sistem umum yang memiliki ikatan kultural, maka dari itu dapat dipelajari di daerah tertentu.

Manfaat Adanya Bahasa

Bahasa sudah menunjukkan adanya manfaat dari pengertiannya sendiri. Bahasa dijadikan sebagai sebuah alat berkomunikasi antara satu orang dengan orang lainnya. Antara manusia satu dengan manusia lain. Adapun fungsi bahasa merupakan sebagai alat komunikasi yang amat penting bagi manusia untuk berinteraksi dengan manusia lainnya. Komunikasi berarti mengirimkan sebuah pesan kepada orang lain supaya dimaknai dan diinterpretasi sehingga bisa mendapatkan feedback atau timbal balik atas pesan yang disampaikan.

  Pengertian Hukum Perdata
manfaat dan pengertian bahasa
pengertian bahasa

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari adanya bahasa dalam kehidupan sehari-hari:

1. Bahasa dijadikan sebagai alat komunikasi

Bahasa menjadi salah satu alat yang digunakan manusia untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia lainnya. Setiap bahasa yang disampaikan pasti akan memiliki makna dan juga hubungan antara satu konsep dengan objek yang disebutkan. Dengan bahasalah, individu satu dengan lainnya dapat saling memberi informasi, menerima informasi dan juga menanggapi sebuah informasi atau pesan. Dengan bahasa pula manusia dapat melakukan komunikasi dua arah.

2. Bahasa dijadikan sebagai identitas dari sebuah suku atau bangsa

Indonesia sendiri memiliki banyak bahasa. Setiap daerah atau suku memiliki bahasanya sendiri, seperti bahasa Jawa, bahasa Minang, bahasa Aceh, bahasa Sunda, dan bahasa-bahasa daerah lainnya. Terutama yang berada di daerah Kalimantan atau Sumatera, bahasa yang digunakan pun berbeda-beda. Dengan begitu, bahasa dijadikan sebagai salah satu identitas yang dibawa ke mana-mana oleh orang dari daerah tertentu ketika pergi daerah lainnya.

Hal ini juga sama saja dengan bahasa dari bangsa tertentu. Setiap bangsa juga memiliki bahasa yang berbeda-beda, contohnya adalah bahasa Indonesia sebagai bahasa yang dipakai oleh bangsa Indonesia setiap kali pergi dari daerah di Indonesia ke daerah yang dihuni oleh bangsa asing.

3. Bahasa sebagai sebuah alat untuk bahas resmi negara

Penggunaan bahasa sebagai sebuah alat komunikasi tentu saja dapat digunakan oleh banyak orang dari daerah manapun. Adanya bahasa yang digunakan sebagai bahasa resmi dari daerah tertentu, contohnya Indonesia, maka setiap orang dari bangsa tersebut memiliki kemampuan untuk berbicara dan menggunakan bahasa resmi tersebut. Jadi, meskipun seseorang memiliki bahasa daerahnya sendiri, mereka tetap bisa berhubungan dengan orang dari daerah lain menggunakan bahasa resmi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, yaitu bahasa Indonesia. Dengan bahasa inilah orang dari daerah satu dengan daerah lainnya dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain. Bahkan, mereka juga bisa saling bertukar bahasa dan belajar mengenai bahasa daerah masing-masing.

  Pengertian Limbah

4. Bahasa untuk mengembangkan kebudayaan dan ilmu pengetahuan

Dalam perkembangan sastra, tentu saja bahasa menjadi hal yang amat penting. Setiap kebudayaan tentu saja akan memunculkan cerita, puisi, sajak, pantun, karangan, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan sastra. Maka dalam membuat karya sastra tersebut, bahasa menjadi salah satu hal krusial yang musti dimiliki.

Ilmu pengetahuan dan teknologi juga membutuhkan bahasa untuk bisa terus berkembang. Bahasalah yang digunakan untuk menulis jurnal, menulis hasil penelitian yang dilakukan, dan untuk menuliskan berbagai macam jenis informasi. Para peneliti menggunakan bahasa untuk menjelaskan kepada masyarakat bagaimana hasil penelitian yang telah dilakukannya.

5. Bahasa sebagai pengantar dalam dunia pendidikan

Bahasa juga menjadi salah satu pengantar di dunia pendidikan. Bahasa resmi Indonesia, yaitu bahasa Indonesia menjadi pengantar bagi seluruh institusi pendidikan, termasuk di daerah 3T. Jadi, setiap pembelajaran di kelas akan menggunakan bahasa Indonesia sebagai pengantarnya. Meski guru atau dosen juga bisa menyisipkan penggunaan bahasa daerah. Bahasa sebagai pengantar dunia pendidikan penting diterapkan supaya setiap anak belajar tentang bahasa yang digunakan oleh setiap orang yang ada di Indonesia.

Struktur dari Bahasa

Pengertian bahasa tersusun atas sebuah struktur, yaitu wacana, paragraf, kalimat, kata, fonem, dan juga morfem. Wacana adalah kesatuan tersistem yang diartikan sebagai suatu komunikasi kebahasaan. Dan umumnya nampak sebagai pertukaran. Adapun bentuknya disesuaikan dengan tujuan sosial. Lalu paragraf adalah kumpulan dari satu, dua atau lebih kalimat yang tersusun dalam satu gagasan. Paragraf ini juga sering disebut dengan alinea. Karena tersusun atas beberapa kalimat, maka paragraf juga memiliki pokok pikiran tersendiri.

Lalu kalimat juga tersusun atas kumpulan kata-kata yang memiliki makna tertentu. Kalimat terdiri atas klausa yang digunakan untuk menyusun dan juga menuangkan gagasan tertentu. Kemudian kata adalah susunan huruf yang menjadi satu kesatuan yang memiliki makna tertentu. Kata dijadikan sebagai unsur kebahasaan berupa perasaan dan pemikiran tertentu. Lalu fonem adalah unsur bahasa yang paling kecil dan juga sangat fungsional. Fonem digunakan untuk membedakan makna dari kata yang disampaikan. Kemudian morfem adalah unsur terkecil dari bahasa. Bentuknya tidak mengandung bagian-bagian yang mirip, baik dilihat dari bunyi maupun dari makna yang terkandung.

  Pengertian Globalisasi

Jenis-jenis Bahasa

Bahasa memiliki beberapa jenis, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bahasa lisan. Bahasa lisan digunakan untuk berkomunikasi secara lisan antar manusia.
  2. Bahasa tulisan. Pengertian bahasa menyatakan bahwa bahasa digunakan untuk berkomunikasi satu dengan lainnya. Komunikasi ini dapat dilakukan dengan bahasa tulisan, atau menggunakan kata-kata secara tertulis.
  3. Bahasa isyarat. Bahasa isyarat digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi dengan isyarat-isyarat tertentu. Seperti bahasa yang digunakan oleh orang dengan tunarungu wicara antara satu dengan lainnya. Mereka akan menggunakan bahasa isyarat untuk bisa saling berkomunikasi.
  4. Bahasa batin. Bahasa ini adalah bahasa uang menggunakan interaksi mental untuk mengungkapkan isi hati, dan bahasa batin ini tidak memerlukan sarana apapun, baik kata ataupun isyarat.
  5. Bahasa pemrograman. Bahasa ini adalah bahasa yang digunakan dalam dunia teknologi. Bahasa pemrograman digunakan untuk memberikan perintah kepada komputer dengan menggunakan syntax yang telah diatur oleh bahasa pemrograman itu sendiri.

Contoh Bahasa

Bahasa memiliki berbagai macam jenis, seperti yang sudah disebutkan di atas. Pengertian bahasa juga mengisyaratkan bahwa bahasa berfungsi sebagai alat untuk berkomunikasi antar manusia satu dengan lainnya. Bahasa juga sangatlah beragam, contohnya adalah bahasa Melayu yang digunakan oleh orang-orang di daerah Melayu untuk berkomunikasi dengan sesama. Kemudian ada pula bahasa Jawa yang digunakan untuk berkomunikasi antar orang Jawa.

***

Nah, itulah tadi Pengertian bahasa, sejarah, manfaat, struktur, jenis, dan juga contoh dari bahasa. Bahasa menjadi salah satu hal paling penting bagi sebuah negara. Dan juga bagi manusia, tanpa adanya bahasa mereka akan kesulitan untuk saling berinteraksi dengan sesama manusia, dan juga menyampaikan pesannya kepada orang lain.

  Pengertian Organisasi