Contoh Teks Ulasan

Contoh Teks Ulasan – Ketika kita membaca suatu tulisan yang isinya mengenai tinjauan atau resensi dari suatu film atau buku, apakah kita tahu termasuk ke dalam jenis teks apakah tinjauan dari film atau buku tersebut? Tinjauan atau resensi dari film atau buku yang kita baca biasanya membahas kelebihan atau kekurangan dari film atau buku tersebut, serta memberikan gambaran singkat kepada para pembacanya tentang film atau buku yang dijadikan ulasan atau resensi tersebut.

Contoh Teks Ulasan

Sebelum membuat teks ulasan tentang berbagai jenis literatur, berikut simak dulu beberapa contoh teks ulasan dari beberapa jenis karya beserta struktur teksnya. Anda bisa menggunakannya sebagai contoh, panduan, atau inspirasi ketika ingin membuat ulasan atau review.

Contoh Teks Ulasan Tentang Film

Contoh Teks Ulasan Tentang Film
Contoh Teks Ulasan

Judul : Sang Pemimpi

Sutradara : Riri Riza

Produser : Mira Lesmana

Penulis : Salma Aristo, Riri Riza, Mira Lesmana

Musik : Said Effendi

Distributor : Miles film dan Mizan Production

Rilis : 17 desember 2009

Durasi : 120 menit

Bahasa : Indonesia

Anggaran : Rp 11 miliar

Prekuel : Laskar Pelangi

Sekuel : Edensor

Pemain : Vikri Setiawan, Lukman Sardi, Zulfanny, Rendy Ahmad, Nazriel Ilham (Ariel “NOAH”),

Sandy Pranatha, Azwir Fitrianto, Mathias Muchus, Rieke Diah Pitaloka, Nugie, Landung Simatupang, Maudy Ayunda, Yayu Unru, Jay Wijayanto.

Orientasi Teks Ulasan

Sang Pemimpi adalah sebuah film Indonesia (tahun 2009) yang diadaptasi dari tetralogi novel Laskar Pelangi kedua, Sang Pemimpi, karya Andrea Hirata. Film ini merupakan sekuel dari film Laskar Pelangi yang menceritakan mengenai kehidupan penulis di Belitong ketika masa SMA.

Tiga tokoh utama di film ini yaitu Ikal, Arai, dan Jimbron. Ikal ialah Andrea Hirata sendiri, Arai merupakan saudara jauhnya yang menjadi anak yatim piatu sejak kecil. Arai disebut simpai karena dia adalah orang terakhir yang masih hidup di keluarganya, kemudian dia diangkat anak oleh ayah Ikal.

Jimbron adalah teman Ikal dan Arai yang sangat terobsesi dengan kuda dan gagap ketika sedang antusias dengan sesuatu maupun ketika gugup. Ketiga orang ini melalui suatu kisah persahabatan sejak mereka kecil sampai bersekolah di SMA Negeri Manggar, SMA Negeri pertama yang ada di Belitong.

Tafsiran:

Dalam memenuhi kebutuhan hidup, Ikal dan Arai harus bekerja sebagai kuli di pelabuhan ikan pada dini hari kemudian setelah selesai bekerja, mereka pergi ke sekolah. Walau dengan keadaan seperti ini, mereka tetap semangat belajar dan selalu ranking 5 teratas dari 160 murid di sekolah. Karena jarak sekolah dari rumah Ikal dan Arai sejauh 30 km maka mereka harus menyewa kamar dan hidup jauh dari orang tua.

Di bukunya, Andrea Hirata menceritakan bahwa Iklan dan kedua temannya adalah remaja yang nakal. Mereka sangat dibenci oleh Pak Mustar, Kepala Sekolah SMA Negeri Manggar. Tetapi berbeda dengan Pak Balia, seorang guru yang memberikan mimpi-mimpi untuk muridnya, khususnya kepada Ikal, Arai dan Jimbron.

Di Film Sang Pemimpi, banyak kenakalan yang dilakukan oleh Arai dan Akal ketika duduk di bangku SMA. Mereka pernah mengejek Pak Mustar hingga membuatnya marah ketika upacara bendera. Mereka juga pernah menyusup ke bioskop walau tidak diizinkan oleh pihak sekolah untuk masuk dan menonton film di sana. Keesokan harinya, Pak Mustar memberikan hukuman kepada Ikal dan Arai setelah mengetahui hal itu.

Film ini memiliki kelebihan dengan menceritakan persahabatan dan rasa setia kawan sekaligus tentang pentingnya pendidikan, selain itu juga kisahnya sangat mengharukan. Mereka harus hidup mandiri dan terpisah dari orang tua, walau dalam keterbatasan kondisi ekonomi tetapi memiliki cita-cita yang tinggi.

Sangat disayangkan bahwa alur cerita di dalam film ini tidak jelas dikarenakan alurnya dibolak-balik, dan hal ini membuat bingung yang menontonnya.

Evaluasi:

Film ini sangat memotivasi para pelajar terutama pelajar SMA, kisah yang mengharukan tetapi menyenangkan ketika ditonton sekaligus menceritakan tentang persahabatan dan rasa setia kawan serta menyadarkan pentingnya pendidikan.

Banyak juga kejadian lucu yang menarik dalam film ini. Penonton film Sang Pemimpi mencapai 2 juta lebih dan menjadi film terlaris sepanjang masa, film ini dapat ditonton oleh semua kalangan.

Rangkuman:

Fillm ini memberikan hikmah dan pelajaran bahwa sifat pantang menyerah dan terus semangat dapat mengalahkan segala ketidakmungkinan selama kita mau berusaha semaksimal mungkin, sekaligus rasa setia, saling percaya, dan saling menjaga merupakan kunci dari menjalin hubungan dengan sahabat sejati. Dan mimpi adalah hal yang sangat penting, karena merupakan anak tangga pertama untuk meraih kesuksesan.

Contoh Teks Ulasan Novel

Contoh Teks Ulasan Novel
Contoh teks ulasan

Judul : Karang Setan

Penulis : Enid Blyton

Jenis Buku : Fiksi

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Cetakan XIV : Desember 2011

Tebal : 192 halaman

Orientasi:

Karang Setan adalah novel ke-19 dari seri petualangan Lima Sekawan karya Enid Blyton, seorang penulis berkebangsaan Inggris. Novel ini menceritakan tentang kisah petualangan dari lima sekawan yang berlibur ke sebuah mercusuar milik Si Utik yang berada di atas Karang Setan. Ada dongeng yang menceritakan bahwa terdapat harta karun yang disembunyikan di sana. Lima Sekawan pun memutuskan untuk menyelidiki ke sekeliling gua. Lima Sekawan terdiri dari Julian, Dick, George, Anne, dan seekor anjing bernama Timmy. Petualangan mereka kali ini semakin seru dengan ditemani oleh Si Utik dan monyetnya, Si Iseng.

Tafsiran:

Pada bab pertama, Enid Blyton menceritakan bahwa teman Pak Quentin, ayah George, akan berkunjung ke Pondok Kirrin untuk menyelesaikan pekerjaan. Mereka berdua senang bekerja dalam kesunyian, dan di saat yang bersamaan Lima Sekawan juga akan datang untuk berlibur. Pastinya Pondok Kirrin akan sangat ramai oleh anak-anak dan ditambah dengan teman Pak Quentin yang membawa serta anaknya, Utik, dan monyetnya, Iseng.

Agar ayah George dan temannya dapat bekerja dengan tenang maka diputuskan Lima Sekawan bersama Utik dan Iseng agar pergi berlibur ke mercusuar milik Utik, yang merupakan hadiah ulang tahun dari ayahnya. Tetapi rupanya mercusuar itu dulu dipakai oleh seorang pencuri ulung untuk menyembunyikan kapal-kapal. Kedua anak pencuri itu sampai sekarang masih mencari tempat persembunyian harta rampasan ayahnya.

Karena merasa terganggu oleh kedatangan Lima Sekawan dan Si Utik, maka mereka mengurung Jadi kelima anak itu, Utik, Timmy dan Si Iseng di dalam mercusuar.

Selanjutnya, pembaca akan terkagum dengan berbagai petualangan dan tantangan yang dihadapi oleh Lima Sekawan dan Utik di Karang Setan. Di setiap bab, buku ini, dari awal hingga akhir saling terhubung dengan erat dan merupakan kesatuan utuh yang saling melengkapi.

Evaluasi:

Novel disajikan dengan bahasa yang sangat apik dan menarik sehingga membuat pembaca seolah-olah ikut berpetualang bersama Lima Sekawan ke Karang Setan. Kekonyolan Iseng si monyet dan Timmy si anjing membuat cerita semakin seru. Hanya satu kekurangan buku ini yaitu penyelesaiannnya yang kurang mengesankan. Namun, kekurangan tersebut dapat dianggap sebagai angin lalu dan pembaca dibuat terhanyut dengan cara penulis menyajikan cerita.

Meskipun disebut sebagai novel ke-19 dari seri petualangan Lima Sekawan, novel ini sama sekali tidak berhubungan satu sama lain. Setiap seri petualangan Lima Sekawan memiliki cerita yang berbeda dan di tempat yang berbeda juga. Novel-novel tersebut hanya memiliki kesamaan dalam tokoh, yaitu Lima Sekawan.

Rangkuman:

Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan yang ada, novel ini merupakan buku yang sangat menarik dan cocok untuk dibaca saat memiliki waktu luang. Buku ini menggambarkan tentang sebuah petualangan yang dipenuhi banyak rintangan. Di dalam buku in, terdapat pelajaran tentang semangat, kerja keras, dan sifat pantang menyerah dalam menghadapi berbagai rintangan yang dihadapi.

Contoh Teks Ulasan Cerpen

Contoh Teks Ulasan Cerpen
Contoh Teks Ulasan

Judul : Ketika Sebuah Persahabatan Dipertaruhkan

Orientasi:

Cerpen ini adalah karya Arief Setiawan yang bercerita tentang kisah cinta remaja dalam menghadapi sebuah masalah rumit. Cerpen ini ditulis dalam 3 lembar.

Tafsiran:

Berawal dari 2 murid SMP yaitu “Aku” sebagai Adit dan seorang anak perempuan bernama Dewi. Pertemuan mereka berawal ketika SMP, Aku sebagai Adit diselamatkan oleh Dewi ketika aku “dipalak” oleh temen sekelas ku yang bernama Riki. Tetapi setelah melewati beberapa tahap hubungan, pada akhir mereka menjadi teman. Sejak saat itu, mereka berdua menjadi dekat dan saling bercerita mengenai masalah-masalah yang dihadapi.

Dewi yang bersikap baik kepada Adit menyebabkan munculnya perasaan suka terhadap Dewi. Tetapi mereka harus berpisah karena sekolah yang berbeda setelah lanjut ke SMA. Di SMA, Adit mempunyai seorang pacar, tetapi mereka putus hubungan dan pada akhirnya Adit berpacaran dengan Dewi.

Hubungan mereka mempunyai masalah karena mantan pacar Adit meminta kembali dan dari sanalah timbulnya konflik. Tetapi Adit mengambil keputusan yang salah dengan kembali ke mantan pacarnya dan meninggalkan Dewi tanpa memberinya penjelasan.

Tokoh utamanya cerpen ini adalah Adit dan Dewi. Adit merupakan seorang laki-laki yang tidak teguh pendirian dan selalu menyesal di kemudian hari dengan keputusannya. Sedangkan Dewi merupakan seorang perempuan yang baik, tegas, dan berani membela kebenaran. Dewi tersakiti oleh keputusan Adit.

Evaluasi:

Cerpen ini sangat menarik dan menggambarkan isi cerita dengan sangat mendalam, seperti tokoh Adit yang mengumbar perasaan secara indah. Hal ini membuat pembaca cerpen merasakan kebahagiaan, pengkhianatan, kesedihan, dan penyesalan yang dialami oleh tokoh-tokoh di dalam nya.

Kekurangan cerita ini adalah tidak cocok dibaca oleh anak-anak di bawah umur karena menggambarkan cerita cinta remaja dan adegan-adegan kekerasan yang dialami oleh tokoh. Selain itu, cerita ini juga kurang memberikan pendidikan moral yang baik.

Rangkuman:

Cerpen yang berjudul “Ketika Sebuah Persahabatan Dipertaruhkan” ini terasa agak kurang memberikan manfaat untuk pelajar di bawah umur. Tetapi cerita ini tetap memberikan pelajaran moral. Sebagai contoh adalah persahabatan yang didasari dengan rasa kasih sayang antar sesama manusia, tanpa memikirkan perbedaan gender.

Contoh Teks Ulasan Puisi

Judul : Sahabat Terbaikkku

Isi :

Sahabat …

ketika kita nikmati waktu bersama, begitu banyak yang terlewatkan

keceriaan, canda dan tawa semuanya mengalir begitu saja

waktu yang ada seolah tak mampu menampung dan waktu yang sangat singkat membuat aku teringat kepada diri mu sahabat

Semua kenangan itu tak terasa telah pergi meninggalkan segala kegembiraan

Begitu juga canda dan tawa mu satu persatu hilang sekejap mata

ada sejuta senyuman saat teringat memori dulu kala

Sahabat …

semua hal yang kita jalani hari demi hari dan waktu demi waktu telah dilalui

Banyak hal yang pernah terjadi karena itulah jalan hidup yang kita miliki

Misalnya terkadang kita benci, kecewa dan kesal serta rasa senang dan sayang

apa yang telah kita lalui bersama ..sangat luar biasa

Ya Tuhan …

jagalah dan lindungilah

sahabat-sahabat ku

karena mereka adalah sahabat terbaiku selamanya

Orientasi:

Puisi yang berjudul Sahabat Terbaikku ini adlah puisi karya Frizka Tirani. Puisi ini bercerita tentang sahabat terbaik penulis. Mereka melalui waktu bersama. Begitu banyak kenangan yang mereka lalui mengalir tanpa terasa. Penulis menceritakan banyak hal yang mereka lakukan ketika menjalani hidup.

Tafsiran:

Pada paragraf pertama, penulis menceritakan tentang saat-saat yang mereka nikmati dan terlewatkan begitu saja. Keceriaan dan canda tawa tercurah di sana. Waktu yang tersisa pun tidak dapat menampungnya. Hal inilah yang membuat penulis terkenang akan sahabatnya. Semua kenangan seakan tak terasa, sedikit demi sedikit meninggalkan kegembiraan, satu persatu menghilang. Pada paragraf terakhir, penulis membuat sebuah permohonan kepada Tuhan untuk menjaga dan melindungi sahabatnya.

Evaluasi:

Puisi ini tersaji dengan tema menarik sehingga pembaca merasa terkesan. Selain itu, puisi ini berisi hal-hal yang terjadi di antara dua sahabat seperti canda tawa, senang, sayang dan lain-lain. Dalam puisi ini, enulis juga cukup baik dalam mengolah kata-kata puitis.

Contoh Teks Ulasan Novel 2

Judul : Surat Untukmu Sahabat

Penulis : Bunga Riska Nizam

Penerbit : Aletta Pictures

Jenis buku : Fiksi

Tahun terbit : 2013 (cetakan ke-5)

Tempat terbit : Jakarta

Ukuran novel : 13 cm x 19 cm

Tebal halaman : 120 halaman

Harga buku : Rp. 40.000,00

Orientasi:

Novel ini adalah karya Bunga Riska Nizam yang mencritakan tentang surat terakhir untuk sahabat, yaitu yang bernama Keke. Kala itu, terakhir kalinya Andini, Fachda, Dinda, Ida, dan Maya merayakan ulang tahun Keke, ketika Keke dinyatakan bebas dari kanker yang menggerogoti tubuhnya.

Berselang waktu berlalu, semuanya menjadi terasa baru. Setelah tiga tahun bersekolah bersama di SMP Al-Kamal, tahun ini mereka berenam tidak lagi duduk di sekolah yang sama. Berpisah sekolah bukan berarti mereka kehilangan arah dalam persahabatan yang telah dibangun sejak SMP.

Tafsiran:

Kala itu, Keke tidak mampu lagi menahan kesedihannya saat menyaksikan rambutnya memenuhi genggaman tangan. Para sahabatnya juga merasakan kesedihannya. Ketika itu, mereka kehilangan seorang sahabat di akhir tahun, pada tanggal 25 Desember 2006.

Hari ini mereka berlima akan berkumpul dan bertemu di pemakaman Keke jam 4 sore. Syifa membawa kue ultah, Ida menyiapkan lilin, sementara yang lain menyiapkan kebutuhan berziarah seperti payung, bunga, dan air.

Selain mereka berlima, ziarah juga dihadiri oleh Kak Kiki, Kak Cika, dan Pak Jody. Pada hari itu, Ida datang ke pemakaman paling awal, dan ketika sampai di sana, Ida sempat melihat ibu kandung Keke berziarah dan menangis di pusaranya.

Ida menyaksikan pemandangan yang sangat mengharukan karena saat menceritakan hal tersebut saja matanya ikut berkaca-kaca. Tanpa terasa satu jam telah berlalu dan mereka masih berada di pusara Keke.

Pada saat itu mereka bercerita mengenai suatu hari, tepatnya pada saat Keke masih dirawat di rumah sakit. Menurut Kak Cika, setelah teman-teman Keke pergi pamit untuk sholat maghrib, Keke sempat membuka mata dan menyampaikan pesannya meski tidak bisa diucapkan secara jelas. Keke memainkan jarinya membentuk angka satu dan empat. Pak Jodi sempat memberikan selembar kertas dan pulpen yang akhirnya menjadi pesan terakhir dari Keke.

Tidak lama setelah itu, Keke berpulang ke hadapan Illahi. Teman-temannya tidak berada di sampingnya ketika Keke pergi, karena sedang berdoa bersama meminta yang terbaik untuk Keke. Akhirnya mereka berenam berkumpul bersama. Hari natal dipilih karena hari ini adalah hari libur dari segala aktivitas.

Dinda membacakan surat terakhir dari Keke yang baru dibaca setelah dia meninggal. Dengan seluruh perasaan yang bercampur di dalam dada, mereka terdiam dan berusaha membuka telinga lebar-lebar. Setelah mendengar tulisan surat Keke, mereka semua akhirnya memperbaiki semua harapan dan mencoba menyisipkan permohonan di dalam segala hal yang mereka capai.

Evaluasi:

Kekurangan

Terdapat beberapa penulisan yang salah, yang kurang menarik dan sulit untuk dimengerti. Dan, kelemahan yang dimiliki oleh novel ini antara lain kata “pengemis” yang kadang kala membuat para pembaca berimajinasi lain dalam menafsirkan dan kata kiasan “pengemis”.

Kelebihan:

Novel ini dapat membuat pembaca terhanyut dalam cerita. Apalagi tema yang diangkat adalah tentang persahabatan. Merupakan suatu hal yang baik sebagai bahan pembelajaran kehidupan. Pilihan kata yang digunakan juga dapat membuat pembaca larut dalam cerita dan akhirnya pembaca menjadi lebih mudah memahami isi novel tersebut.

Rangkuman

Dengan mengesampingkan kekurangan novel, kisah yang diangkat mengajarkan tentang arti persahabatan. Novel ini juga sangat cocok untuk para remaja Indonesia karena terdapat berbagai macam arti yang dapat memotivasi diri sendiri agar dapat lebih mudah bersahabat.

Contoh Teks Ulasan Lagu

contoh teks ulasan lagu
Contoh teks ulasan

Judul: Heal The World
Artis: Michael Jackson
Album: Dangerous
Dirilis: 1991
Pencipta: Michael Jackson
Genre: Pop
Label: Epic Records

Orientasi
Heal The World adalah salah sebuah lagu Mellow yang dipopulerkan oleh Michael Jackson atau sering dijuluki ‘King of Pop’. Lagu ini dirilis pada tahun 1991 pada sebuah album yang berjudul “Dangerous”. Heal The World dalam Bahasa Indonesia artinya Menyembuhkan Bumi. Lagu berdurasi 6 menit 22 detik ini menceritakan tentang kita yang harus menjadikan bumi menjadi tempat yang lebih baik bagi anak cucu kita nantinya. Lagu ini menyerukan suatu perdamaian dan ajakan untuk bisa berkehidupan berlandaskan cinta serta kasih sayang antar sesama manusia.

Tafsiran
Pada awal lagu ini, terdapat seorang anak kecil yang membaca sebuah syair. Dia berpikir tentang generasi muda, generasi muda mengatakan mereka ingin membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi anak-anaknya dan cucunya. Dia berfikir mereka dapat menjadikannya tempat yang lebih baik.

Bumi bisa menjadi jauh lebih terang jika kau benar-benar berusaha. Kau tidak akan menemukan hal yang dapat ditangisi, tak ada duka atau nestapa. Lagu ini menjelaskan bahwa ada banyak sekali cara untuk mencapainya, jika kau peduli pada kehidupan. Michael Jackson mengajak kita semua untuk menyembuhkan dunia, untukmu dan seluruh umat manusia.

Jika kita berusaha, kita akan melihat di dalam kebahagiaan ini kita tidak dapat merasakan ketakutan atau kengerian. Cinta saja cukup bagi dunia ini untuk tumbuh. Lirik itu sekan memberi tahu kepada kita bahwa tak akan ada sebuah dunia yang baik apabila perang terus dilakukan. Perang terus terjadi, mulai dari perang suku, agama, hingga perang dunia internasional bahkan hingga sekarang. Orang-orang hanya mementingkan diri sendiri, egois, dan terlalu menginginkan jabatan atau kedudukan. Mereka tidak peduli dengan saudara-saudaranya, tak ada lagi rasa kekeluargaan juga persahabatan. Namun, Michael Jackson tetap menganggap bahwa semua orang di dunia ini adalah saudaranya. Kita tidak boleh membeda – bedakan ras, suku, agama, atau latar belakang ekonomi bahkan sampai terjadi permusuhan. Lagu ini menginginkan supaya tidak lagi terjadi rasis di dunia ini.

Impian yang telah kita bayangkan, akan menitiskan wajah yang sukacita. Dunia yang telah kita yakini, sekali lagi akan bersinar dalam keindahan. Tapi mengapa, kita terus saja mencekik kehidupan, melukai dunia ini, dan menyalib jiwanya. Meskipun kelihatan sederhana, namun dunia ini adalah bagian dari surga. Jadilah kilau Tuhan, kita harus mensyukuri semua nikmat dari Tuhan.

Kita bisa terbag tinggi, jangan biarkan jiwa kita mati, jangan biarkan semangat kita padam. Mari kita ciptakan kedamaian dan kehidupan yang lebih baik di dunia ini tanpa rasa takut. Bersama – sama kita akan menangis bahagia melihat negara – negara mengganti pedang mereka dengan kedamaian. Michael Jackson yakin bahwa kita semua bisa benar – benar mencapai kedamaian jika kita semua peduli pada kehidupan.

Evaluasi
Selain memiliki makna yang mendalam, lagu ini juga terasa nyaman didengar karena memiliki alunan nada yang menyentuh. Lagu ini juga bisa dikatakan menjadi salah satu lagu pop sepanjang masa yang akan terus dikenang hingga kapanpun. Lagu ini masih sering digunakan dalam berita – berita tentang kejadian di bumi maupun saat acara – acara kedamaian. Sayangnya, durasi lagu ini terlalu lama sehingga pendengar bisa saja bosan. Pada akhir lagu, reff lagu juga diulang berkali – kali. Menurut saya hal ini kurang efisien karena reff lagu dinyanyikan terlalu sering.

Rangkuman
Namun, secara keseluruhan lagu ini benar – benar lagu yang memiliki makna yang mendalam dan sangat dibutuhkan bagi masyarakat Indonesia saat ini. Mengingat saat ini sedang terjadi sedikit kericuhan antar umat beragama yang melakukan demo pada tanggal 4 November 2016 kemarin. Saya berharap mereka segera berdamai. Lagu ini memberi motivasi kepada saya untuk terus menjaga bumi bagi saya, seluruh umat manusia, dan anak-cucu kita nantinya.

Contoh Teks Ulasan Berita

contoh teks ulasan berita
Contoh Teks Ulasan

Contoh Teks Ulasan Buku

contoh teks ulasan buku
Contoh teks ulasan

Materi Teks Ulasan

Pengertian Teks Ulasan

Teks Ulasan adalah teks yang berisi tentang ulasan atau penilaian atau review terhadap suatu karya. Karya yang biasanya dibuat ulasannya adalah dapat berupa cerpen singkat, puisi, novel, buku, film, album lagu, produ, ataupun berita. Pengulas harus bersikap kritis saat memberikan ulasannya agar tulisannya tersebut dapat menjadi suatu kontribusi di kemudian hari bagi kemajuan karya yang dijadikan ulasan.

Contoh Teks Eksemplum

Bahkan ulasan dapat dibuat terhadap suatu peristiwa, contohnya yaitu peristiwa olah raga atau kegiatan sosial. Ulasan merupakan teks yang juga berfungsi untuk menimbang dan menilai, selain untuk mengajukan kritik terhadap suatu karya, suatu produk atau suatu peristiwa yang diulas atau yang direview.

Tujuan Teks Ulasan

tujuan dan contoh teks ulasan
Contoh teks ulasan

Teks ulasan dibuat adalah bertujuan untuk menunjukan atau memberikan sudut pandang atau keberpihakan pengulas terhadap suatu hal atau karya. Ketika mengulas sebuah karya, pengulas sekaligus juga dapat melatih agar bersikap kritis demi kemajuan atau perbaikan dari karya atau peristiwa yang dibuat ulasannya.

Tedapat beberapa tujuan dari dibuatnya suatu teks ulasan, yaitu:

  1. Menunjukkan pandangan atau penilaian penulis resensi atau pengulas terhadap suatu karya, produk atau peristiwa
  2. Memberikan informasi kepada pembaca atau publik tentang kelayakan yang dimiliki suatu karya atau produk
  3. Membantu pembaca untuk mengetahui isi dari suatu karya
  4. Memberikan informasi kepada pembaca tentang kelebihan dan kekurangan karya atau produk yang diulas atau diresensi
  5. Mengetahui perbandingan karya atau produk tersebut dengan karya atau produk lain yang sejenis
  6. Memberikan informasi yang komprehensif tentang suatu karya, produk atau peristiwa
  7. Memberi ingormasi dan mengajak pembaca agar merenungkan, memikirkan dan mendiskusikan masalah yang terdapat dalam suatu karya.
  8. Teks ulasan memiliki tujuan untuk memberikan pertimbangan kepada pembaca tentang suatu karya apakah pantas untuk dinikmati atau tidak.
  9. Memudahkan pembaca dalam memahami hubungan suatu karya dengan karya lain atau suatu produk dengan produk lain yang serupa.
  10. Memberikan pertimbangan bagi pembaca sebelum memutuskan untuk memilih, membeli dan menikmati suatu karya atau produk.

Ciri-ciri Teks Ulasan

Teks ulasan memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan teks cerita atau teks sejarah. Ciri-ciri yang dimiliki oleh teks ulasan adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki struktur teks yang tersusun dari Orientasi, Tafsiran, Evaluasi, dan Rangkuman.
  2. Memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini dari penulis terhadap suatu karya atau produk.
  3. Opini yang dibuat berdasarkan fakta yang diinterpretasikan.
  4. Teks ulasan disebut juga dengan resensi.
Contoh Kalimat Definisi

Struktur Teks Ulasan

Teks ulasan berbeda dari jenis teks lainnya. Ada 4 hal yang menyusun sebuah teks ulasan sehingga menjadi sebuah teks yang utuh. Struktur teks ulasan yang membedakannya dengan jenis teks lain adalah tersusun atas:

  • Orientasi, menjelaskan tentang gambaran umum mengenai karya yang akan diulas atau direview. Dari sini, pembaca akan dengan mudah mengetahui apa yang akan diulas dari karya atau produk tersebut.
  • Tafsiran, menjelaskan tentang rincian atau informasi detail tentang karya yang akan diulas atau direview. Rincian tersebut dapat berupa kelebihan atau keunggulan, hal yang unik, kualitas, atau bagian dari karya tersebut.
  • Evaluasi, memberikan gambaran tentang pandangan dari pengulas atau reviewer terhadap karya yang diulas. Evaluasi dilakukan setelah membuat tafsiran untuk mempermudah pengulas dalam menilai bagian yang bernilai atau pun yang kurang dari suatu karya atau produk.
  • Rangkuman, memberikan tentang komentar dari pengulas atau reviewer mengenai karya atau produk yang diulasnya, apakah bagus atau tidak, apakah berkualitas atau tidak.

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Teks ulasan yang bagus dan baik harus disusun berdasarkan struktur teks dan menggunakan kaidah kebahasaan, termasuk kaidah ejaan. Berikut ini adalah kaidah kebahasaan yang terkandung dalam teks ulasan:

  1. Teks ulasan suatu karya atau produk berisi tentang penonjolan terhadap unsur-unsur karya seni atau unsur-unsur produk yang akan diulas atau direview.
  2. Menggunakan kata-kata istilah umum atau istilah khusus.
  3. Menggunakan kata-kata sinonim dan antonim sebagai perbandingan.
  4. Menggunakan kata-kata opini dalam kalimat-kalimatnya.
  5. Menggunakan nomina atau kata benda.
  6. Menggunakan pronomina atau kata ganti.
  7. Menggunakan konjungsi internal dan eksternal atau kata-kata penghubung.
  8. Menggunakan preposisi atau kata depan.
  9. Menggunakan artikel atau kata tugas yang membatasi makna jumlah nomina.
  10. Menggunakan ungkapan perbandingan (dapat berupa persamaan atau perbedaan).
  11. Menggunakan verba atau kata kerja, baik kata kerja material (yang menyatakan kegiatan fisik atau proses) atau kata kerja relasional (yang berfungsi untuk membentuk predikat nominal).
  12. Di dalamnya mengandung kalimat Simpleks (kalimat yang memiliki suatu verba utama) dan Kompleks (kalimat yang memiliki dua verba utama atau lebih).
Contoh Artikel

Jenis Teks Ulasan

jenis dan contoh teks ulasan
contoh teks ulasan

Berdasarkan isinya, teks ulasan dibagi menjadi beberapa jenis:

Teks ulasan informatif

Berisi tentang gambaran singkat, padat, dan umum dari suatu karya. Jenis ini tidak menyampaikan isi karya secara keseluruhan, tapi hanya memaparkan bagian yang penting saja serta menekankan pada kelebihan dan kekurangan karya tersebut.

Teks ulasan deskriptif

Berisi tentang gambaran detail pada tiap bagian dari suatu karya. Jenis teks ulasan yang satu ini pada umumnya dilakukan pada suatu karya fiksi sehingga akan mendapat gambaran jelas tentang manfaat, pentingnya informasi serta kekuatan akan argumentatif yang dituangkan penulis pada karya yang dibuatnya.

Teks ulasan kritis

Berisi tentang ulasan suatu karya secara terperinci dengan mengacu pada metode atau pendekatan ilmu pengetahuan tertentu. Jenis ini menulis secara objektif dan kritis bukan berdasarkan pada pandangan subyektif dari pengulas atau penulis resensi. Contoh: Resensi terhadap suatu novel dengan menggunakan pendekatan sosiologi.

***

Demikian paparan singkat, padat, dan lengkap mengenai berbagai contoh teks ulasan. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan pengetahuan bagi yang membaca.