Manfaat Buah Naga

Manfaat Buah Naga – Buah naga adalah salah satu jenis buah yang mudah dikenali karena bentuk dan warnanya yang unik. Pada awal perkembangannya buah naga adalah tanaman kaktus yang berasal dari Amerika Tengah, di mana kaktus tersebut akan berbunga pada sore hari dan kembali layu pada pagi hari. Mengapa disebut unik? Karena bentuk buah naga yang nyentrik dibandingkan dengan buah lainnya di mana kulitnya berwarna merah tua dengan helai daun tebal berwarna senada atau hijau. Tak berhenti sampai di situ buah naga juga memiliki keunikan dari aspek dagingnya di mana warnanya yang mencolok seperti merah darah atau putih bersih dengan titik-titik berwarna hitam.

Selain bentuk dan warnanya yang menarik, faktor lain yang menjadi daya tarik dari buah naga adalah kandungan vitamin di dalamnya. Buah yang memiliki nama latin hylocereus Undatus ini tinggi manfaat karena kandungan vitamin B, vitamin C, kalsium, protein, fosfor, antioksidan, dan lain-lain. Dengan berbagai zat bergizi tersebut, maka tak heran buah naga menjadi salah satu buah yang memiliki puluhan manfaat baik dalam bidang kecantikan maupun kesehatan.

Penasaran apa saja? Simak ulasan berikut ini mengenai asal usul dan manfaat buah naga untuk kehidupan manusia baik dalam hal kecantikan maupun kesehatan.

Asal Usul Buah Naga

Kira-kira dari manakah asal usul buah naga, Jawa tengah, jawa timur, papua, sumatera, Sulawes? Jawabannya bukan dari kelima daerah di atas. Lalu dari manakah buah naga? Jawabannya adalah Amerika. Buah naga dengan nama latin Hylocereus dan Selenicereus ini termasuk ke dalam jenis kaktus yang tumbuh di daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

manfaat buah naga dan asal usulnya
manfaat buah naga

Akan tetapi beberapa tahun belakangan ini, buah naga mulai memasuki pasar Asia dan mulai dibudidayakan dan diperjualbelikan di Indonesia, Malaysia, Jepang, Taiwan, Filiphina, China, Vietnam, dan masih banyak lagi.

Persebaran buah naga ke Asia diawali pada tahun 1870, di mana saudagar dari Perancis dan Guyana membawa serta tanaman ini pada perjalanannya ke Vietnam dan China. Karena bentuknya yang dianggap unik oleh orang china, buah naga mulai disakralkan dan diletakan di antara dua ekor patung naga di atas meja altar. Karena kebiaasaan itulah, akhirnya buah ini dinamakan dragon fruit atau buah naga.

Ketika ditanya mengenai warna buah naga, 5 dari 10 orang akan menjawab merah. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah karena memang terdapat buah naga yang berwarna merah. Meskipun demikian buah naga ternyata memiliki berbagai jenis dan warna daging lainnya loh. apa saja?

  Manfaat Kunyit

Jenis Buah Naga

manfaat buah naga dan jenisnya
manfaat buah naga

Sebelum membahas tentang manfaat buah naga, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang beberapa jenis buah naga yang juga perlu Anda ketahui berikut ini.

Buah Naga Putih

Buah naga putih adalah jenis yang paling mudah untuk dibudidayakan karena dapat tumbuh di media pot saja. Meskipun dagingnya berwarna putih, tetapi buah naga jenis ini memiliki kulit berwarna merah muda dengan sisi berwarna hijau pada bagian ujungnya. Daging buah naga putih ini memiliki rasa manis yang sedikit asam sehingga sangat cocok sebagai campuran es buah atau salad buah.

Buah Naga Merah

Jenis buah naga yang paling sering kita jumpai adalah buah naga merah. Sesuai dengan namanya buah naga merah memiliki daging berwarna merah keunguan dengan bintik-bintik hitam. Untuk penampilan luarnya, buah naga ini memiliki kesamaan dengan buah naga putih hanya saja warnanya sedikit lebih pekat.

Buah naga merah memiliki tekstur daging yang lebih berair dan manis dibandingkan dengan buah naga putih. Maka tak heran harga buah naga merah sedikit lebih mahal karena dapat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus buah.

Buah Naga Hitam

Dibandingkan dengan jenis buah naga lainnya, buah naga hitam adalah jenis yang sangat jarang ditemui. Hal ini karena buah naga jenis ini baru saja dibudidayakan beberapa tahun belakangan ini. sesuai dengan namanya, daging buah naga jenis ini memiliki warna hitam pekat dengan titik-titik hitam pada seluruh dagingnya.

Bukan karena busuk, tetapi warna hitam dari buah naga ini didapatkan dari pupuk alami yang dinamakan black natural. Penambahan pupuk tersebut menyebabkan peningkatan kandungan betakaroten pada buah naga.

Buah Naga Kuning

Dibandingkan dengan jenis buah naga lainnya, buah naga kuning memiliki tampilan yang sedikit nyentrik. Mengapa? Karena tampilan luarnya yang sedikit mirip dengan nanas yaitu berwarna kuning dengan titik benjolan berwarna hijau. Selain itu, bentuk buah naga ini juga sedikit lebih kecil dibandingkan dengan buah naga pada umumnya. Meskipun berwarna merah tetapi daging dari buah naga jenis ini adalah putih bersih dengan totol-totol berwarna hitam.

Untuk sementara pemasaran dari buah naga putih hanya di swalayan atau super market dengan harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan jenis buah naga lainnya.

Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan

manfaat buah naga untuk kecantikan
manfaat buah naga

Ada banyak manfaat buah naga, salah satunya adalah untuk kecantikan. Nah, berikut ini beberapa manfaat buah naga untuk kecantikan yang jarang diketahui orang.

1. Manfaat Buah Naga Untuk Melembabkan Kulit

Seperti yang kita tahu bahwa buah naga memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga dagingnya yang selalu juicy. Ternyata daging buah naga yang juicy tersebut dapat ditularkan ke kulit manusia agar menjadi lebih lembab dan halus. Hal tersebut dikarenakan buah naga mengandung Vitamin B3 yang berfungsi sebagai nutrisi bagi kulit sehingga tampak lebih halus dan lembab.

Cara mendapatkan kulit yang halus dan lembab dengan buah naga cukup mudah yaitu:

  • Siapkan satu buah naga berukuran sedang yang masih segar
  • Kupas kulitnya lalu potong kecil-kecil
  • Haluskan dengan sendok atau blender tanpa aiar, kemudian saring untuk untuk mengambil sari buah naga
  • Oleskan ke seluruh kulit baik wajah, leher, tangan, kaki, dll
  • Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda dapat melakukan perawatan dari dalam dengan mengonsumsi jus buah naga tanpa gula setiap hari
  Manfaat Buah Pisang

2. Buah Naga Untuk Mencegah Penuaan Dini

Siapa yang mau mengalami penuaan dini? Kami rasa tidak akan ada yang mau. Sesuai dengan namanya penuaan dini membuat kulit tampak lebih tua dibandingkan dengan kondisi yang seharusnya. Banyak faktor penyebab dari penuaan dini baik dari faktor internal maupun eksternal. Faktor internal berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Untuk faktor makanan yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering adalah snack ber-msg, burger, pizza, dna masih banyak lagi.

Sedangkan faktor eksternal karena polusi dan debu yang mencemari udara. Radikal bebas juga menjadi faktor utama dari penuaan dini. Maka dari itu, Anda harus merubah pola hidup dengan memperbanyak konsumsi makanan bergizi seperti buah naga. Kandungan vitamin E da antioksidan yang cukup tinggi sangat ampuh untuk melawan efek buruk dari penuaan dini. Selain rutin mengonsumsi buah naga, Anda juga dapat menggunakannya sebagai perawatan kecantikan. Bagaimana caranya? simak ulasannya berikut ini:

  • Siapkan buah naga berukuran sedang yang masih segar
  • Belah menjadi dua, lalu gunakan satu bagian saja
  • Kupas kulitnya lalu potong kecil-kecil
  • Haluskan secara kasar menggunakan garpu atau sendok
  • Setelah cukup hancur tambahkan satu sendok makan yoghurt dan satu sendok teh madu
  • Aduk hingga rata, kemudian oleskan ke seluruh bagian wajah dan leher
  • Diamkan selama 30 menit sampai masker buah naga kering, kemudian bilas dengan washlap
  • Lakukan perawatan kecantikan dengan buah naga ini sebanyak dua kali seminggu agar kulit tampak lebih cerah, bersih, dan lembab

3. Khasiat Buah Naga Untuk Menghilangkan Jerawat

Satu lagi masalah kulit yang sangat mengganggu penampilan yaitu jerawat. Benjolan berwarna merah berisikan nanah ini sangat tidak indah karena membuat tekstur kulit menjadi tidak rata. Apabila meletus belum pada waktunya, jerawat tersebut akan menimbulkan bekas permanen yang dinamakan bopeng.

Ya, jerawat inilah penyebab bopeng atau luka permanen yang sangat sulit dihilangkan tersebut. Hingga saat ini banyak sekali produk yang mengaku dapat meratakan bekas luka bopeng, namun belum terbukti kebenarannya. Satu-satunya cara menghilangkan bopeng adalah perawatan laser di klinik kecantikan dengan harga yang sangat maha.

Maka dari itu, Anda harus melakukan perawatan sedari dini agar kulit bebas dari jerawat penyebab bopeng. Selain menjaga asupan makanan, Anda juga dapat melakukan perawatan dari luar dengan bahan alami seperti buah naga. Cara mendapatkan kulit yang halus bebas jerawat dengan bantuan buah naga sangat mudah sekali yaitu dengan menggunakan buah naga yang telah dihaluskan sebagai masker wajah.

Karena berasal dari bahan alami, Anda dapat menggunakan masker buah naga ini setiap hari. Niscaya kulit akan teap halus, lembab, dan bebas jerawat.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan
Manfaat Buah Naga

Tak hanya memiliki manfaat untuk kecantikan saja lho. Ternyata buah naga juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Berikut ini khasiat dan manfaat buah naga untuk kesehatan yang juga harus Anda ketahui.

  Manfaat Buah Alpukat

1. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Siapa yang tidak ingin tampil sempurna dengan tubuh yang ramping dan sehat? Pasti hal tersebut menjadi impian semua orang. Tampil cantik dengan berat badan yang ideal sangat diidam-idamkan semua orang karena mampu menunjang penampilan.

Tak hanya untuk segi kecantikan, tetapi berat badan ideal juga menjadi kewajiban dalam aspek kesehatan. Menurut kesehatan, tubuh harus memiliki berat badan yang sesuai dengan tinggi badan. Apabila kurang atau lebih, maka dianggap tubuh mengalami suatu gangguan seperti obesitas atau anorexia.

Biasanya masalah yang sering dialami oleh orang Indonesia terutama para wanita adalah obesitas atau berat badan berlebih. Untuk menanggulangi masalah tersebut, banyak orang yang mencoba mengurangi porsi makan secara ekstrim atau bahkan tidak makan sama sekali. Hal tersebut tentu saja sangat salah karena tubuh tetap memerlukan asupan nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Untuk mendapatkan berat badan ideal, Anda cukup mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi buah-buahan misalnya. Buah naga adalah buah yang sangat cocok untuk menurunkan berat badan karena memiliki kandungan serat dan air yang cukup tinggi.  Manfaat buah naga dalam hal ini sangat cocok dikonsumsi saat diet.

2. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Apa gunanya badan ideal atau paras yang sempurna tapi tak diimbangi dengan kemampuan intelektual yang mumpuni. Beberapa tahun belakangan ini, kemampuan intelektual dianggap lebih berharga dibandingkan kecantikan dari polesan make up.

Selain berusaha dengan menuntut ilmu melalui perguruan tinggi atau universitas, Anda juga dapat meningkatkan kecerdasan otak sedari dini dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi. Salah satu makanan yang wajib dikonsumsi setiap hari adalah buah-buahan. Salah satunya buah naga. Manfaat buah naga sebagai salah satu makanan yang mampu meningkatkan kecerdasan otak karena mengandung vitamin B dan Vitamin C yang cukup tinggi.

Karena termasuk ke dalam bahan alami dan aman untuk dikonsumsi setiap hari, Anda juga dapat menjadikan buah naga sebagai makanan sehari-hari bagi putra putri Anda agar pertumbuhan otak tetap terjaga dengan baik. Rutin mengonsumsi buah naga juga dapat menghindarkan anak dari risiko kelainan kognitif anak.

3. Manfaat Buah Naga Untuk Mencegah Kanker

Manfaat buah naga berikutnya adalah dapat mencegah kanker. Tahukah Anda bahwa ternyata aneka penyakit berbahaya muncul karena pola makan yang tidak sehat. Seperti yang kita tahu bahwa makanan dan minuman tidak sehat kini makin sering kita jumpai dan dijual bebas di pasaran. Banyak oknum yang tidak bertanggung jawab menggunakan bahan yang tidak seharusnya digunakan sebagai bahan makanan dengan dalih untuk mendapatkan keuntungan besar. Contohnya saja boraks, formalin, dll.

Maka dari itu, Anda harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi seperti buah. Buah naga mengandung lycopene yang sangat ampuh untuk menurunkan risiko kanker. Selain itu, buah naga juga tinggi antioksidan hytoalbumin yang merangsang pembentukan radikal bebas karsinogenik di dalam tubuh. Tak berhenti sampai di situ, buah naga juga tinggi serat, fosfor, vitamin C, vitamin B12, dan kalsium yang sangat ampuh dalam mengeluarkan racun logam dari makanan tidak sehat yang kita konsumsi sehari-hari.

  Manfaat Buah Nanas

4. Membantu Proses Detoksifikasi

Seperti yang kita ketahui bahwa makanan dan minuman tidak sehat mengandung racun yang akan mengendap di dalam tubuh. Selain itu, efek radikal bebas dari kegiatan yang dilakukan di bawah sinar matahari membuat kulit menjadi kering dan memperbesar risiko penuaan dini.

Salah satu cara mengeluarkan segala racun yang mengeluarkan racun di dalam tubuh adalah dengan proses detoksifikasi. Detoksifikasi ini dapat dilakukan secara manual dengan bahan-bahan alami di sekitar kita, buah naga misalnya. Buah naga mengandung berbagai vitamin, serat, dan fosfor yang dapat mengeluarkan racun logam dari makanan yang tidak sehat. Selain itu, kandungan antioksidan membantu proses detoksifikasi radikal bebas di dalam tubuh.

5. Manfaat Buah Naga Untuk Mencegah Diabetes

Pada saat ini banyak sekali penyakit berbahaya yang menyerang tubuh manusia baik remaja maupun orang tua, salah satunya adalah diabetes. Diabetes adalah suatu penyakit di mana kadar gula di dalam tubuh sangat tinggi jauh dari nilai normal. Glukosa yang mengalir di dalam darah tidak dapat diserap secara sempurna oleh tubuh sehingga menyebabkan tubuh mengalami gangguan. Apabila tidak segera ditangani, penyakit diabetes akan membahayakan penderita karena akan menyebabkan komplikasi.

Selain melakukan perawatan medis dengan aneka terapi dan obat-obatan, hal yang harus Anda lakukan untuk mencegah penyakit diabetes semakin parah adalah dengan mengurangi konsumsi gula baik itu gula pasir atau makanan dan minuman yang mengandung banyak gula. Mengonsumsi makanan yang bergizi seperti buah juga sangat dianjurkan agar tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang baik.

Salah satu buah yang ampuh untuk mencegah maupun mengobati penyakit diabetes adalah buah naga. Selain mampu membunuh sel jahat penyebab diabetes. Manfaat buah naga untuk mencegah diabetes bisa terjadi karena memiliki kadar gula yang sangat rendah sehingga sangat aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

6. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Selain diabetes, penyakit lain yang sering menghantui orang yang sudah lanjut usia adalah tekanan darah tinggi. meskipun sudah menjaga asupan makanan dan minuman dengan baik, bukan menjadi jaminan Anda akan aman dari berbagai penyakit, contohnya saja tekanan darah tinggi. Mengapa? Karena penyakit tekanan darah tinggi juga disebabkan karena faktor keturunan. Maka dari itu, untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi Anda harus menjaga kesehatan sedini mungkin.

Selain mampu mencegah kanker, kandungan lycopene pada buah naga juga mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko serangan jantung. Biji buah naga yang kerap dianggap mengganggu ternyata menyimpan kandungan lemak omega 3 dan omega 7 yang mampu mencegah gangguan kardiovaskular.

7. Meningkatkan Nafsu Makan

Nafsu makan rendah menjadi salah satu gerbang bagi datangnya berbagai penyakit. Pasalnya dengan konsumsi makanan bergizi dalam porsi yang cukup menjadi tameng bagi tubuh dengan meningkatnya daya tahan tubuh. Lalu bagaimana caranya untuk meningkatkan nafsu makan? Caranya mudah yaitu dengan menjaga kebugaran tubuh.

Salah satu cara untuk menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh adalah dengna mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin B1 dan B2. Apa itu? Buah naga. Manfaat Buah naga yang tinggi antioksidan ini juga mampu meningkatkan nafsu makan pada anak-anak maupun orang dewasa.

  Manfaat Buah Tomat

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh adalah hal yang paling utama untuk kesehatan manusia. Dengan sistem ini segala penyakit akan dihadang dan dihancurkan sebelum memasuki sistem tubuh. Lalu bagaimana jika sistem kekebalan tubuh rendah? Tentu saja segala macam penyakit akan segera menjumpai anda. Penyakit yang kerap menyerang apabila sistem kekebalan tubuh rendah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Lalu bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh? caranya sangat mudah sekali yaitu dengan menjaga asupan kebutuhan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Apa contohnya? Selain mengonsumsi makanan bergizi seperti daging dan sayur, Anda juga membutuhkan aneka vitamin yang terkandung dalam buah-buahan. Buah naga adalah salah satu buah yang memiliki kandungan anti oksidan cukup tinggi sehingga sistem kekebalan tubuh pun tetap terjaga.

9. Manfaat Buah Naga Untuk Melancarkan Pencernaan

Pernah mengalami sembelit atau pencernaan tidak lancar? Sembelit sangatlah menyakitkan karena perut akan terasa penuh dan begah. Konsumsi makanan yang tidak sehat adalah salah satu penyebab dari sembelit ini, sehingga sisa pembuangan menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan.

Bagaimana cara mengatasi sembelit? Tak perlu perawatan intensif di rumah sakit dengan aneka obat yang mahal, untuk melancarkan pencernaan cukup dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi serat dan fiber. Apa itu? Salah satu contohnya adalah buah-buahan. Buah yang terkenal dengan kandungan seratnya yang tinggi adalah papaya, pisang, dan buah naga.

Salah satu manfaat buah naga yang mengandung banyak air ini mampu melunakkan sisa pembuangan yang mengeras. Untuk itu, konsumsi buah naga setiap hari baik secara langsung atau diolah menjadi jus buah.

10. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Ketika ditanya mengenai makanan yang ampuh untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi, pasti jawabannya adalah susu. Tulang dan gigi adalah salah satu struktur pembentuk tubuh yang dapat keropos sewaktu-waktu apabila tubuh kekurangan kalsium. Susu menjadi asupan yang mampu menjaga kepadatan dan kesehatan tulang dan gigi karena menjadi penyuplai kalsium pada tubuh nomor 1.

Lalu apakah cukup hanya dengan minum susu? Jawabannya adalah belum. Susu hanya menjadi pemasok 25% kebutuhan kalsium dalam tubuh. Lalu bagaimana cara mencukupinya? Yaitu dengan mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium, buah naga misalnya. Buah naga adalah buah yang tinggi mineral seperti magnesium, kalsium, dan juga fosfor yang sangat ampuh dalam menjaga kepadatan tulang dan gigi.

Tak hanya untuk diri sendiri, manfaat mengonsumsi buah naga pada saat hamil juga menjadi asupan yang sangat baik untuk sang jabang bayi. Pasalnya bayi di dalam kandungan sangat membutuhkan asupan vitamin dan kalsium untuk proses pembentukan tulang dan gigi.

11. Mencegah Risiko Keguguran dan Kelahiran Prematur

Kehadiran buah hati tentunya menjadi momen yang sangat dinanti-nanti dan membahagiakan. Untuk itu, setiap bunda pasti akan menjaga buah hatinya dengan baik agar tetap sehat dan dapat lahir dengan sempurna. Pola makan tidak sehat dengan aktivitas yang berat menjadi faktor utama terjadinya keguguran atau kelahiran bayi prematur. Tentu hal tersebut sangat tidak Anda inginkan bukan?

  Manfaat Buah Sirsak

Lalu bagaimana cara mengurangi risiko keguguran kelahiran bayi premature? Caranya cukup mudah yaitu dengan perbanyak makanan bergizi yang baik untuk kesehatan janin di dalam perut. Salah satunya adalah konsumsi makanan yang tinggi asam folat. Selain susu, kandungan asam folat juga dapat diperoleh dari buah-buahan, buah naga misalnya.

Rutin mengonsumsi buah naga setiap hari baik secara langsung atau diolah menjadi makanan atau minuman sangat baik untuk pertumbuhan bayi di dalam perut.

12. Menstabilkan Tekanan Darah Ibu Hamil

Selain sang jabang bayi, kesehatan ibu juga harus diperhatikan. Pasalnya kesehatan ibu hamil juga akan berpengaruh pada kesehatan bayi pula. Banyak mengonsumsi camilan dapat menyebabkan ibu hamil mengalami tekanan darah yang tidak stabil dan kadar gula yang tinggi. Apabila dibiarkan, tekanan darah tidak stabil dan kadar gula tinggi dapat menyebabkan komplikasi kehamilan, preeklamsia, dan bahkan keguguran.

Untuk mengurangi segala kemungkinan buruk tersebut, Anda diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi seperti susu, sayur, daging, ikan, dan masih banyak lagi. Gantilah camilan kehamilan Anda dengan buah Karena lebih sehat dan aman untuk kesehatan ibu maupun sang jabang bayi. Salah satu buah yang direkomendasikan untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan kadar gula adalah buah naga. Konsumsi buah naga setiap hari baik secara langsung atau diolah menjadi jus.

13. Manfaat Buah Naga Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Satu lagi manfaat dari buah naga untuk kesehatan manusia yaitu menjaga vitalitas mata. Hal tersebut dikarenakan kandungan beta karoten pada bij buah naga. Apakah buah naga memiliki biji? Tentu saja, ketika membuka buah naga pasti Anda melihat dagingnya yang dihiasi dengan titik-titik hitam. Nah, itulah biji buah naga.

Selain untuk manusia dewasa maupun anak-anak, mengonsumsi buah naga secara rutin dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungan. Dengan mengonsumsi buah naga setiap hari, niscaya ketika lahir bayi Anda akan memiliki mata yang sehat, hitam, dan terhindar dari penyakit mata bawaan.

14. Meningkatkan Metabolisme Bayi

Seperti yang kita ketahui bahwa bayi yang baru lahir belum diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan pada umumnya. Biasanya bayi baru diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan selain susu ketika menginjak usia 6 bulan atau 1 tahun. Lalu bagaimana cara memberikan asupan yang bernutrisi bagi bayi? Caranya cukup dilewatkan melalui bunda yang nanti akan disalurkan melalui ASI.

Salah satu cara untuk meningkatkan metabolism bayi agar tetap segar dan sehat adalah dengan perbanyak konsumsi buah. Buah yang dipercaya mampu meningkatkan metabolisme tubuh bayi adalah buah naga. Berikan buah naga setiap hari kepada bayi yang telah berusia 6 bulan atau 1 tahun dengan cara dihaluskan menjadi bubur.

Demikian ulasan lengkap mengenai asal usul dan manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan kita. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan pembaca seputar nutrisi dalam makanan, terima kasih.