Manfaat Buah Apel

Manfaat Buah Apel – Ketika membahas mengenai buah manis dan lezat, namun dengan segudang manfaat untuk tubuh manusia, pasti pikiran Anda tak akan jauh-jauh dari buah apel. Buah dengan warna merah ini memiliki tekstur daging yang lembut namun tetap renyah. Selain itu, rasa segar daging apel didapatkan dari kandungan air yang cukup banyak di dalamnya.

Buah yang memiliki tampilan elegan ini selain memiliki rasa yang lezat ternyata juga menyimpan khasiat yang sudah dikenal banyak orang. Apel memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang sangat bagus untuk kesehatan, kecantikan, ibu hamil dan bayi, vitalitas pria, dan masih banyak lagi.

Nah, berikut ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai apa saja manfaat dari buah apel ini. penasaran apa saja? Simak ulasannya berikut ini ya!!!

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan
pexels.com

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat pertama buah apel untuk kesehatan adalah mencegah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit jantung disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat seperti konsumsi makanan bersantan, berminyak, junk food, merokok, dan masih banyak lagi. Makanan yang tidak sehat tersebut akan menyebabkan penumpukan dan penyumbatan kolesterol pada pembuluh darah.

Kemampuan apel dalam mencegah penyakit jantung disebabkan karena mengandung banyak vitamin dan mineral seperti pectin, antioksidan, dan fitonutrien. Seluruh mineral dan enzim tersebut akan melarutkan lemak dan kolesterol yang menumpuk dan menyumbat pembuluh darah.

Untuk itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi apel setiap hari dengan cara langsung atau di jus. Berikut kami akan berikan tutorial cara membuat jus apel yang lezat dan enak.

  1. Siapkan satu buah apel berukuran sedang dan masih segar
  2. Untuk buah apel, Anda tak perlu mengupas kulitnya, namun cucilah hingga benar-benar bersih
  3. Potong kecil-kecil buah apel, lalu masukan ke dalam blender
  4. Tambahkan tiga sendok makan madu murni dan setengah gelas susu cair rasa original
  5. Setelah diblender selama 2 menit, saring dan buang ampas buah apel
  6. Tambahkan sedikit es batu, dan jus apel yang segar dan lezat siap dinikmati

Mencegah dan Mengurangi Risiko Stroke

Selain penyakit jantung dan kolesterol, stroke adalah penyaki lain yang menjadi langganan untuk diderita oleh kalangan lanjut usia. Stroke adalah suatu penyakit di mana otak akan kekurangan pasokan darah akibat adanya penyumbatan atau pembuluh darah yang pecah. Keadaan ini akan menyebabkan oksigen tidak dapat dialirkan menuju otak, yang apabila hal tersebut terjadi maka sel-sel area otak akan mati. Akibatnya bagian tubuh yang dioperasikan oleh bagian otak tersebut tidak dapat berfungsi atau mengalami kelumpuhan.

  Manfaat Buah Pisang

Lalu bagimana mencegah penyakit stroke? Caranya cukup mudah yaitu kurangi konsumsi makanan tidak sehat dan berlakukan pola hidup sehat. Salah satu tindakan yang mencerminkan pola makan sehat adalah perbanyak konsumsi buah, apel misalnya. Apel adalah salah satu buah yang terkenal mampu mencegah dan mengurangi risiko penyakit stroke. Hal tersebut dikarenakan apel mengandung senyawa phytochemical, karotenoid, flavonoid, dan antioksidan.

Agar terhindar dari penyakit stroke, Anda disarankan untuk mengonsumsi apel sebanyak satu buah setiap hari baik dikonsumsi dengan cara langsung atau di jus.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Satu lagi manfaat dari buah apel untuk kesehatan manusia yaitu menurunkan kadar kolesterol. Seperti yang kita ketahui bahwa kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh akan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti stroke, penyakit jantung, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, Anda diwajibkan untuk menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh agar tetap seimbang.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti junk food, makanan berminyak, dan berlemak. Selain itu, Anda juga disarankan untuk perbanyak konsumsi sayur dan buah yang tinggi serat, apel misalnya. Menurut beberapa sumber kesehatan, mengonsumsi satu buah apel dapat melarutkan 15% kelebihan kalori di dalam tubuh setiap harinya. Dengan kandungan serat yang cukup tinggi, apel akan mengikat lemak dan kolesterol kemudian dialirkan menuju saluran pembuangan.

Melancarkan Pencernaan

Sering mengalami susah buang air besar atau sembelit? Mungkin itu pertanda bahwa tubuh Anda kekurangan serat dan mineral. Pola makan tidak seimbang tanpa sayur dan buah menjadikan kotoran sisa pencernaan menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan.

Untuk itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi serat dan fiber. Selain sayuran hijau, serat juga dapat Anda peroleh melalui buah-buahan seperti pisang, papaya, dan apel. Buah apel juga memiliki kandungan pectin yang snagat baik untuk menjaga perkembangan bakteri baik agar sistem pencernaan tetap terjaga.

Mencegah Penyakit Kanker

Dengan bertambahnya tahun, kini semakin tahun semakin banyak pula peyakit berbahaya yang dapat menyerang manusia. contohya saja jantung, stroke, kencing manis, dan kanker. Penyakit yang paling menjadi momok bagi sebagian masyarakat adalah kanker. Penyakit yang satu ini dapat menyerang bagian tubuh mana saja seperti otak, kulit, rahim, payudara, dan masih banyak lagi.

Banyak sekali faktor yang menyebabkan penyakit kanker ini semakin bebas berkembang dan menyerang kesehatan manusia. contohnya penggunaan krim pemutih wajah berbahaya dapat menyebabkan kanker kulit, merokok menyebabkan kanker mulut, konsumsi makanan yang mengandung bahan berbahaya memperbesar risiko kanker pencernaan, dll.

Selain menghindari kebiasaan pemicu produksi sel kanker seperti junk food, minuman akohol, merokok, dll Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi antioksidan, buah apel misalnya.

Mengobati Penyakit Asma

Ketika membahas mengenai manfaat buah apel untuk kesehatan manusia pasti tak ada habisnya. Salah satu manfaat buah apel untuk kesehatan adalah menyembuhkan penyakit asma. Asma adalah suatu kondisi di mana saluran udara pada tubuh manusia mengalami peradangan, pembengkakan, dan penyempitan. Dengan kondisi tersebut, akhirnya saluran pernafasan akan memproduksi lender berlebih yang mampu mengganggu proses pernafasan.

  Manfaat Buah Tomat

Meskipun terkesan sepele, namun apabila tak ditangani dengan segera, penyakit asma ini mampu mengancam jiwa seseorang. selain upaya medis, Anda juga disarankan untuk melakukan upaya alternatif untuk mencegah penyakit asma kambuh. Salah satu upaya alternatif tersebut adalah dengan perbanyak konsumsi buah apel. Buah berwarna merah ini ternyata tinggi antioksidan dan enzim quercetin yang ampuh untuk mencegah asma kambuh kembali.

Menyehatkan Mata

Ketika membahas mengenai manfaat buah apel untuk kesehatan, pasti kesehatan mata tidak dapat dilewatkan. Mata yang tidak dijaga kesehatannya, pasti akan mengalami berbagai gangguan masalah dan penyakit seperti katarak, mata minus hingga silinder, bahkan kanker mata. Maka dari itu, Anda harus membiasakan diri memperlakukan mata dengan baik seperti kurangi menatap layar handhphone atau laptop terlalu lama dan perbanyak konsumsi makanan tinggi vitamin A.

Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin A adalah sumber kesehatan bagi mata. Dengan vitamin A mata akan tetap sehat, jernih, dan terhindar dari berbagai penyakit. Lalu darimana kita mendapatkan vitamin A? tenang, tak perlu pergi ke dokter dengan biaya yang mahal, cukup manfaatkan sumber daya yang ada di sekitar, buah-buahan misalnya. Buah memang menjadi salah satu sumber makanan yang tinggi vitamin A, contohnya apel, pepaya, tomat, dan masih banyak lagi.

Mencegah Penyakit Batu Empedu

Satu lagi penyakit yang disebabkan oleh kolesterol yaitu batu empedu. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh penumpukan dan penyumbatan kolesterol pada bagian saluran empedu dan akhirnya terjadilah kristalisasi. Apabila dibiarkan tanpa penanganan medis, penyakit batu empedu ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan.

Penderita penyakit batu empedu disarankan untuk meningkatkan konsumsi makanan tinggi serat untuk melarutkan kolesterol dan lemak yang menempel pada area pencernaan agar batu empedu tidak semakin parah. Selain itu, kurangilah konsumsi makanan yang tinggi akan kolesterol, lemak, dan makanan berminyak.

Apel adalah salah satu contoh buah yang tinggi kandungan serat dan antioksidan sehingga sisa kotoran dan lemak yang menempel pada dinding usus dan alat pencernaan lainnya dapat larut dengan sempurna. Kondumsi buah apel ini secara langsung atau diolah menajdi makanan atau minuman lezat lainnya.

Manfaat Buah Apel Untuk Kecantikan

Manfaat Buah Apel Untuk Kecantikan
unsplash.com

Mencerahkan Kulit

Siapa yang tak mengidamkan kulit putih bersih tanpa noda? Bagi sebagian orang, kulit yang berwarna putih memang menjadi idaman karena menjadi symbol kecantikan yang sempurna. Padahal hal tersebut belum tentu benar adanya. Kulit coklat atau sawo matang yang dirawat dengan baik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi seseorang.

Kembali ke manfaat buah apel untuk mencerahkan kulit, buah apel ini memiliki kandungan antioksidan, vitamin C, dan asam tannic yang mampu menjadian kulit wajah menjadi lebih halus, cerah, dan kenyal. Selain itu, menggunakan buah apel sebagai perawatan kecantikan juga terkenal sangat ampuh namun dengan harga terjangkau dan aman digunakan sehari-hari.

  Manfaat Buah Naga

Untuk mendapatkan kulit putih bersih menggunakan buah apel caranya cukup mudah yaitu sebagai berikut:

  • Siapkan satu buah apel berukuran yang masih segar
  • Kupas kulitnya, kemudian cuci hingga bersi
  • Potong kecil-kecil buah apel kemudian blender sampai halus
  • Tuangkan ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan dua sendok makan madu dan susu murni
  • Oleskan masker dari buah apel, madu, dan susu tersebut ke seluruh wajah
  • Diamkan selama 15 menit atau setengah kering, gosok-gosok agar sel kulit mati penyebab kulit kusam dapat terangkat
  • Bilas dengan air hangat

Mengangkat Sel Kulit Mati

Kulit yang terkena paparan sinar matahari dan debu serta berbagai make up tentunya akan memiliki warna yang kusam yang menghitam. apabila dibiarkan sela kulit mati yang menumpuk tersebut dapat menjadi awal penyebab berbagai masalah kulit lainnya seperti jerawat, komedo, kulit kering, kusam, dan masih banyak lagi.
Setiap beberapa waktu kulit akan melakukan regenerasi agar menghasilkan kulit baru yang lebih segar dan halus. Untuk mengalami regenerasi kulit tersebut biasanya dibutuhkan perawatan kecantikan seperti masker atau scrub. Meskipun demikian, Anda tak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk perawatan kulit karena bahan alami pun juga dapat dimanfaatkan.

Salah satu bahan alami yang dapat Anda manfaatkan untuk mengangkat sel kulit mati yaitu buah apel. Kandungan Alpha Hidroxy Acid (AHA) dan vitamin C pada apel mampu mengelupas sek kulit mati yang menumpuk. Untuk mengangkat sel kulit mati dengan buah apel caranya cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

  1. Siapkan satu buah apel hijau yang masih muda sehingga tekstur dagingnya renyah
  2. Kupas kulit apel, cuci hingga bersih, dan potong kecil-kecil
  3. Tumbuk kasar atau blender sebentar agar teksturnya tidak benar-benar halus
  4. Tambahkan satu sendok the madu dan air jeruk nipis
  5. Oleskan ke seluruh wajah, dan diamkan selama 10 menit
  6. Setelah setengah kering, gosok secara halus agar sel kulit mati dapat terangkat
  7. Bilas dengan washlap hangat untuk membersihkan sisa masker

Mengobati Jerawat Membandel

Setelah kulit kusam, apa lagi masalah kulit yang paling semua orang benci? Ya, jerawat. Dengan hadirnya jerawat di wajah, membuat permukaan kulit menjadi tidak rata terutama saat menggunakan foundation atau bedak. Bekas dari jerawat pun biasanya akan meninggalkan noda hitam dan lukanya menyebabkan bopeng permanen. Tak hanya jerawatnya, bopeng ini juga sangat mengganggu karena membuat tekstur kulit wajah menjadi tidak rata secara permanen.

Selain menjaga kebersihan wajah, untuk menghilangkan jerawat yang membandel Anda memerlukan perawatan kecantikan yang rutin. Selain perawatan dengan produk kecantikan kepercayaan, Anda juga dapat menggunakan bahan alami sebagai obat untuk menghilangkan jerawat membandel. Salah satu bahan tersebut adalah buah apel.

Buah yang memiliki tampilan yang elegan dan rasa daging yang lezat ini ternyata sangat ampuh dalam melenyapkan jerawat membandel. Zat asam dan vitamin C di dalamnya mampu membunuh bakteri dan kuman penyebab jerawat. Sedangkan antioksidan dapat meredakan peradangan yang terjadi. Untuk mendapatkan kulit yang bersih bebas jerawat menggunakan buah apel caranya cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

  1. Siapkan satu buah apel muda yang berukuran sedang
  2. Kupas kulitnya, cuci bersih, dan potong menjadi empat bagian
  3. Tumbuk buah apel sampai halus atau blender tanpa menggunakan air
  4. Tambahkan sedikit air jeruk nipis dan oleskan ke bagian wajah yang berjerawat
  5. Diamkan selama 30 menit atau sampai kering, jangan digosok agar jerawat tidak terluka atau meradang
  6. Bilas dengan air hangat
  Manfaat Buah Sirsak

Mengecilkan Pori-pori

Selain jerawat, masalah kulit lainnya yang cukup mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri adalah pori-pori besar. Penyebab dari pori-pori yang membesar ini cukup beragam mulai dari penggunaan produk kecantikan berbahaya, perawatan kecantikan sejak usia dini, kotoran, dan debu. Apabila dibiarkan berlarut-larut pori-pori besar ini dapat menjadi sarang bagi kotoran dan debu yang dapat menyebabkan masalah kulit lainnya, jerawat dan komedo misalnya.

Untuk mengecilkan pori-pori besar ini sebenarnya cukup sulit dan membutuhkan waktu lama, karena harus merubah tekstur kulit. Tak jarang banyak orang yang menggunakan perawatan kecantikan salon yang berharga jutaan dan kemanannya pun belum tentu terjamin. Nah, untuk itu ada baiknya Anda menggunakan bahan-bahan alami yang terkenal aman meskipun digunakan setiap hari.

Salah satu bahan alami yang terkenal ampuh untuk mengecilkan pori-pori adalah buah apel. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin A, vitamin C, dan AHA yang cukup tinggi pada buah apel. Untuk mengecilkan pori-pori menggunakan buah apel caranya cukup mudah yaitu dengan:

  1. Kupas satu buah apel yang masih segar, kemudian potong kecil-kecil
  2. Blender tanpa air atau tumbuk hingga halus, sehingga daging apel dapat halus secara merata
  3. Tambahkan dua sendok makan putih telur yang telah dikocok
  4. Oleskan ke seluruh bagian wajah yang memiliki pori-pori besar
  5. Diamkan selama 45 menit, kemudian bilas dengan air hangat

Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil
shutterstock.com

Pereda Morning Sickness

Morning sickness merupakan hal yang wajar untuk dialami oleh ibu hamil, terutama pada trimester pertama. Sesuai namanya, morning sickness akan menyebabkan ibu hamil mengakami pusing, lemas, dan mual hingga muntah pada pagi hari. Hal tersebut disebabkan kadar hormone dan asam lambung yang tidak stabil selama kehamilan. Perut juga akan mengalami penyesuaian terhadap keberadaan sang jabang bayi di dalam rahim.

Biasanya untuk meredakan morning sickness ini, ibu hamil diberikan vitamin oleh dokter atau bidan kepercayaannya. Selain itu, mengonsumsi susu ibu hamil juga turut membantu meredakan morning sickness. Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mampu meredakan morning sicknes, salah satuny adalah apel. Vitamin C pada apel mampu menyeimbangkan asam lambung sehingga rasa mual sedikit berkurang.

Untuk mengurangi efek morning sickness pada ibu hamil ini usahakan Anda mengonsumsi buah apel secara langsung agar rasa asamnya masih terasa.

  Manfaat Buah Alpukat

Sumber Kalsium

Selain untuk dirinya sendiri, makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil juga harus memenuhi kebutuhan gizi calon buah hati. Pada saat pertumbuhan, khususnya trimester pertama ibu hamil harus mendapat asupan asam folat untuk otak, kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi, dan masih banyak lagi.

Selain dari susu ibu hamil dan vitamin, ibu hamil juga disarankan untuk perbanyak makanan dan minuman tinggi gizi, salah satunya kalsium. Salah satu makanan yang memiliki kalsium cukup tinggi adalah buah apel. Di dalam satu buah apel terkandung 300 mg yang mampu memenuhi 12% kebutuhan kalsium harian ibu.

Meningkatkan Nafsu Makan

Morning sickness menjadi momok yang sangat ditakutkan oleh calon ibu hamil. pasalnya dengan rasa mual yang ditimbulkan, ibu hamil tersebut akan kehilangan nafsu makan sehingga tubuh menjadi lemas tak berdaya. Padahal ibu hamil dituntut untuk mengonsumsi dua kali porsi makan biasanya sebagai asupan untuk sang buah hati. Selain sang ibu, dampak yang dirasakan dari nafsu makan yang hilang ini juga akan berimbas kepada buah hati. akibatnya banyak ibu hamil yang dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bercita rasa asam dan segar, untuk menetralisir mulut dan pencernaan yang menolak masuknya makanan. Salah satu makanan yang dipercaya ampuh untuk meningkatkan nafsu makan ibu hamil adalah buah apel. Usahakan Anda mengonsumsi buah apel ini secara langsung atau tidak diolah menjadi jus atau makanan lainnya agar rasa segar dan asamnya masih terasa.

Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Siapa yang tak menginginkan buah hatinya tumbuh menjadi anak yang cerdas dan cekatan? Bahkan banyak orang tua yang melakukan berbagai cara agar buah hatinya menjadi anak yang beprestasi dalam segala bidang nantinya. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya diperlukan sebuah usaha bahkan ketika buah hati masih dalam kandungan. Anak yang mendapat nutrisi dan gizi pencerdas otak sejak di kandunga tentunya akan memiliki tingkat kecerdasan dengan anak lainnya.

Salah satu makanan yang dipercaya mampu meningkatkan kecerdasan otak anak adalah buah apel. Hal tersebut dikarenakan buah apel memiliki kandungan vitamin A dan senyawa quercetin yang baik untuk pertumbuhan otak anak. Maka dari itu, konsumsi buah apel setiap hari selama masa kehamilan, dan jadikan buah apel pula sebagai campilan sehat untuk anak ketika sudah lahir nanti.

Mengatasi Pencernaan Tidak Lancar

Selain morning sickness, hal yang pasti terjadi selama masa kehamilan adalah pencernaan yang tidak lancar atau sembelit. Selain karena kurangnya serat di dalam tubuh, ibu hamil juga langganan atas gangguan pencernaan ini karena meningkatnya hormone progesterone di dalam tubuh.

Meskipun sepele, tetapi sembelit ini cukup berbahaya baik untuk sang ibu maupun buah hati. sisa kotoran di dalam tubuh yang tidak dapat dikeluarkan seluruhnya mampu menyebabkan penyakit lain karena zat racun di dalamnya. Kotoran yang menumpuk tersebut ditakutkan akan menyebabkan infeksi pencernaan dan ambeyen yang dapat memengaruhi kesehatan sang buah hati.

  Manfaat Buah Nanas

Untuk mengatasi hal tersebut Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi serat dan fiber, apel contohnya. Untuk melancaran pencernaan, Anda dapat mengonsumsi buah apel dengan cara di jus atau dimakan secara langsung.

Mengurangi Kebengkakan

Hamil adalah suatu kondisi yang erat kaitannya dengan berat badan. Pada umumnya ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan dalam waktu yang relative singkat. Selain karena pertumbuhan sang jabang bayi, meningkatkan berat badan ini juga disebabkan karena tubuh yang membengkak.

Pembengkakan tersebut biasanya terjadi pada bagian kaki dan payudara. Hal tersebut dikarenakan menumpukan cairan pada satu bagian tertentu tubuh sehingga membuatnya Nampak bengkak.

Setelah mengonsultasikannya pada bidan atau dokter kepercayan, Anda dapat mengurangi kebengkakan selama kehamilan dengan buah apel. Konsumsi buah apel dengan cara di jus dengan menambahkan madu murni sebagai penambah rasa manis.

Mengurangi Risiko Kelahiran Prematur

Sebagai seorang calon ibu, tentu Anda ingin sang buah hati lahir dan tumbuh sehat tanpa gangguan sedikitpun. Namun keinginan tak selalu berbanding lurus dengan kenyataan, di mana banyak ibu yang melahirkan dengan keadaan premature. Premature adalah keadaan di mana ibu melahirkan buah hati sebelum waktu kelahiran yang semestinya. Masa kehamilan yang baik biasanya adalah 9 bulan, namun untuk bayi premature biasanya adalah 6 atu 7 bulan kehamilan.

Banyak sekali faktor penyebab dari kelahiran premature ini seperti kurangnya gizi untuk anak, aktivitas berlebih, sekresi empedu berlebih, dan masih banyak lagi.
Salah satu cara untuk mengurangi risiko kelahiran premature adalah dengan perbanyak konsumsi apel hijau untuk ibu hamil. usahakan Anda mengonsumsi buah apel setiap hari.

Meningkatkan Energi

Seperti yang kami jelaskan di atas bahwa ibu hamil biasanya mengalami morning sickness yang menyebabkan tubuh menjadi lemas dan lemah. Keadaan tersebut tentunya sangat tidak baik untuk ibu maupun sang buah hati. Menurunnya nafsu makan juga menjadi penyebab tubuh kekurangan energy dan gizi.

Sebagai calon ibu, Anda harus bijak menyikapinya dengan tetap memikirkan sang buah hati. meskipun perut terasa mual, Anda tetap harus mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menambah energy untuk tubuh. salah satu makanan yang dipercaya ampuh untuk meningkatkan energy adalah buah apel. Pasalnya di dalamnya terkandung karbohidrat kompleks yang akan menyumbangkan energy untuk tubuh.

manfaat buah apel
pixabay.com

***

Demikian ulasan lengkap mengenai manfaat buah apel. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan bisa menjadi referensi apa yang sedang Anda cari, silahkan bagikan artikel ini kepada teman dan saudara Anda untuk menebar manfaat lainya, terima kasih.