Contoh Penutup Makalah

Contoh Penutup Makalah – Bagi kamu yang masih bergelut dalam dunia pendidikan formal, tentunya kita sudah akrab dengan karya tulis ilmiah dengan pembahasan sistematis dan objektif seperti makalah, paper, skripsi dan laporan.

Salah satu bagian utama dari sebuah karya tulis makalah adalah bagian akhir, yaitu penutup. Secara umum penutup makalah terdiri dari dua bagian yaitu kesimpulan dan saran.

Kesimpulan merupakan hasil akhir yang diperoleh dari sebuah pengamatan dan pembahasan karya tulis makalah. Hasil akhir yang singkat ini dituangkan dalam bentuk Perbandingan, Sebab-Akibat, Penilaian, Rekomendasi, Prediksi atau Keyakinan Sederhana.

Sedangkan bagian saran adalah kumpulan kalimat penutup yang berisi harapan dan rekomendasi dari pembuat makalah seputar masalah yang telah dibahas sebelumnya.

Kumpulan Contoh Kata Penutup makalah

Jika kamu masih belum tahu tentang tata cara pembuatan penutup makalah, caranya sebenarnya sangat sederhana. Kamu bisa belajar langsung dengan mengamati kumpulan contoh penutup makalah yang kami bagikan berikut ini.

Contoh Penutup Makalah Bahasa Indonesia

BAB 3
PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Dari Paparan atau penjelasan di atas, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa sesuai dengan makalah “Penggunaan Bahasa Baku dalam Junalistik ” penulis menyimpulkan bahwa bahasa dalam jurnalistik tidak di haruskan menggunakan hanya satu bahasa namun bisa juga dengan mamadukan dengan bahasa lain namun dengan penggunaan yang tepat.

Bahasa Indonesia dapat di kembangkan dengan di padukan dengan bahasa melayu maupun bahasa asing yang lain dalam penerapannya di dunia jurnalistik.

3.2 Saran

Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, kedepannya penulis akan lebih fokus dan detail dalam menjelaskan tentang makalah di atas dengan sumber – sumber yang lebih banyak yang tentunya dapat di pertanggung jawabkan.

Untuk saran bisa berisi kritik atau saran terhadap penulisan juga bisa untuk menanggapi terhadap kesimpulan dari bahasan makalah yang telah di jelaskan.

Untuk bagian terakhir dari makalah adalah daftar pustaka. Pada kesempatan lain akan saya jelaskan tentang daftar pustaka makalah.


Contoh Penutup Makalah PKN

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan

Istilah Civics tersebut secara formal tidak dijumpai dalam Kurikulum tahun 1957 maupun dalam Kurikulum tahun 1946. Namun secara materil dalam Kurikulum SMP dan SMA tahun 1957 terdapat mata pelajaran tata negara dan tata hukum, dan dalam kurikulum 1946 terdapat mata pelajaran pengetahuan umum yang di dalamnya memasukkan pengetahuan mengenai pemerintahan.

Latar belakang lahirnya pendidikan Kewarganegaraan berawal dari perjalanan sejarah panjang bangsa Indonesia yang dimulai sejak dari perebutan dan mempertahankan kemerdekaan sampai pada pengisian kemerdekaan, bahkan terus berlangsung hingga zaman reformasi. Kondisi perebutan dan mempertahankan kemerdekaan itu ditanggapi oleh bangsa indonesia berdasarkan kesamaan nilai-nilai perjuangan bangsa yang senantiasa tumbuh dan berkembang. Kesamaan nilai-nilai tersebut dilandasi oleh jiwa, tekad dan semangat kebangsaan. Kesemuanya itu tumbuh dan berkembang menjadi kekuatan yang mampu mendorong proses Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tujuan pendidikan kewarganegaraan adalah untuk membangun dan menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, sikap serta perilaku yang mencintai tanah air dan juga kebudayaan bangsa, wawasan nusantara, serta ketahanan nasional dalam diri para calon-calon penerus bangsa yang sedang dan mengkaji dan akan menguasai ilmu pengetahuaan

  Contoh Teks Eksplanasi

B. Saran

Sebagai warga negara yang mencintai negaranya, kita harus memahami dan mengetahui sejarah perkembangan PKn, agar dalam melaksanakan pendidikan tidak terjadi kesalahan. Dan untuk kedepannya bisa menambah pengetahuan bagi penerus-penerus bangsa kita.


Contoh Penutup Makalah Kesehatan

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan

Paradigma sehat merupakan suatu strategi baru pembangunan kesehatan yang memandang masalah kesehatan sebagai suatu variable kontinyu, direncanakan dalam suatu system desentralisasi, dengan kegiatan pelayanan yang senantiasa bersifat promotif untuk mengentaskan kesehatan masyarakat, oleh tenaga kesehatan profesional bersama masyarakat yang partisipatif.

Selain itu, dalam paradigma sehat ini pengukuran derajat kesehatan masyarakat tidak semata-mata dilihat dari penurunan kesakitan/kematian (dengan memakai indikator negatif), tetapi lebih ditekankan pada pencapaian hasil peningkatan pada angka kesehatan (indikator Positif). Nilai indikator positif ini diperoleh sebagai dampak dari upaya kesehatan promotif yang telah dilaksanakan oleh tenaga kesehatan professional dan didukung besarnya penempatan biaya upaya promotif yang sesuai.
Paradigma sehat mempunyai orientasi dimana upaya peningkatan kesehatan masyarakat dititik beratkan pada :

  1. Promosi kesehatan, peningkatan vitalitas penduduk yang tidak sakit (85%) agar lebih tahan terhadap penyakit melalui olah raga, fitness dan vitamin.
  2. Pencegahan penyakit melalui imunisasi pada ibu hamil, bayi dan anak.
  3. Pencegahan pengendalian penanggulangan, pencemaran lingkungan serta perlindungan masyarakat terhadap pengaruh buruk (melalui perubahan perilaku).
  4. Memberi pengobatan bagi penduduk yang sakit, (15%) melalui pelayanan medis.
  5. Paradigma sehat merupakan strategi pembangunan kesehatan untuk semua sehat di tahun 2010, dimana mengarah kepada mempertahankan kondisi sehat dan tidak sakit dan produktif yang dikenal dengan upaya promotif dan preventif ketimbang upaya kuratif yang hanya menekankan pada upaya penanganan orang-orang sakit.

B. Saran

  1. Pembangunan kesehatan harus dipandang sebagai suatu investasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
  2. Komitmen dan kerjasama antara negara berkembang dengan negara maju.
  3. Meningkatkan kinerja pelayanan kesehatan karena merupakan salah satu faktor penting dalam upaya peningkatan kualitas kesehatan penduduk dalam upaya pembangunan kesehatan khususnya di Indonesia.
  4. Peningkatan pemberdayaan masyarakat, kerjasama dengan semua pelaku pembangunan kesehatan, khususnya dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) di semua jenjang administrasi pemerintahan dalam pembangunan kesehatan.
  5. Kebijaksanaan pembangunan kesehatan pada tahap sekarang ini harus diarahkan pada upaya bagaimana membina bangsa yang sehat dan bukan bagaimana menyembuhkan mereka yang sakit.

Contoh Penutup Makalah Prakarya

BAB III PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Kerajinan yang dibuat harus memiliki manfaat bagi kehidupan.Dalam pembuatan sebuah kerajinan harus memperhatikan berbagai hal. Sebagai contoh fungsi hias dan fungsi pakai. Agar dapat menambah nilai ekonomis nya,Kerajian fungsi pakai dapat ditambahkan nilai keindahan atau hiasan.

Dalam proses penambahan nilai keindahan pada kerajianan fungsi pakai ada beberapa teknik, seperti tenun, batik, jahit aplikasi,dll.

3.2 Saran

Semoga dengan adanya makalah ini dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi para pembaca. Semoga makalah ini bisa digunakan sebagai sumber acuan untuk makalah-makalah lain tentang daging merah dan daging putih.


Contoh Penutup Makalah Komputer

BAB III PENUTUP

KESIMPULAN

Pеrkеmbаngаn kоmрutеr dari mаѕа kе mаѕа ѕеlаlu mеngаlаmi реningkаtаn. Pada аwаlnуа kоmрutеr bukanlah аlаt yang diсiрtаkаn untuk bеrbаgаi kеgunааn seperti yang kita amati раdа zaman ѕеkаrаng. Dulu kоmрutеr diсiрtаkаn hаnуа sebagai аlаt untuk mеmреrmudаh dаlаm penghitungan аtаu lеbih mudahnya sebagai mesin hitung mаtеmаtikа. Tetapi ѕеiring dеngаn perkembangan zaman kоmрutеr ini terus bеrеvоluѕi menjadi mеѕin serba guna khuѕuѕnуа pada bidang induѕtri dаn реnеlitiаn.

Kritik dаn Sаrаn

Untuk kemajuan teknologi соmрutеr mаkа dihаrарkаn agar perkembangan computer kedepan mampu mеngubаh роlа fikir dаn mеnjаdikаn masyarakat Indоnеѕiа mеnjаdi manusia yang krеаtif dаn inоvаtif. Sеrtа tumbuhnya kratifitas hinggа menghasilkan ѕuаtu kаrуа yang bеrgunа bаgi manusia.

Dihаrарkаn dеngаn аdаnуа teknologi computer dараt dimanfaat ѕеѕuаi dеngаn kеgunааn ѕеbеnаrnуа yang mаmрu mеmреrсеrdаѕ bangsa bukаnnуа unutk menghancurkan mоrаl mоrаl bangsa.


Contoh Penutup Makalah Biologi

BAB III. PENUTUP

  Contoh Artikel

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan sesamanya dan dengan lingkungnya.

Ekologi terdiri dari beberapa jenis yaitu ekologi hutan, ekologi laut, ekologi tanaman, ekologi serangga, dan ekologi air tawar.Setiap jenis ekologi memiliki cakupan yang berbeda-beda. Ekologi memiliki hubungan lain dengan ilmu lain yaitu politik, ekonomi, dan antropologi.

Saran

Adapun saran-saran dalam penulisan makalah ini adalah :

  1. Bagi Mahasiswa. Diharapkan dapat memahami dan menambah wawasan tentang ekologi.
  2. Bagi Institusi Pendidikan. Dengan disusunnya makalah ini kami mengharapkan kepada semua pembaca agar dapat mengetahui dan memahami ekologi serta dapat memberikan kritik dan saran nya agar makalah ini dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya.Demikian saran yang dapat penulis sampaikan semoga dapat membawa manfaat bagi semua pembaca.

Contoh Penutup Makalah Geografi

BAB III
PENUTUP

3.I KESIMPULAN

Indonesia merupaka Negara kepulauan yang memiliki keragaman bentuk muka bumi yang sangat komplek baik di daratan maupun didasar laut . Selain keragaman bentuk muka bumi Indonesia juga diperkaya dari letak geografis maupun letak astonomis.

Letak astronomis berpengaruh terhadap iklim sedangkan letak geografis berpengaruh terhadap keadaan alam maupun penduduknya. Indonesi juga meliki keragaman budaya berdasarkan suatu suku/ ras yang besar.

Kondisi yang demikian ini ternyata memiliki hubungan yang erat dengan segala aktifitas manusianya atau dalam kata lain bahwa kondisi suatu wilayah tidak akan terlepas dari keadaan fisiknya .

Diketahui secara geografis wilayah Indonesia sangat luas, maka negara kita dikenal sebagai Negara Kepualauan atau Negara Maritim.

Ini terbukti dari luas wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang terdiri dari pulau-pulau, dengan memiliki ± 17.000 buah pulau dengan luas daratan 1.922.570 km2 dan luas perairan 3.257.483 km2

Berdasarkan letak astronomisnya Indonesia berada diantara 6 drjt LU-11 drjt LS dan antara 95 drjt BT- 141 drjt BT

Menurut letak geografisnya Indonesia terletak di antara dua benua, yakni Asia dan Australia, dan di antara dua samudra, yakni Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Letak geografis ini sangat strategis untuk negara Indonesia, sebab tidak hanya kondisi alam yang mempengaruhi kehidupan penduduk Indonesia, tetapi juga lintas benua dan samudera ini berpengaruh terhadap kebudayaan yang banyak dipengaruhi oleh kebudayaan asing, yakni dalam bidang seni, bahasa, peradaban, dan agama dengan keanekaragaman suku-bangsa yang kita miliki.

3.2 SARAN

Loren ipsum Dolor Sit Amet…….


Contoh Penutup Makalah Budaya

contoh penutup makalah terlengkap
contoh penutup makalah | unsplash.com

BAB III
PENUTUP

  • Kesimpulan

Pada kondisi saat ini, kebudayaan mulai ditinggalkan bahkan sebagian masyarakat Indonesia malu akan kebudayaannya sebagai jati diri sebuah bangsa. Hal ini mengakibatkan hilangnya keanekaragaman budaya Indonesia secara perlahan-lahan, yang tidak terlepas dari pengaruh budaya luar.

Generasi muda termasuk mahasiswa di dalamnya harus menjaga kelestarian keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Jangan sampai di saat budaya kita diambil bangsa lain, baru kita menyadari betapa bagusnya nilai-nilai yang terkandung dalam budaya kita itu sendiri.

Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin lama semakin canggih serta perdagangan bebas yang telah terjadi di dunia khususnya Indonesia telah meracuni bangsa Indonesia terhadap moral akhlak dan tatakrama pergaulan anak remaja, adat budaya Indonesia yang dulu katanya Indonesia kaya akan budayanya kini terhapus semua oleh yang namanya kemajuan zaman.

Kebudayaan merupakan kekayaan suatu bangsa. Semakin banyak macam kebudayaan itu semakin kaya bangsa itu. Untuk itu pemahaman akan kebudayaa harus ditanamkan sejak dini, agar para generasi muda dapat melestarikan dan melindungi kebudayaan bangsa sendiri dari bahaya pihak luar.

  • Saran

Adapun saran yang ingin penyusun sampaikan kepada pembaca adalah agar makalah ini dapat menambah pengetahuan lagi mengenai kebudayaan Indonesia. Selain itu, diharapkan juga agar para pembaca dapat mengenal atau mengetahui kebudayaan yang ada di Indonesia. Sehingga, kita dapat bersama-sama melestarikan budaya Indonesia yang ada. Agar kita tidak lebih banyak lagi kehilangan budaya kita.

  Contoh Paper

Contoh Penutup Makalah Seni Rupa

III PENUTUP

III.I KESIMPULAN

Berdasarkan pembahasan yang telah dilakukan, maka kita dapat mengetahui bahwa, Seni Rupa adalah sebuah konsep atau nama untuk salah satu cabang seni yang bentuknya terdiri atas unsur-unsur rupa yaitu: garis, bidang, bentuk, tekstur, ruang dan warna. Karya seni rupa dapat dibagi menjadi dua yaitu: karya seni rupa dua dimensi dan karya seni rupa tiga dimensi. Seni Rupa jika dilihat dari segi fungsinya dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu seni murni (fine art) dan seni pakai / terapan (applied art).

Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar. Medium lukisan bisa berbentuk apa saja, seperti kanvas, kertas, papan, dan bahkan film di dalam fotografi bisa dianggap sebagai media lukisan. Alat yang digunakan juga bisa bermacam-macam, dengan syarat bisa memberikan imaji tertentu kepada media yang digunakan.

Demikianlah makalah yang kami buat ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca. Kami mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan kalimat yang kurang jelas, dimengerti, dan lugas.Karena kami hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan Dan kami juga sangat mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Sekian penutup dari kami semoga dapat diterima di hati dan kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

III.II Saran

Jangan hanya terfokus dengan hal-hal yang sudah dilakukan. Carilah inspirasi yang baru demi kemajuan karya seni di Indonesia khusunya seni lukis. Pemerintah juga harus mendukung dan memfasilitasi berbagai kegiatan seni agar masyarakat lebih inspiratif.


Contoh Penutup Makalah Pendidikan

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Ilmu pendidikan adalah ilmu yang mempelajari suasana dan proses pendidikan yang berusaha memecahkan masalah-masalah yang terjadi di dalamnya sehingga mampu menawarkan pilihan-pilihan tindakan mendidik yang efektif.

Adapun unsur-unsur ilmu pendidikan adalah sebagai berikut:

  1. Peserta didik.
  2. Pendidik.
  3. Interaksi edukatif antara peserta didik dengan pendidik.
  4. Materi atau isi pendidikan.
  5. Konteks yang mempengaruhi pendidikan.

Dalam hal ini ilmu pendidikan juga mempunyai fungsi tersendiri yakni Fungsi Pendidikan dalam arti mikro ialah membantu (secara sadar) perkembangan jasmani dan rohani peserta didik. Sedangkan secara makro fungsi pendidikan ialah pengembangan pribadi, warga negara, kebudayaan, dan pengembangan bangsa.

Pada dasarnya mendidik adalah tuntunan, bantuan, pertolongan kepada peserta didik. Dalam pengertian memberi tuntunan telah tersimpul suatu dasar pengakuan bahwa pihak yang diberi tuntunan memiliki daya atau potensi untuk berkembang. Potensi ini secara berangsur-ansur tumbuh dan berkembang dari dalam diri seseorang yang diberi tuntunan.

Pendidikan selalu diarahkan untuk pengembangan nilai-nilai kehidupan manusia. Dalam pengembangan nilai ini, tersirat pengertian manfaat yang ingin dicapai oleh manusia dalam hidupnya. Oleh karena itu, apa yang ingin dikembangkan merupakan apa yang dapat dimanfaatkan dari arah pengembangan itu sendiri.

Saran

loren ipsum dolor sit amet….


Contoh Penutup Makalah Hukum

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan

Hukum adalah sekumpulan peraturan yang terdiri dari perintah dan larangan yang bersifat memaksa dan mengikat dengan disertai sanksi bagi pelanggarnya yang bertujuan untuk mengatur ketentraman dan ketertiban dalam masyarakat. Untuk mencapai ketentraman dan ketertiban dalam masyarakat dibutuhkan sikap masyarakat yang sadar hokum. Selain masyarakat pemerintahpun juga harus sadar hokum. Maka tercapailah ketentraman dan ketertiban itu. Untuk mengantisipasi berbagai pelanggaran hokum yang terjadi maka di Indonesia telah ada berbagai macam Pengadilan. Dari yang mengadili masyarakat sampai dengan pemerintah dan para pejaba

Yang dimaksud Peradilan Agama adalah pengadilan agama Islam. Pengadilan Agama terdapat di setiap ibu kota Kabupaten. Pengadilan TInggi Agama berkedudukan di setiap ibu kota Propinsi. Susunan Pengadilan Agama terdiri dari Pimpinan, Hakim, Hakim Anggota, Panitera, Sekretaris, dan Juru Sita. Sedangkan susunan PENGADILAN Tinggi Agama terdiri dari Pimpinan, Hakim Anggota, Panitera, dan Sekretaris. Tugas dan wewenang Pengadilan Agama adalah memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara-perkara di tingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam

Peradilan Tata Usaha Negara adalah salah satu pelaksana kekuasaan kehakiman bagi rakyat pencari keadilan terhadap sengketa tata usaha Negara. Sengketa tata usaha negara adalah sengketa yang timbul dalam tata usaha negara antara orang /badan hukum perdata dengan badan / pejabat tata usaha negara baik di pusat maupun daerah.

Dan yang dimaksud dengan tata usaha Negara adalah administrasi Negara yang melaksanakan fungsi untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan baik di pusat maupun daerah.Pengadilan tata usaha Negara merupakan pengadilan tingkat pertama dan pengadilan tinggi tata usaha negara merupakan pengadilan tingkat banding.

B. Saran-Saran.

Penulis berharap semoga makalah ini dapat menjadi salah satu bahan untuk dapat menambah pengetahuan dalam hal ini system hokum dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Dan juga penulis mengharapkan adanya sumbangsih kritik dan saran yang bersifat membangun guna penyesunan makalah berikutnya yang lebih sempurnah lagi.


Contoh Penutup Makalah Ekonomi

BAB III
PENUTUP

  Contoh Proposal Kegiatan

a. kesimpulan

Inti masalah ekonomi pada hakekatnya terletak pada keterbatasan sarana untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sarana yang berupa barang dan jasa yang sering disebut dengan alat pemuas kebutuhan adanya sangat terbatas sedang kebutuhan manusia sangat tidak terbatas.

Keberadaan sumberdaya alam bisa berupa biotik dan abiotik, khususnya kekayaan alam abiotik jika terus menerus diambil maka akhirnya bisa habis, sehingga tidak tertutup kemungkinan suatu saat dunia akan benar-benar mengalami krisis karena kelangkaan bahkan kehabisan hasil tambang.

Sesuai dengan perkembangan penduduk serta perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi, jenis dan jumlah kebutuhan akan selalu bertambah. Untuk mengimbangi perkembangan tersebut produksi barang dan jasa perlu terus menerus ditingkatkan. Dalam hal ini Ilmu Ekonomi sangat diperlukan untuk mengatasi persoalan yang berhubungan dengan upaya untuk menciptakan kemakmuran masyarakat.

b. saran

Dari makalah yang telah penulis buat, mungkin terdapat kesalahan dan kekurangan baik itu dari penulisan atau dari kata-katanya, penulis sangat mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca, agar dapat memberikan motivasi atau nasihat guna memperbaiki makalah ini nantinya.


Contoh Penutup Makalah Lingkungan

BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan

Dari berbagai uraian di atas kami dapat menarik kesimpulan sebagai berikut :

Bahwa pencemaran lingkungan terjadi karena ulah manusia itu sendiri yang tidak dapat mengolah dan memanfaatkan lingkungan dengan baik. Pencemaran lingkungan dibagi ke dalam tiga bagian yaitu ]; (1) Pencemaran Udara, (2) Pencemaran Air, dan (3) Penmcemaran Tanah.

Dampak pencemaran lingkungan khususnya bagi kesehatan manusia yaitu akan berdampak pada tingkat kekebalan tubuh. Semakin banyak pencemaran yang dilakukan, maka kekebalan tubuh manusia yang berada di sekitar daerah pencemaran akan menurun sehingga tidak jarang manusia saat ini sering terkena penyakit seperti penyakit kulit, penyakit kanker, dan lain-lain.

Cara penanganan pencemaran lingkungan dilakukan dengan Remediasi dan bioremediasi, yaitu membersihkan permukaan tanah yang tercemar. Untuk pencemaran udara yaitu mengurangi kendaraan-kendaraan yang cenderung menggunakan bahan bakar yang dapat menyebabkan polusi udara.

Pemanasan global yang terjadi saat ini adalah akibat dari perbuatan kita sendiri. Sebagai manusia kita tidak dapat menjaga dengan baik tempat dimana kita hidup. Jika kita tidak sadar akan dampak yang terjadi nanti, maka kehidupan di Bumi ini akan terancam. Untuk mengatasinya, telah dilakukan beberapa penangulangan. Penanggulangan ini akan efektif bila semua pihak turut serta untuk melakukannya.

4.2 Saran

Sekiranya pencemaran lingkungan ini adalah masalah kita bersama, untuk itu selaku insan manusia yang bertanggung jawab dan memegang teguh konsep keseimbangan alam, maka sudah sepantasnya kita menjaga dan merawat lingkungan, mulai dari lingkungan tempat tinggal kita sehingga nantinya akan tercipta lingkungan yang sehat.

Pemanasan global ini dapat di kurangi jika kita menanamkan rasa cinta kepada Bumi ini. Kita harus dapat menjaga dan melestarikannya , demi kelangsungan kehidupan di masa yang akan datang.


Contoh Penutup makalah Politik

BAB IV
KESIMPULAN

  Contoh Naskah Drama

A. Kesimpulan

Kesimpulan dari makalah ini adalah bahwa sistem politik yang berlaku di Indonesia adalah Demokrasi Pancasila, dimana rakyat turut serta dalam politik dengan memiliki hal politik masing-masing sesuai dengan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Kenapa Indonesia tidak menganut sistem politik liberal, fasisme, dan komunisme? itu semua dikarenakan Indonesia sebagai negara demokratis tidak cocok menganut sistem politik tersebut.

B. Saran

Kita sebagai warga Negara Indonesia harus bangga Negara kita menganut sistem politik demokrasi pancasila yang sesuai dengan kepribadian bangsa. Oleh karena itu mari kita membantu pemerintah untuk menjalankan sistem politik di Indonesia dengan cara apapun, bisa dengan mengeluarkan pendapat yang membangun tapi tidak dengan bentuk anarkis.


Contoh Penutup Makalah Korupsi

BAB III
PENUTUP

3.1.Kesimpulan

Korupsi adalah suatu tindak perdana yang memperkaya diri yang secara langsung merugikan negara atau perekonomian negara. Jadi, unsur dalam perbuatan korupsi meliputi dua aspek. Aspek yang memperkaya diri dengan menggunakan kedudukannya dan aspek penggunaan uang Negara untuk kepentingannya.

Adapun penyebabnya antara lain, ketiadaan dan kelemahan pemimpin,kelemahan pengajaran dan etika, kolonialisme, penjajahan rendahnya pendidikan, kemiskinan, tidak adanya hukuman yang keras, kelangkaan lingkungan yang subur untuk perilaku korupsi, rendahnya sumber daya manusia, serta struktur ekonomi.Korupsi dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu bentuk, sifat,dan tujuan.

Dampak korupsi dapat terjadi di berbagai bidang diantaranya, bidang demokrasi, ekonomi, dan kesejahteraan negara.

3.2. Saran

Sikap untuk menghindari korupsi seharusnya ditanamkan sejak dini.Dan pencegahan korupsi dapat dimulai dari hal yang kecil


Contoh Penutup Skripsi Pendidikan

Bab III

Penutup

A. Kesimpulan

Guru memiliki peran dan tugas sebagai pendidik, selain itu guru juga memiliki tugas melayani masyarakat dalam bidang pendidikan. Tuntutan profesionalnya adalah memberikan layanan yang optimal dalam bidang pendidikan kepada masyarakat. Lebih khusus, guru dituntut memberikan layanan profesional kepada peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Guru profesional adalah orang yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga ia mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru secara maksimal.

Profesionalisme guru menunjuk kepada komitmen para guru untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya dan terus menerus mengembangkan strategi-strategi yang digunakannya dalam melakukan profesinya sebagai seorang guru.

Hasil penelitian yang dilakukan penulis mengenai “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Profesionalisme Guru Sekolah Dasar di Desa Karangmulya Kecamatan Padaherang Kabupaten Ciamis” adalah sebagai berikut:

  1. Terdapat 84 % guru yang terdapat di SDN 1 dan 2 Karangmulya yang profesionalismenya dipengaruhi oleh faktor kompetensi profesional guru.
  2. Terdapat 92 % guru yang terdapat di SDN 1 dan 2 Karangmulya yang profesionalismenya dipengaruhi oleh faktor proses pembelajaran.
  3. Terdapat 96 % guru yang terdapat di SDN 1 dan 2 Karangmulya yang profesionalismenya dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekolah.
  4. Terdapat 48 % guru yang terdapat di SDN 1 dan 2 Karangmulya yang profesionalismenya dipengaruhi oleh faktor lingkungan masyarakat.

B. Rekomendasi

Para guru diharapkan memperhatikan berbagai faktor yang bersumber pada komponen kompetensi profesional guru, proses pembelajaran guru, faktor lingkungan sekolah dan faktor lingkungan masyarakat agar menjadi guru yang profesional tinggi. Ciri guru seperti inilah yang dibutuhkan dalam era informasi dan globalisasi sebagai cermin guru yang bermutu.

  Contoh Biografi

Namun, harus disadari bahwa guru yang profesional dan berkinerja tinggi dalam melakukan proses pendidikan di sekolah, tak akan lahir jika tidak ada niat yang suci dan tulus dari para guru untuk mengetahui, memahami, memperhatikan, menghayati, dan menerapkan berbagai faktor-faktor tersebut untuk meningkatkan profesionalisme dan kinerjanya.

Selain itu, para kepala sekolah, orangtua peserta didik, masyarakat, pemerintah, dan semua pemerhati pendidikan, hendaknya selalu memberikan perhatian, bimbingan dan dorongan kepada guru dalam meningkatkan profesionalismenya. Harus disadari bahwa guru sebagai komponen mikro dari sistem pendidikan secara makro, tidak akan dapat meningkatkan profesionalisme jika tidak ada kerjasama secara sinergis dan harmonis dengan berbagai pihak, misalnya pihak kepala sekolah, staf sekolah, peserta didik, orangtua peserta didik, masyarakat, pemerintah, dan dunia kerja sebagai komponen-komponen dari sistem pendidikan. Semua komponen tersebut berkontribusi signifikan terhadap lahirnya guru yang bemutu dan pendidikan yang bermutu di berbagai jenis, jalur, dan jenjang pendidikan.


Contoh Penutup Laporan Praktek Kerja

PENUTUP

Atas berkat ramhat Allah Yang Maha Esa, serta kerjasama dan kerja keras kami, selesailah penyusunan laporan Prakerin yang menjadi tugas wajib dalam kegiatan ini.

Dalam penyusunan laporan Prakerin, kami mendapatkan pengarahan dari pembimbing, bapak dan ibu guru, serta sekan-rekan SMK Muhammadiyah 1 Salam. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya.

  • A. Kesimpulan

Dengan adanya kegiatan Prakeri ini, kami menyimpulkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi seluruh siswa SMK. Pengalaman kerja yang didapatkan tentu akan membuat siswa memiliki keahlian sesuai bidangnya. Dan sudah pasti ini semua akan membantu untuk kedepannya, ketika sudah terjun ke dunia kerja.

  • B. Kesan

Kami sangat antusias saat menjalani kegiatan prakerin di Boss Notebook. Pemiliknya sangat ramah dan mau mengajarkan dengan pelan-pelan. Kami dituntut untuk aktif bertanya ketika ada yang kebingungan, sehingga kami memiliki pengalaman lebih.

Kami yakin, pengalaman yang didapatkan saat prakerin dapat membantu kami kedepannya. Karena ilmu yang didapatkan memang sudah mengarah pada pekerjaan yang sebenarnya.

  • C. Saran

Untuk adik kelas yang mau melaksanakan kegiatan prakerin, hendaknya persiapkan semuanya dengan matang. Terlebih untuk materi yang sudah diajarkan di sekolah. Karena semua itu pasti akan berhubungan dengan kegiatan prakerin nantinya.

Untuk pihak sekolah, dalam penempatan prakerin, alangkah baiknya dipilihkan dengan tempat yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal siswa. Atau kalau tidak, biarkan siswa memilih tempat prakerin sesuai keinginan sendiri.

Untuk pihak Boss Notebook, kami berharap tempat ini bisa menerima rekan kami dari SMK Muhammadiyah 1 Salam yang membutuhkan bimbingan praktik.


Contoh Penutup Karya Ilmiah Singkat

BAB III

PENUTUP

KESIMPULAN

Tidur siang adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Kegiatan tersebut mempunyai beberapa manfaat. Akan tetapi, tidur siang harus dilakukan sesuai dengan waktu yang tepat.

Jika aktivitas tersebut dilakukan dengan berlebih, maka akan menimbulkan efek buruk lain. Sehingga, segala aktivitas haruslah dilakukan sesuai dengan porsinya masing-masing. Jangan sampai justru akan menurunkan kebugaran tubuh.

SARAN

loren ipsum dolor sit amet …

***** *****

Demikianlah kumpulan contoh penutup makalah, laporan, kripsi dan karya ilmiah yang bisa dibagikan kali ini. Semoga contoh penutup makalah yang banyak ini bisa menjadi sumber referensi bermanfaat untuk membuat bagian penutup dari makalah atau karya tulis ilmiah yang sedang dikerjakan saat ini. Terima kasih.