25 Fakta Unik Yang Menarik tentang Bunga Matahari

Fakta bunga matahari. Bunga matahari adalah bunga yang sangat indah dengan bentuk mirip sinar matahari di siang hari saat bunga ini mekar sempurna. Selain dijadikan tanaman hias, bunga matahari juga menjadi bahan baku pembuatan kuaci yang enak dimakan saat santai. Tak heran, kuaci bunga matahari senjadi salah satu santapan andalan kawula muda saat ini.

Beberapa Fakta Unik Bunga Matahari

Semua fakta tentang bunga matahari:

  1. Bunga matahari adalah satu-satunya bunga dengan bunga dalam namanya!
  2. “Helianthus” adalah nama ilmiah Bunga Matahari, Helia untuk Matahari dan Anthus untuk Bunga.
  3. Bunga matahari adalah simbol iman, kesetiaan, dan pemujaan.
  4. Mereka mengikuti pergerakan matahari melintasi langit dari timur ke barat, dan proses ini dikenal sebagai heliotropisme.
  5. Minyak bunga matahari mampu melembutkan kulit, merawat rambut, luka, dan juga digunakan sebagai minyak goreng, cat obat, pakan ternak dan bio-diesel.
  6. Minyak bunga matahari kaya akan mineral seperti kalsium dan zat besi dan mengandung vitamin A dan Vitamin D.
  7. Bunga matahari adalah bunga nasional Ukraina, dan merupakan bunga negara bagian Kansas.
  8. Bunga matahari adalah salah satu tanaman dengan pertumbuhan tercepat dan mereka tumbuh tinggi. Rata-rata mereka tumbuh hingga 8-12 kaki dalam waktu enam bulan.
  9. Rekor dunia Guinness untuk bunga matahari tertinggi adalah 25 kaki 5 ½ inci, ditanam oleh M Heijims di Oirschot, Belanda pada tahun1986.
  10. Bunga matahari dengan kepala bunga terbesar berdiameter 32 ¼ inci (diukur dari ujung luar kelopak di satu sisi ke ujung luar kelopak di sisi yang berlawanan), ditanam oleh Emily Martin di Maple Ridge, British Columbia, Kanada di 1983.
  11. 837 bunga ditanam di satu tanaman oleh Melvin Hemker di santo Charles, Mi. pada tahun 2001.
  12. Teknik bonsai digunakan untuk membuat rekor bunga matahari dewasa terpendek dengan tinggi 2 inci.
  13. Formasi spiral biji dalam bunga matahari hampir selalu mengikuti urutan Fibonacci.
  14. Satu bunga matahari dapat memiliki hingga 2.000 biji.
  15. Kepala bunga matahari terdiri dari 1000 hingga 2000 individu bunga yang bergabung di pangkalan. Kelopak besar yang ditemukan di sekitar tepi adalah bunga pari individu, yang tidak berkembang menjadi biji.
  16. Bunga matahari yang dibudidayakan memiliki batang tunggal dan kepala biji besar, sementara di liar mereka sangat bercabang dengan kepala dan biji kecil.
  17. Lebih dari 60 varietas bunga matahari ditemukan di seluruh dunia dalam berbagai warna. Beberapa varietas juga memiliki kelopak bergaris.
  18. Tidak hanya kita dapat menemukan kelopak berwarna berbeda, tetapi juga pusatnya bervariasi dalam nuansa yang berbeda.
  19. Biji bunga matahari ditemukan dalam dua cara hitam dan belang.
  20. Biji hitam digunakan untuk membuat minyak dan makanan ringan terbuat dari biji bergaris.

Demikianlah beberapa informasi fakta unik dan menarik tentang buinga matahari yang bisa dibagikan pada postingan kali ini. Semoga bisa menjadi inspirasi dan motivasi untuk kita dalam melestarikan alam.