Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi – Observasi dan penelitian ilmiah adalah sebuah kegiatana untuk mengumpulkan data informasi terhadap sebuah objek lewat pengamatan sistematis. Sebagai seorang siswa tentunya kamu sudah familiar dengan kegiatan observasi ini.

Teks laporan observasi sendiri adalah sebuah teks yang digunakan untuk menjelaskan segala sesuatu tentang benda yang telah diamati sebelumnya. Informasi tersebut dapat disesuaikan berdasarkan pertanyaan yang timbul.

Biasanya, sebelum membuat teks laporan hasil observasi, kita akan pasti dilandasi dengan berbagai pertanyaan yang ada. Benda yang diamati dapat berupa benda hidup, atau benda mati. Misalnya, sekolah atau tumbuhan.

Kumpulan Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Berikut ini akan dibagikan berbagai contoh teks laporan hasil observasi yang bisa menjadi sumber referensi pembelajaran untuk membuat teks laporan observasi sesuai dengan objek penelitian yang sudah ditentukan seperti lingkungan, hewan, tumbuhan, alam dan sebagainya.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan Pendek

Anjing

Anjing merupakan hewan mamalia dan hewan yang sering digunakan sebagai penjaga keamanan dan hewan yang bersosial sama seperti halnya dengan manusia. Kedekatan pola perilaku anjing dengan manusia menjadikan anjing bisa dilatih,diajak bermain, dan tinggal bersama manusia. Anjing memiliki indra penciuman yang sangat tajam sehingga anjing bisa dijadikan sebagai Pelacak jejak .

Anjing Digolongkan menjadi hewan yang dapat dipelihara dan hewan yang sangat bersahabat dengan manusia. Anjing juga digolongkan kedalam Hewan yang dapat mendengar suara frekuensi rendah yaitu 16Hz Hingga 20Hz dan anjing bisa mendengar suara dengan frekuensi 40.000Hz. Anjing terbagi atas banyak macam , misalnya : Doberman,Welshcorgi,pudel,bulldog,chihuahua,dan lain lain

Manfaat dari memelihara anjing yaitu: kita dapat mengajak anjing bermain ketika kita kesepian,Anjing Juga bisa menjadi penjaga yang baik,Teman yang setia,memberikan Rasa aman secara emosional seperti untuk menghadapi rasa takut dalam kegelapan atau sendiri Di rumah dan sebagainya.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan 2

Ayam

Ayam adalah unggas yg biasa dipelihara orang untuk dimanfaatkan untuk hidup pemeliharanya. Hewan ini kebanyakan di ternak. daging dan telurnya dapat dimakan .disamping ini ayam ada 2 macam yaitu ayam pendaging dan ayam petelur.ayam ini terbagi atas 2 jenis yaitu ayam jantan dan ayam betina

Ayam memiliki jengger, jalu, bulu dengan warna yg bervariasi. ada yg hitam, hitam kemerahan, coklat, dll. ayam memiliki kaki. kaki tersebut memiliki 3 jari, dan 1 jari pada belakang kakinya. hewan ini biasa berkokok pada pagi hari atau sore hari.

Daging dan telur ayamnya bisa dimakan. kakinya dapat dijadikan sebagai makanan juga, bulunya bias dijadikan kemoceng atau kerajinan tangan lainya.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan 3

GAJAH

Gajah merupakan mamalia sekaligus hewan darat terbesar di dunia yang masih hidup dan lestari hingga kini. Spesies gajah Asia dan gajah Afrika mulai terpecah kira-kira dua juta tahun dahulu. Pernyebaran gajah di Asia sangat banyak. Gajah termasuk dalam kategori hewan Herbivora. Sebagai anggota dari kelas mamalia, gajah berkembangbiak dengan cara melahirkan. Gajah hidup di dalam urutan sosial yang terstruktur. Meskipun berbadan besar, gajah memiliki banyak keunikan.

Sepanjang 55 juta tahun terdapat 500 spesies gajah yang dikenal dan hanya dua spesies yang masih ada yaitu Gajah Asia elephas maximus dan Gajah Afrika loxodonta africana. Gajah Asia berbeda dengan gajah Afrika..

  Contoh Teks Eksemplum

Gajah Asia memiliki telinga lebih kecil sedikit daripada gajah Afrika, mempunyai dahi yang rata, dan dua bonggol di kepalanya merupakan puncak tertinggi gajah, dibandingkan dengan gajah Afrika yang mempunyai hanya satu bonggol di atas kepala. Selain itu, ujung belalai gajah Asia hanya mempunyai 1 bibir, sementara gajah Afrika mempunyai 2 bibir di ujung belalai. Kedua jenis kelamin gajah Afrika mempunyai gading sementara hanya gajah Asia jantan yang mempunyai gading yang jelas terlihat.

Meskipun berbadan besar, gajah adalah hewan perenang yang handal. Mereka dapat berenang selama 6 jam dan menempuh jarak hingga 50 km. Gading gajah yang besar merupakan sepasang gigi seri pada bagian depan rahang atas, yang terus tumbuh selama gajah hidup meskipun tidak tumbuh terlalu panjang.

Tengkorak gajah yang besar dan kuat, berisi otak yang sangat cerdas. Oleh karena itu, gajah mempunyai ingatan yang sangat baik dan jarang melupakan perintah – perintah yang telah diajarkan. Seekor gajah mampu mengingat 25 perintah atau aba – aba dan mampu membuat alat untuk digunakan sendiri, sebagai contoh, gajah akan mematahkan tonggak kayu untuk menggaruk punggungnya.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Rumah

Rumahku

Saya tinggal di [nama tempat tinggalmu, alamat]. Tempat tinggal saya di dekat dengan jalan raya yang menghubungkan pusat kota dengan pinggir kota, sehingga jalanan selalu ramai oleh kendaraan yang menuju kota dan keluar kota.

Di daerah tempat tinggal saya hanya terdiri dari 40 rumah. Sebagian besar penduduknya adalah orang tua. Bahkan sebagian besar dikontrakkan atau dijadikan kos-kosan karena anak dari pemilik rumah sudah berkeluarga dan bekerja di luar kota.

Lingkungan tempat tinggal saya sangat bersih dan rapi. Tetapi banyak rumah yang tidak memiliki garasi karena sempitnya lahan, sehingga banyak mobil yang diparkir di pinggir jalan. Selain itu, di lingkungan tempat tinggal saya tidak banyak pohon. Sehingga terkesan gersang dan panas.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Alam

Pantai Cemara

Pantai Cemara Tuban menawarkan pesona pantai yang ditepinya berjajar pohon cemara yang rindang buat anda berteduh menikmati suasana pantai.

Tempat Wisata Pantai Cemara Tuban terletak di Jalur Pantura atau Jalan Raya Surabaya-Semarang tepatnya disebelah barat terminal baru Tuban (Terminal Wisata Kambang Putih Tuban). Dengan tempat yang strategis tentunya sangat memudahkan pengunjung untuk bisa menikmati wisata ini. Sekitar 300 meter dari tempat wisata tersebut juga terdapat wisata edukasi yaitu Wisata Mangrove Center Tuban yang merupakan pusat bibit mangrove yang ditanam di seluruh Indonesia.

Wisata pantai cemara ini dulunya bernama wisata pantai tasikharjo. Kawasan wisata pantai ini dari dahulu pada tahun 1980 an merupakan tempat wisata yang digandrungi warga sekitar bisa dikatakan sebuah wisata primadona di Tuban yang banyak dikunjungi wisatawan disebabkan keindahan panoramanya. Kemudian beberapa tahun kemudian tempat wisata tersebut terlantarkan dan bisa dikatakan rusak pada saat itu. Akhirnya tahun berikutnya pemerintah berupaya mengembalikan wilayah tersebut agar tetap indah dan terjaga. Yang dahulunya hanya terdapat beberapa pohon cemara saja, kemudian ditanaminya sampai terbentang sepanjang kawasan pantai yang sampai saat ini masih tetap terjaga dan tumbuh dewasa.

Pantai Cemara Tuban memberikan keunikan nuansa wisata pantai yang berbeda, pantai yang ada disana sangatlah luas tak hanya buat anda berjalan-jalan ditepinya namun buat orang – orang yang mempunyai hobby sport atau berolahraga bisa anda lakukan saat wisata disini. Misal sekedar jogging, lari-lari kecil atau main bulu tangkis bisa anda lakukan dipantai ini. Selain itu anda juga bisa bermain volly atau bermain futsal maupun sepak bola di pinggir pantai cemara yang ada di Tuban.

  Contoh Teks Persuasif

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sampah

Sampah

Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat bersumber dari alam, manusia, konsumsi, nuklir, industri, dan pertambangan. Sampah di bumi akan terus bertambah selama masih ada kegiatan yang dilakukan oleh baik alam maupun manusia. Sampah yang dihasilkan di Indonesia mencapai 11.330 ton per hari. Sampah dapat dibedakan berdasarkan sifat dan bentuknya. Berdasarkan sifatnya, sampah bibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan anorganik. Sampah organik merupakan sampah yang dapat diuraikan atau degradable.

Contoh sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah menjadi kompos. Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah diuraikan atau
undegradable.

Contoh sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik, kayu, kaca, kaleng, dan sebagainya. Sampah anorganik didaur ulang oleh home industry untuk mengurangi jumlah sampah serta dijadikan sebagai peluang usaha. Berdasarkan bentuknya, sampah dapat dibedakan menjadi sampah padat, cair, alam, konsumsi, manusia dan radioaktif.

Sampah padat adalah sampah yang berwujud padat. Sampah padat dapat berupa sampah rumah tangga: sampah dapur, kebun, plastik, metal, gelas dan lain-lain. Sampah organik dan anorganik termasuk sampah padat. Sampah ini dapat dibedakan berdasarkan kemampuan diurai oleh alam atau biodegrability menjadi sampah padat biodegradable (sampah yang dapat diuraikan oleh proses biologi) dan sampah padat non-biodegradable (tidak dapat diuraikan oleh suatu proses biologi. Sampah padat non-biodegradable ada dua jenis yaitu recyclable (dapat diolah kembali) dan non-recyclable (tidak dapat diolah kembali).

Sampah Cair adalah bahan cairan yang telah digunakan dan tidak diperlukan lagi seperti limbah. Limbah adalah sampah cair yang dihasikan dari aktivitas industri. Limbah dapat dibagi menjadi dua yaitu limbah hitam dan limbah rumah tangga. Limbah hitan adalah sampah cair yang mengandung patogen berbahaya yang berasal dari toilet, sedangkan limbah rumah tangga adalah sampah cair yang dihasiklan dari dapur, kamar mandi, dan tempat cucian.

Sampah alam merupakan sampah yang diproduksi oleh alam dan diuraikan melalui proses daur ulang alami. Contoh dari sampah alam adalah daun kering di hutan yang terurai menjadi tanah. Sampah manusia adalah istilah yang digunakan terhadap hasil-hasil pencernaan manusia, seperti feses dan urin. Sampah manusia dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan manusia karena dapat dikatakan sebagai sarana perkembangan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Sampah konsumsi merupakan sampah yang dihasilkan oleh kegiatan konsumsi manusia dan dibuang ke tempat sampah. Jumlah sampah konsumsi sampai sekarang tidak melebihi jumlah sampah industri. Limbah radioaktif adalah sampah nuklir yang merupakan hasil dari fusi nuklir dan fisi nuklir yang menghasilkan uranium dan thorium. Limbah radioaktif berbahaya bagi lingkungan dan kehidupan manusia karena menghasilkan radiasi yang berdampak buruk terhadap kesehatan manusia. Oleh karena itu sampah nuklir disimpan ditempat-tempat yang tidak berpotensi tinggi.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tanaman

Melati

Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Melati merupakan genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae).

Bunga melati bermanfaat untuk bunga tabur, bahanindustri minyak wangi penghias rangkaian bunga dan bahan campuran atau pengharum teh, seperti teh melati.

Tapal daun-daun dari beberapa jenis melati dipakai untuk mengobati bisul dan sakit kulit. Daun-daun ini juga digunakan sebagai obat kumur untuk mengobati seriawan dan pembengkakan gusi. Air rendaman bunga yang telah bermalam digunakan sebagai penyegar untuk mencuci muka

Ekstrak akar beberapa jenis melati dimanfaatkan sebagai penurun demam.

Beberapa jenis melati juga ditanam sebagai penghias taman.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan

Kaktus

Kaktus adalah tumbuhan yang hidup di tempat kering. Tak seperti pepohonan yang keras, kaktus adalah tanaman yang lebih lunak. Ini karena di batangnya tersimpan air.

Tubuhnya bukan berupa batang kayu yang keras, melainkan batang yang tebal seperti daging. Tubuh ini menggantikan fungsi daun. Di tanaman lain, daun bertugas melakukan fotosintesis. Hampir seluruh spesies kaktus tidak memiliki daun dan melakukan fotosintesis dengan tubuhnya.

Ciri utama yang membedakan kaktus dengan tanaman lainnya adalah duri. Permukaan kaktus dipenuhi pori-pori yang berambut. Di semua spesies kaktus, juga selalu ada duri. Duri ini berguna mengurangi penguapan air. Dengan permukaan yang lebih kecil, maka penguapan juga makin sedikit.

Kaktus punya akar yang memanjang ke samping menjauhi kaktus. Akar yang panjang membantu kaktus menyerap air hujan di permukaan tanah dengan cepat. Ini berbeda dengan tanaman yang akarnya memanjang ke bawah untuk mengambil air di dalam tanah.

Saat musim hujan, kaktus akan melebarkan akarnya. Sedangkan di musim kemarau, akarnya yang menjadi kering atau busuk diputus.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Panjang Tumbuhan

Pohon Pisang

  Contoh Teks Negosiasi

Pohon pisang memiliki nama lain sebagai musa paradisiaca. Pohon pisang merupakan salah satu tanaman yang memiliki bentuk terna raksasa / besar dengan memiliki batang semu dimana permuakaannya terlihat seperti pelepah daun.

Pohon pusang sendiri bisa tumbuh hingga ketinggian 3 meter. Pohon pisang sendiri biasanya tumbuh di tanah yang memiliki cukup air dengan ketinggian daerah sekitar 2 km di atas permukaan air laut.

Pisang merupakan istilah sebutan untuk nama buah yang di hasilkan dari tumbuhan musa paradisiaca.

Setiap bagian dari pohon pisang ini memiliki berbagai macam kegunaan, tumbuhan ini dianggap sebagai salah satu tumbuhan serbaguna. Pohon pisang secara asli merupakan tumbuhan yang berasal dari wilayah Asia Tenggara.

Pohon pisang ini terdiri dari beberapa bagian seperti batang pisang, bonggol pisang, bunga pisang, daun pisang, dan buah pisang itu sendiri.

Buang pisang merupakan buah yang memiliki berbagai macam manfaat dan kegunaan untuk manusia, pisang mengandung sumber vitamin, karbohidrat, dan juga mineral yang bisa manusia konsumsi.

Berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa dimanfaatkan dari bagian bagian pohon pisang.

Buah Pisang, tentu saja seperti yang kita tau buah pisang bisa secara langsung untuk kita konsumsi, namun selain itu juga banyak makanan olahan yang berbahan baku dari buah pisang seperti misalnya keripik pisang, sale pisang, hingga tepung pisang.

Daun, bagian daun pisang bisa kita manfaatkan untuk dijadikan obat tertentu terutama yang masih dalam keadaan menggulung, namun umumnya daun pisang bisanya dijadikan sebagai bungkus makanan seperti untuk nasi rames, bubur sumsum, dodol, lontong, ketupat, dan makanan lainnya.

Karena dengan membungkus makanan menggunakan daun pisang akan bisa sedikit menambahkan aroma unik tersendiri pada makanan yang ada di dalamnya.

Batang, bagian batang pohon pisang bisa digunakan sebagai berbagai macam obat, ketika ditebang bagian tersebut akan mengeluarkan getah yang bisa dimanfaatkan untuk obat seperti obat sentri, obat diare, saluran kencing, dan sebagainya.

Bunga, bagian bunga yang menyerupai bentuk jantung bisa dimanfaatkan juga untuk bahan olahan makanan, sehingga selain buahnya bagian ini juga bisa untuk di konsumsi juga.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Narkoba

Narkoba Menyerang Generasi Bangsa Kita

Narkoba ialah bahan berbahaya yang berbahaya jika disalahgunakan akan mengakibatkan kecanduan pada pemakainya dan pada akhirnya akan membawa kematian pada pemakainya apabila kita mengkosumsi nya secara terus menerus. Latar belakang penggunaan narkoba saait ini sudah menjamur dikalangan kita mulai dari pergaulan yang bebas atau menular dari seks bebas,serta masih banyak hal lain yang melatar belakangi para penggunanya.

Baru-baru ini target pengedar narkoba ialah remaja yang berumur 15-26 tahun yang masih sangat mudah untuk ikut-ikutan atau penasaran karena kejiwaan mereka yang masih labil dan mudah terpengaruh pleh teman-temannya. Kita semua tau bahwa anak remaja pada usia tersebut adalah pemuda dan pemudi bangsa yang sangat dinantikan untuk meneruskan bangsa indonesia kelak untuk menjadi negara yang lebih baik dan sejahtera dikemudian hari. Saat ini terdapat 3,9 juta orang indonesia banyak yang menggunakan atau menyalah gunakan narkoba dari jumlah tersebut sebanya 21,5% adalah remaja.

Pada umumnya pemakai atau pengguna narkoba yang berusia remaja banyak yang menggunakan ganja dan psikotropika seperti ekstasi , dan Megadon. Semua barang haram tersebut sangat berbahaya jika dikomsumsi secara terus menerus karena akan mengakibatkab ketergantungan pada pemakainya. Apalagi jika pemakai narkoba adalah kalangan menengah kebawah yang kondisi ekonominya pas-pasan, jika sudah tak mempunyai uang maka pengguna akan melakukan tindak kriminal demi mendapatkan uang untuk mendapatkan barang haram tersebut.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan BNN tahun lalu menyatakan , perkembangan pengguna dan pengedar narkoba pada pelajar dan mahasiswa. Hasil penelitian pada !^ provinsi di indonesia, ditemukan 2,5% siswa SLTP pernah menggunakan narkoba, dan 4,6% pelajar SMA tercatat pernah menggunakan barang haram tersebut. Sementara itu untuk perguran tinggi atai mahasiswa terdapat 7,6% yang pernanh menggunakan narkoba. Namun mulai tahun lalu pemerintah bersama instansi terkait bertekad menekan angka pemakai narkoba pada pelajar hingga 0%. Namun upaya tersebut pasti membutuhkan kerja keras. Saat ini saja pemerintah telah mengganding 58 kamous di Jakarta untuk melakukan pengawasan pada pengedar narkoba dan penyalahgunaan narkoba. namun peran keluarga dan lingkungan sekitar sangat penting dibutuhkan untuk menangkal serangan narkoba pada anak remaja.

Penelitian dan pengamatan ini bertujuan untuk memberikan data-data dan fakta yang terjadi secara global yang di timbulkan pleh narkoba di indonesia sangat menjadi ancaman pada generasi bangsa yang sangat diharapkan membawa perubahan bagi bangsa ini pada kehidupan yang layak dan lebih baik. Maka dari itu diperlukan peran dari berbagai pihak untuk mencegah atau menghindari terjadinya penyalah gunaan narkoba pada bangsa kita terutama pada anak-anak dan remaja dan diharapkan bagi yang pernah menggunakan narkoba disegerakan membawa mereka ke panti rehabilitasi narkoba agar ketingkat ketergantungan dapat dikurangi. Dengan beberapa cara tersebut dalam kurun waktu hingga 5-10 tahun kedepan penggunaan narkoba akan menurun secara signifikan terutama pada anak-anak dan remaja.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Pemanasan Global

Penyebab Pemanasan Global (Global Warming)

  Contoh Teks Tanggapan Kritis

Secara umum, Pemanasan Global (Global Warming) adalah peristiwa meningkatnya suhu rata-rata pada lapisan atmosfer dan permukaan bumi, baik yang telah berlalu maupun yang sedang terjadi pada saat ini. Sebagian besar kejadian dipengaruhi oleh peristiwa efek rumah kaca di atmosfir bumi. Dampak dari efek rumah kaca ini menyebabkan terperangkapnya panas di bumi karena terhalangnya gas emisi seperti karbondioksida di atmosfir karena asap kendaraan bermotor, polusi udara dari pabrik-pabrik atau industri, penggunaan AC dan kebakaran hutan.

Berikut ini adalah penyebab – penyebab dari Pemanasan Global :

  1. Asap Industri atau Pabrik – Semakin banyak industri dan pabrik yang berkembang, semakin banyak terjadinya pemanasan global. Disisi positifnya memang industri dan pabrik bisa memberikan peluang untuk mensejahterakan rakyat , namun disisi lain kerugian asap yang dihasilkan dari industri dan pabrik sangat merugikan eksitensi bumi.
  2. Halaman Rumah tanpa Pohon – Tumbuhan hijau atau pepohonan bisa membuat udara menjadi sejuk dan menetralkan suhu udara sehingga bisa di simpulkan bahwa pohon (tumbuhan) bisa mengatasi suhu panas yang tinggi. Tapi hal ini juga tidak dilakukan oleh banyak rumah, apa lagi rumah di perkotaan yang lebih memilih membangun gedung daripada menanam pepohonan hijau.
  3. Model Rumah Kaca – Salah satu dari banyaknya pemanasan global terjadi karena model rumah atau gedung dengan konsep rumah kaca. Sehingga dari rumah kaca memantulkan cahaya ke udara, bukan menyerap sinar matahari. Jika satu atau dua rumah saja maka tidak terlalu berdampak. Namun yang terjadi bukan saja rumah, gedung -gedung pencakar langit pun memakai konsep bangunan kaca.
  4. Bocornya Lapisan Ozon – Sinar matahai yang memancar kebumi tidak langsung sampai kebumi, karena ada laipsan ozon yang melakukan filter terlebih dahulu. Hal itu jika memang lapisan ozon memang masih normal. Yang terjadi sekarang ini adalah lapisan ozon sudah menipis bahkan ada yang bilang sudah bocor.
  5. Pemboroson Energi Listrik – Energi listrik sebagian besar kita gunakan adalah hasil pembakaran dari pembakaran minyak bumi dan batu bara, dimana hasil pembakaran tersebut menghasilkan karbon dioksida.
  6. Populasi Kendaraan yang Terus Meningkat – Meningkatnya jumlah kendaraan maka karbon dioksida pun yang dihasilkan dari kendaraan tersebut akan bertambah banyak dan tentu saja menimbulkan pemanasan global.
  7. Penggunaan CFC yang Tidak Terkontrol – CFC atau Cloro Flour Carbon adalah bahan kimia yang digabungkan menjadi sebuah bahan untuk memproduksi peralatan, terkhusus pada peralatan rumah tangga. CFC terdapat pada kulkas dan AC.
  8. Polusi Metana oleh Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan – Gas metana dapat berasal dari bahan-bahan organik yang kekurangan oksigen dari hasil pemecahan bakteri seperti di persawahan, sedangkan pada peternakan, seperti usus hewan ternak, meningkatnya produksi hewan ternak maka meningkatnya pula gas metana yang dilepaskan ke permukaan bumi.
  Contoh Teks Editorial

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Budaya

WAYANG

Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia. UNESCO, lembaga yang membawahi kebudayaan dari PBB, pada 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor dari Indonesia, sebuah warisan mahakarya dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Para wali songo, penyebar agama Islam di Jawa sudah membagi wayang menjadi tiga. Wayang kulit di timur, wayang wong atau wayang orang di Jawa Tengah, dan wayang golek atau wayang boneka di Jawa Barat. Penjenisan tersebut disesuaikan dengan penggunaan bahan wayang. Wayang kulit dibuat dari kulit hewan ternak, bisa berupa kerbau, sapi, atau kambing. Wayang wong berarti wayang yang ditampilkan atau diperankan oleh orang. Wayang golek adalah wayang yang menggunakan boneka kayu sebagai pemeran tokoh. Selanjutnya, untuk mempertahankan budaya wayang agar tetap dicintai, seniman mengembangkan wayang dengan bahan-bahan lain, antara lain wayang suket dan wayang motekar.

Wayang kulit dilihat dari umur, dan gaya pertunjukannya pun dibagi lagi menjadi bermacam jenis. Jenis yang paling terkenal, karena diperkirakan memiliki umur paling tua adalah wayang purwa. Purwa berasal dari bahasa Jawa, yang berarti awal. Wayang ini terbuat dari kulit kerbau yang ditatah, dan diberi warna sesuai kaidah pulasan wayang pendalangan, diberi tangkai dari bahan tanduk kerbau bule yang diolah sedemikian rupa dengan nama cempurit yang terdiri dari: tuding dan gapit.

Wayang wong (bahasa Jawa yang berarti ‘orang’) adalah satu di antara pertunjukan wayang yang diperankan langsung oleh orang. Wayang orang yang dikenal di suku Banjar adalah wayang gung, sedangkan yang dikenal di suku Jawa adalah wayang topeng. Wayang topeng dimainkan oleh orang yang menggunakan topeng. Wayang tersebut dimainkan dengan iringan gamelan dan tari-tarian. Perkembangan wayang orang pun saat ini beragam, tidak hanya digunakan dalam acara ritual, tetapi juga digunakan dalam acara yang bersifat menghibur.

Selanjutnya, jenis wayang yang lain adalah wayang golek yang mempertunjukkan boneka kayu. Wayang golek berasal dari Sunda. Wayang ini disebut juga sebagai wayang thengul. Selain wayang golek Sunda, wayang yang terbuat dari kayu adalah wayang menak atau sering juga disebut wayang golek menak karena cirinya mirip dengan wayang golek. Wayang tersebut pertama kali dikenalkan di Kudus. Selain golek, wayang yang berbahan dasar kayu adalah wayang klithik. Wayang klithik berbeda dengan golek. Wayang tersebut berbentuk pipih seperti wayang kulit. Akan tetapi, cerita yang diangkat adalah cerita Panji dan Damarwulan. Wayang lain yang terbuat dari kayu adalah wayang papak atau cepak, wayang timplong, wayang potehi, wayang golek techno, dan wayang ajen.

Perkembangan terbaru dunia pewayangan menghasilkan kreasi berupa wayang suket. Disebut wayang suket karena wayang yang digunakan terbuat dari rumput yang dibentuk menyerupai wayang kulit. Wayang suket merupakan tiruan dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput (bahasa Jawa: suket). Wayang suket biasanya dibuat sebagai alat permainan atau penyampaian cerita pewayangan kepada anak-anak di desa-desa Jawa.

Dalam versi lebih modern, terdapat wayang motekar atau wayang plastik berwarna. Wayang motekar adalah sejenis pertunjukan teater bayang-bayang atau serupa wayang kulit. Namun, jika wayang kulit memiliki bayangan yang berwarna hitam saja, wayang motekar menggunakan teknik terbaru hingga bayang-bayangnya bisa tampil dengan warna-warni penuh. Wayang tersebut menggunakan bahan plastik berwarna, sistem pencahayaan teater modern, dan layar khusus.

Semua jenis wayang di atas merupakan wujud ekspresi kebudayaan yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai kehidupan antara lain sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan. Wayang bermanfaat sebagai media pendidikan karena isinya banyak memberikan ajran-ajaran kehidupan kepada manusia. Pada era modern ini, wayang juga banyak digunakan sebagai media informasi. Ini antara lain dapat kita lihat dari pagelaran wayang yang disisipi informasi tentang program pembangunan seperti keluarga berencana (KB), pemilihan umum, dan sebagainya.Yang terakhir, meski semakin jarang, wayang masih tetap menjadi media hiburan.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Bencana Alam

Banjir Kali Ciliwung

  Contoh Teks Ulasan

Lingkungan merupakan sesuatu yang ada di sekitar manusia, menopang kehidupannya, sekaligus mempengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan hidup adalah kesatuan yang terbentuk dari saling terhubungnya ruang, benda, dan makhluk hidup di dalamnya. Termasuk manusia. Oleh karena itu lingkungan harus dijaga agar keberlangsungan hidup manusia tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Dalam lingkungan hidup terdapat 2 ekosistem yaitu, ekosistem darat dan ekosistem perairan. Di antara keduanya, ekosistem airlah yang paling berpengaruh terhadap kehidupan manusia. 2/3 bumi adalah air. 60% – 70% kandungan dalam tubuh manusia juga air.

Ciliwung adalah sungai yang kerap menimbulkan banjir setiap tahunnya. Terutama di bagian hilir. Sungai ini melewati wilayah DKI Jakarta, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Kota Depok. Sungai ini menjadi salah satu sungai terpenting di Tatar Pasundan dengan panjang aliran utama 120 km.

(jelaskan tentang fakta-fakta sungai ciliwung; peningkatan debit air ketika curah hujan, dll)

Hasil pengamatan kami, banjir kali ciliwung disebabkan oleh dua faktor:

  1. Ulah Manusia. Ledakan penduduk di Jakarta, terutama di sekitar sungai ciliwung tidak dibarengi dengan kesadaran tentang bahayanya membuang sampai di kali, akhirnya terjadi penumpukan sampah di sungai ciliwung … (dijelaskan sesuai fakta yang ada, ini hanya contoh).
  2. Faktor Alam. Setelah diteliti lebih lanjut, ada faktor lain yang mempengaruhi banjir kali ciliwung, yakni rusaknya ekosistem di sepanjang kali ciliwung. Normalisasi yang dilaksanakan oleh PemProv DKI pun hanya menyasar beberapa wilayah saja, akibatnya … (dijelaskan sesuai dengan pengamatan yang dilakukan).

***

contoh teks laporan hasil observasi
pixabay.com

Nah, Demikianlah beberapa contoh teks laporan hasil observasi dengan berbagai tema  yang bisa menjadi referensi pembelajaran untuk kamu. Semoga ini bisa menjadi sumber materi yang berguna untuk pembaca yang budiman.