Manfaat Buah Tomat

Mypurohith.com – Manfaat Buah Tomat. Tomat adalah salah satu buah yang seringkali disangka sebagai sayuran, hal ini wajar karena memang buah ini sering digunakan untuk memasak. Selain dapat membuat makanan menjadi lebih lezat, tomat sendiri bisa dibuat jus dan membuat tubuh menjadi lebih kuat loh. Hal ini dikarenakan banyak kandungan nutrisi

Tomat merupakan salah satu buah yang berasal dari Amerika Selatan ini pertama kali digunakan masyarakat Aztek (penduduk bangsa Meksiko zaman dulu) untuk memasak berbagai makanan. Tomat yang memiliki rasa umami ini dapat diolah menjadi berbagai masakan lezat, mulai dari makanan sehat seperti salad, bahan pembuat saos, minuman, hingga makanan.

Tomat memiliki nama ilmiah Solanum lycopersicum ini memiliki berbagai jenis seperti yang bisa Anda temukan di pasaran. Berbagai jenis tomat tersebut diantaranya ialah beefsteak tomato, tomat biasa, tomat hijau, tomat ceri, tomat gondol, dan berbgai jenis tomat lainnya.

Mengonsumsi tomat secara rutin ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh, hal ini karena kandungan nutrisi dan gizi yang ada pada tomat.

Berbagai Kandungan Gizi Dalam Tomat

Banyak bahan bahan alami yang mudah ditemukan dan memiliki berbagai gizi dan nnutrisi yang dapat mencukupi kebutuhan sehari hari. Seperti tomat misalnya yang seringkali dikonsumsi karena kandungaan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan ini sangat bermanfaat untuk membuat kondisi tubuh menjadi selalu terjaga.

Terlebih jika anda memiliki aktivitas yang padat dan seringkali khawatir bahwa tubuh dapat mengalami penurunan. Mengonsumsi tomat dapat membuat kondisi tubuh menjadi lebih prima dan fit.

Perlu anda ketahui bahwasebagian besar tomat (95 persen) terdiri dari air, kandungan air ini bagus untuk menjaga diri dari dehidrasi. Di tengah cuaca yang panas dan terik, jika anda tidak mengonsumsi banyak air maka tubuh akan menjadi lebih lemas karena tubuh mengalami dehidrasi. Mengonsumsi tomat dapat membantu anda untuk memenuhi kecukupan dari kebutuhan air yang diperlukan sehari hari.

Dari 5 persen sisanya tomat mengandung banyak kandungan lainnya seperti karbohidrat. Mungkin anda hanya mengetahui bahwa sumber karbohidrat ialah makanan berat ataupun kentang. Ternyata tomat mengandung karbohidrat walaupun jumlahnya tidak sebanding dengan umbi umbian. Namun kandungan karbohidrat ini dapat membantu anda untuk mendapatkan energi.

Selanjutnya kandungan yang cukup banyak terdapat serat yang sangat baik Serat yang terkandung di dalam tomat adalah serat larut yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Jika anda kesulitan dalam buang air besar maupun masalah pencernaan yang lain, serat adlah kebutuhan utama yang diperlukan.

  Manfaat Buah Naga

Mengonsmsi tomat secara rutin dapat memenuhi kebutuhan serat sehingga pencernaan semakin lancar. Anda bisa mengonsumi buah tomat secara langsung maupun dapat dibuatnya menjadi jus yang sehat. Alangkah baiknya jika anda membuat jus tomat tanpa menggunakan gula atau pemanis buatan.

Selain itu buah tomat merupakan bahan makanan yang dikenal kaya akan vitamin C. Vitain C ini juga merupakan antioksidan yang kuat sehingga bermanfaat untuk menghindari bahaya dari radikal bebas. Radikal bebas sendiri akan sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Diantaranya ialah radikal bebas diketahui mampu merusak sel dan jaringan tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit yang membahayakan.

Anda perlu tahu bahwa kandungan vitamin C di dalam tomat sudah bisa memenuhi 28 persen kebutuhan vitamin C harian yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Mengonsumsi vitamin C dapat meningkatkan stamina dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Selain mengandung vitamin C, tomat juga mengandung mineral potasium yang bergunna untuk menjaga keseimbangan elektrolit di. Mineral potassium dalam tubuh, membantu kontraksi otot dan transmisi saraf, serta menurunkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi dan penyakit jantung.

Selain mengandung vitamin C yang tinggi, tomat juga mengandung vitamin K yang berfungsi dalam proses pembekuan darah dan kesehatan tulang. Tomat juga mengandung vitamin B( dan asam folat yang berfungsi untuk membentuk sel dan jaringan serta melakukan pembentukan sel darah merah dan penutpan saraf tabung pada janin dalam perut ibu.

Selain zat-zat gizi yang memang awam dan sering dikenal oleh orang orang yang sempat disebutkan tadi, tomat juga memiliki kandungan likopen. Likopen adalah antioksidan kuat yang memberi warna merah pada tomat yang matang.

Semakin berwarna merah tomat maka, semakin tinggi pula kandungan likopennya. Likopen termasuk salah satu bagian dari karoten ini juga terdapat pada produk-produk olahan tomat, seperti saus tomat, jus tomat, dan pasta tomat.

Bahkan, jika anda mengubah tomat menjadi bahan bahan tersebut sering kali kandungan likopen pada produk tersebut lebih tinggi dibandingkan tomat mentah. Namun tentunya anda direkomendasikan untuk mengonsumsi buah tomat secara langsung dan tentunya yang sudah bersih.

Kandngan Likopen akan diserap dengan lebih baik oleh tubuh apabila tomat telah dimasak (tidak mentah) atau dikonsumsi dengan makanan sumber lemak

Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Dengan berbagai macam nutrisi dan kandungan dalam buah tomat, maka tak heran buah ini sering dijadikan salah satu makanan yang sehat. Banyak para ahli kesehatan yang merekomendasikan orang orang untuk mengosumsi makanan bulat berwarna merah ini.

manfaat buah tomat untuk kesehatan
sumber: grist.org

Berikut ini ialah manfaat tomat untuk kesehatan yang manfaanya bisa anda rasakan jika rutin mengonsumsinya.

1. Menguatkan Tulang

Seperti telah dibahas sebelumnya, buah tomat mengandung vitamin K yang cukup tinggi. Vitamin ini berfungsi untuk membuat tulang lebih kuat. Terlebih jika anda memiliki banyak aktivitas yang membutuhkan aktivitas fisik. Dengan mengonsumsi tomat maka tulang akan menjadi lebih kuat.

  Manfaat Buah Nanas

Selain karena kandungan vitamin K yang tinggi, kandungan likopen dalam buah tomat juga mampu membuat tulang menjadi lebih kuat. Hal ini dikarenakan likopen memiliki antioksidan yang tinggi yang dipercaya dapat membuat tulang menjadi lebih kokoh.

2. Untuk Diet

Memiliki badan ideal dan tidak berlebihan berat badan adalah idaman setiap orang, khususnya wanita. Tidak hanya mampu meningkatkan rasa percaya diri, badan yang ideal akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Hal ini akan membuat anda terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Dalam tomat terkandung likopen yang berfungsi untuk mengatur hormone yang dapat memicu nafsu makan. Jika anda ingin kenyang lebih lama dan mengatur pola makan, maka konsumsilah buah tomat secara teratur setiap hari. Tomat akan membuat proses diet menjadi lebih cepat dan tentunya lebih sehat.

3. Menghaluskan Kulit

Kulit yang bagus dan halus adalah idaman setiap wanita, mengonsumsi buah tomat ternyata mampu membuat kulit menjadi lebih halus. Untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan kulit menjadi lebih halus dan lembut kami akan membahas berbagai manfaat tomat untuk kecantikan yang akan dibahas pada bagian selanjutny.

4. Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya dan mematikan di dunia, hal ini dikarenakan sampai saat ini belum ada obat yang mampu menyembuhkan kanker. Namun, anda bisa mencegah kanker datang dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Salah satunya ialah dengan melakukan pola hidup yang sehat dan rutin mengonsumsi makanan yang bergizi.

Makanan bergizi yang bisa anda konsumsi secara rutin untuk dapat mencegah pertumbuhan sel kanker ialah buah tomat. Kandungan likopen pada tomat ternyata mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Untuk memaksimalkan fungsi tomat ini alangkah baiknya anda mengonsumsi buah tomat setelah di rebus. Hal ini dikarenakan likopen dan fitonutrisi pada tomat akan bekerja lebih maksimal setelah anda merebusnya dibandingkan dengan mengonsumsi tomat yang masih mentah dan belum matang.

5. Membuat Mata Lebih Sehat

Mata yang sehat adalah idaman semua orang, namun saat ini rasanya cukup sulit untuk menapatkan mata yang sehat. Hal ini dikarenakan frekuensi anda bekerja di depan laptop maupun handphone cukup banyak. Terkena radiasi dan menatap layar dalam waktu yang lama dapat membuat penglihatan menjadi lebih memburuk.

Namun anda tidak perlu khawatir, anda bisa melakukan berbagai cara untuk membuat mata menjadi lebih sehat. Selain mengurangi frekuensi menonton tv maupun penggunaan handphone serta menjaga jarak pandang, anda juga bisa mengonsumsi berbagia makanan. Termasuk buah tomat yang mengandung beta karoten dan vitamin A yang tinggi.

Kedua kandungan ini dipercaa dapat membuat mata bekerja lebih optimal serta meningkatkan produktivitas retina jika sedang dalam pencahayaan yang kurang. Selain itu, vitamin A juga mampu membantu perkembangan mata menjadi lebih baik.

6. Mengatasi Bisul

Apakah anda adalah salah satu orang yang sering terkena bisul? Biasanya orang yang alergi terhadap telur akan mengalami bisul setelah memakannya. Bila bisul terjadi di dareah wajah yang terlihat tentu hal ini sangat menganggu

  Manfaat Minyak Zaitun

Namun, anda tidak perlu khawatir karena saat ini ada makanan yang bisa mengatasi masalah ini. Dengan mengonsumsi tomat anda bisa mengurangi bisul. Caranya cukup makan buah tomat baik secara langsung maupun dibuat jus. Selain itu, anda bisa memanfaatkan biji tomat untuk diletakan pada daerah bisul. Panaskan biji tomat serta daging kemudian letakan beberapa saat di daerah bisul.

7. Mengatasi Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak diderita oleh orang Indonesia. Penyakit ini juga merupakan penyakit keturunan dimana tidak menutup kemungkinan jika orang tua mengalami penyakit jantung maka sang anak akan terkena.

Untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, anda bisa menjaga kesehatan dengan berbagai cara. Diantaranya ialah dengan mengonsumsi tomat yang mengandung antioksidan likopen, zat ini dipercaya banyak orang untuk mengatasi penyakit jantung.

Selain itu, dalam tomat juga terkandung kalium yang dipercaya mampu menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Kestabilan irama jantung juga dapat dijaga jika anda rutin mengomsunsi tomat ini. Baik dikonsumsi secara langsung maupun dibuat menjadi jus.

8. Mengatasi Keseleo

Selain dikonsumsi dan membuat tubuh menjadi lebih sehat, anda juga bisa menggunakan tomat sebagai obat luar. Diantaranya ialah untuk mengatasi keseleo dengan cara mengoleskannya. Anda hanya perlu menghancurkan tomat dengan menggunakan wijen sampai halus dan anda bisa memanfaatkan blender.

Kemudian campuran ini dipanaskan sampai berubah menjadi minyak, kemudian minyak ini anda gunakan untuk mengurut dan memijat bagian tubuh yang mengalami keselo.

9. Mencegah Sembelit

Sembeli merupakan salah satu masalah pencernaan yang sangat menganggu aktivitas sehari hari. Untuk mencegah hal ini terus terjadi anda bisa memanfaatkan tomat yang bisa mengatasi berbagai masalah pencernaan. Seperti telah dibahas sebelumnya, tomat mengandung serat yang tinggi.

Serat ini dapat memperlanca proses pencernaan sehingga anda bisa mendapatkan manfaat luar biasa bagi pencernaan anda. Sebelum berangkat kerja atau sekolah anda bisa mengonsumsi jus tomat untuk menjaga pencernaan.

10. Mengurangi tekanan Darah Tinggi

Tomat adalah sumber yang sangat baik dari “vitamin B dan potasium” yang memiliki manfaat efektif untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, jika anda sering mengonsumsi tomat dalam makanan harian, dapat secara efektif mengatur tekanan darah agar dalam kondisi yang normal.

11. Melindungi Penyakit Liver

Ternyata selain mengandung berbagai vitamin yang berguna untuk tbuh, tomat juga kaya akan kandungan “chlorine dan sulfur”, untuk menjaga fungsi liver dengan benar. Hal ini juga dapat melindungi liver dari kemacetan dan juga dapat membantu dalam melarutkan batu empedu pada tubuh.

12. Melindungi Infeksi

Manfaat tomat yang selanjutnya sangat berguna bagi anda yang rentan terkena berbagai infeksi. Tomat, juga berfungsi anti-septik alami oleh karena itu tomat bisa menghindari berbagai infeksi.

13. Membuang Racun

Manfaat tomat selanjutnya ialah mampu mengeluarkan berbagai macam racun yang ada dalam tubuh atau melakukan detoksfisikasi. Dengan kemampuan ini, tubuh dapat terhindar dari berbagai racun yang justru membuat berbagai organ tubuh melemah.

  Manfaat Buah Nanas

Mengonsumsi buah tomat secara rutin, anda dapat membersihkan tubuh anda menjadi lebih bersih dan bebas dari racun. Hal ini juga akan mempermudah kerja ginjal yang memang berfungsi untuk mengeluarkan racun dan zat zat yang tidak berguna dari dalam tubuh.

14. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Menjaga kesehatan bagi ibu hamil harus dilakukan oleh setiap wanita yang sedang mengandung tidak hanya baik untuk kesehatan ibu namun juga untuk perkembangan janin. Jika Anda rutin mengonsumsi buah tomat, maka daya tahan tubuh akan lebih kuat dan terhindar dari berbagai penyakit yang dapat berdampak pada janin.

Buah tomat juga mengandung asam folat yang ternyata sangat dibutuhkan oleh wanita yang sedang hamil. Mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat ternyata mampu mencegah bayi lahir dalam keadaan yang cacat sarag. Senyawa ini terkandung dalam berbagai suplemen. Akan lebih baik jika anda mengonsumsi buah tomat yang secara alami mengandung kandungan asam folat.

Mengonsumsi asam folat secara baik mampu membuat bayi lahir secara normal, selanjutnya kesehatan ibu juga semakin terjaga dan semakin siap untuk menghadapi persalinan. Seperti yang diketahui masa kehamilan dan proses persalinan merupakan masa paling berat sekaligus masa paling membahagiakan bagi seorang ibu.

15. Mengatasi Diabates

Salah satu penyakit yang sering dialami oleh orang Indonesia ialah penyakit Diabetes, penyakit ini bisa muncul karena kebiasaan mengonsumsi makanan gula dan manis yang terlalu sering. Untuk mengatasi masalah diabetes ini, anda harus mengurangi makanan manis dan menggantinya menjadi makanan yang lebih sehat.

Bagi anda yang menagalami penyakit diabetes, anda bisa mengonsumsi tomat untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Kadar gula ini akan kembali menjadi lebih normal dan penyakit diabetes anda secara perlahan juga akan lebih berkurang.

16. Menetralisir Radikal Bebas

Tubuh akan menjadi lebih mudah sakit jika sering terpapar radikal bebas, oleh karena itu anda harus mengonsumsi makanan yang bisa menangkal bahaya radikal bebas. Salah satunya ialah dengan mengonsumsi buah tomat. Kandungan vitamin A serta vitamin C yang ada dalam tomat mampu untuk menetralisir radikal bebas pada tubuh sehingga anda bisa menjadi lebih sehat.

Bagaimana, sekarang anda sudah tahu bukan berbagia manfaat dari buah tomat yang bisa anda konsumsi setiap hari. Semakin rutin anda mengonsumsi buah tomat maka tubuh akan menjadi lebih sehat. Konsumsi buah tomat dengan berbagai cara dan dapatkan tubuh yang lebih kuat.

Manfaat Tomat untuk Kecantikan

Selain bagus untuk kesehatan, tomat juga sering dipercaya untuk membuat kulit wajah menjadi lebih cantik. Berikut ini ialah berbagai manfaat yang bisa anda rasakan untuk kulit tubuh maupun kulit wajah yang berasal dari kandungan tomat.

1. Membuat Kulit Menjadi Lebih Cerah

Anda ingin mendapatkan kulit yang cerah dengan cara yang mudah dan murah? Anda bisa memanfaatkan tomat yang dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan cantik. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang ada pada tomat dipercaya dapat mencerahkan kulit wajah. Anda bisa memanfaatkan tomat dengan menggunakannya menjadi masker atau langsung menggosokannya ke kulit wajah. Dengan melakukan cara ini secara rutin, anda bisa mendapatkan kulit wajah yang cerah secara alami dan glowing sepanjang waktu.

  Manfaat Minyak Zaitun

2. Mengecilkan pori pori

Bagi sebagian besar wanita memiliki pori pori yang terbuka dapat menurunkan rasa percaya diri. Anda bisa memanfaatkan tomat untuk mengecilkan pori pori. Cara untuk mendapatkan hasil yang maksimal cukup mudah. Yakni anda hanya perlu mencapurkan tomat yang sudah hancurdengan sedikit jus lemon dan aplikasikan pada wajah Anda. Setelah itu anda bisa mengoleskannya dan membiarkan campuran ini berada di wajah anda setidaknya selama 20 menit. Lakukan treatmen ini setidaknya dua kali seminggu untuk melihat pori-pori terlihat mengecil.

3. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu hal yang sangat ditakuti ialah penuaan dini yang membuat umur menjadi terihat lebih tua dibandingkan dengan yang seharusnya. Tomat dapat membantu anda untuk menunda proses penuaan dini. Munculnya berbagi garis-garis halus dan kerutan dapat disamarkan dengan melakukan perawatan buah tomat. Kupaslah tomat dan hancurkan semua daging buahnya serta air jusnya sampai merata. Kemudian Campurkan dengan tepung hingga teksturnya berubah menjadi pasta.

Oleskan campuran ini pada wajah Anda sebagai masker dan biarkan sampai mengering, kemudian bilas dengan air dingin. Tambahkan sedikit minyak zaitun agar kulit wajah terasa lembab dan halus setelah menggunakannya.

4. Meredakan Jerawat

Salah satu masalah kulit wajah yang cukup sering terjadi ialah masalah jerawat, apalagi pada remaja yang sering melakukan berbagai aktivitas di lura ruangan dan terkena sinar matahari serta polusi udara. Bakter bakteri penyebab jerawat akan lebih mudah untuk tumbuh dan membuat jerawat di wajah anda. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan tomat. Tomat mengandung Vitamin A serta C, yang memiliki fungsi untuk membantu dalam mengurangi jerawat. Gosokkan wajah anda dengan menggunakan tomat terutama di daerah berjerawat selama 10 menit. Kemudian, bilas dengan menggunakan air dingin.

5. Kulit Berminyak

Memiliki kulit berminyak dapat membuat makeup menjadi tidak menempel secara sempurna. Selain itu, anda terlihat tidak fresh setiap waktu dengan jumlah kadar minyak berlebih pada kulit wajah. Anda bisa memanfaatkan buah tomat untuk menghilangkan kulit wajah yang berminyak.

Campur lah jus tomat dengan jus mentimun, dan oleskan pada wajah Anda dengan bantuan bola kapas. Lakukan perawatan ini setiap hari ini untuk mendapatkan kulit bebas dari minyak minyak berlebih pada wajah Anda. Tomat mengandung sifat zat alami yang dapat membantu untuk mengurangi kadar minyak berlebih, dan mentimun juga dapat membantu menenangkan dan mendinginkan kulit.

6. Menghilangkan Ketombe

Salah satu masalah rambut yang bisa terjadi pada rambut orang Indonesia yang sering terkena sinar matahari ialah masalah ketome. Namun, sekarang anda bisa mengatasi masalah ketombe yang menganggu denganmenggunakan tomat.

  Manfaat Buah Naga

Gunakanlah tomat segar yang sudah dihaluskan dan pijat kepala dengan baik dan lembut pada permukaan kulit kepala dan rambut. Biarkan selama kurang lebih 0 menit sebelum membilasnya dengan menggunakan air dingin. Hal ini jika dilakukan secara ruutin membantu untuk mengurangi masalah ketombe.

Selain itu, tomat juga bertindak sebagai kondisioner alami untuk rambut yang dapat membantu dalam peningkatan PH, dan juga dapat mengembalikan warna alami rambut setelah terkena matahari.

7. Mengatasi Kulit Terbakar Matahari

Anda pasti tahu bahwa matahari memiliki dampak yang buruk pada kulit sehingga anda harus mengurangi paparan langsung sinar matahari. Salah satunya ialah dengan menggunakan Sunblock maupun sun protection lainnya sehingga kulit bisa terhindar dari bahaya sinar matahari.

Kandungan lycopene dalam buah tomat, dapat meredakan efek buruk paparan sinar UV dari matahari setelah anda beraktivitas seharian di luar ruangan . Aplikasikan jus tomat yang telah dicampur dengan butter-milk ke area kulit yang terbaka, Kemudian bilas setelah 30 menit campuran tersebut meresap ke dalam kulit. Dengan rutin melakukan cara ini Ini akan meringankan luka bakar dan juga dapat menyembuhkan belang pada kulit.

8. Pengelupasan Sel Kulit Mati

Regenerasi kulit akan sangat diperlukan untuk membuat kulit menjadi lebih bersih. Anda bisa menggunakan tomat untuk melakukan pengelupasan sel kulit mati secara mudah dan aman. Celupkan potongan buah toma yang berukuran kecil ke dalamsebuah mangkuk gula dan gosok wajah Anda dengan lembut. Proses ini akan membantu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit bercahaya. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu agar hasilnya maksimal dan kulit menjadi lebih sehat.

9. Membuat kulit bersinar

Anda ingin memiliki kulit wajah yang bersinar dan berkilau seperti artis artis Korea? Tidak perlu menggunakan berbagai sikincare yang harganya mahal, anda bisa memanfaatkan tomat yang mudah di dapatkan. Caranya ialah dengan menggunakan tomat yang telah di cuci untuk membersihkan kulit wajah anda. Jika Anda memiliki kulit yang kusam, gunakan masker wajah dengan mencampur pure tomat dengan yogurt.

Ternyata tomat memiliki kandungan yang dapat menetralkan kulit wajah, sementara yoghurt bertugas untuk mencerahkan dan menutrisi kulit. Perawatan ini sangat baik untuk dilakukan saat musim panas dan membuat kulit wajah menjadi lebih segar.

Bagaimana anda sekarang sudah tahu bukan apa saja manfaat dari tomat ini? Selain untuk menjaga kesehatan karena berbaga kandungan nutrisi yang baik di dalamnya, tomat juga mampu digunakan sebagai alat kecantkan yang murah.

Karena berbagai manfaat yang bisa anda rasakan, mulai sekarang cobalah untuk stok tomat dalam rumah anda. Karena berbagai manfaat tersebut dapat membuat tubuh anda menjadi lebih sehat dan kulit menjadi lebih cantik.

***

Selamat mencoba dan rasakan manfaat buah tomat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan yang sedang cari, jangan lupa untuk membagikan info ini kepada teman-teman dan kerabatmu melalui media sosial.