Manfaat Buah Sirsak

Manfaat Buah Sirsak – Apakah anda tahu buah sirsak? Sebagai orang Indonesia tentunya buah yang satu ini sudah tidak asing lagi. Memiliki rasa yang manis dengan daging yang super lembut, buah sirsak menjadi salah satu buah favorit masyarakat Indonesia. Meskipun sudah akrab dengan lidah orang Indonesia, ternyata buah sirsak berasal dari Negara lain lohh. Lalu dari mana? Tunggu jawabannya dalam ulasan di bawah nanti ya!!

Selain rasa dagingnya yang enak, ternyata buah sirsak juga menyimpan sejuta manfaat untuk kehidupan manusia. Seperti buah pada umumnya, sirsak memiliki aneka kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan.

Untuk lebih jelasnya, mari kita langsung membahas mengenai asal usul dan manfaat buah sirsak yang wajib anda ketahui. Simak ulasannya di bawah ini ya!!

Asal Usul Buah Sirsak

manfaat buah sirsak
manfaat sirsak (pixabay.com)

Sebelum membahas tentang manfaat buah sirsak, kami akan jelaskan asal asul buah sirsak terlebih dahulu. Buah sirsak atau juga dikenal dengan durian belanda adalah salah satu buah tropis yang berasal dari kawasan Amerika Tengah dan Amerika Selatan seperti Argentina, Peru, dan kawasan hutan amazon. Tanaman yang bernama latin Annona Muricnate L ini mulai masuk ke Indonesia pada awal abad ke 19 ketika colonial belanda masih menguasai wilayah Indonesia. Penduduk belanda menamai buah ini dengan Zuurzak yang artinya adalah kantung asam. Nama Zuurzak inilah yang menjadi asal usul dari terbentuknya nama sirsak.

Penduduk asli Amerika Tengah dan Amerika Selatan di mana menjadi tempat ditemukannya buah sirsak menganggap buah ini sebagai buah yang memiliki arti cukup penting. Maka tak heran, buah sirsak ini menjadi buah pertama yang dikenalkan ke seluruh dunia. Sejarah dikenalnya buah sirsak ini diawali dari petualangan Colombus yang menemukan benua Amerila pada abda ke 17. Akhirnya petualang spanyol mulai menyebarkan buah sirsak ini melalui petualangannya mulari dari Afrika hingga Filipina.

Untuk kawasan Indonesia, buah sirsak banyak ditemukan di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Setelah menyadari manfaat buah sirsak yang cukup banyak akhirnya banyak pihak yang mulai membudidayakan buah sirsak untuk dimanfaatkan buah serta daunnya.

Selain bermanfaat, satu lagi faktor penyebab banyaknya petani yang gemar membudidayakan buah sirsak ini adalah perawatannya yang mudah dan dapat tumbuh di sembarang tempat. Namun untuk hasil yang lebih maksimal tanamlah buah sirsak pada ketinggian 100 meter di atas permukaan laut. Pastikan kebutuhan air dari tanaman ini juga terpenuhi. Apabila dirawat dengan baik, buah sirsak dapat tumbuh hingga ketinggian 9-10 meter dengan besar buah dapat mencapai 2,5 kg.

  Manfaat Buah Nanas

Untuk nama tiap kawasan di seluruh Indonesia memiliki sebutan yang berbeda-beda seperi mulwo untuk daerah jawa timur, nangka buris untuk Madura, srikaya jawa untuk kawasan bali, dan masih banyak lagi.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

manfaat buah sirsak
manfaat buah sirsk untuk kesehatan (pixabay.com)

Sudah tahu kan bagaimana asal usul buah sirsak sehingga ada banyak di Indonesia saat ini. Nah, sekarang waktunya kita bahas tentang manfaat buah sirsak. Ada banyak manfaat buah sirsak salah satunya adalah untuk kesehatan. Ini dia manfaat dan khasiat buah sirsak untuk kesehatan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan manusia adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa sistem kekebalan tubuh adalah gerbang atau tameng utama bagi tubuh dari berbagai macam penyakit, terutama yang berasal dari virus dan bakteri.

Buah sirsak mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung senyawa acetogenins, anomurine, muricapentonin, linoleic acid, dan masih banyak lagi. Zat-zat di atas sangat bagu suntuk merangsang sistem imunitas tubuh. selain itu, buah sirsak juga kaya akan vitamin C yang mampu merangsang produksi sel darah putih dalam tubuh.

Melancarkan Pencernaan

Anda sering susah buang air besar atau sembelit? Hati-hati, itu pertanda bahwa tubuh anda memiliki sistem pencernaan yang buruk. Sembelit atau susah buang air besar disebabkan karena tubuh tidak dapat mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga nutrisi yang terkandung di dalamnya pun akan terbuang percuma. Jadi, meskipun terkesan sepele, sembelit juga memiliki akibat yang cukup bahaya untuk tubuh.

Lalu bagaimana cara untuk menghindari risiko sembelit? Caranya adalah perbanyak konsumsi makanan dan minuman yang tinggi serat dan fiber, buah sirsak contohnya. Buah sirsak kaya akan vitamin B12 yang dapat menjaga membran mukosa usus agar sistem pencernaan tetap terjaga. Konsumsi buah sirsak juga dapat menjadi diuretik yang sangat amuh untuk membersihkan saluran pencernaan sehingga sisa kotoran, racun, dan garam yang menumpuk dalam tubuh dapat dibuang seluruhnya.

Pada awal konsumsi, buah sirsak mampu meredakan sakit akibat iritasi perut dan usus karena sifat anti inflamasi didalamnya. Zat alkaloid dan kuinolon juga mampu membunuh parasit dalam usus.

Membunuh Parasit dalam Tubuh

Pernah mendengar kalimat bahwa orang yang sulit gemuk di dalam tubuhnya terdapat cacing atau parasit yang mencuri semua nutrisi dan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Guyonan tersebut tidak sepenuhnya salah, karena perkembangan parasit di dalam tubuh dapat mengganggu kesehatan.

Lalu bagaimana cara membunuhnya? Caranya cukup mudah yaitu dengan menggagendakan pola hidup sehat. Jauhi makanan instan, hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang diolah dengan cara yang tidak higienis, dan konsumsi makanan dan minuman yang bergizi, buah misalnya.

Salah satu buah yang dipercaya mampu membunuh perkembangan parasit dan kuman di dalam tubuh adalah buah sirsak. Apa alasannya? Hal ini disebabkan karena buah sirsak memiliki nutrisi dan zat penting yang ampuh untuk membunuh parasit di dalam tubuh seperti asam askorbat, tiamin, riboflavin, zat besi, asam amino, dan lainnya. Untuk mendapatkan manfaat dari buah sirsak, anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau diolah menjadi jus buah.

  Manfaat Buah Alpukat

Penambah Energi Bagi Tubuh

Pernah merasakan tubuh lemas dan lesu seperti tiada gairah? Mungkin itu pertanda tubuh anda kekurangan energi dari zat karbohidrat. Biasanya gejala tubuh lemas ini dialami oleh seseorang yang menjalankan program diet karbohidrat atau puasa total.

Lalu bagaimana cara mengembalikan energy sehingga tubuh dapat kembali bugar seperti semula? Caranya cukup mudah yaitu konsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi seperti nasi, kentang, roti, ubi, dan masih banyak lagi. Agar tubuh kembali bugar dengan lebih cepat anda dapat mengonsumsi buah yang mengandug karbohidrat dan nutrisi lainnya.

Buah apa itu? Buah yang memiliki kandungan karbohidrat memang jarang, tetapi tenang kami ada satu buah yang dapat anda jadikan penambah vitamin dan energy yaitu buah sirsak. Buah sirsak adalah salah satu buah yang memiliki kandungan karbohidrat dan viamin B1 yang mampu meningkatkan kerja jantung, otak, dan ginjal sehingga zat glukosa dalam tubuh dapat diubah menjadi energi.

Meningkatkan konsentrasi

Tidak berhenti hanya sebagai makanan penambah energy, ternyata buah sirsak juga sangat ampuh dalam fungsinya meningkatkan konsentrasi. Buah sirsak mengandung vitamin yang mampu membantu otak dalam melepaskan stress dan meningkatkan kerja sistem saraf motorik.

Selain itu, buah sirsak juga mengandung zat riboflavin yang berfungsi dalam merangsang produksi sel darah merah. Sel darah merah tersebut akan membawa oksigen untuk ke otak dan seluruh jaringan di dalam tubuh. seperti yang kita ketahui bahwa tingkat konsentrasi yang menurun disebabkan oleh kurangnya pasokan sel darah merah dan oksigen di dalam otak, sehingga bekerja secara lebih lambat.

Mencegah Kanker

Seperti yang kita ketahui bahwa pada saat ini banyak sekali penyakit berbahaya yang menyerang tubuh manusia, seperti diabetes, tumor, HIV, kanker, dan masih banyak lagi. Kali kita akan membahas mengenai penyakit kanker. Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat seperti konsumsi makanan yang tidak sehat, penggunaan bahan kimia sebagai produk kecantikan, paparan sinar matahari secara terus menerus, merokok, dan masih banyak lagi.

Sebagai upaya pencegahan anda direkomendasikan untuk menerapkan hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi, buah-buahan contohnya. Salah satu buah yang dipercaya ampuh untuk mencegah dan mengurangi risiko kanker adalah buah sirsak. Mengapa? Karena buah sirsak mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. vitamin C juga mampu mengurangi efek mual setelah proses kemoterapi.

Mencegah Risiko Serangan Jantung

Tahukah anda bahwa ternyata penyakit yang paling sering merenggut kebersamaan seseorang dengan keluarganya adalah serangan jantung. Sesuai dengan namanya, penyakit ini menyerang jantung secara tiba-tiba. Penyebabnya adalah arteri jantung yang mengalami penebalan sehingga aliran darah menjadi tidak lancar.

Salah satu langkah pencegahan serangan jantung adalah hidup teratur dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan salah satunya adalah buah sirsak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, buah sirsak mampu menghilangkan aterosklerosis di dalam jantung. Serupa dengan pencegahan pada penyakit kanker, vitamin C pada buah sirsak mampu menjadi tameng tubuh untuk risiko serangan jantung.

  Manfaat Buah Pisang

Selain itu, kandungan vitamin B1 pada buah sirsak mampu mempercepat metabolisme dan sikulasi darah.

Mencegah Osteroporosis

Bagi anda warga Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan penyakit osteoporosis. Pasalnya osteoporosis menjadi penyakit yang dikampanyekan untuk diberantas oleh merek susu dan suplemen tulang ternama di Indonesia. Lalu apa itu osteoporosis? Osteoporosis adalah penyakit di mana tulang mengalami penurunan kepadatan secara perlahan yang dapat menyebabkan tulang menjadi keropos. Penderita osteoporosis memiliki proses pembentukan tulang yang baru lebih lama dibandingkan dengan pembuangan jaringan tulang lama.

Untuk mencegah datangnya penyakit osteoporosis ini anda dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kalsium, magnesium, dan fosfor. Selain susu, ternyata makanan yang ampuh untuk mencegah datangnya penyakit osteoporosis adalah buah sirsak. Mengapa? Karena buah sirsak menjadi salah satu buah dengan kandungan kalsium dan fosfor yang cukup tinggi.

Mencegah Insomnia

Apa itu insomnia? Insomnia adalah keadaan di mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur. Bukan hanya 1 atau 2 jam, tetapi penderita insomnia dapat tidak tidur selama semalam suntuk. Apabila berlangsung terus-menerus tentunya penyakit tersebut akan sangat berbahaya karena tubuh tidak mendapatkan porsi tidur yang cukup.

Untuk menyembuhkan insomnia tersebut banyak orang yang menggunakan jalan pintas dengan mengonsumsi obat tidur untuk memaksa memunculkan rasa kantuk. Apabila dikonsumsi 1 atau 2 hari saja mungkin tidak akan memiliki pengaruh yang signifikan pada tubuh, tetapi apabila berlangsung lama, tentunya tubuh akan bereaksi.

Maka dari itu, dibutuhkan cara yang alami agar tubuh kembali sehat tanpa harus mengonsumsi obat-obatan yang membahayakan. Untuk itu, kami punya solusinya yaitu dengan perbanyak konsumsi buah sirsak. Mengapa? Karena buah sirsak mengandung zat tryptophan yang mampu merelaksasikan tubuh sehingga mudah mengantuk.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kecantikan

manfaat buah sirsak bagi kecantikan
manfaat buah sirsak untuk kecantikan (pixabay.com)

Ternyata tidak hanya memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan saja. Khasiat dan manfaat buah sirsak yang lainnya adalah bisa digunakan untuk kecantikan. Berikut ini manfaat buah sirsak untuk kecantikan.

Mencegah Penuaan Dini

Bagi anda gadis yang telah berusia 25 tahun ke atas pasti penuaan dini menjadi hal yang paling ditakutkan. Sesuai dengan namanya, penuaan dini menyebabkan kondisi kulit menjadi lebih tua dibandingkan dengan usia seharusnya. Contohnya saja anda mulai memasuki usia 23 tahun di mana kulit seharusnya masih segar, kenyal, dan lembab. Namun, tiba-tiba kulit anda menjadi lebih kering, keriput, dan kurang elastis. Nah, itulah yang dinamakan dengan penuaan dini.

Untuk mengatasinya banyak orang yang berlomba-lomba menggunakan skincare dengan harga selangit atau perawatan di salon berjam-jam yang menghabiskan waktu. Semua perawatan tersebut tidak akan ada gunanya apabila tidak diimbangi dengan perawatan dari dalam. Perawatan dari dalam ini dilakukan dengan cara perbanyak konsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi, terutama buah.

Buah yang sangat ampuh untuk mengurangi risiko penuaan dini adalah sirsak. Hal tersebut dikarenakan buah sirsak memiliki kandungan asam askorbat, anti oksidan, dan vitamin C yang cukup tinggi. Ketiga zat tersebut dikenal sangat ampuh dalam melawan tanda-tanda munculnya penuaan dini.

  Manfaat Kunyit

Mencegah Rambut Rontok

Sedang banyak pikiran atau tidak sempat perawatan rambut di salon? Mungkin itu menjadi salah satu faktor rambut anda mengalami kerontokan cukup parah. Kerontokan rambut ini biasanya disebabkan oleh stress, gangguan masalah kesehatan, produk perawatan rambut yang tidak cocok, usia, dan masih banyak lagi.

Daripada menggunakan perawatan salon yang mahal, lebih baik anda menggunakan bahan-bahan alami yang lebih terjangkau dan aman. Salah satu bahan yang terkenal mampu menyuburkan dan mencegah kerontokan rambut adalah buah sirsak. Hal tersebut dikarenakan buah sirsak memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang mampu menjaga kesuburan rambut.

Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan tidak mudah rontok dengan menggunakan buah sirsak caranya cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Siapkan satu buah sirsak berukuran sedang dan 5 lembar daun sirsak
  • Kupas kulit buah sirsak dan cuci daun sirsak hingga bersih
  • Tumbuk daun sirsak hingga halus, dan campurkan dengan buah sirsak yang telah dilumat halus
  • Gunakan campuran tumbukan daging dan daun buah sirsak tersebut sebagai masker rambut
  • Diamkan selama 30 menit, kemudian keramas dengan air hangat
  • Selain perawatan dari luar, anda juga disarankan untuk mengonsumsi buah sirsak secara rutin.

Menghilangkan Ketombe

Selain rambut, terdapat satu lagi masalah kulit yang sangat menyebalkan yaitu ketombe. Ketombe sangatlah mengganggu karena akan membuat kepercayaan diri menurun dengan titik-titik putih yang menempel pada pakaian.

Kemunculan masalah ketombe ini biasanya disebabkan oleh kulit kepala kering atau berminyak, stress, iritasi kulit kepala, hormon yang tidak seimbang, reaksi terhadap suatu produk perawatan rambut, jarang keramas, dan masih banyak lagi. Namun biasanya salah satu faktor yang menjadi penyebab dari munculnya ketombe adalah penggunaan produk perawatan rambut yang berganti-ganti.

Selain rutin membersihkan rambut dengan cara keramas menggunakan shampoo kesayangan, anda juga dapat menggunakan cara alternative yang lebih alami dan aman, salah satunya adalah dengan masker buah sirsak. Buah sirsak adalah salah satu buah yang memiliki kandungan anti parasit yang mampu membunuh bakteri penyebab ketombe dan kulit kepala gatal.

Cara membuat masker buah sirsak untuk perawatan rambut cukup mudah yaitu:

  • Siapkan satu buah sirsak berukuran sedang dan 5 lembar daun sirsak
  • Kupas kulit buah sirsak dan cuci daun sirsak hingga bersih
  • Tumbuk daun sirsak hingga halus, dan campurkan dengan buah sirsak yang telah dilumat halus
  • Tambahkan dua sendok makan madu dan gunakan sebagai masker rambut
  • Pijat-pijat rambut dan diamkan selama 30 menit, kemudian keramas dengan air hangat
  • Selain perawatan dari luar, anda juga disarankan untuk mengonsumsi buah sirsak secara rutin.

Melembabkan Kulit

Kulit kering adalah masalah kulit yang cukup serius dan mampu menyebabkan masalah lain seperti jerawat, kulit keriput, penuaan dini, dan masih banyak lagi. Maka dari itu banyak orang yang mencoba melembabkan kulit menggunakan produk kecantikan yang terdiri dari banyak langkah dengan harga jutaan rupiah.

Kami punya solusi bagi anda yang ingin memiliki kulit lembab namun dengan harga terjangkau dan tetap aman meskipun digunakan setiap hari. Apa itu? Yaitu dengan masker buah sirsak. Buah sirsak memiliki kandungan asam askorbat, anti oksidan, dan vitamin C yang dipercaya sangat ampuh dalam mengembalikan minyak alami kulit sehingga terasa lebih lembab dan elastic.

  Manfaat Buah Tomat

Cara membuat masker buah sirsak cukup mudah yaitu dengan menghaluskan buah sirsak, kemudian ditambahkan dua sendok makan madu. Oleskan ke seluruh wajah, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat. Perawatan kecantikan menggunakan buah sirsak ini dapat anda lakukan setiap hari karena berasal dari bahan alami sehingga cukup aman.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Ibu Hamil

manfaat buah sirsak
manfaat buah sirsak bagi ibu hamil (pixabay.com)

Untuk Anda yang sedang hamil, ternyata buah sirsak juga bisa Anda konsumsi untuk mengatasi beberapa masalah pada masa kehamilan lho. Berikut ini beberapa manfaat buah sirsak untuk ibu hamil.

Mencegah Mual

Mual adalah sesuatu yang sangat wajar untuk dialami oleh ibu hamil, terutama ketika menginjak usia trimester pertama. Bahkan banyak ibu hamil yang kehilangan nafsu makannya karena mual sehingg harus mendapatkan sokongan cairan tambahan dari infuse. Tentu hal tersebut sangat berbahaya, baik untuk ibu hamil atau buah hati yang dikandungnya.

Maka tak heran dokter atau bidan menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi vitamin atau susu untuk mengurangi rasa mual. Hal tersebut tentu saja benar mengingat sang bayi membutuhkan nutrisi dari susu dan vitamin.

Selain dari kedua bahan tersebut, anda juga disarankan mengonsumsi buah yang mampu meredakan mual, buah sirsak misalnya. Hal tersebut dikarenakan daging buah sirsak yang sedikit asam sehingga mampu merangsang produksi air liur.

Pembentukan Tulang Janin

Pada trimester pertama, sang jabang bayi di dalam perut mulai mulai mengalami proses pembentukan bagian tubuh mulai dari kepala, perut, otak, jantung, tulang, dan sebagainya. Maka dari itu, pada trimester pertama inilah tubuh ibu hamil diharuskan mengonsumsi aneka makanan dan minuman yang bergizi. Selain susu dan vitamin, ibu hamil juga disarankan mengonsumsi ikan laut seperti tuna, salmon, tongkol, dll karena kaya akan protein dan minyak ikan.

Tak hanya dari susu, anda juga disarankan untuk meningkatkan konsumsi makanan tinggi kalsium untuk proses pembentukan tulang janin. Salah satu makanan yang tinggi kandungan kalsium adalah buah sirsak. Selain kalsium, buah sirsak juga kaya akan mineral dan vitamin lainnya, sehingga tulang janin akan tumbuh lebih kuat dan mengurangi risiko kecacatan.

Anda dapat mengonsumsi buah sirsak secara langsung atau diolah menjadi jus yang ditambahkan sedikit madu dan susu.

Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun atau kekebalan tubuh adalah hal yang paling utama dalam kesehatan. Mengapa? Pasalnya sistem imun ini menjadi tameng atau kubah pertama yang melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit, terutama yang disebabkan oleh virus. Sistem imun menjadi hal yang sangat penting bagi ibu hamil, karena selain dirinya sendiri kesehatan sang jabang bayi juga berada di tangannya. Maka dari itu, diperlukan perlindungan ekstra dalam merawat sistem imunnya.

Salah satu cara melindungi sistem imun adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Makanan yang dipercaya ampuh dalam menjaga kekebalan tubuh adalah buah sirsak. Pasalnya buah sirsak tinggi akan kandungan antioksidan dan vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. apabila dikonsumsi secara rutin, niscaya tubuh akan tetap sehat dan bugar serta terhindar dari berbagai penyakit.

  Manfaat Minyak Zaitun

Melancarkan Pencernaan

Sungguh besar jasa ibu ketika sedang mengandung. Selain mual dan lemas tiada tenaga, ibu hamil juga kerap mengalami sembelit atau pencernaan tidak lancar. Kehadiran dari buah hati di dalam kandungan tentunya memicu perubahan pada rahim sehingga pencernaan juga turut bermasalah.

Selain tinggi vitamin C dan antioksidan yang baik untuk sistem imun tubuh, buah sirsak juga tinggi serat dan fiber yang mampu melancarkan pencernaan ibu hamil. Konsumsi buah sirsak dua minggu sekali dengan cara di jus yang ditambahkan sedikit madu dan susu.

Melancarkan ASI

Setelah membahas perkembangan sang buah hati di dalam kandungan, kini saatnya beralih pada fase melahirkan. Pada umumnya setelah melahirkan, tubuh ibu akan mengeluarkan ASI (Air susu ibu) yang telah diproduksi selama kehamilan. Maka tak heran biasanya payudara ibu hamil akan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan wanita yang tidak hamil.

Meskipun demikian, volume atau kuantitas dari ASI untuk setiap ibu berbeda-beda. Ada yang sangat lancar hingga tumpah, ada pula yang kurang, atau bahkan tidak keluar sama sekali. Mengingat ASI adalah hal yang sangat penting bagi perkembangan bayi, tentu anda menginginkan kebutuhan ASI buah hati anda tercukupi.

Sebagai langkah antisipasi agar kebutuhan ASI buah hati terpenuhi dengan baik, anda disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang merangsang produksi ASI baik sebelum atau sesudah melahirkan. Selain susu menyusui dan daun katuk, terdapat bahan lain yang terkenal ampuh untuk merangsang produksi ASI yaitu buah sirsak. Usahakan untuk mengonsumsi buah sirsak ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

Mengobati Diare Pada Anak

Diare adalah salah satu penyakit yang kerap kali menyerang anak-anak terutama bayi yang baru lahir. Salah satu faktor penyebabnya adalah sistem pencernaan yang belum dapat menyesuaikan dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu. Makanan dan minuman tersebut disalurkan sari patinya dalam bentuk ASI. Maka dari itu, biasanya ibu hamil harus benar-benar menjaga asupan makananya agar kesehatan bayi tetap terjaga.

Tak hanya untuk bayi baru lahir, diare juga sering terjadi pada anak balita yang berada pada masa perkembangan dan pertumbuhan. Mengonsumsi makanan yang terlalu pedas atau asin juga dapat menjadi salah satu penyebab diare ini.

Bunda jangan terlalu terburu-buru untuk menggunakan obat agar diare segera mampet, gunakanlah bahan-bahan alami agar lebih aman dan higienis. Salah satu buah yang terkenal akan keampuhannya dalam menyembuhkan diare adalah buah sirsak.

Demikian ulasan lengkap mengenai sejarah asal usul dan manfaat buah sirsak untuk seluruh aspek kehidupan manusia. semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.