Contoh Teks Berita

Contoh Teks Berita – Kata berita tentu tidak asing ditelinga anda. Sering sekali kita membaca atau mendengar berita baik di media konvensional maupun media online.

Melalui radio, anda akan sering mendengar ulasan berita mengenai kasus yang terjadi di sekitar anda.

Melalui televisi, anda akan disuguhkan berita melalui audio maupun visual. Dan melalui media koran, anda akan disuguhkan tulisan mengenai berita juga.

Jadi kira-kira berita itu apa ya? Apakah anda ingin mengetahui ulasan mengenai berita secara lengkap? Silahkan membaca ulasan di bawah ini.

Disini akan diberikan dulu beberapa contoh teks berita yang bersumber dari berbagai media massa.

Setelah itu akan diberikan ulasan mengenai serba-serbi dan materi teks berita dengan cara pembuatannya.

Kumpulan Contoh Teks Berita

Dibawah adalah beberapa contoh teks berita yang dapat anda gunakan sebagai gambaran sebelum anda mulai menulis teks berita sendiri.

Pada contoh dibawah ini masih masing teks berita di jelaskan tentang strukturnya yaitu 5W+1H untuk lebih memperjelas.

Contoh Teks Berita
Contoh Teks Berita

Contoh Teks Berita Mengenai COVID- 19

Tulungagung – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tulungagung memberitahukan bahwa tingkat kesembuhan pasien yang terinfeksi virus mengalami peningkatan sebesar 98%. Hingga berita ini ditulis (Rab/15 Jul 2020) jumlah pasien yang diisolasi hanya tersisa dua pasien saja.

Selama ini pasien yang diindikasi positif corona dikarantina di Rusunawa IAIN Tulungagung. Sebelumnya jumlah suspect positif corona mencapai 240 orang yang berasal dari 18 kecamatan. Dari jumlah tersebut 235 diantaranya sudah sembuh, dan meninggal tiga orang.

Menurut penuturan Wakil Jubir GTPP COVID-19 Tulungagung perbandingan antara yang sembuh dan meninggal masih banyak yang mengalami kesembuhan. Oleh sebab itu ia berharap bahwa Kabupaten Tulungagung bisa segera menuju zona hijau.

Teks diatas merupakan salah satu jenis berita langsung yang melaporkan jumlah pasien COVID 19 di salah satu daerah di Jawa Timur, Tulungagung. Mari kita bedah tentang unsur-unsur berita yang sudah dijelaskan di atas.

  • What (apa) : Jumlah pasien covid 19 yang mengalami kesembuhan
  • When (kapan) : Hari Rabu tanggal 15 Juli 2020
  • Who (Siapa) : Wakil Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19
  • Where (Dimana) : di Tulungagung
  • Why (Mengapa) : Jumlah pasien positif yang tersisa di Kabupaten Tulungagung tinggal dua, sehingga GTPP berharap Kabupaten Tulungagung segara menuju zona hijau.
  • How (Bagaimana) : Berdasarkan berita yang ditulis, tidak menunjukkan adanya proses kejadian perkara. Namun disini, anda bisa memperhatikan tentang jumlah pasien yang bertambah kesembuhannya karena diisolasi di RUSUNAWA IAIN Tulungagung. Keterangan tersebut menunjukkan adanya usaha penanggulangan COVID 19 untuk meningkatkan jumlah kesembuhan.

Contoh Teks Berita Tentang Kebakaran

Ngunut- kebakaran hebat terjadi di salah satu kawasan pasar yang ada di Kecamatan Ngunut. Kebakaran ini menghanguskan beberapa toko emas yang berdempetan dan beberapa kios pasar. Kebakaran terjadi pada Jumat malam.

  Contoh Teks Pidato

Kebakaran diperkirakan terjadi mulai dari pukul 8 malam. Kebakaran diketahui oleh salah satu pengendara motor yang sedang berhenti di lampu merah. Pengendara motor ini lalu memberitahu pengendara motor lain dan berteriak-teriak.

Setelah itu, warga menghubungi dinas pemadam kebakaran. Api diduga berasal dari meledaknya trafo milik salah satu toko emas. Api menjalar keseluruh area karena material nangunan yang dominan kayu. Pemadam kebakaran berhasil memadamkan api setelah mengerahkan 5 unit mobil. Karena luasnya area api dapat dipadamkan setelah 5 jam.

Kejadian yang terjadi pada malam hari tidak menelan korban, namun kerugian toko diperkirakan mencapai ratusan juta. Untuk sementara waktu aktivitas pasar akan dipindah ke pasar hewan yang ada di lingkungan 10, Desa Ngunut sambil menunggu renovasi pasar.

Contoh di atas merupakan salah satu contoh berita langsung. Mari kita bedah mengenai unsur-unsur beritanya.

  • What (Apa) : Peristiwa kebakaran pasar.
  • When (Kapan) : Jumat malam, pukul 8
  • Who ( Siapa) : Petugas Pemadam Kebakaran
  • Where (Dimana) : Kecamatan Ngunut
  • Why (Mengapa) : Trafo listrik yang meledak dan mengakibatkan kebakaran toko emas dan kios pedagang.
  • How (Bagaimana) : Api muncul akibat dari trafo yang meledak. Lalu menjalar ke seluruh bagian toko dan merembet ke toko serta kios lain yang ada di sekitar sumber api.

Contoh Teks Berita mengenai Acara Kemerdekaan Indonesia

Purworejo- berbagai macam agenda disiapkan oleh karang taruna desa Purworejo untuk peringatan acara kemerdekaan Indonesia yang ke 74 (1/8). Karang taruna menyusun berbagai macam acara menarik untuk masyarakat Desa Purworejo. Acara-acara tersebut diantaranya lomba sepak bola, panjat pinang, serta senam massal. Acara ini nantinya digelar di Lapangan Desa untuk memudahkan mobilisasi masyarakat yang antusias mengikuti.

Lomba sepak bola digelar antar RW, dan diikuti oleh bapak-bapak yang antusias dalam acara ini. Lomba sepak bola adalah salah satu agenda yang digelar setiap minggu. Lomba ini sudah dimulai sejak pertengahan bulan tujuh, dan babak akhir akan diadakan pada dua belas Agustus. Hadiah yang diperoleh juga tidak main-main. Seekor kambing menjadi hadiah utama dalam lomba sepak bola ini.

Acara final adalah senam massal dan panjat pinang. Senam masal bebas diikuti oleh semua masyarakat. Senam massal akan digelar pada 20 Agustus dan diikuti lomba panjat pinang. Senam massal akan digelar pada pagi hari, lalu sore hari akan baru lomba panjat pinang.

Senam masal mengundang salah satu instruktur senam handal dari Kabupaten. Selain olahraga bersama, acara senam masal juga dihibur dengan musik electone yang dipimpin oleh salah satu anggota karang taruna. Ratusan doorprize juga disiapkan guna menarik perhatian ibu-ibu yang mengikuti acara.

Lomba panjat pinang merupakan permintaan dari pemuda-pemuda desa Purworejo. Lomba ini seperti menjadi kebiasaan yang harus ada disetiap perayaan HUT RI. Pohon pinang yang digunakan didatangkan langsung dari kabupaten Kediri. Hadiah yang digantung nantinya juga bermacam-macam. Mulai dari uang, peralatan sekolah, peralatan dapur, serta beberapa kaos.

Persiapan dilakukan sejak jauh-jauh hari. Ini adalah kali ketiga karang taruna ikut andil dalam merayakan peringatan HUT RI. Sebagian besar adalah acara olahraga. Karang Taruna berharap dengan adanya acara ini, masyarakat terpacu untuk sadar tentang kesehatan mereka.

  Contoh Kata Pengantar Makalah

Contoh berita diatas merupakan salah satu contoh berita langsung. Mari kita bedah mengenai unsur-unsur berita.

  • What (Apa) : peringatan HUT RI
  • Where (Dimana) : Desa Purworejo
  • Who (Siapa) : Karang Taruna Desa Purworejo
  • When (Kapan) : Berita dimuat pada 1 Agustus
  • Why (Mengapa) : Berbagai macam acara disiapkan untuk merayakan HUT RI yang ke 74
  • How (Bagaimana) : Acara peringatan dimulai dengan lomba sepak bola antar RW lalu senam massal dan lomba panjat pinang.

Contoh Teks Berita Tentang Politik

Pemerintah memutuskan untuk membubarkan dan melarang kegiatan yang dilakukan oleh organisasi kemasyarakatan (ormas) Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Dalam jumpa pers yang diadakan di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat pada hari senin tanggal 8 Mei 2017, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menuturkan, keputusan tersebut telah melalui satu proses pengkajian yang panjang.

Pembubaran HTI bukan tanpa alasan yang jelas. Setidaknya ada 3 alasan mengapa pemerintah berencana untuk membubarkan HTI. Alasan pertama, sebagai ormas berbadan hukum, HTI tidak melaksanakan peran positif untuk mengambil bagian dalam proses pembangunan guna mencapai tujuan nasional. Kedua, kegiatan yang dilaksanakan HTI terindikasi kuat telah bertentangan dengan tujuan, azas, dan ciri yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas. Ketiga, aktifitas yang dilakukan HTI dinilai telah menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat, serta membahayakan keutuhan NKRI.

“Mencermati berbagai pertimbangan diatas, serta menyerap aspirasi masyarakat, Pemerintah perlu mengambil langkah–langkah hukum secara tegas untuk membubarkan HTI,” tutur Wiranto.

Menanggapi rencana pembubaran HTI, Juru Bicara HTI Ismail Yusanto sebelumnya meminta pihak yang menyebutkan HTI anti-Pancasila agar membuktikan pernyataannya.

“Sekarang kalau kami dibilang anti-Pancasila, coba bisa tunjukkan enggak di mana kami menyebut anti-Pancasila?” ujar Ismail, Rabu (3/5/2017).

  • What (Apa) : Pemerintah membubarkan dan melarang organisasi kemasyarakatan (ormas) Hizbut Tahrir Indonesia
  • When (Kapan) : senin tanggal 8 Mei 2017
  • Who ( Siapa) : Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto
  • Where (Dimana) : Jakarta Pusat
  • Why (Mengapa) : HTI terindikasi bertentangan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia
  • How (Bagaimana) : Pemerintah mengumumkan pembubaran HTI lewat jumpa pers

Contoh Teks Berita Tentang Kecelakaan Lalu Lintas

Tabrakan beruntun terjadi di kawasan ring road Jalan Gagak Hitam, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, pada Kamis (14/5/2020) petang.

Seperti dilansir dari Antara di lokasi, kecelakaan terjadi sekitar pukul 18.30 WIB dan melibatkan dua unit kendaraan pribadi, satu unit mobil box dan satu unit truk.

“Pas mau buka puasa tadi kecelakaannya,” kata seorang saksi mata, Namyra.

Saat ini belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam peristiwa tabrakan tersebut. Sementara petugas kepolisian masih melakukan evakuasi di tempat kejadian perkara (TKP).

Dari video yang beredar, terlihat sebuah minibus hitam ringsek meninpa minibus lainya.

  • What (Apa) : Tabrakan beruntun kendaraan
  • Where (Dimana) : di kawasan ring road Jalan Gagak Hitam, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan
  • Who (Siapa) : Dua unit kendaraan pribadi, satu unit mobil box dan satu unit truk
  • When (Kapan) : Kamis 14 Mei 2020
  • Why (Mengapa) : Kecelakaan
  • How (Bagaimana) : Kecelakaan yang terjadi melibatkan 4 kendaraan
  Contoh Teks Eksposisi

Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan

Beasiswa BUMN diserahkan oleh Direktur Keuangan PT. Angkasa Pura III, Dr. Laurensius Manurung, kepada 27 mahasiswa Universitas Gadjah Mada.

Beasiswa BUMN peduli pendidikan diserahkan secara simbolis kepada mahasiswa dengan disaksikan oleh Direktur Kemahasiswaan UGM, Drs. Haryanto, M.Si., di Ruang Sidang I Kantor Pusat UGM.

Drs. Haryanto, M.Si., Direktur Kemahasiswaan UGM, menyampaikan terima kasih kepada BUMN peduli yang tela memberikan bantuan dana beasiswa kepada mahasiswa UGM, Sabtu (3/12).

Dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Di samping menerima beasiswa BUMN Peduli Pendidikan, UGM juga telah mengelola sekitar 60 macam beasiswa yang berasal dari 50 sumber beasiswa.

Total beasiswa yang dikelola oleh UGM yaitu sebesar Rp 30 miliar dengan diberikan kepada sembilan ribu mahasiswa setiap tahunnya. Dalam kesempatan itu, Haryanto juga berpesan kepada mahasiswa penerima beasiswa untuk terus bisa meningkatkan prestasinya.

“Bagi para mahasiswa penerima beasiswa, saya berharap kalian lebih bisa berprestasi karena pendidikan adalah sebuah investasi masa depan,” katanya.

  • What (Apa) : Penyerahan Beasiswa BUMN
  • Where (Dimana) : Universitas Gadjah Mada
  • Who (Siapa) : Direktur Keuangan PT. Angkasa Pura III
  • When (Kapan) : Berita dimuat pada 3 Desember
  • Why (Mengapa) : Untuk membantu meningkatkan prestasi belajar mahasiswa
  • How (Bagaimana) : Beasiswa BUMN diserahkan secara simbolis kepada mahasiswa dengan disaksikan oleh Direktur Kemahasiswaan UGM

Contoh Teks Berita Tentang Bencana Tsunami

Hingga Minggu pagi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis jumlah korban tsunami Selat Sunda mencapai 43 orang meninggal dunia, 584 orang luka-luka dan 2 orang hilang. Bahkan, jumlah korban hilang kini telah berkembang menjadi lebih dari 200 orang.

Selain korban jiwa, luka-luka, dan hilang, BNPB juga merilis kerugian fisik meliputi 430 unit rumah rusak berat, 9 hotel rusak berat, dan 10 kapal rusak berat, sedangkan puluhan kapal dikabarkan rusak ringan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho pada Minggu (23/12) pagi menegaskan bahwa pendataan masih dilakukan karena kemungkinan data korban dan kerusakan akan masih terus bertambah.

Pandeglang merupakan daerah terdampak tsunami yang paling parah dengan jumlah 33 orang meninggal dunia, 491 orang luka-luka, 400 unit rumah rusak berat, 9 hotel rusak berat, dan 10 kapal rusak berat.


Contoh Teks Berita Tentang Lingkungan

Sekitar 200 warga dari tiga kecamatan di Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, mendatangi kantor Badan Pengendali Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Lampung. Mereka mengadukan Pencemaran Sungai Way Terusain yang dilakukan PT Teguh Wibawa Bhakti Persada. Pencemaran sungai tersebut membuat ikan di keramba warga mati dan diperkirakan mereka rugi miliaran rupiah.

PT Teguh Wibawa merupakan perusahaan yang mengolah singkong menjadi tepung tapioka. Perusahaan ini berada di Kampung Gunung Batin Baru, Terusain Nunyai, Lampung Tengah. Izin operasi diberikan oleh Bupati Lampung Tengah pada 2005. Dalam sehari perusahaan tersebut mampu memproduksi 70 – 80 ton tepung tapioka.

Menurut Suhendro (salah satu warga Kecamatan Dente Teladas) bahwa sejak Januari 2008 air Sungai Way Terusan berwarna kuning dan baunya tak sedap. Padahal selama ini sungai itu menjadi sumber penghidupan warga. Mereka mengembangbiakkan ikan dalam keramba di sepanjang alur sungai.

Warga menurut ganti rugi sekitar Rp20 miliar, untuk mengganti kerugian pemilik 264 keramba apung dan 400 hektar tambak tradisional serta 280 nelayan. Namun, perusahaan tidak bersedia memenuhi tuntutan itu. Pihak perusahaan hanya bersedia member ganti rugi Rp2 miliar yang mana setiap keramba hanya dihargai Rp400.000,00 padahal menurut warga setempat, setiap keramba menghabiskan ongkos minimal Rp1 juta.

  Contoh Teks Negosiasi

Setelah dikonfirmasi oleh pihak yang bersangkutan, Kepala Bagian Umum CV Sinar Laut Group yang merupakan induk perusahaan PT Teguh Wibawa Bhakti Persada, Alianto mengatakan bahwa perusahaannya masih menghitung kerugian sebab variabel kerugiannya berbeda.


Contoh Teks Berita Tentang Ekonomi

Bank Syariah Mandiri (BSM) memutuskan untuk berfokus pada lima produk andalan sepanjang tahun ini. Kelima produk itu adalah Gadai Emas, Cicil Emas, Pembiayaan Griya, Pembiayaan Pensiunan, dan Tabungan Mabrur. Senior Executive Vice President (SPEV) BSM, Niken Andonowarih yang ditemui di kantornya mengatakan dari kelima produk tersebut, produk Gadai dan Cicil Emas masih gencar disosialisasikan (21/5/2017).

Niken mengatakan saat ini produk Gadai dan Cicil Emas BSM masih menjadi market leader di perbankan syariah. Adapun pertumbuhan produknya mencapai 29 persen (year on year). Posisi outstanding gadai dan cicil emas pada Maret 2017 ini mencapai Rp 2,1 triliun. “Ini belum besar seperti Pegadaian, Maret 2017 double digit, walaupun kategori belum puas tapi bisa lebih baik lagi.”

Produk lain seperti Tabungan Mabrur akan dikemas sesuai dengan ekspektasi masyarakat dengan tetap menjalankan ketentuan syariah. Sistem yang ditawarkan adalah sistem kemitraan dengan harga yang terjangkau serta waktu pemberangkatan yang lebih fleksibel. Produk Pembiayaan Griya juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan produk dari Bank lain. Pembiayaan Griya BSM menawarkan metode angsuran tetap, berbeda dengan KPR di Bank besar.

“Walaupun di bank besar KPR nya single digit tapi cuma sementara lalu floating, untuk karyawan kurang nyaman jika ada pergerakan yang cukup signifikan” tutur Niken.


Materi dan cara membuat teks berita

Apa Itu Teks Berita?

Pengertian teks berita disebutkan oleh beberapa ahli, diantaranya adalah:

  • Menurut Departemen Pendidikan RI pada tahun 1989, teks berita dipahami sebagai suatu bentuk laporan, tulisan, informasi, atau pemberitahuan tentang sebuah keadaan yang bersifat umum dan baru saja terjadi dan disampaikan oleh wartawan di media massa.
  • Menurut Kusumaningrat (2012) teks berita adalah informasi faktual mengenai berbagai fakta dan pendapat yang bisa menarik perhatian banyak pihak seperti masyarakat.

Dapat disimpulkan dari dua pengertian tersebut bahwa teks berita adalah sebuah laporan yang berisi informasi secara aktual, dapat dipercaya karena harus sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan.

Jadi anda tidak bisa main-main dengan informasi ini karena harus bersumber dari fakta realita yang benar-benar terjadi.

Teks berita dapat dilaporkan dalam bentuk tulisan, audio, maupun video sesuai dengan media penyalurnya.

Audio sebagai media penyalur radio, tulisan sebagai media penyalur koran dan media online, serta audio, video dan tulisan sebagai media penyalur televisi.

Mengingat berita memiliki sifat penting dan benar, maka berita harus memuat beberapa kriteria yang sudah ditentukan.

Beberapa kriteria harus ada dalam sebuah pembentukan teks berita. Kriteria tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Kriteria atau Ciri-ciri Teks Berita

Salah satu ahli yang memberikan kriteria mengenai berita adalah Romli (2014) dalam bukunya yang berjudul Jurnalis Praktis Untuk Pemula.

Romli menjelaskan bahwa sebuah teks berita dapat disebut layak apabila memenuhi empat hal yaitu nyata, cepat, penting dan yang terakhir menarik untuk dilaporkan.

  Contoh Teks Debat

Oleh sebab itu, sebuah teks berita memiliki unsur-unsur yang biasa disebut 5W+1H. Mari kita bedah mengenai 5W+1H.

  • What (Apa)

Apa adalah komponen pertama yang harus dipahami sebelum membuat teks berita.

Apa menjadi salah satu kunci dalam pembuatan teks berita. Pahami terlebih dahulu kejadian yang terjadi disekitar anda, mengenai kejadian apa yang perlu dilaporkan.

Jangan asal cepat namun mengabaikan hal-hal yang penting di sekitar anda.

Identifikasi apa saja sebelum menarik kesimpulan dari sebuah kejadian.

Apa peristiwa tersebut? Tentang pembunuhan, pemerkosaan, bencana alam atau yang lain.

  • When (Kapan)

Kapan adalah salah satu unsur penting dalam pembuatan berita. Anda harus tahu detail waktu kejadian yang akan anda laporkan.

Anda harus mendalami unsur waktu agar tidak menjadi berita hoax.

Unsur kapan, dapat meliputi waktu kejadian yang terjadi pada pagi hari atau sore hari atau malam hari. Serta hari dan tanggal kejadian tersebut.

  • Who (Siapa)

Unsur ini untuk mengetahui detail orang-orang yang terlibat dalam kejadian yang anda laporkan untuk diproses menjadi sebuah berita.

Dengan siapa, anda bisa tahu siapa yang menjadi tokoh penting dari kejadian yang akan anda jadikan berita.

  • Where (Dimana)

Dimana akan menjelaskan keberadaan kejadian yang akan anda laporkan. Dimana akan menentukan lokasi atau daerah tempat terjadinya sebuah peristiwa.

Pastikan kejadian benar-benar terjadi di lokasi tersebut agar tidak menjadi berita yang simpang siur.

  • Why (Mengapa)

Mengapa adalah salah satu cara untuk memperoleh alasan dari kejadian yang akan anda jadikan teks berita.

Hal ini bisa menjadi landasan teks berita yang akan anda buat, guna mengetahui penyebab terjadinya kejadian tersebut.

  • How (Bagaimana)

Bagaimana merupakan salah satu unsur yang cukup penting. Dari unsur ini anda bisa mengetahui runtutan terjadinya sebuah peristiwa.

Dalam contoh teks berita kebakaran misalnya, melalui unsur ini kita bisa mengetahui bagaimana keadaan korban, bagaimana keadaan sekitar yang menjadi lokasi kebakaran dan lain lain.

Sebelum menulis sebuah teks berita, ada baiknya memperhatikan unsur-unsur teks berita yang sudah dijelaskan.

Hal ini bertujuan agar berita yang disampaikan benar-benar akurat dan sesuai dengan yang terjadi di lapangan.

Jenis-jenis Teks Berita

Jenis-jenis Teks Berita
Jenis-jenis Teks Berita

Teks berita sendiri memiliki berbagai macam jenis dalam penyampaiannya.

Beberapa jenis berita yang selanjutnya ditulis menjadi teks berita tersebut diantaranya:

  • Berita Opini

Sesuai dengan namanya, berita ini mengungkapkan pendapat seseorang yang dianggap menguasai topik pembahasan.

Para ahli, pejabat atau orang-orang yang memiliki kapasitas tertentu akan diundang menjadi narasumber dan setelah itu pendapat mereka akan dijadikan teks berita.

  • Berita Investigasi

Berita investigasi adalah berita yang bersumber dari penelitian maupun penyelidikan yang dilakukan oleh sebuah lembaga.

Hasil dari penyelidikan atau penelitian ini nantinya menjadi sumber dari laporan yang akan diberitakan.

  • Berita Langsung

Jenis berita langsung sangat sering kita temukan tanpa kita sadari. Berita langsung merupakan berita yang ditulis saat itu juga setelah terjadi sebuah peristiwa.

Berita ini ditulis dan langsung dilaporkan ke publik. Jenis berita ini sering kita lihat di media televisi dengan topik “headline news”.

  • Berita Mendalam
  Contoh Proposal Kegiatan

Berita ini membahas secara mendalam sebuah topik yang telah dipilih untuk menjadi teks berita.

Berita jenis ini memakan waktu yang cukup lama karena perlu dikupas secara mendetail setiap informasi yang didapatkan.

  • Berita Interpretatif

Berita jenis ini bersumber dari sisi pengetahuan wartawan yang melaporkan.

Meskipun bersumber dari pengetahuan penulis, berita jenis ini tentu mengedepankan unsur-unsur fakta yang terjadi dilapangan.

Struktur Teks Berita

Setelah mengetahui berbagai jenis berita, sekarang anda akan membaca ulasan tentang struktur berita.

Sebuah teks berita terdiri dari beberapa struktur, yaitu kepala berita, badan berita, dan bagian ekor berita.

  • Kepala Berita

Kepala berita adalah bagian terpenting dari teks berita.

Bagian ini harus berisi tentang unsur berita yang sudah dijelaskan di atas.

  • Badan Berita

Pada bagian ini berisi tentang cerita atau proses dari kejadian yang dilaporkan. Hal ini mencangkup unsur berita why dan how.

  • Ekor Berita

Bagian ekor berita berisi tentang informasi tambahan seputar kejadian yang dilaporkan.

Semua aspek tentang teks berita sudah diulas di atas, pembahasan selanjutnya adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penyusunan teks berita.

Hal-hal ini perlu diperhatikan guna menghindari penulisan berita yang salah kaprah sehingga menimbulkan perdebatan banyak pihak.

Teks berita merupakan hal umum yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu perlu disampaikan secara bertanggung jawab.

Cara Menyusun Teks Berita

  • Tentukan Narasumber yang Sesuai dengan Topik Pembahasan

Penentuan narasumber adalah hal yang perlu anda perhatikan sebelum menyusun teks berita.

Pastikan narasumber yang anda pilih adalah orang yang mengetahui fakta seputar kejadian.

Pemilihan narasumber yang asal-asalan bisa mempengaruhi kualitas berita yang akan anda tulis.

Pilih narasumber yang memegang kunci dari unsur berita yaitu 5W+1H, sehingga informasi yang disampaikan sesuai dengan topik yang anda bahas.

  • Lakukan Observasi Langsung

Observasi atau pengamatan secara langsung bisa anda lakukan apabila lokasi kejadian memungkinkan untuk anda tinjau.

Apabila anda memiliki keinginan menjadi wartawan, maka anda harus siap dengan segala kemungkinan yang terjadi.

Lokasi kejadian yang tidak bisa dipastikan medan tempuhnya, bisa menjadi alasan seseorang malas untuk melakukan observasi langsung.

Namun demi teks berita yang akurat, hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi simpang siur.

  • Teliti dengan Fakta yang Ada di Lokasi

Peka terhadap kondisi yang anda lihat di lokasi kejadian perkara atau yang anda peroleh dari narasumber.

Ketajaman anda dalam memperhatikan keadaan sekitar bisa menjadi poin penting dalam teks berita anda.

  • Mengembangkan Fakta Menjadi Berita yang Utuh

Proses terakhir dalam penyusunan teks berita adalah menyatukan semua fakta yang diperoleh baik itu dari narasumber maupun pengamatan di lokasi kejadian.

Kembangkan fakta yang anda peroleh dengan kalimat serta kata-kata yang menarik agar pembaca tertarik untuk membaca berita yang anda laporkan.

Jangan lupa perhatikan EYD agar tulisan anda sesuai dengan kaidah penulisan berita.

******

Demikian ulasan singkat yang diberikan tentang contoh teks berita. Semoga dapat membantu anda yang masih bingung dalam menuliskan berita.