Manfaat Minyak Zaitun

Mypurohith.com – Siapa yang tidak tahu dengan minyak zaitun? Minyak yang satu ini cukup terkenal di dunia termasuk Indonesia. Sesuai dengan namanya minyak zaitun diperoleh dari buah zaitun yang diolah sedemikian rupa untuk mendapatkan lemaknya. Pohon zaitun ini pertama kali ditemukan di Yunani, yang dianggap sebagai pohon suci symbol perdamaian dan kebijakan. Bahkan tak segan bagi orang yang berani menebangnya pihak pemerintah akan menjatuhi hukuman berat. Tak berselang lama, akhirnya buah zaitun mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Pada umumnya minyak zaitun digunakan sebagai bahan masakan seperti minyak untuk menggoreng dan dressing salad sayur. tak sampai di situ minyak yang satu ini juga terkenal akan khasiatnya dalam bidang kesehatan maupun kecantikan. Bahkan Allah SWT pernah menggambarkan buah zaitun ini sebagai buah yang suci dan berkhasiat.

Nah, tertarik apa saja khasiat minyak zaitun untuk manusia? simak ulasannya berikut ini ya!!!

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

manfaat minyak zaitun untuk kesehatan
manfaat minyak zaitun untuk kesehatan via pixabay.com

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah zaitun untuk kesehatan yang pertama yaitu menjaga kesehatan jantung. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia. Pasalnya jantung sebagai organ vital memiliki fungsi yang cukup penting untuk kesehatan manusia. namun, di kawasan mediterania sebagai kawasan pertama ditemukannya buah zaitun ini tidak terdapat kasus penyakit jantung. Mengapa demikian? Karena penduduk sekitar wilayah tersebut rutin mengonsumsi buah zaitun.

Hal ini dibuktikan dengan beberapa penelitian yang membuktikan bahwa minyak zaitun mampu mencegah proses oksidasi lemak jahat dan penyumbatan darah. Selain itu, dengan rutin mengonsumsi minyak zaitun dipercaya mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Jadi tuggu apalagi, Anda dapat meningkatkan konsumsi minyak zaitun baik diolah dengan makanan atau minuman kesukaan anda.

Menyembuhkan Diabetes Tipe 2

Diabetes adalah salah satu penyakit yang mungkin cukup terkenal di Indonesia. Namun apakah Anda tahu arti dari diabetes itu sendiri? Diabetes adalah suatu penyakit yang menyebabkan tubuh tidak dapat menggunakan kandungan glukosa di dalam darah sehingga mengalami penumpukan.

Namun tahukah Anda jenis-jenis dari penyakit diabetes? Sekedar info bagi Anda bahwa diabetes terdiri dari dua jenis yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 disebabkan oleh gangguan pada penkreas sehingga tidak mampu menghasilkan hormone tertentu. Sedangkan untuk diabetes tipe 2 disebabkan oleh kelebihan kadar glukosa di dalam dibandingkan dengan hormone tertentu.

Dengan rutin menerapkan diet minyak zaitun dipercaya tubuh akan dinetralisir dengan kandungan lemak tak jenuh di dalamnya. Berdasarkan penelitian, diet minyak zaitun dianggap 50% lebih manjur dibandingkan dengan diet gula biasa.

  Manfaat Buah Tomat

Mengurangi Kadar Kolesterol Berbahaya

Selain gula ternyata masih terdapat satu zat lagi yang dapat memicu munculnya penyakit berbahaya yaitu kolesterol. Kolesterol berbahaya ini biasanya didapatkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari seperti junk food, makanan berlemak, makanan yang berminyak, dan masih banyak lagi.

Apabila dibiarkan berlarut-larut, kolesterol ini dapat menyumbat pembuluh darah atau merusak fungsi jantung. Nah, tentu sangat berbahaya bukan! Setelah mendapat perawatan intensif secara medis, Anda juga dianjurkan untuk diet kolesterol dan perbanyak konsumsi minyak zaitun.

Meskipun bernama minyak, tetapi minyak zaitun tidak akan menambah jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh dengan tetap mempertahankan kolesterol baik.

Mencegah Trombosis dan Arteriosklerosis

Apa itu thrombosis? Dan apa pula yang dimaksud dengan arteriosklerosis? Thrombosis adalah penyumbatan yang disebabkan oleh gumpalan darah di dalam pembuluh darah. Akibat dari terjadinya thrombosis ini yaitu jaringan dari bagian tubuh yang dialiri oleh pembuluh darah tersebut akan rusak dan mati. Sedangkan arteriosklerosis adalah pengerasan arteri yang disebabkan oleh penebalan dinding pembuluh nadi. Apabila tidak dilakukan tindakan medis lebih lanjut, arteriosklerosis dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti jantung degenerative, stroke, dan masih banyak lagi.

Selain upaya medis secara intensif, Anda juga dapat melakukan perawatan alternatif dengan bahan alami, salah satunya adalah minyak zaitun. Rutin mengonsumi minyak zaitun berkhasiat untuk mengurangi efek negative dari lemak yang terkandung di dalam makanan yang dikonsumsi. Sehingga lama-kelamaan penebalan pembuluh nadi yang terjadi dapat segera diatasi.

Mencegah Alzheimer

Manfaat minyak zaitun selanjutnya adalah untuk mencegah Alzheimer. Apa itu Alzheimer? Mungkin bagi sebagian orang Alzheimer ini terdengar sedikit asing, namun sebenarnya Alzheimer ini adalah istilah medis dari pikun. Ya, pikun ini biasanya dialami oleh seseorang yang telah lanjut usia di mana mereka akan kehilangan memori baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Meskipun tidak terlalu memiliki dampak yang begitu buruk terhadap kesehatan, tetapi Alzheimer ini cukup menjadi momok yang ingin dhindari oleh beberapa orang.

Salah satu langkah pencegahan dari penyakit Alzheimer ini adalah dengan mengonsumsi minyak zaitun. Kandungan oleocanthal di dalam minyak zaitun dipercaya mampu mencegah penurunan kemampuan kognitif akibat proses penuaan. Selain itu, kandungan lemak omega 3 dan omega 6 mampu menjaga kesehatan dan kecerdasan otak.

Mencegah Kanker Kulit

Sering mengikuti kegiatan di luar ruangan terutama di bawah terik sinar matahari dan debu? Apabila iya, Anda perlu untuk sedikit waspada. Mengapa? Selain membuat kulit menjadi lebih gelap dan kusam, paparan sinar matahari yang terlalu lama ditambah dengan debu dan polusi membuat risiko radikal bebas semakin besar. Apakah Anda tahu dampak dari radikal bebas? Di sinilah Anda perlu waspada karena dampak terburuk dari radikal bebas dari paparan sinar matahari yang terlalu lama adalah kanker kulit.

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya kanker kulit ini adalah dengan mengenakan baju tertutup dan tabir surya  dengan spf minimal 15. dengan tabir surya, kulit akan terlindungi dari sinar UVA dan UVB sinar matahari. Tak perlu membeli tabir surya merek produk kecantikan ternama, Anda dapat memanfaatkan bahan alami yang memiliki fungsi serupa.

  Manfaat Buah Nanas

Salah satu bahan alami yang mampu melindungi tubuh dari efek radikal bebas penyebab kanker kulit adalah minyak zaitun. Anda dapat menggunakannya menyerupai tabir surya yaitu dioleskan ke seluruh bagian tubuh yang akan terpapar sinar matahari, terutama wajah.

Mencegah Osteoporosis

Siapa yang tak tahu dengan penyakit osteoporosis? Osteoporosis menjadi salah satu penyakit yang digalak-galakan untuk diberantas merek susu tulang ternama di Indonesia. Osteoporosis adalah suatu keadaan di mana tulang mengalami penurunan masa sehingga menjadi lemah, tipis, dan keropos. osteoporosis tergolong ke dalam penyakit yang berbahaya karena dapat memengaruhi pergerakan tubuh, hingga menyebabkan kelumpuhan.

Maka dari itu, sebelum terkena penyakit yang satu ini ada baiknya Anda melakukan langkah pencegahan dengan perbanyak konsumsi zat kalsium. Kalsium ini dapat Anda peroleh dari susu, keju, yoghurt, dan minyak zaitun. Suplementasi minyak zaitun dipercaya sangat ampuh untuk merawat kesehatan tulang.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

manfaat minyak zaitun untuk kecantikan
manfaat minyak zaitun untuk kecantikan via pixabay.com

Melembabkan Kulit Kering

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan yang pertama adalah melembabkan kulit kering. Pada umumnya kulit kering disebabkan karena kurangnya nutrisi untuk menjaga elstisitas kulit. Tak hanya itu, penggunaan produk kecantikan berbahan kimia keras juga dapat memicu kulit terkelupas dan cenderung kering. Kurangnya air minum juga dapat menyebabkan kulit menjadi kusut, kering, dan keriput. Jadi sebelum mengambil tindakan penyembuhan, Anda perlu mencari terlebih dahulu penyebab dari keringnya kulit tersebut.

Sementara Anda berifikir dan menelaah apa penyebab dari kulit yang kering dan tidak lembab, Anda dapat mencoba penanganan dengan bahan alami agar lebih aman. Salah satu bahan alami yang sangat dipercaya ampuh untuk melembabkan kulit yang kering dan terkelupas adalah minyak zaitun. Untuk mendapatkan kulit lembab alami dengan minyak zaitun caranya cukup mudah yaitu sebagai berikut:

  1. Cuci muka dengan sabun tanpa alcohol dan lakukan scrubing untuk mengangkat sel kulit mati
  2. Siapkan dua sendok makan minyak zaitun dan satu sendok the air mentimun
  3. Campurkan kedua bahan tersebut, kemudian oleskan pada bagian kulit yang kering. Untuk lebih higienis, Anda dapat meletakan minyak zaitun tersebut pada kapas atau kasa kemudian tempelkan pada kulit yang kering
  4. Diamkan perawatan dengan minyak zaitun tersebut selama 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih

Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel kulit mati menumpuk pasti menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian wanita. Mengapa? Pasalnya dengan adanya sel kulit mati yang menumpuk dapat menjadi penyebab atau asal muasal dari masalah kulit yang lain. Contohnya saja jerawat, kulit kusam, kulit kering, komedo, kulit terkelupas, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, kita diasarankan untuk membersihkan wajah secara rutin agar terhindar dari sel kulit mati yang menumpuk.

  Manfaat Buah Naga

Perawatan kecantikan tersebut bertujuan untuk meregenerasi sek kulit baru yang lebih fresh, kenyal, dan cerah. Untuk mengangkat sel kulit mati tersebut biasanya dilakukan dengan eksfoliasi dengan produk eksfoliator, scrub, atau masker.

Namun, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk memanfaatkan bahan alami yang lebih aman dan tak kalah dengan fungsinya. Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengeksfoliasi sek kulit mati adalah minyak zaitun. Caranya cukup mudah, berikut ini kami akan tunjukan tutorial mengangkat sel kulit mati dengan minyak zaitun:

  1. Siapkan lima sendok makan minyak zaitun murni dan satu sendok makan penuh oat
  2. Campurkan kedua bahan tersebut, kemudian dua tetes air jeruk nipis
  3. Oleskan scrub tersebut ke kulit wajah yang telah dibersihkan, kemudian diamkan selama 5 menit
  4. Setelah setengah kering, gosok-gosok masker agar sel kulit mati yang menumpuk dapat dieksfoliasi dengan oat dan minyak zaitun tersebut
  5. Basuh dengan washlap hangat, kemudian cuci muka dengan sabun muka tanpa kandungan alcohol
  6. Setelah kulit kering, segera oleskan minyak zaitun murni, agar kelembaban kulit kembali setelah proses eksfoliasi

Menghilangkan Kantung Mata

Sering begadang atau mengalami insomnia? Nah, mungkin inilah yang menjadi salah satu penyebab mata Anda menjadi sembab dan hitam. Kantung mata bukanlah hal sepele karena dapat mengganggu penampilan sehingga rasa percaya diri pun menurun. Bukan hanya mengganggu ketika bare face, tetapi kantung mata ini juga susah disamarkan meskipun menggunakan foundation, concealer, ataupun bedak padat.

Maka dari itu, banyak sekali upaya yang dilakukan untuk menghilangkan kantung mata ini mulai dari masker khusus undereye, krim mata, bahkan perawatan khusus di klinik. Selain belum tentu aman, perawatan kecantikan tersebut belum tentu dapat ampuh dalam sekali coba, sehingga Anda harus mengeluarkan biaya lagi dan lagi.

Nah, kami di sini akan memberikan satu solusi bagi Anda yang ingin tampil cantik tanpa kantung mata dengan harga yang sangat terjangkau dan tentu saja aman. Apa itu? Ya, minyak zaitun. Minyak yang satu ini memang terkenal dengan khasiatnya dalam bidang kecantikan, salah satunya adalah menghilangkan kantung mata. Bagaimana caranya? caranya sangat mudah sekali yaitu dengan menuangkan minyak zaitun pada kapas, kemudian tempelkan pada kantung mata. Diamkan selama beberapa saat hingga minyak zaitun meresap ke dalam kulit.

Merawat Kulit Berminyak

Ketika membahas mengenai manfaat minyak zaitun untuk kecantikan, pasti tak ada habisnya. Selain untuk melembabkan wajah kering, ternyata minyak zaitun juga sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan wajah berminyak. Kondisi kulit berminyak ini dipicu oleh produksi minyak berlebih di dalam lapisan kulit. Selain itu, penggunaan krim anti aging biasanya juga membuat kulit lebih berminyak agar kelembaban kulit tetap terjaga.

Meskipun demikian kondisi kulit yang terlalu berminyak juga tidak disarankan karena dapat menyebabkan masalah kulit lain seperti jerawat dan komedo. Maka dari itu, Anda tetap harus merawat kulit agar kadar minyak di wajah tetap seimbang.

  Manfaat Buah Tomat

Salah satu cara merawat kulit wajah berminyak adalah dengan membersihkan minyak dengan toner. Toner ini akan menyerap segala minyak dan kotoran yang menempel pada wajah. Untuk lebih alami dan aman, Anda dapat menggunakan minyak zaitun sebagai toner untuk membersihkan wajah berminyak. Caranya cukup mudah yaitu dengan menuangkan minyak zaitun secukupnya pada kapas atau sponge, kemudian usapkan ke seluruh wajah. Setelah itu, cuci muka dengan sabun tanpa alcohol agar wajah tetap berkilau dan lembab sepanjang hari.

Menjaga Kesehatan Rambut

Siapa bilang setelah merawat wajah sedemikian rupa, tugas Anda sebagai wanita telah berakhir? Tak hanya wajah, seluruh bagian tubuh adalah harta bagi wanita yang harus dirawat dengan baik, tak terkecuali dengan rambut. Rambut atau mahkota wanita ini dapat menambah kecantikan seorang wanita apabila dirawat dan ditata dengan baik. Kelalain dan kemalasan merawat rambut dapat menyebabkan kerusakan bahkan bersarangnya kutu. Sungguh hal yang tidak menyenangkan bukan!!!

Lalu bagaimana caranya merawat rambut? Selain keramas dengan shampoo setiap dua hari sekali, Anda juga disarankan untuk melakukan perawatan rambut seperti creambath. Biasanya creambath ini dilakukan di salon atau klinik kecantikan dengan kisaran harga Rp 200.000 – 300.000 tergantung jenis obat yang digunakan.

Daripada membuang-buang uang untuk perawatan rambut di salon, ada baiknya Anda mencoba dengan perawatan yang lebih alami dan terjangkau, yaitu dengan minyak zaitun. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu memperkuat akar rambut sehingga tidak mudah patah dan rontok. Rambut juga akan berkilau secara alami secara permanen.

Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat adalah salah satu akibat dari kebiasaan Anda yang jarang membersihkan wajah terutama setelah keluar ruangan dan menggunakan make up. Debu dan polusi ditambah dengan sisa make up yang belum dapat terangkat sepenuhnya dapat menjadi sarang bakteri dan kuman penyebab jerawat. Jerawat bukanlah satu-satunya masalah berat yang harus Anda hadapi, meskipun sudah kempes tetapi bekas jerawat sangatlah susah untuk dihilangkan bahkan dengan jangka waktu berbulan-bulan.

Tak jarang untuk menghilangkan bekas jerawat ini diperlukan perawatan intensif di klinik kecantikan atau menggunakan produk high end yang harganya selangit. Lalu bagaimana dengan Anda yang berkantong tipis? Hehe.

Tenang, kami memiliki solusi jitu bagi Anda yang ingin menghilangkan bekas jerawat namun dengan harga yang sangat terjangkau dan aman untuk digunakan. Bagaimana caranya? minyak zaitun. Menggunakan minyak zaitun setiap hari secara rutin sangat ampuh untuk menyembuhkan jerawat sekaligus bekas jerawat yang membandel. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan minyak zaitun cukup mudah yaitu sebagai berikut:

  1. Bersihkan wajah dengan double cleansing agar debu dan polusi yang menempel segera terangkat
  2. Siapkan tiga sendok minyak zaitun yang ditambahkan dengan sedikit air bengkuang
  3. Resapkan minyak zaitun ke kapas, kemudian tempelkan pada bagian yang memiliki bekas jerawat
  4. Biarkan kapas kering dan minyak zaitun menyerap ke kulit, kemudian bilas dengan air hangat
  Manfaat Buah Naga

Double Cleansing

Apa yang Anda lakukan setelah bepergian seharian di luar ruangan dan menggunakan make up super heavy? langsung mandi atau bersihkan riasan make up terlebih dahulu? Jawaban ini mungkin akan menentukan kondisi kulit Anda saat ini. melewatkan prosesi penghapusan make up dengan cara yang benar akan membuat sisa make up tersisa di pori kulit yang dapat menyebabkan berbagai macam masalah kulit mulai dari jerawat, komedo, kulit kering, kulit kusam, dan masih banyak lagi.

Lalu bagaimana cara membersihkan sisa make up dan kotoran yang menempel di wajah dengan baik dan benar? Caranya adalah dengan double cleansing. Sesuai dengan namanya Anda disarankan untuk membersihkan wajah dengan dua langkah. Langkah pertama yaitu dengan cleanser baik dalam bentuk liquid, balm, atau milky, sedangkan kedua yaitu dengan sabun cuci wajah.

Untuk langkah pertama pada double cleansing, Anda dapat menggunakan bahan alami yang aman dengan harga yang sangat terjangkau yaitu minyak zaitun. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun pada wajah, kemudian gosok perlahan atau pijat-pijat agar sisa make up dapat terangkat. Setelah itu, hapus dengan kapas agar sisa make up dan minyak zaitun menempel pada kapas. Langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka anti alcohol agar wajah tetap lembab.

Memutihkan Wajah

Siapa yang tak ingin memilik kulit putih bersih tanpa noda? Kulit putih memang dianggap sebagai symbol kecantikan yang utama, padahal kini banyak public figur yang tampil percaya diri dengan kulit sawo matang yang eksotis.

Untuk mendapatkan kulit yang putih biasanya seseorang menggunakan krim pemutih dari racikan dokter atau produk drugstore yang bebas dijual di pasaran. Namun penggunaan produk-produk tersebut belum tentu aman apabila dilakukan dalam jangka waktu panjang hingga bertahun-tahun.

Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan bahan alami agar lebih aman dan tentunya harganya lebih terjangkau. Salah satu bahan alami yang terkenal ampuh untuk memutihkan kulit adalah minyak zaitun. Kandungan polifenol di dalamnya mampu menjaga kulit dari paparan sinar matahari yang membuat kulit kusam dan kering.

Untuk mendapatkan kulit putih bersih tanpa noda dengan minyak zaitun caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskannya setiap hari sebagai tabir surya ketika akan pergi di bawah terik matahari.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil

Membantu Proses Melahirkan

Melahirkan adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh ibu hamil. pasalnya akan semakin dekat waktu untuk berjumpa dengan sang buah hati. namun demikian melahirkan syarat dengan risiko, bahkan nyawa menjadi taruhannya.

Salah satu cara untuk melancarkan proses kelahiran adalah dengan mengonsumsi minyak zaitun. Kandungan vitamin K di dalam minyak zaitun dipercaya mampu memperlancar proses koagulasi darah sehingga proses persalinan menjadi lebih aman. Selain itu, vitamin C pada minyak zaitun juga membantu melancarkan sirukulasi darah sehingga aliran oksigen ke dalam otak dan organ vital lainnya di dalam tubuh tetap terjaga. Maka dari itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi minyak zaitun baik secara langsung atau dicampur dengan olahan minuman agar lebih lezat.

  Manfaat Buah Nanas

Mengurangi Stretch Mark

Stretch mark adalah hal yang sangat biasa dan tidak asing bagi kalangan perempuan. Stretch mark ini biasanya muncul dari bekas garukan ketika sedang hamil atau haid. Bagaimana bisa? Pasalnya pada masa haid atau hamil, tubuh akan melar hingga 3 kali lipat dibandingkan pada saat normal. Ketika mendapatkan garukan dengan cukup kuat, maka akan meninggalkan bekas permanen pada kulit. Meskipun tidak berbahaya tetapi stretch mark ini sangat dibenci karena dapat mengurangi rasa percaya diri dalam penampilan.

Meskipun sepele, tetapi untuk menghilangkan stretch mark ini sangatlah susah, bahkan dengan perawatan kecantikan sekalipun. Salah satu cara alami yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan stretch mark adalah dengan menggunakan minyak zaitun.

Untuk langkah pencegahan, Anda dapat mengoleskan minyak zaitun pada bagian yang mengalami pembengkakan seperti perut, payudara, pinggul, dll. selain itu, usahakan Anda tidak menggaruk tubuh ketika sedang hamil atau haid dengan keras. Cukup usap-usap saja atau bilas dengan air agar rasa gatal tersebut hilang.

Membantu Perkembangan Ginjal Sang Buah Hati

Di dalam kandungan adalah proses yang sangat penting bagi sang buah hati. pasalnya di sanalah segala organ dan bagian tubuh lainnya. Maka dari itu, gizi dan nutrisi wajib untuk dipenuhi ibu hamil agar perkembangan dan pertumbuhan bayi tetap berjalan baik dan sehat.

Selain susu ibu hamil dan vitamin, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi asupan lainnya untuk menambah gizi bagi sang jabang bayi. Salah satunya adalah minyak zaitun. Mengapa minyak zaitun? Minyak yang satu ini tingg kandungan vitamin E dan antioksidan yang sangat baik untuk menyiapkan bayi agar lebih terbiasa dengan lingkungan beroksigen ketika telah lahir di dunia nanti.

Selain itu, mengonsumsi minyak zaitun juga bermanfaat untuk perkembangan dan kesehatan ginjal dan pankreas sang buah hati.

Mencegah Kelahiran Prematur

Selain keguguran, kelahiran premature adalah hal yang sangat ditakutkan oleh ibu hamil. apa itu kelahiran premature? Premature adalah poses kelahiran sebelum waktunya, biasanya 6 dan 7 bulan. Meskipun tetap dapat lahir ke dunia, tetapi bayi yang lahir secara premature memiliki risiko kematian yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang dilahirkan secara normal.

Untuk mencegah kelahiran premature, ibu hamil disaranakn untuk mengurangi aktivitas fisik yang terlalu berat. Selain itu, asupan makanan yang bernutrisi dan bergizi bagi anak menjadi hal yang utama. Salah satu bahan yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil untuk mencegah kelahiran premature adalah minyak zaitun. Hal tersebut dikarenakan minyak zaitun mengandung vitamin E dan antioksidan yang berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh ibu maupun sang buah hati.

***

Demikian ulasan lengkap mengenai manfaat minyak zaitun untuk kehidupan manusia. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.