Manfaat Kunyit

Manfaat Kunyit – Bagi masyarakat Indonesia kunyit bukanlah tanaman yang asing karena cukup mudah dtemukan di penjuru negeri. Tanaman yang termasuk ke dalam jenis rempah ini biasanya digunakan sebagai bumbu masak atau pewarna kuning alami pada masakan.

Selain dalam bidang kuliner, ternyata kunyit juga menyimpan segudang manfaat untuk kehidupan manusia baik itu kesehatan maupun kecantikan. Berbanding terbalik dengan produk kesehatan atau kecantikan yang memiliki harga selangit dengan tingkat keamanan yang belum terjamin apabila digunakan dalam jangka waktu panjang, kunyit ini sangat mudah untuk didapatkan. Cukup dengan menanam di pekarangan atau pot, Anda dapat merasakan sejuta manfaat dari kunyit ini.

Nah, bagaimana Anda sudah penasaran dengan manfaat apa saja yang akan Anda dapatkan dari tanaman kunyit ini? apabila ia, mari kita simak ulasan lengkap di bawah ini mengenai manfaat kunyit untuk kehidupan manusia bagi dari segi kesehatan, kecantikan maupun untuk ibu hamil.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

manfaat kunyit kesehatan
manfaat kunyit | pixabay.com

Mencegah Peradangan Sendi

Manfaat kunyit untuk bidang kesehatan yang pertama adalah mencegah peradangan sendi. Hal tersebut dikarenakan kunyit memiliki kandungan kurkumin yang mampu menetralisir segala penyebab peradangan sendi seperti radikal bebas dan bahan kimia lainnya yang mampu merusak membrane sel.

Selain kurkumin, kunyit juga memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi. Zat nti inflamasi di sini mampu meredakan peradangan sehingga rasa nyeri dapat dicegah. Dalam sebuah penelitian, seseorang yang menderita peradangan sendi atau rheumatoid Arthritis yang mengonsumsi kunyit dan obat kimia fenilbutazon akan mengalami kesembuhan yang sama dengan waktu yang cukup singkat.

Maka dari itu, tak heran banyak penderita peradangan sendi yang rutin mengonsumsi kunyit baik yang sudah diolah menjadi minuman atau dikonsumsi secara langsung.

Bagi Anda yang ingin membuat jamu dari kunyit sebagai obat dari peradangan sendi caranya cukup mudah yaitu sebagai berikut:

  • Siapkan dua ruas kunyit berukuran besar yang masih segar
  • Kupas kulitnya kemudian cuci hingga bersih
  • Parut kunyit sampai halus, kemudian peras untuk mendapatkan airnya. Untuk mendapatkan sari kunyit yang lebih banyak Anda dapat menambahkan air sebelum memerasnya. Namun usahakan Anda menggunakan air matang agar langsung dapat dikonsumsi
  • Tuang air sari kunyit ke dalam gelas, kemudian tambahkan dua sendok makan madu murni sebagai pemanis
  • Minum sari kunyit tersebut dua kali dalam sehari agar peradangan sendi Anda segera sembuh

Mencegah Kanker

Penyakit lain yang mampu dicegah dengan kunyit adalah kanker. Kanker menjadi salah satu penyakit yang cukup ditakuti oleh masyarakat karena cukup mematikan dengan perawatan penyembuhan yang membutuhkan waktu cukup lama dan mahal. Maka dari itu, banyak orang yang berusaha menerapkan hidup sehat agar terhindar dari penyakit yang satu ini.

  Manfaat Buah Nanas

Salah satu cara agar terhindar dari penyakit kanker adalah dengan mengonsumsi kunyit. Pasalnya di dalam kunyit terkandung antioksidan dan kurkumin yang mampu melindungi usus besar dari pengaruh radikal bebas penyebab kerusahakan DNA. Dengan kunyit, sel-sel kanker yang mulai terbentuk di dalam tubuh dapat dihancurkan sehingga tidak menyebari ke seluruh tubuh.

Zat kurkimin tersebut mampu menghambat sintesis protein yang berperan penting dalam kemuculan tumor dan sel kanker. Dengan rutin mengonsumsi tanaman kunyit, niscaya Anda akan terhindar dari risiko penyakit kanker prostat, kanker hati, kanker darah, dan kanker usus besar.

Bagi Anda yang tak sempat atau repot untuk membuat sari kunyit sendiri di rumah, dapat membeli langsung sari kunyit yang dijual bebas di pasaran baik dalam bentuk bubuk atau cairan.

Mengobati Peradangan

Manfaat lain dari tanaman kunyit adalah meredakan dan mengobati peradangan. Berdasarkan beberapa penelitian, kunyit sangat ampuh untuk meredakan peradangan karena kandungan minyak voltile di dalamnya yang bersifat anti inflamasi. Bahkan minyak ini juga dianggap lebih unggul daripada khasiat minyak atsiri dan setara dengan hydrocortisone dan fenilbutazon.

Berbeda dengan obat yang berbahan dasar kimia yang tentunya memiliki efek samping apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup sering, tanaman kunyit ini tidak akan menghasilkan toksisitas seperti pendarahan usus, penurunan sel darah putih, ulkuss, dan masih banyak lagi meskipun dikonsumsi setiap hari.

Untuk mengobati peradangan yang terjadi di dalam tubuh, Anda dapat membeli atau mengolah sendiri kunyit untuk diambil sarinya. Sedangkan untuk mengatasi peradangan yang terjadi di luar tubuh, Anda dapat mengoleskan kunyit yang telah ditumbuk atau diparut, kemudian diamkan hingga beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Mencegah Penyakit Leukimia

Apa itu leukemia? Penyakit leukemia adalah kanker darah di mana jumlah darah putih di dalam tubuh lebih banyak dibandingkan dengan sel darah merah. Ketimpangan jumlah darah putih tersebut disebabkan oleh produksi darah putih yang tidak terkendali dikarenakan beberapa hal seperti keturunan, kelainan genetika, merokok, radioterapi, paparan bahan kimia, dan lain-lain. Karena termasuk ke dalam jenis kanker, tentunya leukemia ini sangatlah berbahaya bahkan dapat mengancam nyawa.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Londong, Inggris ditemukan hasil bahwa makanan atau minuman yang diolah dengan campuran kunyit mampu mengurangi risiko penyakit leukemia. Hal tersebut dikarenakan kandungan curcumin yang terkandung di dalam kunyit cukup tinggi. dalam studi tersebut dijelaskan bahwa curcumin tersebut mampu menghambat mutagenisitas bahan kimia karsinogenik yang berasal dari karbon, mencegah pembentukan senyawa nitroso, mencegah radiasi kromosom, dan mencegah produksi sel leukemia di dalam sel darah.

Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk mencampurkan kunyit kepada setiap bahan makanan. Karena warnanya yang kuning pekat, biasanya kunyit ini dijadikan pewarna makanan alami. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi kunyit secara langsung dengan mengolahnya menjadi wedang kunyit. Bagaimana cara membuatnya? Simak ulasan berikut

  1. Siapkan tiga jari kunyit berukuran sedang yang masih segar
  2. Kupas kulit kunyit hingga bersih, kemudian cuci menggunakan air mengalir
  3. Setelah dicuci bersih, Anda dapat langsung memarut kunyit sampai halus, kemudian peras untuk mendapatkan airnya. Untuk mendapatkan sari kunyit yang lebih banyak Anda dapat menambahkan air sebelum memerasnya. Namun usahakan Anda menggunakan air hangat agar langsung dapat dikonsumsi
  4. Tuang air sari kunyit ke dalam gelas, kemudian tambahkan dua sendok makan madu murni sebagai pemanis
  5. Minum sari kunyit setiap hari agar terhindar dari risiko penyakit leukemia
  Manfaat Buah Alpukat

Meningkatkan Fungsi Hati

Hati adalah salah satu organ vital di dalam tubuh manusia yang memiliki peranan yang cukup penting. Pasalnya hati dapat menetralisir dan memberikan penawar terhadap racun yang masuk ke dalam tubuh baik yang disengaja maupun tidak. Jadi, apabila Anda mengonsumsi makanan kadaluarsa dan berjamur, namun tubuh tetap sehat, mungkin hal tersebut berkat adanya hati di dalam tubuh. selain itu, hati juga berfungsi untuk mengatur komposisi darah yang berlemak dan mengandung protein serta gula.

Untuk itu, kita sebagai manusia diawajibkan untuk menjaga kesehatan hati agar tetap melindungi tubuh dari serangan penyakit. Salah satu cara ampuh untuk menjaga kesehatan hati adalah dengan detoxs. Salah satu bahan alami yang dipercaya ampuh untuk mendetoks racun di dalam hati adalah kunyit. Enzim yang mampu mendetoksifikasi racun did alam hati adalah UDP Glucoronly transferase dab glutathione S transferase.

Maka dari itu Anda idwajibkan untuk mengonsumsi kunyit setiap hari pagi dan makan dengan cara diolah menjadi wedang. Jangan lupa pula gunakan kunyit sebagai penambah warna kuning alami pada makanan dan minuman.

Mencegah Alzheimer

Apa itu Alzheimer? Alzheimer adalah penyakit otak yang menyebabkan penurunan daya ingat, perilaku, dan berpikir. Biasanya alzheimer ini terjadi pada seseorang yang telah memasuki usia lanjut. Belum dapat dipastikan penyebab pasti dari penyakit Alzheimer ini, namun pengendapat protein di dalam otak disinyalir menjadi penyebab kuat munculnya Alzheimer ini. Meskipun tidak berbahaya, tetapi banyak orang yang takut terkena penyakit ini karena cukup menyusahkan lingkungan sekitar. Maka dari itu, langkah pencegahan dibutuhkan sejak usia dini.

Bagaimana caranya? yaitu dengan mengonsumsi kunyit. Mengapa kunyit? Karena kandungan kurkumin di dalamnya mampu menekan gen yang memproduksi protein antioksidan di dalam otak. Hal tersebut menyebabkan produksi bilirubin antioksidan menjadi lebih tinggi dan membantu otak dalam melawan radikal bebas.

Jadi, tunggu apalagi segera konsumsi kunyit rutin setiap hari agar tubuh tetap bugar dan terhindar dari risiko Alzheimer.

Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Istilah kardiovaskular mungkin sedikit asing didengar di telinga anda, maka dari itu, kami akan memberikan artian yang lebih mudah dimengerti. Kardiovaskular adalah penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah. Apa saja? Banyak sekali penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah mulai dari stroke hingga penyakit jantung. Pada umumnya penyebab utama dari penyakit kardiovaskular adalah kolesterol yang menyumbat aliran darah di pembuluh darah sehingga menyebabkan gangguan organ bahkan pembuluh darah pecah.

  Manfaat Buah Sirsak

Selain mengubah pola makan menjadi lebih sehat, Anda juga disarankan untuk perbanyak konsumsi kunyit. Hal tersebut dikarenakan zat kurkumin di dalamnya mampu mencegah oksidasi kolesterol yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Selain itu, kunyit juga kaya akan vitamin B6 yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung karena menekan produksi homocysteine agar tetap stabil.

Berdasarkan penelitian seseorang yang mengonsumsi 3.500 mg kunyit per hari akan memiliki risiko oksidasi darah yang lebih kecil dan penurunan kolesterol hingga 33%. Jadi tunggu apalagi segera konsumsi kunyit agar tubuh lebih sehat kini dan nanti. Untuk mendapatkan rasa yang lebih enak, Anda dapat mengolah kunyit sendiri di rumah.

Bagaimana caranya? simak ulasannya berikut ini.

  1. Siapkan kunyit berukuran besar yang masih segar
  2. Kupas kulit kunyit hingga bersih, kemudian cuci dengan air hangat
  3. Parut kunyit sampai halus, kemudian peras untuk mendapatkan airnya.
  4. Campurkan sari kunyit dengan 100 ml air yang telah dicampur dua sendok makan madu murni
  5. Minum sari kunyit tersebut dua kali dalam sehari secara rutin.

Mencegah Depresi

Manfaat kunyit dalam bidang kesehatan yang terakhir adalah mencegah risiko depresi. Sesuai namanya biasanya kondisi ini dipicu oleh beban pikiran yang membuat kerja otak menjadi terganggu. Dalam ilmu medisnya, depresi disebabkan oleh gangguan fungsi nerotropik dan penyusutan hippocampus. Oleh sebab itu, biasanya fungsi otak untuk belajar dan mengingat sesuatu akan berkurang.

Selain mencoba menyelesaikan setiap masalah dengan kepala dingin, Anda juga dapat melakukan pencegahan depresi dengan perbanyak konsumsi kunyit. Apa kaitan depresi dan kunyit? Tenang dulu, bahan alami yang satu ini sangatlah ampuh dalam meningkatkan fungsi otak. Pasalnya kandungan antioksidan dan kurkumin di dalamnya dapat melancarkan proses neutropik dan memberikan perlindungan dari depresi.

Maka dari itu, usahakan Anda rutin mengonsumsi kunyit baik yang diolah dalam bentuk minuman atau dicampur sebagai bumbu makanan.

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan

manfaat kunyit kecantikan
manfaat kunyit | unsplash.com

Mencegah Penuaan Dini

Tak lengkap rasanya jika membahas mengenai manfaat kunyit untuk kecantikan dalam perawatan mencegah penuaan dini. Sesuai dengan namanya, penuaan dini menyebabkan kulit mengalami perubahan atau penuaan lebih cepat dibandingkan seharusnya. Kulit akan menjadi lebih kering, keriput, dan kehilangan elastisitasnya. Banyak faktor penyebab dari penuaan dini mulai dari pola hidup tidak sehat, efek radikal bebas, penggunaan produk kecantikan berbahaya, dan masih banyak lagi.

Untuk mencegah penuaan dini, Anda dapat mengubah pola makan dengan perbanyak vitamin, serat, dan antioksidan. Hindari kebiasaan merokok dan penggunaan produk kecantikan berbahan kimia berbahaya. Untuk itu, Anda dapat mengganti produk kecantikan dengan bahan yang lebih alami dan aman yaitu kunyit. Kandungan antioksidan dan vitamin di dalam kunyit mampu menghambat proses penuaan.

Untuk mencegah proses penuaan dini, Anda dapat mengolah kunyit menjadi masker. Bagaimana caranya? simak ulasannya berikut ini.

  • Siapkan satu ruas kunyit berukuran sedang, kupas kulitnya kemudian cuci hingga bersih
  • Parut atau tumbuk kunyit sampai halus, Anda juga dapat menggunakan blender agar lebih cepat dan praktis
  • Tuangkan parutan kunyit ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan satu sendok makan susu bubuk, dan gel lidah buaya
  • Campur ketiga bahan tersebut sampai rata, kemudian oleskan ke wajah dan bagian tubuh lainnya
  • Diamkan selama 30 menit atau kering, kemudian bilas dengan air hangat
  Manfaat Buah Apel

Lakukan perawatan dengan kunyit ini dua kali dalam seminggu agar kulit tetap lembab, halus, dan jauh dari kerutan.

Mencegah Jerawat

Selain penuaan dini karena kulit menjadi kusam dan keriput sebelum waktunya, jerawat juga menjadi masalah kulit yang sangat mengganggu. Pasalnya tekstur kulit menjadi tidak rata karena dipenuhi dengan benjolan-benjolan kecil berwarna merah dengan isi nanah. Jerawat menjadi masalah kulit yang sangat sulit untuk ditutupi meskipun menggunakan foundation atau bedak padat sekalipun.

Selain meningkatkan kebersihan wajah, Anda juga dapat menggunakan kunyit sebagai obat anti jerawat. Bahan alami yang satu ini dikenal memiliki sifat antibakteri dan mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, sifat anti inflamasi pada kunyit mampu meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat, sehingga lebih mudah kempes dan kering.

Bagaimana cara mengolah kunyit menjadi obat anti jerawat? Caranya sangatlah mudah, simak tutorialnya di bawah ini:

  1. Siapkan satu ruas kunyit berukuran sedang yang telah dikupas kulitnya dan dicuci bersih
  2. Parut atau tumbuk kunyit sampai halus, Anda juga dapat menggunakan blender agar lebih cepat dan praktis
  3. Tuangkan parutan kunyit tersebut, kemudian tambahkan satu sendok teh madu murni dan satu sendok teh air jeruk nipis atau lemon
  4. Aduk ketiga bahan tersebut menjadi satu,kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah yang berjerawat
  5. Diamkan selama 25 menit atau sampai kering, kemudian bilas dengan air hangat
  6. Hindari membersihkan wajah terutama bagian yang berjerawat dengan cara digosok agar pertumbuhan kuman dan bakteri tidak menyebar ke seluruh wajah.

Lakukan perawatan dengan kunyit ini dua hari sekali agar jerawat lebih cepat kempes dan kering.

Mengobati Strech Mark

Bagi Anda seorang wanita pastilah sangat tidak asing dengan stretch mark. Biasanya stretch mark ini muncul karena garukan atau gesekan yang terlalu kencang ketika sedang haid atau hamil. Ketika sedang haid atau hamil tubuh akan mengalami pembengkakan, yang apabila terkena garukan akan membuat tekstur kulit berubah secara permanen.

Meskipun tidak berbahaya tetapi stretch mark ini sangatlah mengganggu dan mengganggu penampilan. Biasanya stretch mark ini terdapat di bagian perut, paha, pinggul, dan lain-lain. Jadi, bagi Anda yang ingin tampil kece dengan crop top atau bikini harus menunda terlebih dahulu keinginan tersebut.

Untuk menyembuhkan dari stretch mark ini biasanya seseorang akan menggunakan obat khusus luka atau bio oil. Namun perawatan stretch mark tersebut memiliki harga yang tidak murah dan memerlukan waktu yang cukup lama. Tahukah Anda bahwa ternyata stretch mark juga dapat dihilangkan dengan kunyit? Zat kurkumin di dalam kunyit mampu menembus lapisan epidermis kulit dan memperbaiki tekstur menjadi lebih rata.

Cara untuk menghilangkan stretch mark dengan kunyit cukup mudah yaitu dengan mengoleskan kunyit yang telah dihaluskan dan dicampur dengan susu. Lakukan perawatan ini setiap hari, niscaya stretch mark akan segera hilang.

  Manfaat Minyak Zaitun

Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Selain stretch mark ternyata luka bakar juga dapat menimbulkan bekas luka permanen. Apabila tidak ditangani dengan serius, luka bakar tersebut akan terinfeksi oleh bakteri atau kuman, yang mana akan menyebabkan luka menjadi meradang dan bengkak.

Selain perawatan medis, untuk mencegah luka bakar meninggalkan bekas luka permanen, Anda juga dapat menggunakan perawatan alami yang lebih aman dan terjangkau. Salah satu bahan alami yang dipercaya ampuh untuk menghilangkan bekas luka bakar adalah kunyit. Hal tersebut dikarenakan kunyit memiliki sifat antinflamasi dan antiseptic yang mampu menenangkan luka bakar sehingga tidak terjadi infeksi dan peradangan.

Untuk menghilangkan bekas luka bakar dengan kunyit caranya cukup mudah yaitu:

  1. Siapkan satu ruas kunyit berukuran besar yang masih segar
  2. Kupas kulit kunyit, kemudian cuci hingga bersih dengan air mengalir
  3. Tumbuk kunyit perlahan agar kunyit tetap bertekstur
  4. Letakan tumbukan kunyit tersebut ke dalam wadah, kemudian tambahkan denga satu sendok teh madu, dan satu sendok the minyak zaitun atau atsiri
  5. Bubuhkan ramuan dari kunyit tersebut ke bekas luka yang meradang secara perlahan, dan diamkan selama 30 menit

Untuk luka yang masih terbuka Anda dapat melakukan perawatan ini sebanyak dua kali dalam seminggu. Namun untuk menghilangkan bekas luka yang sudah kering, Anda dapat melakukan perawatan dengan kunyit ini setiap hari

Melembabkan Kulit

Pada umumnya terdapat tiga jenis kulit yaitu kulit berminyak, normal, dan kering. Sesuai dengan namanya, kulit yang kering memiliki permukaan tanpa minyak sama sekali sehingga sangat kesat. Meskipun terhindar dari minyak tetapi kulit kering cenderung mudah untuk mengalami penuaan dini dan kerutan. Hal tersebut dipicu oleh kurangnya kelembaban dan elastisitas kulit.

Selain karena bawaan lahir, kulit kering juga dapat diperoleh dari penggunaan produk kecantikan berbahan dasar yang keras sehingga kulit menjadi lebih kesat. Selain itu, cuaca juga turut berpengaruh dalam menentukan kondisi kulit.

Untuk mengembalikan elastisitas dan kelembaban kulit biasanya akan digunakan lotion atau pelembab dari produk kenamaan. Biasanya semakin mahal suatu produk, maka akan semakin tinggi tingkat hidrasinya terhadap kulit. Untuk mendapatkan kulit yang lembab namun dengan cara yang terjangkau dan aman Anda dapat menggunakan kunyit.

Ya, kunyit yang biasanya digunakan sebagai bumbu masak tersebut sangat ampuh dalam mengembalikan kelembaban kulit. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengolah kunyit menjadi masker dan digunakan setiap hari secara rutin.

Manfaat Kunyit untuk Ibu Hamil

manfaat kunyit ibu hamil
manfaat kunyit | freepik.com

Mengontrol Berat Badan

Berat badan adalah masalah utama bagi ibu hamil. karena biasanya nafsu makan yang meningkat seiring dengan perkembangan bayi juga akan meningkatkan berat badan. Meskipun cukup membuat rasa percaya diri berkurang tetapi kenaikan berat badan sang ibu sangat diperlukan untuk kesehatan dan perkembangan sang jabang bayi.

Meskipun demikian berat badan berlebih juga tak dianjurkan ketika masa kehamilan karena dapat mengganggu sang jabang bayi di dalam kandungan. Maka dari itu, Anda perlu sebuah ramuan yang dapat mengontrol berat badan. Apa itu? Tenang ini bukan ramuan ajaib yang berbahaya melainkan ramuan herbal yang sangat aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. ya, kunyit asam dipercaya sangat ampuh untuk mengontrol berat badan sehingga terbebas dari risiko obesitas.

Selain itu, zat kurkumin di dalam kunyit juga memberikan efek kenyang lebih lama pada perut sehingga nafsu makan menjadi sedikit terkontrol. Untuk merasakan ramuan dari kunyit asam ini Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Namun apabila tidak sempat Anda dapat membeli kunyit asam dalam kemasan.

  Manfaat Buah Apel

Mendetoksifikasi Racun

Bukan hanya manusia biasa tetapi ibu hamil juga tak luput dari racun di dalam tubuhnya. Racun tersebut dapat diperoleh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari, asap kendaraan, asap rokok, debu, polusi, dan masih banyak lagi. Padahal ibu hamil dituntut untuk memiliki kondisi tubuh yang fit dan bersih dari racun. Hal tersebut karena ditakutkan akan memberikan dampak buruk terhadap perkembangan dan kesehatan sang jabang bayi.

Untuk itu, Anda sebagai ibu hamil disarankan untuk melakukan detoksifikasi agar racun yang mengendap di dalam tubuh dapat dikeluarkan seluruhnya. Tak perlu repot-repot pergi ke klinik kesehatan atau rumah sakit, Anda dapat melakukan detok racun sendiri di rumah dengan bahan alami. Apa itu? Kunyit. Ya, kunyit yang memiliki zat kurkumin dan atioksidan yang cukup tinggi mampu menjadi penawar terhadap racun yang terdapat di dalam tubuh sehingga dapat didetoks seluruhnya.

Untuk mendapatkan badan yang sehat tanpa racun Anda dapat mengonsumsi kunyit yang telah diolah menjadi kunyit asam. Berikut cara membuat kunyit asam termudah dan tergampang.

  1. Siapkan empat ruas kunyit berukuran besar yang masih segar
  2. Kupas kulitnya kemudian cuci hingga bersih dengan air yang mengalir
  3. Parut kunyit sampai halus, kemudian peras untuk mendapatkan air sarinya. Jangan lupa gunakan saringan agar ampas kunyit tidak tecampur dengan sarinya.
  4. Tuang air sari kunyit ke dalam gelas, kemudian tambahkan satu sendok teh madu murni sebagai pemanis
  5. Minum sari kunyit tersebut secara rutin setiap hari agar racun yang mengendap di dalam tubuh dapat didetoks.

***

manfaat kunyit
manfaat kunyit | pexels.com

Demikian ulasan lengkap mengenai manfaat kunyit untuk kehidupan manusia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa bagikan artikel ini ke media sosialmu untuk menebar kebaikan, terima kasih.