Manfaat Buah Pisang

Manfaat Buah Pisang – Siapa sih yang tidak tahu dengan buah berwarna kuning ini? Ya, pisang merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi oleh banyak orang karena mengandung berbagai manfaat.

Pisang sendiri merupakan buah buahan yang mudah ditemui dimanapun. Berbagai lapisan masyarakat Indonesia yang percaya mengonsumsi buah ini dapat memberikan berbagai manfaat.

Pisang diolah menjadi berbagai minuman dan makanan yang tentunya memiliki rasa yang lezat. Selain rasanya yang nikmat, mengolah pisang ternyata juga dapat membuat makanan menjadi lebih sehat.

Nyatanya memang pisang mengandung berbagai zat yang baik untuk tubuh.


Kandungan Nutrisi Buah Pisang

kandungan dan manfaat buah pisang
manfaat buah pisang

Oke, sebelum membahas tentang manfaat buah pisang. Alangkah lebih baik jika Anda tahu dulu apa saja kandungan yang ada di dalam buah pisang.

Yang mana, kandungan dalam buah pisang inilah yang membuat pisang memiliki manfaat dan khasiat luar biasa. Berikut ini ialah kandungan yang terdapat dalam buah pisang

1. Karbohidrat

Kandungan pertama yang ada pada pisang yang bermanfaat bagi tubuh ialah karbohidrat. Karbohidrat adalah salah satu sumber energi utama yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Jika Anda kehilangan energi setelah melakukan kegiatan berat seperti berolahraga, maka Anda bisa menggantinya dengan pisang.

Mengonsumsi buah pisang juga mampu mengisi energi cadangan yang biasanya akan habis sebelum jam makan tiba. Jika Anda lapar dan membutuhkan energi yang lebih banyak, maka jangan ragu untuk sering mengonsumsi buah pisang.

2. Vitamin C

Seperti buah berwarna cerah lainnya, pisang ternyata juga kaya akan kandungan vitamin C yang bagus untuk tubuh. Dalam satu buah pisang mengandung 10 mg vitamin C.

Jumlah ini setara dengan 15% dari kebutuhan vitamin C harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin C sangat bagus untuk membuat ketahanan tubuh menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah terkena berbagai virus yang menyebabkan penyakit.

3. Pottasium

Salah satu kandungan yang paling terkendal dari buah pisang ini ialah kandungan potasiumnya. Dalam satu buah pisang yang memiliki ukuran sedang mengandung potassium sebanyak 400 mg.

  Manfaat Buah Nanas

Pottasium merupakan zat yang dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh manusia. Fungsi lain potassium ialah untuk mencegah terjadinya kram otot setelah melakukan olahraga.

4. Serat

Tubuh kita memerlukan zat serat untuk membantu melancarkan pencernaan, jika Anda sedang mengalami masalah pencernaan maka tingkatkan pengonsumsian serat.

Anda bisa mendapatan serat dari mengonsumsi buah pisang, karena satu buah pisang mengandung 3 gram serat.

Pisang juga bagus dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan diet. Kandungan serat yang tinggi dalam buah ini dapat membuat tubuh terasa kenyang lebih lama.

5. Vitamin B6

Tidak hanya mengandung vitamin C, ternyata pisang juga mengonsumsi Vitamin V6.

Vitamin B ini biasanya didapatkan dari berbagai produk hewani. Namun, vitamin B6 yang disebut dengan pyridoxine bisa didapatkan jika Anda mengosumsi pisang pisang.

Vitamin B6 dibutuhkan oleh tubuh untuk menumbuhkan sel-sel baru. Nah, dengan mengonsumsi buah pisang, maka 35% kebutuhan Vitamin B6 harian akan tercukupi.

6. Mangan

Kandungan terakhir dari buah berwarna kuning ini yang akan dibahas ialah zat mangan. Mangan merupakan sebuah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan tulang serta dapat membantu proses metabolisme.

Setiap hari, orang dewasa membutuhkan asupan mangan sebanyak 1, 8 hingga 2, 3 mg. Kebutuhan mangan itu bisa Anda penuhi dengan sering mengonsumsi buah pisang.

Selain berbagai kandungan yang sudah disebutkan di atas, pisang juga mengandung nutrisi dan mineral lain yang bermanfaat bagi tubuh.

Zat zat tersebut seperti seperti magnesium, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin E, folat, karoten, dan asam amino. Hanya saja memang kandungan zat zat tersebut tidak sebanyak kandungan zat yang disebutkan sebelumnya.

Bagaimana, sekarang Anda sudah mengetahui kandungan zat yang baik dari buah pisang bukan? Karena itu, jangan ragu untuk mengonsumsi buah ini setiap hari.

Mengonsumsi buah sudah tentu punya banyak manfaat terutama bagi kesehatan tubuh.


Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

manfaat buah pisang untuk kesehatan
manfaat buah pisang untuk kesehatan

Lalu, bagaimana sebenarnya manfaat buah pisang ini untuk kesehatan tubuh? Kali ini kami akan membahas lebih detail mengenai manfaat buah pisang untuk kesehatan.

Berikut ini ialah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan rutin mengonsumsi buah pisang.

1. Sumber energi

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, buah pisang ini mengandung karbohidrat yang merupakan sumber energi. Buah pisang mudah dicerna dalam tubuh, selain karbohidrat pisang mengandung gula yang dapat diubah menjadi sumber tenaga secara cepat.

Hal ini bagus dalam pembentukan tubuh dan baik pula untuk kerja otot. Mengonsumsi buah pisang juga bisa membuat tubuh menjadi tidak mudah lelah.

2. Baik ibu hamil

Saat sedang hamil sebaiknya ibu hamil mengonsumsi berbagai makanan sehat. Salah satu makanan sehat yang baik dikonsumsi ialah buah pisang.

Mengonsumsi buah pisang juga disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil dikarenakan pisang mengandung asam folat dan mudah diserap janin melalui rahim. Meskipun baik namun jangan mengonsumsi pisang terlalu berlebihan, sebab satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori.

3. Mengatasi anemia

Anda mengalami anemia sehingga mudah lelah? Tidak perlu khawatir, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mengonsumsi buah pisang. Setidaknya mengonsumsi dua buah pisang setiap hari bagus bagi penderita anemia.

  Manfaat Buah Tomat

Hal ini dikarenakan dalam buah pisang terkandung Fe (zat besi) tinggi.

4. Mengatasi penyakit usus dan perut

Buah berwarna kuning juga baik dikonsumsi oleh para penderita masalah pencernaan. Mencampurkan buah pisang dengan susu cair (atau dimasukkan dalam segelas susu cair) dapat dihidangkan sebagai obat bagi penderita penyakit usus.

Rauan ini juga direkomendasikan oleh para pasien sakit perut dan cholik karena dapat menetralkan keasaman lambung.

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat berbagai ramuan dari buah pisang, Anda bisa mengonsumsi pisang secara utuh.

Mengonsumsi pisang utuh ataupun pisang yang sudah dihancurkan hingga halus dapat dikonsumsi oleh pasien yang menderita diare.

5. Manfaat bagi penderita lever

Buah pisang juga bermanfaat bagi penderita penyakit liver. Bagi Anda yang memiliki keluarga yang menyakiti penyakit ini, anjurkan mereka untuk mengonsumsi buah pisang secara rutin.

Kandungan zat dalam pisang baik untuk penderita penyakit lever, sebaiknya Anda mengonsumsi pisang dsua buah ditambah satu sendok madu, murni.

Selain baik untuk liver, buah ini juga dapat menambah nafsu makan dan memperkuat tubuh.

6. Menyembuhkan luka bakar

Selain bagus dikonsumsi secara langsung ternyata pisang juga bisa dijadikan sebagai obat luar. Caranya ialah dengan memanfaatkan daun pisang yang dapat digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar.

Penggunaan daun pisang ini ialah dengan dioleskan, campuran abu daun pisang kemudian ditambahkan minyak kelapa mempunyai pengaruh mendinginkan kulit.

7. Manfaat bagi diabetes

Salah satu penyakit yang sering diderita oleh masyarakat Indonesia ialah diabetes. Selain mengurangi makanan manis, Anda bisa mengonsumsi buah pisang untuk mengobati penyakit diabetes.

Salah satu jeis pisang yang dianggap bagus untuk penderita diabetes ialah pisang goroho. Bagi masyarakat Gorontalo (Sulawesi Utara), jenis pisang goroho yakni pisang khas daerah setempat dan merupakan makanan pokok bagi orang orang yang menderita diabetes.

Untuk mengatasi diabetes, pilihlah pisang goroho yang belum matang lalu kukus dan dicampur dengan kelapa parut muda. Makanan ini bisa menjadi pengganti nasi yang mengandung gula tinggi.

8. Mempercantik kulit

Selain bagus untuk kesehatan, pisang juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit. Dengan buah pisang yang mudah ditemukan, Anda bisa mempercantik diri Anda secara alami.

9. Mengontrol berat badan

Berat badan yang ideal akan membuat seseorang lebih percaya diri untuk melakukan berbagai aktivitas. Oleh karena itu, Anda harus memilih berbagai makanan yang memiliki kandungan gula yang rendah sehingga dapat mengontrol berat badan.

Salah satu makanan yang bisa Anda konsumsi ialah buah pisang.

Pisang memilik peranan dalam penurunan berat badan sekaligus menaikkan berat badan. Salah satu perpaduan buah pisang yang baik dikonsumsi untuk Anda yang sedang diet adalah empat buah pisang dan empat gelas susu non-lemak atau susu cair per hari sedikitnya tiga hari dalam seminggu.

Dengan jumlah kalori hanya 1250 dan menu tersebut cukup menyehatkan.

Diet dengan menggunakan buah pisang ini dapat tersebut membuat kulit wajah tidak berminyak dan bersih.

  Manfaat Buah Alpukat

Sebaliknya jika Anda ingin memiliki berat badan yang lebih meningkat lagi ialah denga mengonsumsi satu gelas banana milk-shake dicampur dengan madu, buah-buahan, kacang, dan mangga sesudah makan.

Rutinitas ini dapat membuat berat badan menjadi lebih meningkat.

10. Mengatasi depresi

Ternyata mengonsumsi buah pisang bisa membantu orang orang yang mengalami masalah mental seperti depresi. Mengonsumsi buah pisang dapat membantu para penderita depresi menjadi lebih tenang dan tentunya lebih bahagia.

Manfaat pisang dalam membantu mengatasi depresi dikarenakan buah pisang ini mengandung kadar tryptophan yang tinggi. Kemudian kadar tryptophan ini diubah menjadi serotonin – neurotransmitter yang membuat otak untuk berpikir lebih bahagia.

11. Mencegah kram otot

Anda adalah seseorang yang gemar melakukan olahraga? Sebelum melakukan olahraga jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan untuk menghindari diri dari terjadinya kramm yang menganggu.

Selain melakukan pemanasan yang tepat, Anda juga bisa melindungi diri dari kram otot selama latihan dan kram kaki di malam hari dengan makan pisang. Konsumsi 1 buah pisang segar sebelum melakukan olahraga sekaligus untuk memberikan tambahan energi.

12. Memperkuat tulang

Tulang yang kuat dapat membuat berbagai aktivitas terasa lebih mudah dilakukan. Hal yang dapat membuat tulang Anda menjadi kuat diantaranya ialah vitamin D yang tinggi.

Selain itu, sinar matahari pagi hari yang cukup dapat membuat tulang menjadi lebih kuat.

Mengonsumsi pisang ternyata juga dapat membantu tulang menjadi lebih kuat. Saat sedang buang air kecil, kalsium akan hilang oleh karena itu Anda membutuhkan suplementasi menggunakan pisag untuk membuat tulang menjadi lebih kuat.

13. Mengatasi mood

Karena berbagai aktivitas dan berinteraksi dengan beragam orang, tentu mood bisa dengan mudah berubah. Jika mood sedang buruk, tentu akan membuat berbagai hal menjadi kacau.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus pintar mengatur suasana hati sehingga menjadi lebih bahagia.

Salah satu cara untuk meningkatkan suasana hati Anda ialah dengan mengonsumsi buah pisang.

Selain itu, pisang juga bisa membantu mengurangi gejala PMS dengan, cara mengatur gula darah dan menghasilkan relaksasi penghilang stres.

14. Menurunkan hipertensi

Hipertensi adalah salah satu penyakit yang bisa menyebabkan berbagai kompilkasi lainnya yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Menjaga makanan harus dilakukan bagi penderita hipertensi.

Diantara usaha tersebut adalah dengan mengonsumsi buah buahan yang rendah garam agar kinerja ginjal tidak menjadi lebih berat.

Buah yang bagus dikonsumsi bagi penderita hipertensi ialah buah pisang. Hal ini dikarenakan pisang mengandung yinggi kalium dan rendah garam, pisang secara resmi diakui oleh FDA mampu menurunkan tekanan darah dan melindungi terhadap serangan jantung dan stroke.

15. Membuang racun

Salah satu fungsi ginjal ialah untuk membuang racun racun yang berbahaya dari dalam tubuh. Jika racun masih ada dalam tubuh tentu kesehatan tubuh bisa terancam.

Namun, Anda bisa mempermudah kerja ginjal dalam membuang racun dengan mengonsumsi makanan makanan sehat seperti buah pisang.

Buah pisang kaya akan pectin sehingga dapat membantu pencernaan dan dengan lembut mengelupas racun dan logam berat dari tubuh.

16. Prebiotik

Pisang juga dapat berfungsi sebagai prebiotik, merangsang pertumbuhan bakteri ramah di usus.

  Manfaat Kunyit

Bakteri ramah ini akan memproduksi enzim pencernaan untuk membantu menyerap nutrisi.

17. Mengatasi sembelit

Anda tentu pernah mengalami masalah sembelit yang sangat menganggu. Tidak perlu khawatir, sekarang Anda bisa menyembuhkan sembelit dengan cara yang mudah dan tentunya murah.

Konsumsi pisang untuk membantu pencernaan menjadi lebih baik.

Kandungan Serat yang tinggi dalam pisang dapat membantu menormalkan motilitas usus. Setidaknya konsumsi dua buah pisang untuk mengganti nasi sehingga energi Anda masih terpenuhi.

18. Meredakan sakit maag

Jika Anda memiliki maag maka Anda harus memperhatikan jadwal makan Anda sehingga maag tidak mudah kambuh. Jika Anda melewatkan makan maka tubuh Anda akan merasakan maag yang amat menganggu.

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mengonsumsi buah pisang untuk mengisi perut yang kosong.

Buah pisang adalah satu-satunya buah mentah yang aman dikonsumsi tanpa distres untuk meredakan sakit maag dengan melapisi selaput lambung terhadap asam korosif. Bagi Anda penderita maag segera stok pisang segar di rumah dan konsumsi setiap hari.

19. Mencegah kanker ginjal

Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sulit disembuhkan. Oleh karena itu sebaiknya Anda melakukan berbagai cara untuk mencegah terjadinya kanker pada tubuh.

Salah satunya ialah dengan mengonsumsi berbagai makanan lezat dan bergizi.

Makan pisang akan membantu mencegah kanker ginjal karena mampu membuang racun yang ada pada tubuh. Seperti diketahui ginjal berfungsi untuk membuah racun racun dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi pisang maka kinerja ginjal akan terbantu. Selain itu ginjal juga mampu untuk melindungi mata terhadap degenerasi makula dan membangun tulang yang kuat dengan meningkatkan penyerapan kalsium.

20. Pemulihan setelah berhenti merokok

Merokok adalah salah satu kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan kerusakan pada berbagai organ penting pada tubuh. Anda sedang berusaha untuk berhenti merokok? Konsumsi buah pisang untuk membantu proses menghilangkan ketergantungan pada rokok.

Buah pisang mengandung kadar vitamin B yang tinggi serta kalium dan magnesium untuk mempercepat pemulihan dari efek merokok. Selain mempercepat pemberhentian ketergantungan pada rokok, tubuh akan menjadi lebih sehat dan kuat.

Bagaimana, banyak sekali bukan manfaat yang bisa Anda rasakan dengan mengonsumsi buah kuning ini. Berbagai manfaat dan nutrisi yang cukup akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.


Manfaat Buah Pisang untuk Kecantikan

Manfaat Buah Pisang untuk Kecantikan
Manfaat Buah Pisang untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah pisang juga dapat dimanfaatkan untuk membuat kulit wajah dan tubuh menjadi lebih indah. Ini dia berbagai manfaat buah pisang yang bisa Anda manfaatkan untuk kecantikan

1. Mencegah Jerawat

Salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak wanita ialah jerawat. Namun, sekarang Anda sudah tidak perlu khawatir karena buah pisang mampu mengatasi masalah jerawat.

Buah pisang mengandung vitamin C dan Zinc yang tinggi yang berfungsi untuk melawan bakteri penyebab jerawat pada wajah. Dengan membuatnya sebagai masker wajah, kulit akan bebas dari bakteri penyebab jerawat.

2. Membantu Mempercepat Proses Penyembuhan Jerawat

Selain untuk mencegah terjadinya jerawat, buah pisang juga bisa digunakan untuk membersihkan jerawat dari kulit wajah. Cara mengatasi jerawat yang ada pada kulit wajah cukup mudah.

  Manfaat Buah Naga

Anda hanya perlu membuat masker buah pisang yang dicampur dengan madu.

Buah pisang memiliki kandungan Kandungan air dan vitamin diharapkan dapat mempercepat proses pengempisan jerawat. Perpaduan buah pisang dan madu dapat membuat kulit mulus terawatt jika digunakan secara rutin.

3. Menghaluskan dan Melembutkan Kulit

Memiliki masalah kulit kasar ang menganggu? Segera Manfaat buah pisang untuk menghaluskan dan melembutkan permukaan kulit wajah. Kandungan vitamin C yang ada dalam buah pisang ini juga sudah terbukti dapat berperan aktif dalam proses produksi kolagen yang berfungsi untuk membentuk jaringan sel kulit wajah sehingga kulit wajah tampak lebih halus.

4. Mengatasi Permasalahan Kulit Kering

Sering terkena sinar matahari dan AC bisa menyebabkan kulit kering. Gunakan pisang untuk mengatasi masalah kulit kering menganggu ini. Hal ini dikarenakan buah pisang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Manfaat buah pisang untuk wajah ini juga mencakup solusi untuk permasalahan kulit kering.

Gunakan masker pisang secara rutin dua kali dalam seminggu untuk menghilangkan permasalahan kulit kering. Kulit wajah yang ternutrisi dengan air mampu membuat kulit kering hilang.

5. Melembabkan Kulit

Wajah yang lembab ternyata dapat membuat kerutan menghilang loh. Ingin memiliki wajah yang lembab dengan cara yang mudah? Manfaatkan buah pisang untuk melembabkan kulit.

Gunakan masker pisang secara rutin untuk menjaga kulit wajah tetap lembab.

6. Membantu Mencerahkan Kulit Wajah

Kulit wajah yang cerah tentu menjadi idaman dari setiap wanita. Bagi Anda yang ingin mendapatkan kulit wajah cerah dengan menggunakan bahan alami dan murah, segera gunakan pisang.

Anda bisa menggunakan masker buah pisang yang dicampur dengan perasan jeruk lemon secara rutin setiap 2 kali dalam seminggu. Perpaduan kedua bahan alami ini dipercaya dapat mencerahkan kulit wajah dengan cepat.

7. Sumber Zat Eksfoliasi

Tahu kan, jika salah satu rahasia kulit cantik wanita Korea ialah karena sering melakukan eksfoliasi pada wajah. Kulit wajah merupakan bagian kulit yang cukup sering mengalami gangguan berupa tumpukan sel kulit mati.

Polusi dan udara yang kotor membuat banyaknya sel sel menumpuk pada kulit wajah.

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa rutin membersihkan wajah dengan menggunakan kulit pisang setidaknya seminggu dua kali.

8. Sumber Zat Eksfoliasi

Tahu kan jika salah satu rahasia kulit cantik wanita Korea ialah karena sering melakukan eksfoliasi pada wajah. Kulit wajah merupakan bagian kulit yang cukup sering mengalami gangguan berupa tumpukan sel kulit mati.

Polusi dan udara yang kotor membuat banyaknya sel sel menumpuk pada kulit wajah.

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa rutin membersihkan wajah dengan menggunakan kulit pisang setidaknya seminggu dua kali.

9. Mengencangkan Kulit

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang kencang dan wajah yang awet muda? Bagi Anda yang menginginkan kulit wajah yang kencang jangan lupakan untuk menggunakan pisang sebagai masker.

Hal ini karena kandungan vitamin C dalam pisang mampu meningkatkan produksi kolagen.

Zat kolagen yang dihasilkan oleh buah pisang mampu membuat kulit jadi lebih kencang dan bebas keriput.

  Manfaat Buah Apel

10. Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Memiliki kulit berminyak tentu sangat meresahkan bagi setiap wanita. Anda sudah melakukan berbagai cara untuk menghilangkan minyak pada wajah namun tetap sulit?

Coba gunakan pisang sebagai masker yang ampuh mengusir kulit berminyak. Dengan penggunaan rutin, masalah kulit berminyak bisa hilang secara alami.

11. Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Masalah jerawat tidak hanya saat jerawat tersebut tumbuh pada wajah. Namun, saat jerawat tersebut sudah hilang bekas jerawat masih membandel dan sulit dihilangkan.

Bekas jerawat berubah menjadi flek hitam yang mengganggu penampilan wajah. Bagi sebagian orang, menghilangkan bekas jerawat adalah hal yang cukup sulit dilakukan.

Anda memang bisa menutupi bintik hitam bekas jerawat ini dengan menggunakan make up. Namun tentu menghilangkan bekas jerawat dengan cara ini hanya sementara dan tidak permanen.

Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa merasakan manfaat buah pisang sebagai masker wajah penghilang flek hitam bekas jerawat. Buah pisang mengandung vitamin A, B, dan juga vitamin C yang memiliki manfaat untuk menghilangkan bekas jerawat pada kulit wajah.

12. Menunda Penuaan Dini

Manfaat buah pisang selanjutnya ialah untuk mengatasi penuaan dini yang kerap terjadi saat ini. Munculnya tanda tanda penuaan dini seperti garis halus pada wajah ini sangat mengganggu penampilan sehari hari.

Tentu Anda tidak ingin saat usia baru memasuki kepala 4 tapi kulit wajah, seperti pada area mata, dahi atau leher Anda sudah mulai keriput. Hal ini akan membuat kepercayaan diri Anda menurun. Terutama jika masih harus bersosialisasi dengan orang orang yang masih muda.

Anda hanya perlu menggunakan buah pisang sebagai masker perawatan wajah anda.

Cara membuatnya cukup mudah, pertama Anda haluskan buah secukupnya, lalu berikutya tambahkan 1 sdt perasan jeruk dan 1 sdt yogurt tanpa rasa. Kemudian campur hingga merata sampai membentuk pasta dan gunakan sebagai masker.

Dengan menggunakan masker ini setidaknya dua minggu sekali, Anda bisa mencegah terjadinya penuaan dini.

13. Mengatasi Kulit Belang

Mengalami masalah kulit belang akibat terpapar sinar matahari? Tidak perlu khawatir, buah pisang juga bermanfaat untuk mengatasi kulit belang. Hal ini dikarenakan pisang mengandung nutrisi potasium, vitamin E dan C yang baik untuk kesehatan kulit .

Dengan menggunakan masker pisang, kulit belang bukan lagi masalah untuk anda.

Cara membuat masker ini cukup mudah yakni pertama haluskan buah pisang hingga berbentuk seperti pasta. Kemudian Anda oleskan secara merata pada bagian kulit yang belang.

Diamkan 20 menit, lalu bilaslah dengan air dingin. Gunkan dua kali dalam seminggu untuk hasil wajah yang memiliki warna kulit rata.

14. Mengatasi Mata panda

Memiliki mata panda karena waktu tidur yang kurang dapat menganggu penampilan. Gunakan buah pisang sebagai masker untuk mengatasi hal ini.

****

Bagaimana, banyak sekali bukan manfaat buah pisang baik untuk kesehatan dan kecantikan? Selalu siapkan buah pisang segar di rumah Anda ya.