Manfaat Buah Alpukat

Manfaat Buah Alpukat – Siapa yang tak suka dengan buah alpukat? Buah yang memiliki rasa manis dan creamy dengan tekstur daging yang super lembut menjadi favorit banyak orang. Selain dikonsumsi secara langsung, biasana buah alpukat diolah menjadi jus buah atau campuran kue dan dessert.

Selain rasanya yang super creamy dan lezat, buah alpukat juga kaya akan sejuta manfaat untuk kehidupan manusia. Hal tersebut didukung oleh berbagai kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalam daging buah alpukat. Bayangkan saja dalam satu buah alpukat terkandung aneka vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, magnesium, zinc, mangan, asam folat, dan masih banyak lagi. Jadi dapat dibayangkan betapa banyak khasiat dari buah yang satu in.

Nah, tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak ulasan di bawah ini mengenai manfaat buah alpukat untuk kehidupan manusia yang wajib Anda ketahui.


Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan
Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

1. Melancarkan Pencernaan

Pencernaan adalah hal yang memegang peranan penting dalam tubuh kita. Bayangkan saja setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi akan diproses dan diolah di dalam pencernaan untuk memisahkan antara sisa ampas dan sari vitamin yang terkandung di dalamnya. setelah itu, sisa makanan akan dibuang dalam bentuk air seni dan kotoran. Sedangkan vitamin akan diedarkan ke seluruh tubuh untuk menjadi nutrisi.

Bayangkan saja apabila pencernaan mengalami masalah, maka seluruh bagian tubuh akan mengalami dampak negatifnya. Contohnya saja apabila seseorang kurang mengonsumsi makanan dan minuman tinggi serat dan fiber, maka besar kemungkinan akan mengalami susah buang air besar atau sembelit. Apabila dibiarkan berlarut-larut, sembelit juga dapat menyebabkan dampak yang berbahaya bagi tubuh.

Lalu bagaimana cara agar pencernaan tetap lancar dan sehat? Caranya adalah perbanyak konsumsi buah dan sayur yang tinggi serat. Salah satu buah yang memiliki kandungan serat cukup tinggi adalah alpukat. Maka dari itu, usahakan Anda rutin mengonsumsi buah yang satu ini dua kali sehari dengan secara langsung atau diolah menjadi jus atau bahan campuran kue.

2. Menghilangkan Bau Mulut

Bau tidak sedap merupakan salah satu masalah gigi dan mulut yang sangat mengganggu. Bayangkan saja ketika sedang asyik mengobrol dengan lawan bicara, kemudian mulut Anda mengelurkan bau yang tidak sedap. Tentunya hal tersebut sangat menurunkan rasa percaya diri dan menyebabkan keminderan.

Penyebab dari bau mulut ini beragam mulai dari kurangnya kebersihan gigi dan mulut, sariawan, gigi berlubang, makanan atau minuman yang dikonsumsi, atau bahkan masalah pencernaan yang terjadi di dalam perut.

  Manfaat Buah Naga

Selain menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara rutin menyikat gigi, pencegahan dan penanganan bau mulut juga dapat dilakukan dari dalam. Dengan perbanyak konsumsi makanan dan minuman tinggi atioksidan flavonoid dapat membunuh bakteri dan kuman yang bersarang di dalam mulut penyebab bau mulut tidak sedap. Apa contoh makanan dengan kandungan antioksidan flavonoid? Alpukat tentunya. Tingginya kandungan antioksidan di dalam buah alpukat bahkan diklaim mampu mencegah munculnya risiko kanker mulut.

Selain dikonsumsi secara langsung, Anda juga dapat mengolah buah alpukat menjadi jus buah yang segar dan lezat. Berikut ini kami sajikan tutorial cara membuat jus alpukat yang lezat dan higiensi.

  • Siapkan satu buah alpukat berukuran besar yang masih segar
  • Belah buah alpukat pada bagian tengah, sehingga terbelah menjadi dua bagian
  • Ambil biji alpukat kemudian kerok daging dengan menggunakan sendok atau scup es krim. Usahakan ketika mengerok daging alpukat jangan terlalu dekat dengan bagian kulit karena akan menimbulkan rasa pahit
  • Masukan seluruh daging alpukat yang telah dikerok ke dalam blender, kemudian tambahkan empat sendok makan madu murni sebagai pemanis alami pengganti gula pasir
  • Blender buah alpukat dengan menambahkan sedikit air. Setelah halus segera tuang jus alpukat ke dalam gelas, kemudian tambahkan kental manis rasa coklat sebagai hiasan dan es batu untuk rasa yang lebih segar
  • Jus alpukat yang segar dan lezat siap dinikmati. Konsumsi jus alpukat ini setiap hari agar tubuh menjadi lebih sehat dan kebutuhan pangan terjaga

3. Menjaga Kesehatan Hati

Setiap organ tubuh tentu memiliki peran penting masing-masing yang tidak dapat digantikan satu sama lain, tak terkecuali dengan hati. Apakah Anda tahu apa fungsi hati? hati adalah salah satu organ vital di dalam tubuh manusia yang terletak di sebelah kiri perut bagian atas. Fungsi dari hati sendiri adalah menetralisir racun yang masuk di dalam tubuh. Jadi apabila Anda mengalami kesembuhan dari keracunan tanpa menggunakan perawatan medis, maka fungsi dari hati Anda masih sangat baik.

Bayangkan saja apabila hati Anda mengalami gangguan atau kerusakan, tentu dampaknya akan sangat fatal untuk tubuh. maka dari itu, Anda disarankan untuk menjaga kesehatan hati agar dapat berfungsi dengan baik. Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan alpukat. Buah alpukat memiliki senyawa dan kandungan yang sangat baik untuk kesehata hati mulai dari vitamin A, lemak baik, omega 3, anti oksidan, dan masih banyak lagi. Jadi, segeralah konsumsi buah alpukat setiap hari agar hati Anda tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Siapa yang tak ingin memiliki mata yang sehat dan jernih? Tentunya tidak aka nada yang menolak. Selain fungsi mata sebagai indra penglihatan, mata juga dapat menambah kecantikan atau ketampanan seseorang. mata yang jernih dan terang menjadi favorit bagi semua orang.

  Manfaat Kunyit

Namun demikian, banyak sekali masalah atau penyakit yang dapat menyerang indra penglihatan ini, katarak misalnya. Katarak adalah salah satu penyakit mata yang disebabkan oleh efek radikal bebas yang menumpuk  pada jaringan mata, biasanya katarak ini akan muncul ketika seseorang telah lanjut usia. Selain katarak, mata minus atau plus juga menjadi salah satu penyakit mata yang disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat.

Lalu bagaimana cara menjaga mata agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit? Caranya adalah dengan perbanyak konsumsi buah alpukat. Sebagai buah dengan sejuta manfaat, alpukat juga dapat menjaga kesehatan mata dan melindunginya dari berbagai penyakit. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin A dan karotenoid seperti zeaxanthin dan lutein yang cukup tinggi. selain itu, kandungan anti oksidan di dalamnya mampu menetralisir efek radikal bebas penyebab penyakit mata.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Tak hanya hati dan mata, buah apukat ternyata juga sangat ampuh dalam menjaga kesehatan jantung. Serupa dengan hati, jantung merupakan organ vital yang sangat penting di mana ia bertugas untuk memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh. maka dari itu, ketika jantung seseorang mengalami gangguan, nyawa juga menjadi taruhan karena tugasnya yang sangat vital.

Pada saat ini banyak sekali penyakit jantung  yang mengintai keselamatan dan kesehatan anda, jantung koroner misalnya. Pola hidup tidak sehat menjadi salah satu penyebab penyakit jantung seperti merokok, minuman keras,obat terlarang, makanan berlemak, kolesterol, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengubah pola hidupa menjadi lebih sehat, perbanyak konsumsi alpukat misalnya. Hal tersebut dikarenakan kandungan beta sitosterol di dalam buah alpukat mampu menetralisir kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, kandungan kalium juga berkhasiat untuk mencegah terjadinya hipertensi, meregangkan pembuluh darah dan arteri, dan mengurangi risiko terjadinya pembekuan pembuluh darah.

Jadi, tunggu apalagi segera konsumsi buah alpukat baik secara langsung atau diolah menjadi jus atau kue.

6. Mengobati Peradangan Sendi

Satu lagi manfaat dari buah alpukat yaitu mampu mengobati peradangan yang terjadi di daerah sendi dan otot. Hal tersebut dikarenakan sifat anti inflamasi pada buah alpukat mampu mengurangi peradangan yang terjadi. Berdasarkan penelitian rutin mengonsumsi buah alpukat dalam porsi yang cukup mampu menjaga kesehatan tulang dan sendi agar terhidar dari risiko arthritis.

Jadi tunggu apalagi segera beli buah alpukat atau petik di belakang rumah, kemudian olah menjadi makanan atau minuman yang Anda gemari. Berikut ini kami akan berikan tutorial cara membuat sop alpukat yang lezat dan menghangatkan.

  • Siapkan satu buah alpukat berukuran sedang kemudian belah menjad dua bagian
  • Ambil daging alpukat dengan menggunakan sendok atau scope s krim
  • Letakan di dalam mangkuk, kemudian haluskan kasar menggunakan sendok atau garpu
  • Panas 200 ml susu cair, kemudian tuangkan ke dalam mangkuk berisi daging alpukat tersebut
  • Tambahkan dua sendok makan madu, kemudian aduk hingga merata
  • Sop buah alpukat yang lezat dan menghangatkan siap untuk dinikmati
  Manfaat Buah Tomat

7. Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan menjadi hal yang sangat krusial dan tabu untuk dibahas. Pasalnya banyak orang yang kehilangan rasa percaya diri akibat merasa berat badan yang dimiliki kurang ideal. Untuk mengetahui berat badan yang Anda milik sudah ideal atau belum Anda dapat menggunakan rumus tinggi badan dikurangi dengan 100. Contohnya tinggi badan Anda adalah 160 cm, maka berat badan ideal Anda adalah 60 kg, yaitu 160 -100.

Untuk menjaga berat badan agar tetap ideal biasanya seseorang akan menjalani program diet, bahkan tak jarang program diet yang dijalain cenderung ekstrim dan membahayakan kesehatan. Contoh diet esktrim yang sedang viral akhir-akhir ini yaitu hanya mengonsumsi satu buah apel untuk pagi hari dan 1 ubi untuk sore hari. Dengan pola diet tersebut memang berat badan akan turun secara drastic, tetapi kesehatan diri Anda sedang terancam. Selain kekurangan tenaga, daya tahan tubuh yang menurun juga menjadi gerbang bagi berbagai virus dan bakteri penyebab panyakit.

Salah satu makanan yang dipercaya sangat ampuh untuk digunakan dalam program diet adalah buah alpukat. Kandungan karbohidrat di dalam alpukat dapat membuat perut kenyang lebih lama sehingga nafsu makan pun berkurang. Untuk program diet, sebaiknya Anda mengonsumsi buah apukat secara langsung tanpa menggunakan bahan tambahan seperti gula pasir, susu, kental manis, madu, atau es batu.


Manfaat Buah Alpukat untuk Kecantikan

Manfaat Buah Alpukat untuk Kecantikan
Manfaat Buah Alpukat untuk Kecantikan

1. Melembabkan Kulit

Manfaat buah alpukat untuk kecantikan yang pertama adalah melembabkan kulit yang kering dan mengelupas. Cuaca yang esktrim ditambah dengan polusi udara dapat menjadi pemicu kulit kering dan terkelupas.

Selain menggunakan pelembab atau hydrating booster yang dapat mengunci kelembaban kulit, Anda juga dapat memanfaatkan bahan alami yang terkenal aman dan tak kalah dalam fungsinya. Salah satu bahan alami yang terkenal akan kemampuannya dalam melembabkan kulit adalah alpukat. hal tersebut dikarenakan kandungan lemak antioksidan dan vitamin E yang mengembalikan kelembaban kulit.

Untuk mendapatkan kulit yang lembab dan halus menggunakan buah alpukat caranya cukup mudah yaitu:

  • Siapkan satu buah alpukat berukuran sedang, usahakan yang telah matang sempurna
  • Belah buah alpukat menjadi dua bagian, kemudian ambil dagingnya menggunakan sendok
  • Letakan di dalam wadah, kemudian hancurkan menggunakan sendok atau garpu hingga halus
  • Tambahkan satu sendok makan madu murni dan satu sendok makan air ketimun
  • Campurkan ketiga bahan tersebut menjadi satu, kemudian oleskan ke kulit kering dan diamkan selama 30 menit
  • Setelah kering, bilas masker buah alpukat menggunakan air hangat

2. Memutihkan Kulit

Siapa yang tak menginginkan kulit putih bersih dan bebas dari noda? Kulit putih memang menjadi symbol kecantikan yang mana semua orang berloma-lomba untuk mendapatkannya dengan cara apapun. Biasanya untuk meningkatkan kecerahan kulit, seseorang akan menggunakan produk pemutih dari merek ternama dengan harga mencapai jutaan rupiah. meskipun demikian keamanan penggunaan dalam jangka panjang belum terjamin dan hasilnya pun belum tentu sempurna.

  Manfaat Buah Sirsak

Agar terhindar dari risiko kerusakan kulit akibat bahan-bahan kimia, Anda dapat menggunakan perawatan kulit alami. Salah satu bahan alami yang dikenal mampu mencerahkan dan memutihkan kulit adalah alpukat. Kandungan vitamin C pada kulit mampu meningkatkan pigmen kulit menjadi lebih putih dan cerah.

Cara memutihkan kulit menggunakan buah alpukat cukup mudah yaitu sebagai berikut.

  • Siapkan satu buah alpukat berukuran sedang, kemudian belah menjadi dua bagian,
  • Ambil daging alpukat menggunakan sendok atau skop es krim
  • Letakan daging alpukat ke dalam wadah, kemudian hancurkan menggunakan sendok atau garpu hingga halus
  • Tambahkan satu sendok makan madu murni dan satu sendok makan susu bubuk atau air bengkuang
  • Campurkan ketiga bahan tersebut menjadi satu, kemudian oleskan ke wajah dan diamkan selama 30 menit
  • Setelah kering, bilas masker buah alpukat menggunakan air hangat

3. Mencegah Keriput

Apa artinya kulit yang putih bersih namun dipenuhi dengan keriput? Keriput adalah garis-garis halus yang timbul pada daerah lipatan seperti kantung mata, dahi, dan pipi. Keriput ini sangat identik dengan masalah penuaan karena biasanya muncul pada seseorang yang telah memasuki usia 30 tahun ke atas.

Meskipun demikian, bagi Anda yang masih berusia 25 tahun ke bawah bukan berarti bebas dari ancaman keriput. Selain faktor usia, penyebab lain dari keriput adalah kulit yang kehilangan kelembaban dan cenderung keriput. Cuaca maupun penggunaan produk perawatan kulit yang menggunakan bahan kimia berbahan keras menadi penyabab dari kulit yang kering. Maka dari itu, usahakan Anda tetap menjaga kelembaban kulit dengan bahan-bahan yang alami sehingga lebih aman.

Salah satu bahan alami yang terkenal mampu mencegah datangnya keriput adalah buah alpukat. hal tersebut dikarenakan kandungan mineral dan kalium di dalamnya mampu mengembalikan elastisitas kulit sehingga lebih lembab dan kencang. Untuk mendapatkan kulit lembab dan kencang dengan buah alpukat caranya cukup mudah yaitu dengan mengolah buah alpukat menjadi masker atau scrub.

4. Menghilangkan Flek Hitam

Selain kulit kering, kusam, dan keriput, terdapat satu lagi masalah kulit yang kerap kali membuat jengkel para wanita yaitu flek hitam. Flek hitam ini akan membuat rasa percaya diri Anda akan turun secara drastic ketika bare face atau tanpa make up. Meskipun flek hitam ini dapat ditutupi menggunakan riasan seperti foundation atau bedak, tetapi banyak orang yang berusaha menghilangkannya agar penampilan menjadi lebih cantik.

Selain menggunakan produk kecantikan untuk menghilangkan flek hitam, Anda juga dapat menggunakan bahan alami sebagai pelengkap. Salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai penghilang flek hitam adalah alpukat.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Alpukat Caranya Cukup Mudah Yaitu Sebagai Berikut:

  • Siapkan satu buah alpukat berukuran sedang yang sudah matang sempurna, kemudian belah menjadi dua bagian
  • Ambil daging alpukat menggunakan sendok atau esk krim, kemudian letakan dalam wadah
  • Haluskan daging alpukat menggunakan garpu agar tetap bertekstur, kemudian tambahkan satu sendok makan air tomat dan susu murni
  • Aduk ketiga bahan tersebut sampai rata, kemudian oleskan ke bagian wajah yang memiliki flek hitam
  • Diamkan selama 30 menit atau sampai kering, kemudian bilas dengan air hangat
  • Lakukan perawatan dengan buah alpukat ini secara rutin agar flek hitam dapat tersamarkan
  Manfaat Minyak Zaitun

5. Membersihkan Sel Kulit Mati

Sel kulit mati yang menumpuk adalah sumber berbagai masalah kulit mulai dari jerawat, kulit kering dan mengelupas, kulit kusam, dan masih banyak lagi. Meskipun kulit dapat tergenerasi dengan sel yang lebih baru dan sehat, tetapi sel kulit mati tetap akan menumpuk pada permukaan wajah apabila tak dibersihkan dengan baik.

Biasanya untuk membersihkan sel kulit mati ini digunakan masker atau scrub yang banyak dijual di pasaran. Namun demikian penggunaan masker dalam jangka panjang tentu akan memberikan efek samping yang buruk bagi kulit. Selain itu harganya pun terbilang tidak murah yaitu sekitar Rp 35.000-200.000 per  botolnya.

Untuk itu, kami di sini akan memberikan solusi jitu bagi Anda yang ingin membersihkan sel kulit mati dengan cara yang alami. Salah satu caranya adalah dengan membuat scrub dari buah alpukat. bagaimana cara membuatnya? Simak tutorialnya di bawah ini.

  • Siapkan satu buah alpukat berukuran sedang, satu sendok makan madu murni, dan satu buah lemon
  • Belah buah alpukat, kemudian ambil dagingnya menggunakan sendok atau skop esk krim. Setelah itu, hancurkan dengan garpu agar masih bertekstur
  • Parut kulit lemon, kemudian haluskan lagi dengan pisau
  • Campurkan daging alpukat, parutan kulit lemon, dan madu murni, aduk sampai tercampur menjadi satu
  • Oleskan scrub dari buah alpukat tersebut ke seluruh wajah, kemudian diamkan selama 15 menit atau setengah kering. Setelah itu gosokan secara perlahan agar scrub alpukat dapat mengangkat sel kulit mati
  • Pijat dan gosokan scrub buah alpukat selama 5 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan sabun cuci muka
  • Usahakan setelah mencuci muka, Anda langsung menggunakan booster atau toner agar kelembaban kulit tetap terjaga

Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil
Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

1. Meningkatkan Produksi Hormon Prolaktin

Berbicara mengenai manfaat dari buah alpukat pasti tak ada habisnya. Salah satu manfaat buah alpukat untuk ibu hamil adalah meningkatkan produksi hormone prolaktin. Apa itu hormone prolaktin? Prolaktin adalah hormone yang membuat emosi ibu hamil tetap stabil. Seperti yang kita ketahui bahwa ibu hamil biasanya memiliki kondisi kejiwaan yang tidak stabil sehingga sering uring-uringan bahkan depresi. Nah, hormone inilah yang membuat ibu hamil tetap berpikiran jernih dan dan tidak mudah emosi.

Sebenarnya hormone prolaktin ini akan diproduksi secara alami oleh tubuh. namun bagi ibu hamil yang mengalami masalah emosi tidak stabil yang berlebih, hendaknya dapat meningkatkan produksi hormone yang satu ini. caranya cukup mudah yaitu dengan mengonsumsi buah alpukat secara langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi makanan atau minuman favorit anda.

  Manfaat Buah Pisang

2. Mencegah Penyakit Mata pada Bayi

Di dalam kandungan memang menjadi masa-masa yang penting bagi sang jabang bayi. Pasalnya seluruh bagian tubuh dan jaringan pada bayi akan terbentuk secara sempurna mulai dari otak, jantung, tangan, kaki, mata, dan lain sebagainya. Dalam proses pembentukan tersebut biasanya bayi akan membutuhkan banyak nutrisi agar terhindar dari risiko kecacatan.

Salah satu asupan makanan yang wajib Anda penuhi ketika sedang mengandung adalah buah dan sayur. Hal tersebut dikarenakan berbagai kandungan mineral dan vitamin yang sangat baik untuk perkembangan janin. Alpukat menjadi buah yang diwajibkan untuk dikonsumsi ibu hamil. mengapa? Karena buah yang satu ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Selain itu, buah alpukat juga kaya akan vitamin A dan karotenoid yang sangat baik untuk kesehatan mata sang jabang bayi.

Jadi, tunggu apalagi segera konsumsi buah alpukat baik secara langsung atau diolah menjadi jus buah agar lebih segar.

3. Mengurangi Risiko Kelahiran Bayi Cacat

Bayi lahir dengan selamat dan sempurna tanpa kurang suatu apapun merupakan impian semua orang tua, khususnya ibu. Namun takdir terkadang berkata lain, terdapat bayi yang lahir dengan kondisi cacat baik fisik maupun mental. Selain takdir, kecacatan tersebut juga dapat dipengaruhi oleh pola hidup sang ibu. Kurangnya asupan nutrisi bagi sang bayi merupakan salah satu penyebab kecacatan.

Maka dari itu, sedini mungkin Anda harus menjaga asupan nutrisi dan gizi bagi sang buah hati dengan mengonsumsi vitamin, sayur, dan buah. Salah satu buah yang dipercaya ampuh untuk mengurangi risiko kelahiran bayi cacat adalah alpukat. pasalnya di dalam satu buah berukuran kecil tersebut tersembunyi aneka mineral seperti A, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, magnesium, zinc, mangan, asam folat, dan masih banyak lagi.

Untuk itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi buah alpukat secara rutin bai secara langsung atau diolah menjadi jus.

4. Mencegah Anemia

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yang terakhir adalah mencegah anemia. Tak hanya pada ibu hamil, anemia atau kurang darah sering menjangkit seseorang yang kurang zat besi di dalam tubuhnya. Meskipun sepele, tetapi anemia dapat sangat berbahaya bagi ibu hamil karena dapat mengganggu pertumbuhan sang jabang bayi di dalam rahim.

Salah satu cara untuk mencegah anemia pada ibu hamil adalah dengan mengonsumsi buah alpukat. kandungan zat besi di dalamnya mampu meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh. untuk itu, segera konsumsi buah alpukat secara rutin dua hari sekali.

***

Demikian ulasan lengkap mengenai manfaat buah alpukat untuk kesehatan, kecantikan dan ibu hamil. semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan informasi yang bermanfaat, terima kasih.